Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 25 February 2022

6 Aktivitas Pemicu Kreativitas Bisnis

Pelatihan

Aktivitas Pemicu Kreativitas Bisnis − Bisnis dan ide kreatif adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Tak heran ketika menjadi seorang pebisnis, kita akan senantiasa dituntut untuk berpikir kreatif dan inovatif.

Secara sederhana kreativitas dapat diartikan sebagai keberanian seseorang untuk menciptakan ide-ide baru yang belum pernah ada atau belum pernah dilakukan sebelumnya. Sudah barang tentu hal tersebut tidak lepas dari risiko yang mungkin terjadi karenanya. Itulah mengapa seorang pebisnis acapkali merasa kehabisan ide kreatif sehingga memerlukan beberapa aktivitas sebagai pemicu kembalinya kreativitas untuk menjalankan bisnisnya.

Jika kamu merasa kesulitan mengembalikan kreativitas bisnismu, tak perlu khawatir sebab tips-tips aktivitas pemicu kreativitas bisnis di bawah ini akan membantumu.

Table Of Contents:

  1. Membaca Buku
  1. Menonton Video
  1. Mendengarkan Podcast
  1. Beristirahat
  1. Bercerita Ke Orang Lain 
  1. Melakukan Improvisasi

Membaca Buku

aktivitas pemicu kreativitas bisnis
freepik.com

Aktivitas pemicu kreativitas untuk menjalankan bisnis pertama yang dapat kamu lakukan adalah membaca buku. Ada banyak jenis buku bacaan yang dapat memicu kembalinya kreativitas dalam dirimu. Contoh buku bacaan terbaik untuk meningkatkan kreativitas berbisnis adalah biografi yang berisikan kisah perjalanan bisnis para pebisnis tersohor. 

Kamu juga dapat membaca buku-buku pengembangan diri, atau buku panduan terkait bidang usaha yang kamu geluti. Dengan membaca buku-buku jenis tersebut kamu akan menemukan banyak hal mengenai bisnis.

Baca juga: Tips Mengelola Waktu Bagi Pebisnis

Menonton Video

aktivitas pemicu kreativitas bisnis
freepik.com

Terkadang bagi sebagian besar orang membaca buku agak menjemukan. Untuk mengatasi hal itu, aktivitas pemicu kreativitas lain yang dapat dilakukan pelaku bisnis adalah menonton video. Sekarang ini, akses untuk menonton video sangatlah mudah, tidak ada alasan bagi seseorang untuk tidak dapat melakukannya.

Sama halnya dengan buku bacaan, ada banyak macam tontonan yang dapat memicu kreativias bisnis kamu. Kamu dapat menonton video motivasi, video tutorial, atau bahkan film sekalipun dapat membantumu meningkatkan kreativitas.

Baca juga: Mengolah Ide dan Peluang Usaha Kerajinan

Mendengarkan Podcast

aktivitas pemicu kreativitas bisnis
freepik.com

Aktivitas lain yang juga dapat menjadi pemicu munculnya kreativitas bisnis adalah mendengarkan podcast. Sebab pesatnya perkembangan teknologi di era sekarang, ada banyak media yang digunakan masyarakat untuk berbagi kisah. Podcast merupakan salah satunya.

Ada banyak siniar atau podcast yang berisikan wawancara bersama narasumber-narasumber kreatif dengan kisah inspiratif mereka. Mendengarkan cerita tersebut akan membantu meningkatkan kreativitas bisnismu.

Beristirahat

aktivitas pemicu kreativitas bisnis
freepik.com

Kelelahan dapat menjadi faktor utama macetnya kreativitasmu. Untuk itulah istirahat menjadi salah satu aktivias pemicu kreativitas bisnis yang dapat dan tentunya paling mudah untuk dilakukan. Bekerja keras agar bisnis berkembang memang harus dilakukan. Namun, ada kalanya kamu juga perlu beristirahat sejenak dari pekerjaan agar ide-ide kreatif tetap mengalir.

Kamu dapat beristirahat dari pekerjaan sembari memicu kreativias dengan menjalani hobi, berlibur, jalan-jalan, atau sekadar meditasi agar pikiran lebih tenang.

Jenak sebentar dari rutinitas harian dan melakukan aktivitas yang berbeda akan membawamu kepada hal baru, dan di sanalah kreativitas muncul.

Bercerita Ke Orang Lain

aktivitas pemicu kreativitas bisnis
freepik.com

Pemicu kreativitas tak melulu pikiran kita sendiri. Terkadang kita perlu melihat sudut pandang orang lain agar kita menemukan ide baru. Itulah sebabnya kita perlu bercerita ke orang lain.

Berbagi pendapat ke orang terdekat mengenai bisnis termasuk aktivitas pemicu kreativitas yang cukup manjur. Dengan sharing atau berbagi cerita, kamu akan mendengar pendapat dan perspektif mereka. Tak jarang kamu akan menemukan opini-opini baru yang berbeda 180 derajat dari pemikiranmu. Hal itu tentunya baik untuk kelanjutan bisnismu ke depannya.

Melakukan Improvisasi

Berani melakukan improvisasi adalah hal yang harus dilakukan pebisnis untuk memicu kreativitas. Hindarilah bersikap perfeksionis. Sebab, sikap perfeksionis akan membuatmu terlalu fokus membenarkan detail-detail kecil sehingga memakan waktu untuk mengembangkan kreativitas.

Tidak jarang seorang pebisnis memang perlu bersikap nekat dan berani mengambil risiko untuk berimprovisasi. Kamu tak harus menunggu ide kreativitas muncul dengan sempurna sebelum mengeksekusinya. Pertimbangkan ide yang muncul, kerjakan, dan lakukan improvisasi. Dengan begitu kamu tidak akan mengalami yang namanya kehabisan kreativitas.

Itulah beberapa aktivitas pemicu kreativitas bagi pelaku bisnis. Meskipun tidak semua aktivitas di atas akan memberikan efek yang sama bagi setiap orang, tapi perlu digarisbawahi bahwa untuk memicu kreativitas bisnis kamu harus menemukan kegiatan yang dapat membantu menjernihkan pikiran.

Sebagai seorang pebisnis, artunya kamu harus menemukan ide baru, inspirasi baru, serta gambaran-gambaran baru untuk meningkatkan performa bisnismu, dan beberapa aktivitas pemicu kreativitas di atas dapat membantumu. Gunakan juga aplikasi untuk menunjang efisiensi bisnismu dengan aplikasi Krealogi dari DuAnyam!

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami