Blog Thumbnail

Mia Krealogi | POST ON 12 August 2022

Langkah Penting yang Harus Dilakukan Ketika Akan Memulai Bisnis dari Nol

Tips n Tricks

Ada banyak area yang harus dipersiapkan ketika seseorang ingin memulai sebuah usaha dan menjadikan usaha itu sumber pendapatan utamanya. Walaupun begitu persiapannya juga harus tetap matang, jangan sampai akibat dari tidak mempersiapkan satu atau dua area malah nanti ada kemacetan saat berbisnis.

Agar kamu tidak mengalami kendala saat berbisnis nanti, berikut langkah-langkah memulai bisnis dari nol. Mari disimak!

Tentukan produk dan riset seluas mungkin
Ketika memilih produk yang akan diperjualbelikan, kamu bisa menentukan dari kedua pilihan ini: memilih produk yang memang sesuai dengan ketertarikanmu pribadi atau memilih produk yang memang masyarakat butuhkan.

Masing-masing opsi mempunyai plus dan minusnya tersendiri, namun dengan teknik berbisnis yang tepat, seharusnya aspek-aspek yang minus bisa diatasi. Kalau sesuai dengan bidang yang disenangi, kamu tentunya akan lebih termotivasi untuk berbisnis. Namun, ada kemungkinan omzet tidak sebesar berjualan produk yang memang masyarakat butuhkan dalam kuantitas dan frekuensi yang banyak.

Setelah menentukan produk, kamu harus riset pasar yang ada. Apakah pesaingnya banyak? Apa yang menjadi keunggulan produk pesaing? Di manakah para pesaing banyak berada? Ini hanya beberapa pertanyaan dari masih banyak lagi yang kamu harus cari tahu. Jadi, ambil waktumu dan lakukan riset dengan dalam.

Rencanakan langkah-langkah bisnis ke depan
Agar jelas jalan sebuah bisnis mengarah ke mana, kamu harus merencanakan apa yang kamu akan lakukan sebelum dan ketika bisnis mulai. Susun ini semua berdasarkan jangka waktu. Ketika semua sudah dijabarkan dalam sebuah rencana yang konkret, kamu dan rekan–rekan kerja yang lain akan bergerak ke arah yang sama.

Selain itu, jika membutuhkan investor untuk menambahkan modal, kamu bisa menunjukkan rencana yang kamu telah susun. Bila tersusun dengan jelas dengan prospek yang menjanjikan, kemungkinan investor menginvestasikan modal di usahamu akan besar juga.

Tentukan jenis struktur usaha
Tentukan jenis badan usaha yang kamu akan jalankan karena itu akan mempengaruhi nama brand, kewajiban yang akan dijalani selama berbisnis, perihal perpajakan, dan lainnya. Ada terdapat beberapa jenis badan usaha, antara lain perseorangan, persekutuan perdata, persekutuan firma, persekutuan komanditer (CV), yayasan, koperasi, dan perusahaan negara. Pahami masing-masing dan tentukan mana yang paling mendeskripsikan usaha yang kamu rencanakan.

Untuk para pemula dalam dunia bisnis, banyak memilih perseorangan, karena modal dimiliki oleh 1 orang saja. Karyawan yang lain hanya di situ untuk membantu pemilik modal dalam perjanjian kerja yang mereka sudah sepakati sebelumnya.

Siapkan modal: dana, produk, tenaga kerja, dan lokasi
Mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnis bergantung pada jenis usaha yang akan dijalankan. Selain itu, produk yang akan diperjualbelikan harus disediakan dalam jumlah tertentu sebelum memulai usaha. Paling tidak dalam jumlah yang akan tahan beberapa hari sampai kamu akan mengisi stok lagi.

Tenaga kerja juga perlu dipikirkan. Namun, kalau berencana untuk menanggung semua beban kerja dengan sendirian, pastikan jika kamu mampu menjalankan semuanya dengan efisien. Teknologi siap membantumu dalam menjalankan bisnis karena ada banyak aplikasi untuk mempermudah transaksi, pemasaran, pembukuan, dan lain-lainnya.

Pastikan juga lokasi bisnismu jelas keberadaannya. Dengan bantuan teknologi sekarang, bisnis sebenarnya tidak membutuhkan tempat konkret untuk berjalan. Namun tentunya, ini bergantung pada jenis bisnis yang ada. Minimal yang harus dilakukan adalah mencantumkan bisnis di Google Business agar orang-orang bisa mencari tahu lokasi bisnismu.

Umumkan ke publik keberadaan bisnismu
Kalau semua sudah disiapkan, kamu harus mengumumkan kalau usahamu sudah siap beroperasi. Bisnis tidak akan mulai berjalan kalau tidak ada orang yang tahu bahwa bisnismu sudah berjalan.

Internet adalah tempat terbaik untuk melakukan ini. Kamu bisa mulai dengan yang paling gratis, yaitu media sosial. Kamu bisa produksi konten seputar usahamu atau topik yang relevan dengan produk yang ada. Jika ada dananya, kamu bisa juga menggunakan iklan berbayar untuk memasarkan usahamu.

Selain melalui internet, kamu juga bisa sekedar menyebarkan kabar bukanya usahamu ke teman-teman, keluarga, dan kerabat dekat. Promosi dari mulut ke mulut ini juga tidak kalah ampuh, lagipula, adalah promosi dari mulut ke mulut.

Evaluasi dan improv
Ketika usaha sudah berjalan dalam kurung waktu tertentu, selalu luangkan waktu untuk mengevaluasi kinerja usaha. Untuk masa-masa awal berbisnis, kamu bisa evaluasi setiap dua minggu sekali atau sebulan sekali. Data yang diambil setelah evaluasi akan memberikan rekam kinerja usaha yang bisa digunakan untuk merencanakan langkah usaha ke depannya.

Memulai usaha dari nol memang butuh keberanian. Enam langkah tadi bisa jadi salah satu senjata awal untuk menumbuhkan keberanian untuk memulai usaha. Good luck!

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami