Blog Thumbnail

Mia Krealogi | POST ON 12 August 2022

Pentingnya Memahami Manajemen Sumber Daya Manusia Saat Membuat Rencana Bisnis

Tips n Tricks

Berbisnis dalam skala besar tentunya akan membutuhkan bantuan orang lain, atau dengan kata lain, sumber daya manusia. Karena bukan kamu sendiri yang melakukan pekerjaannya, mereka membutuhkan pantauan yang rutin agar hasil yang benar dari pekerjaan tersebut tercapai. Mungkin terdengar sederhana, namun realitanya lebih dalam dari ini.

Manajemen sumber daya manusia (SDM) dalam sebuah bisnis merupakan aspek yang sangat penting untuk dilakukan dengan benar. Manajemen SDM sendiri adalah praktik merekrut, membagi pekerjaan, dan mengelola karyawan dalam suatu perusahaan atau organisasi yang biasanya dilakukan oleh HR (human resource).

Dalam proses merekrut, membagi pekerjaan, dan mengelola karyawan, satu prinsip dipegang terus yang merupakan tujuan utama dari kegiatan-kegiatan ini. Prinsip tersebut adalah memaksimalkan efektivitas kinerja karyawan agar omset dari perusahaan semakin besar.

Jadi, ketika merekrut karyawan baru, pihak manajemen SDM akan memilih kandidat yang paling menjanjikan dari sisi kemampuannya. Ketika membagi jobdesk, pihak manajemen akan membagi berdasarkan kemampuan masing-masing yang berbeda, sehingga kemungkinan seorang karyawan mendapat tugas yang di luar bidangnya diperkecil.

Ini hanya beberapa contoh dari sedikit pekerjaan yang dikerjakan ketika mengatur SDM sebuah perusahaan. Namun, prinsipnya tetap: prioritas pada efektivitas kinerja karyawan.

Alasan pentingnya memahami manajemen sumber daya manusia ini sebenarnya cukup sederhana. Penanganan SDM dalam lingkup bisnis akan berpengaruh pada banyak aspek seperti yang akan dibahas di bawah ini:

Perancangan SDM-nya sendiri
Agar kinerja karyawan efektif, maka setiap kegiatan yang dilakukan dalam lingkup berbisnis harus dilakukan oleh individu atau kelompok yang tepat. Jika yang terjadi malah suatu posisi diisi dengan individu atau kelompok tidak kompeten, tentu hasilnya kinerja karyawan akan di bawah harapan.

Walaupun terdengar sederhana, merancang posisi apa dipegang oleh siapa dalam lingkup usaha sebenarnya penuh dengan ketidakpastian. Keberadaan bisnis tentunya sangat dipengaruhi oleh keadaan dunia luar dan juga apa yang terjadi dalam lingkup bisnisnya itu sendiri.

Dengan dua area yang dinamis ini, pihak SDM harus bisa mencari tahu sebanyak mungkin kemungkinan-kemungkinan kejadian di depan yang akan mempengaruhi kinerja karyawan. Contoh sederhananya adalah perkembangan teknologi.

Dengan perkembangan teknologi, kemungkinan besar sebuah pekerjaan tertentu akan bisa mulai dikerjakan dengan otomatis. Jadi, sekelompok karyawan bisa saja digantikan oleh teknologi ini. Ini tentunya hanyalah sebuah contoh dari sekian banyak skenario yang bisa mempengaruhi SDM sebuah lingkup bisnis. Pihak pengelola SDM harus siap menanggapi perubahan-perubahan yang akan ada nanti.

Pelatihan karyawan
Dalam mengatur sebuah SDM, pasti akan ada seluk-beluk dalam lingkup bisnis yang harus diperkenalkan ke karyawan baru. Pengelola SDM harus memperkenalkan ini dan memastikan mereka paham dan bisa bekerja seperti semestinya.

Dalam lingkup berbisnis itu sendiri, karyawan diharapkan bisa berkembang, tidak hanya stagnan apapun posisinya. Seluruh potensi yang terdapat dalam setiap karyawan harus bisa digunakan dan dikembangkan. Pengelola SDM harus bisa memastikan ini terjadi agar efektivitas kinerja karyawan semakin berkembang.

Jika potensi karyawan tidak dikembangkan, maka kebalikannya akan terjadi dan akan berpengaruh juga pada perkembangan bisnis. Perkembangan bisnis tidak hanya tergantung pada produk yang disediakan saja, namun juga pada elemen SDM yang ada.

Pencipta hubungan baik di lingkup usaha
Konflik di saat bekerja sangat bisa terjadi. Di sinilah pengelola SDM harus memastikan konflik tersebut tidak memberikan dampak yang berlebihan di lingkupnya.

Beberapa aspek lain yang tidak kalah penting
Dalam mengelola manusia, ada banyak pekerjaan yang terlibat. Mungkin yang muncul di benak pertama adalah merekrut lalu membagi jobdesk. Namun, kenyataannya adalah ada banyak yang harus diperhatikan dalam perihal mengelola SDM. Beberapa adalah sebagai berikut:

  • Penyusunan anggaran tenaga kerja karena departemen-departemen lain pasti membutuhkan dana untuk bekerja
  • Penggajian tenaga kerja
  • Evaluasi kinerja tenaga kerja tiap periode waktu tertentu untuk pengambilan keputusan ke depannya
  • Pemberhentian tenaga kerja tertentu jika ada yang tidak memenuhi harapan
  • Administrasi tenaga kerja, seperti presensi, surat rekomendasi
  • Penanganan informasi karyawan, seperti status, umur, pengalaman, dan sebagainya

Sadar akan pentingnya mempunyai departemen SDM yang mampu melaksanakan tugasnya dengan baik adalah hal yang krusial dalam membangun sebuah bisnis. Meski memiliki bisnsis UMKM yang relatif kecil, perhatian terhadap SDM tentu akan berpengaruh terhadap kelanjutan bisnis ke depannya. Jadi, jangan sepelekan, ya!

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami