Blog Thumbnail

Mia Krealogi | POST ON 12 August 2022

Sebelum Membuka Usaha Warung Kopi, Pastikan Jika Lokasinya Strategis dan Menguntungkan!

Tips n Tricks

Tidak jarang kita melihat usaha kafe atau warkop (warung kopi) baru di mana-mana. Jika kamu tinggal di daerah urban dan sering berkeliling, pasti minimal ada satu atau dua kafe atau warkop yang entah sedang dalam pembangunan atau baru saja berumur beberapa minggu.

Usaha warkop memang saat ini menjadi primadona. Namun, satu hal yang sangat menentukan jumlah omzet yang dihasilkan adalah lokasi usaha tersebut. Berikut adalah parameter-parameter yang kamu harus centang ketika menentukan lokasi warung kopi!

Sesuaikan target pasar dengan warga sekitar
Sebelum menentukan lokasi usaha warkop, kamu harus mempertimbangkan orang-orang yang ada di sekitar lokasi dan sesuaikan dengan target pasar. Ini tidak terbatas di orang-orang yang tinggal di sekitar lokasi, namun juga mencakup orang-orang yang sering mengunjungi daerah sekitar lokasi.

Misalnya, kamu menargetkan untuk mendatangkan pelanggan remaja. Mungkin kamu bisa memilih lokasi yang berdekatan dengan sekolah atau kampus. Kalau warkopmu memiliki desain yang dikhususkan untuk selera orang dewasa, kamu bisa pilih yang berdekatan dengan perkantoran.

Pastikan lokasi mudah dilihat dan diakses
Salah satu nilai jual sebuah warkop adalah interiornya. Dengan interior nyaman, orang akan betah di warkop tersebut. Untuk ‘menyampaikan’ pesan interior warkopmu itu layak dilihat, kamu harus memastikan tidak ada penghalang yang menghalangi pemandangan interiormu dari orang-orang yang lewat.

Trik yang kamu bisa pakai adalah mencari lokasi yang berada di sebuah pojokan sebuah perempatan. Tentunya, lokasi seperti ini tidak akan selalu ada. Namun, posisi seperti ini memberikan akses visual yang sangat luas sehingga banyak orang akan sadar.

Jika tidak ada lokasi yang berada di pojokan sebuah perempatan, kamu bisa memilih lokasi yang dilewati oleh kendaraan secara pelan-pelan. Yang dimaksud dari sini bukanlah memilih lokasi yang banyak dilewati truk atau bus, namun yang dekat sebuah simpang, seperti pertigaan atau perempatan. Dengan adanya simpang, kendaraan lewat harus mengurangi kecepatan. Seiring melambat, kemungkinan para pengendara melihat lokasi usahamu lebih besar juga.

Selain mudah dilihat, lokasi warkop juga harus mudah diakses. Jadi, memilih lokasi dekat jalan raya itu sangat dianjurkan. Kamu bisa memilih jalan yang tidak begitu besar, namun sangat tidak dianjurkan untuk memilih yang berada dalam sebuah gang.

Banyaknya pesaing di sekitar lokasi
Usaha warkop sudah tidak asing lagi. Hampir setiap minggu muncul warkop baru di suatu tempat. Hampir tidak mungkin sekarang untuk mencari lokasi yang tidak ada saingannya sama sekali. Jika memilih lokasi yang tidak ada persaingannya, hasilnya justru tidak akan bisa mendatangkan pelanggan. Jadi, kamu harus pertimbangkan kemungkinan bersaing dengan warkop lain di sekitar lokasi.

Ada baiknya jika kamu meluangkan waktu untuk tidak hanya menghitung jumlah usaha yang serupa di daerah sekitar lokasi, namun juga mengunjungi dan mencoba nongkrong di tempat itu. Dengan begitu, kamu akan lebih memahami para pesaingmu dan bisa mencoba improv di daerah yang kamu bisa unggul.

Kemampuan luas area lokasi untuk menyediakan lahan parkir
Dari seluruh ruang yang tersedia untuk usaha warkopmu, kamu wajib menyediakan ruang untuk parkir. Jika tidak ada lahan parkir sama sekali, satu-satunya akses ke lokasimu adalah dengan menggunakan ojol. Bahkan ojol pun akan membutuhkan area parkir untuk datang ke warkopmu untuk mengambil pesanan.

Jadi, paling minimal, sediakan tempat untuk parkir roda dua. Kalau bisa memuat kendaraan roda empat, lebih bagus lagi. Lagipula, kuota maksimal pengunjung warkop bergantung secara langsung pada luas area parkir yang ada.

Selain rasa kopi yang nikmat, lokasi menjadi salah satu faktor penting ketika akan membuka usaha kedai kopi. Lokasi yang ideal tentu akan menambah nilai jual bisnismu. Jadi, pikirkan secara matang sebelum menentukan lokasi, ya!

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami