Blog Thumbnail

Mia Krealogi | POST ON 12 August 2022

Trik Cari Supplier Thrift Shop yang Murah tapi Berkualitas

Tips n Tricks

Thrift shop, atau toko thrift, adalah jenis bisnis yang memperjualbelikan barang bekas dengan kualitas yang masih bagus. Dengan kondisi barang sudah pernah dipakai sebelumnya, harga otomatis turun, dan ada banyak orang di luar sana yang senang dengan harga turun.

Salah satu tantangan unik dari melakukan bisnis ini adalah menemukan supplier stok barang. Tentunya, orang-orang menginginkan harga yang diizinkan modal mereka tapi dengan kualitas bagus. Menemukan supplier yang cocok bisa sulit.

Tapi jangan takut. Berikut adalah tempat-tempat yang kamu bisa jelajahi untuk mencari sang supplier yang ditakdirkan untuk kamu! Mari disimak.

Marketplace
Marketplace adalah ‘pasar’ online yang menjual berbagai macam barang dan jasa. Tentunya, marketplace tidak terbatas pada dalam negeri saja. Kalau ingin barang impor, kamu bisa mencari supplier di marketplace seperti Alibaba dan Amazon. Opsi lokal adalah Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Distributor
Berbeda dengan seller langsung, kamu juga bisa mencari pihak distributor untuk mendapatkan stok barang. Bedanya dengan seller adalah seorang distributor sudah membeli barangnya dari seller lalu menjualnya lagi kepada yang membutuhkan.

Distributor bisa ditemukan di banyak platform, seperti marketplace, media sosial, atau bahkan website independen.

Cari komunitas barang impor
Komunitas seperti ini bisa ditemukan di media-media sosial. Dalam komunitas ini, biasa ditemukan supplier pihak pertama dan distributor. Mereka biasa saling mempromosikan jasa dan barang mereka kepada satu sama lain. Jadi, kamu bisa langsung pelajari satu per satu untuk mencari yang paling cocok.

Kunjungi pasar barang bekas
Tidak hanya di internet, kamu juga bisa mencari barang bekas di pasar-pasar yang memang ada di kota. Dengan mengunjungi langsung kamu pun juga bisa berbincang-bincang dengan pemilik lapak mengenai supplier mereka. Tentunya, tidak akan semua pemilik lapak membuka informasi tersebut, namun tidak ada salahnya mencoba.

Beberapa contoh tempat pasar di ibu kota adalah pasar Senen, Metro Atom Plaza, Blok M, dan pasar Kebayoran Lama.

Cari referensi di event pameran barang impor
Seperti konvensi-konvensi lain, barang impor ternyata mempunyai event-nya tersendiri. Di sini, kamu bisa mendapatkan referensi supplier yang bisa menjadi mitra kerja usahamu. Beberapa contoh event yang ada adalah IFFINA (furnitur), Inacraft (kerajinan), Surabaya Int’l Jewelry (perhiasan), dan cosmo beaute indonesia (kecantikan).

Satu tips yang tak boleh lupa! Selalu cek kualitas barang dan menegosiasikan harga sebelum membelinya. Jika ada yang sedang ingin membuka usaha thrift shop semoga segera mendapatkan supplier yang ditakdirkan menjadi mitra usaha, ya!

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami