Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 18 January 2022

Apa Pentingnya Perencanaan Produksi?

Pelatihan

Apa pentingnya perencanaan produksi? – Mungkin banyak dari Anda pelaku bisnis UMKM yang mengalami kesulitan dalam mengelola keseluruhan proses produksi. Walaupun terlihat sederhana, proses produksi berkaitan dengan beberapa faktor lain yang sebenarnya cukup kompleks. 

Sebagai contoh, posisikan diri Anda sebagai seorang pelaku bisnis kerajinan yang tengah mengalami kebingungan saat tiba-tiba ada pesanan jumlah besar, sedangkan stok barang jadi yang Anda miliki kurang. Ketika Anda mencoba mengupayakan produksi untuk mengejar kekurangan, ternyata jumlah bahan baku yang tersisa juga tidak memungkinkan untuk dilakukannya produksi. Sehingga, Anda cukup kebingungan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Lebih parahnya lagi, Anda berpotensi kehilangan proyek dari pelanggan karena ketidakmampuan untuk memenuhi pesanan. 

Semua itu tidak akan terjadi jika Anda memiliki sistem manajemen dan perencanaan produksi yang baik. Mungkin Anda sudah mencoba untuk melakukannya secara manual, namun hasilnya kurang efektif karena pencatatannya cenderung kurang terorganisasi. 

Content: 

Apa Itu Perencanaan Produksi?

Perencanaan Produksi yang Baik

Membuat Jadwal Rencana Produksi

Apa Itu Perencanaan Produksi? 

Perencanaan produksi sendiri merupakan proses menentukan produk apa yang akan dibuat, volume produksi, kapasitas, bahan baku yang diperlukan, dan juga penyusunan jadwalnya. Rencana produksi yang baik dapat membantu perusahaan melakukan produksi seefisien mungkin.

Baca juga: Apa Itu Perencanaan Produksi?

Perencanaan Produksi yang Baik

Perencanaan produksi yang disusun dengan baik dapat membantu kita untuk mencapai hal-hal berikut: 

1. Menghindari kelebihan dan pemborosan belanja bahan baku

2. Penggunaan bahan, alat, dan sumber daya yang lebih efisien

3. Pemanfaatan waktu dan sumber daya manusia yang efektif

4. Menghindari Keterlambatan Memproses Pesanan 

Produksi yang telah terjadwal dengan baik juga akan menghindari terjadinya keterlambatan memproses pesanan. Buat, jadwalkan dan pantau perkembangan rencana produksi dengan lebih mudah, rapi dan akurat dengan aplikasi Krealogi. Dengan menjadwalkan rencana produksi, kamu dapat memastikan proses produksi berjalan dengan maksimal dan tepat waktu. Rencana produksi dapat dibuat untuk memenuhi pesanan dari pelanggan atau menambah stok barang yang kamu miliki 

Membuat Jadwal Rencana Produksi 

Di sinilah peran teknologi dapat dirasakan oleh pelaku bisnis UMKM secara nyata. Perangkat digital memungkinkan Anda untuk melakukan segala jenis pencatatan dan pengelolaan dengan lebih mudah dan rapi. Aplikasi krealogi hadir dengan fitur “Rencana Produksi” untuk membuat jadwal produksi untuk usaha Anda. 

Mulai dari tanggal mulai produksi dan target selesai, pengecekan kualitas produk, pencatatan dan kontrol atas perkembangan proses produksi, semuanya dapat ditentukan dan dipantau dalam satu fitur. Selain itu, produk yang telah selesai diproduksi akan secara otomatis tercatat dalam ‘stok gudang’. Sehingga, kamu bisa selalu tahu jumlah dan keadaan stok terkini.

Demikian adalah informasi mengenai apa pentingnya perencanaan produksi bagi usahamu. Klik di sini untuk baca artikel dan informasi lain dari Krealogi.

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami