Blog Thumbnail

Krealogi | POST ON 29 December 2022

Badan Restorasi Gambut dan  Mangrove (BRGM) Gandeng Krealogi dalam Peningkatan Kapasitas dan Skala Usaha Kelompok Masyarakat di Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan

Uncategorized

Badan Restorasi Gambut dan Mangrove menggandeng Krealogi oleh Du Anyam sebagai mitra pendamping dalam implementasi Program BERSINAR “Inkubasi Bisnis Komoditas Kriya untuk Pokmas di Lokasi Restorasi Gambut”. Program yang diluncurkan pada 28 Oktober 2022 ini ditujukan sebagai wadah kolaborasi dan berbagi ilmu praktis bagi peserta yang sedang merintis dan mengembangkan usaha di bidang kerajinan anyaman berbasis purun dengan menargetkan 30 perajin yang tergabung dalam 3 Pokmas (kelompok masyarakat), terdiri dari Pokmas Kube Berkat Ilahi dari wilayah Kalimantan Selatan, serta Pokmas Tani Mawar dan Pokmas KUM Paoh Sejahtera dari wilayah Sumatera Selatan untuk dilatih dan memperoleh peningkatan skala usaha bagi wirausaha melalui pengembangan rantai pasok serta transformasi digital.

Program pelatihan BERSINAR juga telah menghasilkan dampak-dampak positif bagi para peserta pelatihan. Beberapa capaian utama dalam program pelatihan diantaranya adanya peningkatan kapasitas usaha, pengetahuan bisnis, serta peningkatan motivasi pada perajin anyaman. Selain itu, dalam pendampingan konsultasi usaha berhasil dibuatnya legalitas usaha berupa NIB (Nomor Induk Berusaha), pembaruan alat dan strategi pemasaran berupa katalog, brosur, brand tag dan care instruction, serta berhasilnya perajin dalam membuat dan mengoperasikan marketplace. Tidak berhenti sampai disitu, adanya pendampingan ini mampu menghubungkan salah satu pokmas dengan dua offtaker pembeli potensial sehingga produk-produk pokmas dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dan pada akhirnya terjadi peningkatan pendapatan yang diperoleh pokmas tersebut.

Bapak Musyafa Ahmad sebagai Kepala Sub Kelompok Kerja Pengembangan dan Pemasaran Produk Mangrove dalam sambutannya saat penutupan program pada tanggal 15 Desember 2022 lalu menyampaikan pesan, “Besar harapan kami, agar para pokmas memiliki peran aktif dalam perlindungan ekosistem gambut di wilayahnya masing-masing, dikarenakan ekosistem purun terkait erat dengan keberlanjutan bisnis kerajinan anyaman yang mereka jalankan. Besar harapannya pula, gambut bukan lagi dianggap sebagai gulma liar tetapi memiliki manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.” 

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami