Blog Thumbnail

Mia Krealogi | POST ON 12 August 2022

Usaha Makin Sukses dan Tak Rugi dengan Ikuti 5 Cara Kelola Keuangan Ini!

Tips n Tricks

Keuangan adalah salah satu aspek penggerak roda berjalannya usaha. Banyak pengusaha di luar sana mengalami kesulitan mengorganisir usahanya karena keuangannya berantakan.

Tidak, kamu tidak harus sangat pintar dalam matematika untuk mengurus keuangan usaha. Untuk mulai mengelola keuangan usaha dengan lebih baik, kamu bisa simak dan implementasikan lima cara berikut!

Pengeluaran jangan diingat, dicatat
Penting untuk mencatat semua pengeluaran yang ada. Selain itu, pastikan setiap pengeluaran mempunyai bukti pembayaran, mau sekecil apa pun pengeluaran tersebut. Pengeluaran-pengeluaran kecil jika menumpuk dan tidak dicatat akan membesar dan membuat kamu kaget ketika melihat jumlah kas yang tidak sesuai harapan.

Histori pengeluaran bisa kamu setor di sebuah file Excel, yang merupakan platform paling cocok untuk melacak alur kas. Tentunya, kamu tidak bisa membuka komputer tiap kali melakukan pembayaran. Maka dari itu, catat pengeluaran tersebut lalu masukkan itu ke Excel ketika sedang bisa mengaksesnya.

Rencanakan langkah-langkah ke depan
Segala macam keputusan yang akan dilakukan dalam lingkungan usaha pasti akan melibatkan entah pengeluaran atau pemasukan. Apa pun itu, pastikan kamu tahu apa saja yang akan dilakukan di waktu kedepannya.

Melihat dari catatan kas, kamu bisa proyeksikan langkah-langkah apa saja yang kamu bisa ambil nanti jika pemasukan dan pengeluaran berada pada level yang sama. Simulasikan misalnya kas akan mempunyai jumlah bersih sebanyak X dalam jangka waktu Y. Dengan jumlah ini, tentukan keputusan apa yang akan dilakukan guna mengembangkan usaha, bisa berupa ekspansi luas toko, atau penambahan jenis stok, atau penambahan pegawai, dan sebagainya.

Jangka waktu umum yang biasa dipakai untuk menentukan langkah-langkah ke depan adalah 6 bulan ke depan. Namun ini bisa berbeda tergantung jenis usaha yang dilakukan.

Tentunya, tidak semua rencana akan berjalan dengan lancar. Jadi, selain merencanakan langkah-langkah untuk mengembangkan usaha, pikirkan juga solusi untuk skenario-skenario buruk yang bisa terjadi. Bisa berupa yang ringan seperti penjualan yang kurang, atau yang berat seperti gagal membayar sewa lokasi.

Tentunya, harapan kita adalah hal-hal seperti ini tidak terjadi. Namun, tidak ada salahnya bersikap siap siaga.

Lakukan penganggaran dengan rutin
Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, penganggaran akan berfungsi menilai seberapa efisien usaha telah berjalan. Setiap langkah usaha yang akan diambil tentunya akan dianggarkan dan untuk menentukan angka yang akan ditetapkan, kamu bisa mereferensikan dengan angka yang dipakai di anggaran sebelumnya jika hendak mengambil langkah yang serupa. Setelah itu, pikirkan apakah memungkinkan untuk mengurangi anggaran guna menghemat kas atau alokasi ke yang lain. Bila tidak ada yang dirugikan, anggaran bisa dikurangi.

Skenario di atas terjadi kalau ada anggaran sebelumnya yang bisa dijadikan referensi. Kalau tidak ada, kamu bisa cari tahu sendiri dengan riset. Pastikan untuk melihat situasi dan kondisi periode sebelum menentukan sebuah anggaran. Situasi dan kondisi tentunya akan berbeda pada tiap jenis bisnis.

Pisahkan uang pribadi dan usaha
Salah satu faktor penyebab keuangan sebuah usaha menjadi berantakan adalah tercampurnya uang pribadimu dengan uang usaha.

Momen di mana ini sering terjadi adalah ketika kamu membeli sesuatu yang memang merupakan kepentingan usaha dengan uangmu sendiri. Iya, tujuannya memang baik, yaitu untuk menghemat pengeluaran kas usaha dengan mengorbankan kas pribadi. Namun inilah yang membuat keuangan menjadi berantakan.

Yang sebaliknya juga sering terjadi: menggunakan kas usaha untuk membayar sesuatu yang bukan untuk kepentingan usaha, tapi kepentingan pribadi. Disiplinkan diri sendiri dan pakai dana yang tepat untuk kepentingan tertentu.

Tujuan memisahkan kedua kas pribadi dan kas usaha adalah untuk memonitori dengan lebih baik alur kas. Jadi, pisahkan kedua kas ini dalam 2 akun berbeda.

Bertemanlah dengan teknologi
Ada banyak teknologi berbentuk software di internet yang bisa dipakai untuk mengatur keuangan usaha. Proofhub, Timely, Scoro, Freshbooks, Timecamp, ini hanya beberapa dari masih banyak lagi software yang dirancang untuk mengatur bisnis.

Tidak hanya terbatas di keuangan, namun juga perencanaan, analisa resiko, pengaturan projek, penyimpanan invoice, dan masih banyak lagi. Software-software seperti ini akan sangat membantu kamu dalam bisnismu.

Memang, mengatur uang terdengar menakutkan karena tidak semua orang bisa memegang uang dengan baik. Namun, dengan artikel ini, kami berharap pembaca tidak hanya lebih mengerti, tetapi juga lebih percaya diri. Selamat mengatur keuangan!

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami