Blog Thumbnail

Krealogi | POST ON 07 December 2021

Pengembangan Komunitas Perajin Purun di Hulu Sungai Utara

Aplikasi and Kemitraan

Pada tahun 2020, Du Anyam dan Krealogi memulai perjalanan baru untuk memanfaatkan purun di Kalimantan Selatan bersama dengan Badan Restorasi Gambut. Perjalanan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelatihan dan hubungan langsung ke komunitas kerajinan purun. Selanjutnya Du Anyam dan Krealogi juga ingin mendorong pengelolaan berkelanjutan lahan gambut demi meningkatkan nilai tanaman purun dan mengurangi risiko konversi. Du Anyam dan Krealogi menargetkan Hulu Sungai Utara di Kalimantan Selatan sebagai zona usaha kerajinan purun.  

Munculnya pandemi Covid-19 mendorong Du Anyam dan Krealogi berpikir kreatif menjalankan rantai pasok produk purun. Dengan cara mengadopsi teknologi, Du Anyam dan Krealogi mengajarkan pelatihan secara daring untuk perajin purun, mengembangkan aplikasi Krealogi serta menambahkan produk purun dan informasi tentang lahan gambut di dalam web Du Anyam. 

Pelatihan daring yang diberikan terdiri dari pelatihan standar kualitas produk, pemilahan bahan baku, quality control, dan desain baru. Perajin Purun di Hulu Sungai Utara juga diberikan pelatihan penggunaan teknologi  untuk meningkatkan efisiensi melalui aplikasi Krealogi. Dari hasil pelatihan daring, Du Anyam dan Krealogi berhasil bermitra dengan beberapa daerah di Hulu Sungai Utara antara lain Desa Pulantani, Desa Tambak Sari Panji, Desa Murung Panggang dan Desa Tuhuran. Du Anyam dan Krealogi merekrut dua orang dari setiap daerah Hulu Sungai Utara untuk menjadi Local Leader yang bertanggung jawab mengkoordinasikan produksi. Local Leader yang terpilih diberikan pelatihan khusus untuk kontrol kualitas, manajemen inventaris, dan administrasi. 

Proyek ini berhasil meluncurkan 42 produk purun serta kolaborasi dengan desainer ternama seperti Abenk Alter, Ykha Amelz, dan Ayang Cempaka. Du Anyam dan Krealogi juga berhasil mengembangkan buku cerita anak tentang purun yang sedang dipertimbangkan untuk ditambah ke dalam kurikulum pendidikan sekolah dasar. Selain itu, proyek ini berhasil meningkatkan keterlibatan perajin dan petani purun, pemasukan perajin, dan kualitas produk purun.Informasi lengkap terkait pencapaian dan aktivitas dalam program ini dapat ditonton di akun Youtube Krealogi.

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami