Blog Thumbnail

| POST ON 19 February 2022

5 Ide Bisnis Modal Minimal Keuntungan Maksimal 

Pelatihan

5 Ide Bisnis Modal Minimal Keuntungan Maksimal – Ingin memulai bisnis, tapi terhalang modal? Berikut 5 ide bisnis dengan modal minimal dan keuntungan maksimal yang patut kamu coba. 

Table of Content: 

  1. Affiliate Marketer 
  1. Jasa Titip
  1. Influencer 
  1. Bisnis Thriftshop 
  1. Kerajinan Tangan 

Tak dapat dimungkiri memang, modal yang besar masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang. Meski sudah memiliki jiwa wirausahawan, alasan nomor satu seseorang tidak dapat memulai bisnis adalah tidak memiliki modal. 

Namun, kamu tidak perlu risau. Sebab di artikel ini kami akan membahas 5 ide bisnis dengan modal minimal. 

1. Affiliate Marketer

5 ide bisnis modal minimal
freepik.com

Pernah dengar istilah Affiliate Marketer

Di era serba online seperti sekarang, memulai bisnis sebagai affiliate marketer adalah pilihan terbaik. Kamu tidak memerlukan modal usaha atau keterampilan spesifik untuk menjalankannya. 

Selain itu, kamu juga bisa memulai bisnis sebagai affiliate marketer dari rumah. Kelebihan lainnya adalah, pekerjaan ini bisa mendatangkan penghasilan dan cukup mudah untuk dilakukan. 

Konsep pekerjaan ini tidak begitu rumit. Affiliate Marketing adalah sistem bisnis online dengan membayar jasa sesorang ketika produk atau jasa perusahaan berhasil dijualkan. 

Secara sederhana, affiliate marketing hampir mirip dengan reseller atau dropshipper di mana kita mempromosikan barang dan/atau jasa pihak ke tiga. 

Bedanya, jika menjadi reseller/dropshipper kita bebas menentukan sendiri harga jual produk. Sedangkan sebagai Affiliate Marketer, harga jual produk harus sesuai ketetapan perusahaan dan komisi didapat dari kesepakatan sekian persen dari transaksi yang terjadi. 

Baik affiliate marketer  amaupun reseller/dropshipper adalah bisnis yang menguntungkan. Karena dapat kamu lakukan dari rumah atau di mana saja, tidak terikat waktu kerja, dengan modal minimal, bahkan tanpa modal, dan tidak perlu membuat produk sendiri. 

Kendati demikian, kamu akan tetap mendapatkan penghasilan.

Baca juga: Mengolah Ide dan Peluang Usaha Kerajinan

2. Jasa Titip

5 ide bisnis modal minimal
freepik.com

Membuka usaha jasa titip atau jastip juga cukup digemari belakangan ini. Jastip menjadi salah satu bisnis yang berpeluang menghsailkan keuntungan besar dengan modal minimal. 

Konsep usaha jasa titip biasanya dilakukan ketika kamu bepergian, dan menawarkan jasa penitipan untuk membeli barang tertentu dengan upah yang telah disepakati. 

Tidak diperlukan modal yang tinggi untuk jenis usaha ini. Sebab kamu hanya perlu mempromosikan kemudian membelikan barang-barang melalui media sosial, dan mendapatkan bayaran untuk hal tersebut. 

Produk-produk yang biasanya banyak dibeli melalui jasa titip antara lain makanan, aksesoris, kerajinan, dan lain sebagainya. 

3. Influencer

5 ide bisnis modal minimal
freepik.com

Kamu yang aktif bermedia sosial, memiliki banyak pengikut, sering berkomunikasi dengan followers, dan punya konten menarik, peluang suksesmu di depan mata. Terus meningkatnya tren penggunaan media sosial setiap harinya adalah kesempatan emas bagi bagi kamu untuk menjadi seorang influencer

Sebab, jasa influencer media sosial saat ini menjadi salah satu bisnis bermodal kecil yang paling menguntungkan. 

Para pelaku usaha, perusahaan-perusahaan besar, hingga brand ternama membutuhkan influencer untuk mempromosikan produk mereka. Dengan banyaknya jenis media sosial, jasa influencer semakin berkembang dan menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan. 

Kamu bisa memilih media sosial yang bisa dijadikan lahan bisnis online, pilih platform yang sedang populer untuk promosi konten-konten yang menarik perhatian, selanjutnya tawaran endorse dan sejenisnya akan mengalirkan uang kepadamu. 

Baca juga: Pemasaran dengan Bantuan Influencer

4. Bisnis Thriftshop

5 ide bisnis modal minimal
freepik.com

Bisnis thriftshop belakangan ini sedang menjadi tren. Usaha bermodal kecil ini banyak dilakukan berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari tokoh publik yang menjual kembali pakaian-pakaian bekas mereka, bahkan mahasiswa hingga pelajar banyak yang menjadikan bisnis ini usaha sampingan mereka. 

Pelaku usaha thrifting biasanya menjual barang-barang atau pakaian bekas layak guna dengan harga yang lebih rendah daripada harga baju baru. 

5. Kerajinan Tangan

5 ide bisnis modal minimal kerajinan
freepik.com

Jika kamu memiliki keterampilan dan kreativitas yang cukup tinggi, memulai bisnis di bidang kesenian dan kerajinan tangan dapat menjadi pilihan. Dengan modal minimal, kamu hanya perlu memanfaatkan keterampilan tanganmu untuk membuat kerajinan seperti tas, aksesoris, hiasan, atau apapun. Kemudian, mempromosikan hasil kerajinan tanganmu baik melalui media sosial, maupun marketplace

Itulah beberapa ide bisnis bermodal minimal untuk inspirasi usahamu. Dengan modal yang kecil kamu memerlukan catatan keuangan untuk memantu pemasukan dan pengeluaran secara akurat sehingga bisnis dapat berjalan lancar. Gunakan aplikasi Krealogi untuk membantu mengembangkan bisnisnmu! Mulai dari perencanaan, pencatatan pesanan dan transaksi, hingga laporan keuangan dalam satu aplikasi yang sama!

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami