Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 28 March 2022

Apa Itu Perencanaan Produksi?

Pelatihan

Apa Itu Perencanaan Produksi? − Dalam memulai sebuah usaha, setiap pelaku bisnis pastinya memimpikan kesuksesan. Demi tercapainya kesuksesan tersebut, pelaku usaha perlu menerapkan strategi agar bisnis berkembang pesat. Langkah pertama untuk mengoptimalkan perkembangan bisnis adalah dengan menetukan perencanaan produksi yang tepat. 

Sayangya, perencanaan produksi kerap menjadi masalah yang cukup pelik bagi sebagian pelaku usaha. Masalah-masalah tersebut muncul akibat kurangnya pengetahuan pelaku usaha mengenai perencanaan produksi. Untuk itu, di artikel ini kami akan mengulas terkait apa itu perencanaan produksi.

Table of Contents: 

Apa Itu Perencanaan Produksi? 

Tujuan Perencanaan Produksi 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Perencanaan Produksi

Apa Itu Perencanaan Produksi?

Secara sederhana perencanaan produksi adalah langkah untuk mengembangkan draf mengenai proses produksi. 

Untuk lebih jelasnya, rencana produksi dapat diartikan sebagai proses merancang jadwal kegiatan untuk memproduksi produk selama kurun waktu tertentu. 

Perencanaan produksi digolongkan menjadi dua bagian, yaitu perencanaan produksi jangka pendek dan perencanaan produksi jangka panjang. Perencanaan produksi jangka pendek adalah penentuan kegiatan produksi yang akan berlangsung selama kurang dari satu tahun. Jika kegiatan produksi yang ditentukan jangka waktunya lebih dari satu tahun, maka rencana tersebut termasuk perencanaan produksi jangka panjang. 

Perencanaan produksi penting karena dengan melakukan perencanaan, proses produksi akan jadi jauh lebih efisien dan terorganisir. Sehingga, tidak banyak waktu, tenaga, atau material yang terbuang selama proses produksi. 

Tujuan Perencanaan Produksi 

Tidak lengkap rasanya membahas mengenai apa itu perencanaan produksi tanpa mengetahi tujuan perencanaan produksi bagi perusahaan. Berikut beberapa tujuan dari perencanaan produksi. 

1. Meminimalkan Biaya Produksi Demi Memaksimalkan Laba 

Tujuan diadakannya perencanaan prosuksi adalah untuk meminimalkan perencanaan produksi. Dengan perencanaan produksi yang matang, biaya produksi dapat diatur sedemikian mungkin agar tidak membengkak. Sehingga, perusahaan akan mendapatkan keuntungan maksimal. 

2. Mengoptimalkan Persediaan Alat dan Bahan 

Bukan hanya terkait biaya, perencanaan produksi juga menyoroti terkait persoalan bahan baku. Penyusunan yang strategis, ketersediaan alat dan bahan untuk proses produksi jadi lebih maksimal. Dengan mengoptimalkan persedian alat dan bahan, kualitas hasil produksi tentu jauh lebih baik. 

3. Memantau Proses dan Hasil Produksi 

Perencanaan produksi juga berfungsi sebagai tolok ukur performasi proses produksi. Adanya perencanaan produksi, tenggat waktu setiap proses dan gambaran hasil produksi menjadi lebih jelas. Sehingga proses produksi jadi terstruktur dan mudah dipantau. 

4. Memaksimalkan Layanan Konsumen 

Perencanaan produksi tak hanya bertujuan demi kebaikan perusahaan, tapi juga demi kebaikan pelanggan. Perencaan produksi bertujuan untuk memaksimalkan layanan konsumen. 

Ketika melakukan perencanaan prosuksi, kebutuhan konsumen dan pangsa pasar harus benar-benar diperhatikan. Dengan begitu, pelanggan akan mendapatkan layanan terbaik dan hal tersebut tentu berdampak baik bagi perusahaan.

Baca juga: Inilah 6 Tujuan Dilakukannya Perencanaan Produksi!

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Perencanaan Produksi

strategi marketing produk UMKM 

Dalam perencanaan produksi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan secra matang. Kombinasi yang baik antara hal-hal berikut, akan menciptakan hasil ideal perencanaan produksi. Hal-hal tersebut adalah: 

1. Sumber Daya Manusia 

Ketika melakukan perencanaan produksi, tentukan jumlah sumber daya manusia yang akan menjadi staff dan terlibat dalam setiap proses produksi. Pastikan sumber daya manusia yang tersedia kompeten untuk mengemban tugas produksi 

2. Peralatan 

Selain sumber daya manusia, inventaris peralatan juga harus diperhatikan. Untuk merancak perencanaan produksi, pelaku usaha harus memiliki peralatan yang memadai.  

3. Bahan Baku Produksi 

Bahan baku dan peralatan merupakan dua hal tak terpisah. Dalam proses produksi nanti, ketersediaan bahan akan memegang peran penting guna terwujudnya perencanaan produksi Anda. Jadi, pastikan setiap bahan baku sudah tersedia. 

4. Biaya Produksi 

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam perencanaan produksi adalah biaya. Biaya ini di sini berarti rancangan pengeluaran yang akan dihabiskan untuk proses produksi dan perkiraan pendapatan yang akan Anda hasilkan jika proses produksi telah usai. 

5. Waktu Produksi

Terakhir, Anda juga harus memperhatikan jangka waktu produksi. Dengan perencanaan waktu produksi, tidak akan ada keterlambatan selama proses produksi terjadi. Sehingga proses produksi dapat berjalan sesuai jadwal.

Tahapan Dalam Perencanaan Produksi

Dalam prosesnya, ada beberapa tahapan yang perlu dilalui, di antaranya:

1. Tahap Persiapan (Preparation)

Langkah pertama yang harus dilakukan pelaku usaha adalah melakukan persiapan. Persiapan ini termasuk memberi informasi kepada orang yang tepat terkait setiap detil dari rencana produksi. 

2. Penentuan Alur Produksi (Routing)

Pelaku usaha harus merancang rute atau alur urutan proses produksi. Tahap ini melibatkan poin apa, berapa, dengan apa, bagaimana, dan di mana proses produksi akan dilakukan.

3. Penjadwalan (Scheduling)

Setelah menentukan alur, bagian selanjutnya adalah membuat jadwal. Jadwal merupakan waktu pasti bagi setiap bagian yang telah di-routing akan dilakukan.

4. Penugasan (Discpatching)

Jika jadwal sudah dirancang, segera kirimkan instruksi kerja untuk menjalankan produksi. Proses ini juga mencakup pengawasan, di mana pengawas bertugas memastikan jalannya produksi sesuai dengan rencana awal.

5. Peninjauan (Reviewing)

Tahap ini erat kaitannya dengan evaluasi. Di tahap ini akan dipastikan apakah masih ada hal-hal yang kurang sesuai dengan rencana. Apakah ada yang terlewat, atau kekurangan-kekurangan lainnya. Proses peninjauan ini juga berguna karena dapat dijadikan sebagai input bagi proses produksi selanjutnya.

Baca juga: Perencanaan Produksi Meliputi 5 Tahap Ini!

Kelima proses ini merupakan hal yang berkesinambungan dan penting dalam rangkaian proses perencanaan produksi. Buat dan atur jadwal rencana produksi untuk usahamu sendiri dengan bantuan Krealogi dari DuAnyam! Manfaatkan fitur Buat Rencana Produksi, dan nikmati manfaat dan integrasinya dengan fitur lain dari aplikasi Krealogi. Baca artikel lainnya di sini!

Baca juga:

 

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami