Blog Thumbnail

Mia Krealogi | POST ON 12 August 2022

Mudah dan Hemat! Ini Cara Usaha Kopi Cuma Modal Mesin Manual Brew

Tips n Tricks

Bisnis kedai kopi sedang booming di mana-mana. Selain memang target pasarnya luas, berbisnis kedai kopi dinilai sebagai bisnis yang lumayan seru. Apalagi kalau hobi pemilik memang menikmati kopi dan nongkrong.

Apakah kamu berminat untuk berbisnis kedai kopi? Tenang saja. Ketika memulai, kamu sangat bisa memulai dari modal yang kecil kalau berbisnis kedai kopi. Mari simak caranya di bawah ini!

Sediakan alat-alatnya
Pada dasarnya, ada dua hal yang menjadi faktor penentu rasa kopi di lidah. Yang pertama adalah ukuran bubuk lalu yang kedua adalah rasio air dan air, atau juga susu. Di sini lah timbangan dan alat manual brew beraksi. Jadi, kedua alat ini kamu wajib harus sediakan di awal.

Alat manual brew sendiri pun ada beragam. Ada dari V60, syphon, chemex, aeropress, dan cold brew. Tiap alat juga metode penggunaan masing-masing dan hasil kopi yang berbeda. Ini beberapa perbedaan hasil kopi dari alat-alat tersebut:

  • Chemex
    Hasil kopi transparan dan lembut. Karena filternya memiliki struktur yang berbeda dari filter lain, aroma kopi akan lebih kuat.
  • V60
    Dengan metode ini, kamu bisa membuat kopimu dengan bebas. Variasi rasa yang bisa didapatkan melalui metode V60 lebih banyak dibandingkan metode lain.
  • Aeropress
    Semakin lama kopi diseduh dan semakin tinggi temperatur air yang digunakan, akan semakin pahit dan asam kopinya. Dengan Aeropress, kedua rasaini bisa dijinakkan, sehingga kopi yang jadi bisa dinikmati oleh semua lidah.
  • Cold Brew
    Kopi yang diseduh dalam air dingin selama seharian perlahan-lahan disaring tetes demi tetes. Tetes-tetes ini adalah sari kopinya yang kaya akan rasa. Kopi yang disajikan bersuhu dingin dan bersamaan dengan es batu untuk menjaga suhunya.

Tentunya, kamu tidak harus hanya memilih salah satu dari alat-alat ini. Ini tergantung dari kemampuan masing-masing, apakah kamu bisa menggunakan alat tersebut dengan benar? Dan apakah kamu mampu mengoperasikan beberapa alat sekaligus?

Selain alat manual brew-nya sendiri, kamu juga harus menyiapkan juga perlengkapan lain yaitu kulkas kecil, teko, spatula, kompor kecil, dan kertas penyaring kopi.

Sediakan biji kopinya
Alat sudah tersedia, sekarang waktunya menyediakan biji kopinya sendiri. Biji kopi sendiri mempunyai banyak macam dan masing-masing menawarkan rasa tertentu.

Jenis biji kopi ada banyak di luar sana. Untuk memulai, kamu bisa lirik dua jenis biji kopi yang lumayan terkenal, yaitu Arabika dan Robusta. Kedua biji kopi ini pun mempunyai variasi-variasi lagi, jadi lakukan riset dan cari tahu cita rasa yang ditawarkan dan apakah target pasarmu menyukai cita rasa tersebut. Kamu pun bisa mencoba langsung dengan mencoba kedai-kedai kopi lain yang memang sudah ada.

Tentukan konsep kedai
Konsep kedai akan menentukan bagaimana cara menjalankan bisnis kopinya. Perlu diketahui juga konsep kedai kopi sekarang bisa bersifat mobile, alias didirikan atas sebuah kendaraan bergerak seperti food truck, atau sepeda motor dengan gerobak di belakangnya yang menopang seluruh peralatan, atau gerobak dorong.

Iya, memang akan keluar dana lagi untuk membuat transportasinya sendiri. Namun dengan begini, kamu bisa meraih target pasar dengan secara luas dan tidak harus membayar sewa venue kalau menyewa bangunan. Jadi, mengguna konsep mobile cafe bisa menghemat pengeluaran tiap bulan. Namun, apapun pilihannya, semua masih harus diperhitungkan dengan hati-hati.

Apapun konsep yang kami pikirkan, seperti konsep retro yang menggunakan dekorasi tahun 80an, atau konsep alam yang menggunakan dekorasi tanaman, pastikan pelanggan akan merasa nyaman.

Pasarkan usahamu
Sama seperti usaha-usaha lain, kamu harus memberitahu masyarakat sekitar tentang usahamu. Metode paling efektif adalah melalui internet. Kamu bisa memulai dengan menggunakan akun media sosial.

Di akun tersebut, kamu bisa membuat konten yang relevan dengan usahamu. Semua ini gratis dan bisa meraih banyak audiens jika rutin dilakukan.

Cara yang lebih instan adalah menggunakan iklan berbayar. Semua media sosial sekarang menyediakan fitur yang bisa langsung dirasakan karena setting iklan bisa ditargetkan secara khusus berdasarkan kategori-kategori tertentu, seperti umur, lokasi, dan bahkan jenis konten yang biasa diikuti. Jangan lupa untuk mendaringkan usaha di platform ojek online, seperti Grab dan Gojek. Dengan membuka usahamu di platform-platform ini, kamu juga, secara tidak langsung, memasarkan usahamu.

Jangan takut untuk memulai usaha bisnis kopi. Harga espresso machine yang mahal bisa diganti dengan manual brew yang relatif murah dan banyak variannya. Pilih alat seduh yang menurutmu paling mudah juga menghasilkan rasa kopi paling nikmat dan kamu bisa langsung berjualan!

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami