Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 09 February 2022

Apa Itu Sistem Pre-Order? Cara Kerja dan Kelebihannya

Pelatihan

Apa Itu Sistem Pre-Order – Apakah kamu sering mendengar atau membaca istilah “sistem PO” saat melakukan aktivitas belanja? Sebagian dari kamu yang sering berbelanja online mungkin sudah lebih familiar dengan istilah ini. Beberapa media jual beli di Indonesia juga menggunakan istilah ini.

Table of Content: 

  1. Apa Itu Sistem Pre-Order? 
  1. Bagaimana Cara Kerja Sistem Pre-Order? 
  1. Bagaimana dengan Pembayarannya? 
  1. Kelebihan Berjualan dengan Sistem Pre-Order 

Artikel ini berguna bukan hanya untuk kamu yang suka belanja, namun juga kamu yang berjualan. Akan dibahas mengenai apa itu sistem pre-order, bagaimana cara kerjanya, hingga ke cara pembayaran dalam transaksi ini. Yuk, baca lebih lanjut artikel ini! 

Apa Itu Sistem Pre-Order? 

Pre-order atau sistem PO adalah saat penjual memasarkan produk yang belum diproduksi atau belum ada secara fisik. Pembeli dapat melihat terlebih dahulu seperti apa produknya, dan melakukan pemesanan serta pembayaran, untuk kemudian dilakukan produksi. 

Ada berbagai keuntungan berjualan dengan sistem Pre-order. Selain tidak harus memiliki stok setiap saat, sistem pre-order memungkinkan kamu untuk menciptakan kesan keterbatasan atau ekslusivitas. 

Selain itu, dengan sistem ini, kamu bisa terlebih dahulu menghitung biaya produksi tanpa harus takut ada barang yang tidak terjual. Bagi produk-produk tertentu, sistem Pre-Order juga digunakan untuk meningkatkan eksklusivitas atau kualitas dari sebuah barang. 

Bagaimana Cara Kerja Sistem Pre-Order?

Beautiful young smiling asian woman working laptop on desk in living room at home Free Photo
freepik.com

Pertama-tama, penjual akan memasarkan produknya dengan cara memberikan sampel kepada calon pembeli. Kemudian, pembeli yang tertarik akan melakukan pemesanan atas produk tersebut. Penjual akan mencatat pesanan dan melakukan produksi, ketika pembayaran sudah dilakukan oleh pembeli. Sistem pembayaran dan ketentuan akan ditentukan oleh penjual. Simak poin selanjutnya untuk baca lebih lanjut!

Bagaimana dengan Pembayarannya?

Beautiful asian woman using smartphone buying online shopping by credit card while wear casual sitting on desk in living room at home. Free Photo
freepik.com

Cara pembayaran di sistem pre-order pun bermacam-macam. Ada yang mengharuskan pembeli untuk melakukan pembayara secara penuh di awal, ada juga yang hanya mewajibkan pembayaran sebagian. Sistem dan saluran pembayarannya sendiri juga dapat ditentukan oleh penjual dengan kesepakatan dari pembeli. 

Perlu diketahui ketika kamu membeli sebuah produk barang atau jasa dalam platform toko online, uang yang kamu bayarkan tidak langsung masuk ke kantong penjual. Uang tersebut akan ditahan oleh platform marketplace hingga produk barang atau jasa tersebut sampai ke tangan pembeli. Setelah marketplace mendapatkan konfirmasi bahwa pesanan tersebut sudah diterima dengna baik, barulah uang hasil transaksi tersebut diteruskan kepada penjual. 

Kelebihan Berjualan dengan Sistem Pre-Order 

Ada beberapa kelebihan berjualan dengan menggunakan sistem pre-order, salah satunya adalah meminimalisir kerugian akibat barang jadi yang tidak terjual. Dengan sistem PO, barang yang diproduksi adalah barang yang sudah dipesan dan dibeli. 

Selain itu, uang yang dibayarkan di awal memungkinkan penjual untuk melakukan produksi tanpa harus mengeluarkan modal yang besar di awal. Seperti yang sudah kita bahas di atas, untuk beberapa produk atau brand, sistem Pre-Order bisa digunakan untuk menimbulkan kesan terbatas atau eksklusif yang biasanya dikaitkan dengan produk yang berkualitas tinggi. 

Untuk memastikan produkmu siap dikirim tepat waktu dan juga memiliki kualitas tinggi, susunlah jadwal Perencanaan Produksi dari aplikasi Krealogi. Jadwalkan dan pantau seluruh rangkaian proses produksi agar sesuai dengan yang diharapkan. 

Itulah tadi informasi mengenai apa itu sistem pre-order. Bagi kamu yang baru mulai menjalankan usaha, mungkin kamu bisa mencoba berjualan dengan sistem ini. Klik di sini untuk baca artikel dan informasi lainnya dari Krealogi! 

Baca juga

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami