Blog & Berita

Blog & Berita

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 24 January 2022

Mengelola Keuangan Usaha Skala Kecil: Terapkan 7 Hal Ini!

Mengelola Keuangan Usaha Skala Kecil – Pengelolaan keuangan bukan hanya untuk usaha dengan skala besar. Upaya pelaku usaha kecil dan menengah untuk menata keuangan dapat membuka peluang bagi usaha agar semakin sukses. Terlebih, sejak adanya pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang memutuskan untuk mendirikan usaha atau bisnis dengan skala yang kecil. Namun tidak semua dari mereka dapat berkembang atau berhasil. Ada berbagai macam faktor yang mempengaruhi, namun dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai peran pengelolaan keuangan. 

Content: 

Mengelola Keuangan Usaha Skala Kecil dan Menengah 

  1. Pisahkan Keuangan Pribadi dengan Keuangan Usaha 
  1. Melakukan Perencanaan dan Anggaran 
  1. Membuat Pencatatan Keuangan 
  1. Mengawasi Cashflow atau Arus Kas 
  1. Putar Laba untuk Mengembangkan Usaha 
  1. Siapkan Dana Darurat Perusahaan 
  1. Manfaatkan Teknologi 

Mengelola Keuangan Usaha Skala Kecil 

Salah satu faktor penting dalam kesuksesan sebuah usaha atau bisnis adalah pengelolaannya. Usaha atau bisnis yang dikelola dengan baik akan berjalan dengan lancar, dan bahkan berkembang. Demikian juga dengan hal sebaliknya, tanpa ada upaya pengelolaan yang baik, bisnis menjadi stagnan dan bahkan gagal. Ada berbagai manfaat baik jika kamu menambah ilmu dan pengetahuan mengenai bisnis sebelum terjun untuk berbisnis. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengelolaan usaha skala kecil dan menangah, terutama dalam pengelolaan keuangan. 

Berikut adalah beberapa hal yang patut diperhatikan dalam mengelola keuangan usaha dengan skala kecil atau menengah: 

1. Pisahkan Keuangan Pribadi dengan Keuangan Usaha 

Hal yang sangat penting untuk dipahami dan dilakukan adalah untuk memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha. Sekecil apapun skala bisnismu, selalu pisahkan antara keuangan perusahana dengan keuangan pribadi. Tujuannya adalah untuk menghindari penggunaan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi, dan juga sebaliknya. 

Sebisa mungkin gunakan tempat atau rekening yang berbeda untuk uang perusahaan dan uang pribadi. Sesudah dipisahkan, kamu juga harus berkomitmen untuk tidak menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi jika memang tidak terlalu mendesak. 

2. Melakukan Perencanaan dan Anggaran 

Selanjutya, perlunya membuat perencanaan atau anggaran keuangan. Kamu perlu menyusun perencanaan dan anggaran agar pengeluaran perusahaan tidak membengkak. Anggaran dan perencanaan untuk usaha skala kecil dan menengah dapat disusun setiap satu bulan atau bahkan setiap minggu. Membuat anggaran juga akan membantu usahamu untuk mengelola pemasukan dan pengeluaran agar usaha semakin berkembang. 

3. Membuat Pencatatan Keuangan 

Segala jenis transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan sebaiknya dicatat. Dengan memiliki catatan yang lengkap dan akurat, informasi tersebut dapat diolah menjadi laporan keuangan. Laporan keuangan sangat berguna sebagai sumber informasi mengenai keadaan perusahaan, dan sebagai dasar pembuatan keputusan dan perencanaan. Kamu bisa manfaatkan aplikasi manajemen usaha yang telah memiliki fitur pencatatan keuangan agar semuanya tercatat dengan lebih mudah dan rapi. 

4. Mengawasi Cashflow atau Arus Kas 

Kamu perlu mencatat semua transaksi baik pemasukan atau pengeluaran, dan kemudian menyusun laporan arus kas atau cashflow. Tujuan dari pengawasan ini adalah agar tidak terjadi kebocoran kas, atau kas yang tidak diketahui ke mana perginya. Kamu tidak perlu khawatir karena harus kerepotan mencatat dan menyimpan semua catatan transaksi, manfaatkan aplikasi dengan fitur keuangan untuk membantu kamu. 

5. Putar Laba untuk Mengembangkan Usaha 

Kesalahan yang kerap dilakukan oleh pelaku usaha dengan skala kecil atau menengah adalah mengambil semua keuntungan yang dimiliki oleh usaha untuk kepentingan pribadi. Sehingga, jumlah modal perusahaan tidak bertambah dan kesulitan untuk berkembang. 

Seharusnya, sebagian dari laba kembali diputarkan untuk menambah modal. Kesampingkan sejenak keinginan untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya untuk kepentingan pribadi. Setidaknya sisihkan 10% dari laba untuk menambah modal agar usaha kecilmu dapat terus berkembang seiring dengan waktu. 

6. Siapkan Dana Darurat Perusahaan 

Hal yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah dana darurat. Kita tidak akan pernah tahu bagaimana bisnis akan berjalan di masa depan. Dana darurat ini sebaiknya disiapkan bahkan dari awal jalannya usaha. Jumlahnya dapat bertambah seiring dengan penambahan laba perusahaan. Jangan gunakan dana ini jika semuanya masih berjalan normal dan berada di bawah kendali. 

7. Manfaatkan Teknologi 

Di era ini, kamu akan tertinggal jauh jika tidak memanfaatkan teknologi untuk kelangsungan usahamu. Dalam konteks pembahasan ini, gunakanlah teknologi yang dapat membantu kamu dalam mengelola keungan perusahaan skala kecil maupun menengah yang sedang kamu jalankan. Salah satunya adalah aplikasi Krealogi yang memiliki berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mencatatan semua transaksi keuangan. Kamu juga bisa mengunduh laporan keuangan sesuai periode yang diinginkan dengan aplikasi ini! 

Beberapa hal di atas patut untuk kamu terapkan dalam pengelolaan keuangan usahamu. Dengan perubahan-perubahan kecil, semuanya akan membawa dampak yang positif bagi bisnismu dalam jangka panjang. 

Baca juga: Manfaat Membuat Pembukuan bagi UMKM!

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 24 January 2022

Empat Aspek Penting Kesuksesan Usaha

Empat Aspek Penting Kesuksesan Usaha – Saat ini, untuk dapat berhasil dalam bisnis, ada berbagai macam hal yang perlu dikuasai oleh pelaku usaha. Bukan hanya pengetahuan mengenai produksi dan membuat konsep, pelaku usaha juga harus bisa membuat perencanaan dan sistem pengelolaan yang baik. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan ditingkatkan secara bertahap agar dapat mencapai kesuksesan dalam berbinis: 

1. Bisnis yang Terorganisasi 

Salah satu aspek penting dalam mencapai kesuksesan bisnis adalah sistem yang dapat membuat bisnis berjalan dengan teratur atau terorganisasi dengan baik. Sistem yang baik akan mempermudah segala lini untuk dapat menyelesaikan tugasnya masing-masing dengan lebih baik. 

Untuk mencapai keteraturan ini, yang dapat dilakukan adalah dengan menyusun daftar pekerjaan, cara mengerjakan, dan informasi lainnya sedetil mungkin. Sistem yang baik harus dapat memastikan bahwa setiap orang tidak melupakan satu hal pun, dan menyelesaikan semua tugas yang harus diselesaikan/perlu dilakukan pada hari tersebut.

Baca juga: 8 Ide dan Peluang Bisnis di Tahun 2022

2. Catatan Keuangan yang Lengkap dan Akurat 

Hampir semua bisnis yang sukses memiliki catatan keuangan yang jelas, lengkap, dan akurat. Pencatatan ini penting untuk dilakukan. Dengan mencatat setiap transaksi yang dilakukan, di akhir kamu akan dapat melihat kondisi finansial perusahaan dan tantangan apa yang mungkin harus segera diselesaikan. Laporan keuangan tersebut dapat menjadi dasar penyusunan strategi agar dapat mengembangkan usaha menjadi lebih baik. Untuk pencatatan keuangan yang lebih baik, sekarang kamu bisa beralih ke aplikasi pencatatan keuangan yang akan membuat semuanya lebih mudah dan rapi. 

3. Mengelola Resiko dengan Baik 

Berapa banyak bisnis yang berkembang karena mereka berani untuk mengambil dan mengelola resiko untuk dapat berkembang dengan pesat. Dengan kemampuan dan pengetahuan yang baik, perusahaanmu dapat mengambil dan mengelola beberapa resiko dengan membuat inovasi dan gebrakan-gebrakan baru yang dapat mendatangkan imbalan yang luar biasa jika mampu melakukan eksekusi dengan baik. 

4. Memiliki Konsistensi 

Konsistensi adalah elemen utama dalam keberhasilan sebuah bisnis. Pemilik usaha harus dapat menjaga konsistensi di berbagai aspek dalam usaha. Mulai dari kualitas produk, kualitas pelayanan, dan juga ketepatan waktu dalam menyelesaikan pesanan dari pelanggan akan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. 

Pelanggan yang puas cenderung akan melakukan pembelian berulang. Konsistensi jika dapat terus terjaga sampai jangka waktu yang cukup panjang akan membuat bisnismu semakin berkembang dan sukses. 

Itulah beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam upaya mencapai bisnis yang sukses. Membangun bisnis bukanlah hanya produksi dan penjualan, namun juga konsistensi dan pengelolaan yang baik. Pengelolaan yang baik sangatlah penting untuk menunjang dan mempertahankan jalannya bisnismu yang terus berkembang. 

Itulah empat aspek penting dalam kesuksesan usaha yang bisa coba kamu wujudkan. Ingin lebih gampang berbisnis? Download dan gunakan fitu-fitur dari aplikasi Krealogi!

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 24 January 2022

Strategi Pemasaran 4P untuk UMKM

Strategi pemasaran 4P untuk UMKM – Pemasaran tidak hanya diperuntukkan bagi perusahaan berskala besar. Usaha dengan skala kecil dan menengah juga akan menjadi semakin baik jika memiliki strategi pemasaran. Salah satu contohnya adalah strategi pemasaran 4P atau 4P marketing mix. Sesuai dengan namanya, strategi ini memiliki 4 elemen penting yang menjadi pusat perhatian. Lalu apa saja elemen yang ada di dalamnya? Yuk, simak lebih lanjut artikel ini. 

Content: 

Apa itu Strategi Pemasaran 4P atau Marketing Mix

Elemen dalam Strategi Pemasaran 4p 

  1. Product (produk) 
  1. Price (harga) 
  1. Place (tempat) 
  1. Promotion (promosi) 

Apa itu Strategi Pemasaran 4P atau Marketing Mix 

Tujuan utama dari marketing adalah untuk memperkenalkan dan menjual produk barang atau jasa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan kepada masyarakat luas. Pemasaran merupakan aktivitas yang penting untuk memastikan produk yang telat dibuat dapat terjual dan memberikan keuntungan bagi perusahaan. 

Ada berbagai strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh pelaku usaha. Salah satunya adalah strategi pemasaran 4P atau 4P marketing mix. Hal ini dapat dijadikan pedoman dasar dalam memulai sebuah bisnis, terlepas dari kecil atau besarnya skala usaha. Strategi ini memang bukan merupakan strategi terbaru dan terbaik. Namun, seiring berjalannya waktu, strategi pemasaran 4P terbukti tetap relevan dan dapat diaplikasikan. 

Strategi Pemasaran 4P merupakan kumpulan instrumen pemasaran yang terdiri dari: 

  1. Product (produk) 
  1. Price (harga) 
  1. Place (tempat) 
  1. Promotion (promosi) 

Keempat elemen ini harus dipikirkan dengan matang agar dapat diterima dengan baik oleh pasar. Bagaimana penjelasan dan aplikasi dari masing-masing elemen ini? Baca bagian berikutnya untuk informasi yang lebih jelas. 

Elemen dalam Strategi Pemasaran 4P 

Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing elemen dalam strategi pemasaran 4P untuk UMKM: 

1. Product (produk)

Apakah kamu pernah bingung mengenai produk apa yang harus dijual? Ketika produk sudah ditentukan, bagaimana strategi untuk memasarkannya? Baik sudah memiliki produk atau belum, keduanya masih tetap dapat diolah dan dimaksimalkan. 

Produk yang sudah ada dapat ditingkatkan dan disempurnakan dengan adanya timbal balik berupa kritik atau saran dari konsumen. Tren dan kebutuhan masyarakat yang baru juga bisa dijadikan dasar dalam membuat inovasi produk. 

Selain itu, pastikan kualitas dari produk yang kamu ciptakan tetap terjaga dan konsisten. Kualitas produk dan jasa yang konsisten akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sebaliknya, kualitas produk dan jasa yang buruk berpotensi menimbulkan kerugian bagi usahamu. 

Dalam menentukan strategi untuk ‘P’ yang pertama (produk), ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan: 

  1. Apa yang dibutuhkan oleh masyarakat? 
  1. Apakah produkmu bisa memenuhi kebutuhan tersebut?] 
  1. Fitur dan manfaat apa yang bisa diberikan produkmu? 
  1. Seperti apa produknya (bentuk, warna, ukuran, kemasan)? 
  1. Apakah produk mudah dijangkau dan digunakan oleh konsumen? 
  1. Apa yang membedakan produkmu dengan produk serupa? 

2. Price (harga) 

Elemen selanjutnya dalam strategi pemasaran 4P adalah Price atau harga. Harga merupakan faktor yang cukup penting dalam bisnis. Tingkat harga merupakan sensitif bagi konsumen. Artinya, harga seringkali dijadikan faktor untuk membedakan produkmu dengan produk lainnya. Maka, pastikan kamu menentukan harga yang tepat untuk produkmu. 

Lalu bagaimana strategi yang tepat untuk menentukan harga? Sebaiknya, kamu mulai dengan menghitung HPP (harga pokok produksi). Dari situ kemudian dapat ditentukan besaran keuntungan yang diinginkan untuk setiap produk yang terjual. 

Dalam menentukan elemen Price atau harga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: 

  1. Berapa nilai produk atau jasa dari segi konsumen? 
  1. Berapa harga rata-rata produk serupa yang ada di pasaran? 
  1. Apakah harga yang di atas/bawah dari rata-rata tersebut memberikan sebuah keunggulan dibanding produk kompetitor? 
  1. Apakah memungkinkan untuk dilakukan promosi dengan diskon? Berapa besarannya? 

3. Place (tempat) 

Dalam strategi pemasaran 4P, Place atau tempat juga ternyata menjadi elemen yang perlu dipertimbangkan dalam pemasaran. Elemen ini menentukan di mana tempat yang memungkinkan konsumen untuk dapat menjangkau produk. 

Pastikan kamu memilih tempat yang strategis dan sesuai dengan usaha yang kamu jalankan. Di era ini, tidak jarang konsumen yang tertarik untuk melakukan datang dan melakukan pembelian karena terlebih dahulu tertarik dengan tempatnya. 

Tempat yang baik tidak harus bagus, namun sesuai dengan pemanfaatan dan targetnya. Sebagai contoh: jika kamu membuka jasa reparasi sepatu dan peralatan olahraga, maka tempat yang paling tepat adalah di sekitar arena atau gelanggang olahraga. Kemungkinan untuk menjaring konsumen akan lebih besar jika dibandingkan dengan keputusanmu untuk membuka usaha di area yang dekat dengan taman rekreasi atau pantai meskipun sama-sama ramai. 

Sehingga, jika disimpulkan ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dalam menentukan Place (tempat)

  1. Di mana biasanya konsumen akan mencari produk atau layanan ini? 
  1. Seperti apa tempatnya (pasar, mall, atau secara online?) 
  1. Apakah tempat tersebut memudahkan distribusi produk? 
  1. Potensi dan masalah apa yang dapat terjadi di tempat tersebut? Bagaimana mengatasinya? 

4. Promotion (promosi) 

Promosi merupakan elemen yang memiliki pengaruh besar dalam pemasaran. Promosi yang berhasil dapat meningkatkan penjualan produk barang maupun jasa secara signifikan. Kegiatan promosi sangat mudah dilakukan dengan adanya perkembangan internet dan media sosial. Kamu bisa menjangkau lebih banyak orang dengan waktu dan biaya yang minimal dengan media sosial. 

Dalam menyusun rencana promosi, perhatikan beberapa hal berikut: 

  1. Saluran apa yang paling efektif untuk digunakan? 
  1. Apakah ingin menggunakan bantuan media iklan berbayar? Berapa anggarannya? 
  1. Momentum apa yang cocok untuk kegiatan promosi? 
  1. Bagaimana proses perencanaan dan eksekusi penyampaian pesan promosi? 

Strategi ini cukup sederhana dan efektif untuk diterapkan di usaha dengan berbagai skala. Dengan memanfaatkan 4 komponen tersebut, usahamu akan memiliki arah dan prioritas yang lebih baik. 

Klik di sini untuk mendapatkan aplikasi Krealogi yang akan menjadi sahabat digital untuk pengelolaan bisnis Anda! 

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 20 January 2022

Strategi UMKM di Masa Pandemi

Strategi UMKM di Masa Pandemi – Sudah hampir selama 2 tahun ekonomi Indonesia mengalami masa yang cukup sulit akibat pandemi Covid-19. Tahun 2022 memberikan harapan baru bagi perekonomian negara, terutama bagi UMKM yang memiliki pengaruh besar. Kebangkitan UMKM juga mendongkrak ekonomi negara, dan hal ini sudah mulai terasa sejak akhir tahun 2021. 

UMKM merupakan sektor yang rawan terkena dampak dari terjadinya krisis. Maka, sejak tahun 2019, UMKM merasakan dampak secara ekonomi yang cukup berarti. Menurunnya volume penjualan tidak bisa dihindari, dan bahkan banyak usaha yang terpaksa harus tumbang. Hal-hal yang menjadi penyebabnya adalah kesulitan mobilitas masyarakat dan juga kurangnya kemampuan adaptasi dan adopsi teknologi dari sisi UMKM. 

Adaptasi Teknologi 

Di tahun 2022, UMKM yang dapat bertahan adalah mereka yang memiliki literasi dan kemampuan untuk melakukan adaptasi teknologi. Maka, UMKM yang belum melakukan adaptasi teknologi diharapkan bisa memanfaatkan momentum ini. Diperlukan serangkaian strategi UMKM di masa pandemi untuk dapat bertahan, dan bahkan berkembang. Digitalisasi adalah strategi utama bagi UMKM untuk dapat bertahan dan berkembang untuk beberapa waktu ke depan. 

Menurut data dari [KEMENKOPUKM], pemerintah menargetkan pada tahun 2024, Indonesia memiliki sebanyak 30 juta UMKM yang sudah melakukan digitalisasi. Upaya tersebut didukung dengan beberapa program pelatihan. 

Sebagai salah satu contohnya, Krealogi hadir dengan aplikasi berbasis digital yang memungkinkan para pelaku usaha untuk melakukan digitalisasi usaha. Tidak hanya itu, Krealogi juga memfasilitasi beragam program pelatihan yang bisa diikuti untuk mengembangkan sektor UMKM. 

Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi 

Strategi berikutnya yang dapat dilakukan oleh UMKM adalah pengembangan dari segi kreativitas dan inovasi produk. Adaptasi digital yang sudah dilakukan akan jauh lebih baik jika diimbangi dengan pengembangan kreativitas dan inovasi. Kreativitas dapat menjadi bahan bakar yang sangat efektif untuk dapat menghasilkan produk-produk yang unik. 

Di tengah kompetisi yang semakin padat, maka pelaku usaha UMKM harus dapat membuat produk yang unik dan unggul. Selain keunikan, faktor yang patut diperhatikan adalah kualitas dari produk yang konsisten. 

Upayakan untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan kemampuanmu untuk dapat memanfaatkan teknologi dan mengembangkan bisnis di tahun 2022. Kamu bisa akses berbagai informasi, artikel, dan juga pelatihan dari Krealogi dengan klik di sini

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 20 January 2022

Strategi Pemasaran Produk UMKM: Terapkan 5 Langkah Ini!

Strategi Pemasaran Produk UMKM – Saat ini, dalam memasarkan produk diperlukan beberapa penyesuaian dan inovasi. Hal ini disebabkan oleh berkembangnya teknologi, terutama internet. Ranah digital merupakan salah satu faktor pendukung mudahnya UMKM dalam menjalankan bisnisnya. Namun, teknologi juga merupakan salah satu tantangan bagi pelaku usaha UMKM. Kok bisa? Semakin banyak orang yang beralih ke pemasaran digital, maka persaingan yang ada juga akan menjadi semakin ketat. Pemasaran produk melalui dunia digital dapat kita jumpai hampir setiap hari di website, ecommerce, maupun di media sosial.

Maka dari itu, diperlukan pengetahuan dan strategi khusus agar bisnismu memiliki produk yang unggul. Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk UMKM yang relevan dengan situasi sekarang, coba simak beberapa poin di bawah ini.

1. Kenali latar belakang target pasarmu 

Siapa yang selama ini paling banyak membeli produkmu? Di mana ia tinggal? Berapa rata-rata usia mereka? Apa jenis pekerjaannya? Kira-kira berapakah tingkat penghasilannya? Apa saja yang menjadi prioritas dan kesukaan dari konsumen tersebut? Dengan mengetahui dan mengenali target pasarmu dengan lebih baik, kamu dapat menentukan strategi pemasaran yang benar-benar sesuai dengan targetnya.

2. Tingkatkan branding dan kemasan produkmu 

Upaya selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperbaiki atau meningkatkan branding dan kemasan produk. Apakah selama ini konsumen kesulitan untuk mencari atau mengidentifikasi produkmu di pasaran? Artinya, kamu harus memperhatikan sisi branding. Pastikan juga branding yang kamu bangun sesuai dengan status ekonomi, status sosial, gender, dan kebiasaan dari target pasarmu. 

Sebagai contoh, produk yang ingin kamu tawarkan adalah sabun kecantikan. Maka, agar sesuai dengan target pasar perempuan, desain produk, kemasan, dan logo sebisa mungkin dibuat lebih feminim. Dengan demikian, identitas dari produkmu akan lebih mudah memberikan kesan dan melekat di benak konsumen.

3. Buat kampanye dan promosi yang tepat sasaran 

Dalam upaya memasarkan produk UMKM, kamu perlu menyusun strategi kampanye dan juga promosi. Namun, pastikan apa yang akan disusun sesuai dengan target pasar yang telah terlebih dahulu kamu kenali. Tujuannya? Supaya kampanye dan promosimu tepat sasaran dan tidak hanya membuang-buang biaya. Selain itu, kampanye dan promosi yang tepat sasaran juga akan meningkatkan penjualan produkmu secara signifikan. Maka, lakukanlah langkah pertama dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan informasi mengenai target pasar yang akurat.

4. Maksimalkan media sosial 

Fitur media sosial seperti Instagram kini sudah memungkinkan kamu untuk tidak hanya berjualan, namun juga berinteraksi secara personal dengan konsumen. Media sosial dapat dikatakan sebagai salah satu strategi pemasaran yang penting untuk UMKM. Melalui media sosial, kamu dapat membangun kesadaran orang-orang akan produkmu, memperluas informasi mengenai pelanggan, dan juga sarana komunikasi yang sangat interaktif.

5. Tingkatkan pelayanan 

Reputasi dan komunikasi getok tular dari pelanggan bisa saja menjadi faktor pertimbangan konsumen lain untuk melakukan pembelian produkmu. Hal sederhana seperti kualitas pelayanan menjadi faktor yang cukup penting bagi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Maka, berikanlah pelayanan terbaik. Mulai dari kecepatan respon terhadap pertanyaan, kecepatan pengiriman, kerapian pengemasan barang, atau pelayanan pasca-penjualan perlu mendapatkan perhatian lebih untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Baca juga: Pentingnya Pencatatan Pesanan Usaha 

Itulah beberapa strategi pemasaran produk UMKM yang relevan dan bisa dicoba untuk memaksimalkan penjualan produk. UMKM harus selalu beradaptasi dan mengikuti perubahan perilaku masyarakat. Dengan demikian, maka bisnis akan dapat terus berkembang. 

Salah satu cara untuk gampang berbisnis adalah dengan menggunakan aplikasi Krealogi. Fitur-fitur seperti pencatatan pesanan, fitur keuangan, hingga pencatatan gudang dapat kamu gunakan di satu aplikasi ini. 

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 18 January 2022

Apa Pentingnya Perencanaan Produksi?

Apa pentingnya perencanaan produksi? – Mungkin banyak dari Anda pelaku bisnis UMKM yang mengalami kesulitan dalam mengelola keseluruhan proses produksi. Walaupun terlihat sederhana, proses produksi berkaitan dengan beberapa faktor lain yang sebenarnya cukup kompleks. 

Sebagai contoh, posisikan diri Anda sebagai seorang pelaku bisnis kerajinan yang tengah mengalami kebingungan saat tiba-tiba ada pesanan jumlah besar, sedangkan stok barang jadi yang Anda miliki kurang. Ketika Anda mencoba mengupayakan produksi untuk mengejar kekurangan, ternyata jumlah bahan baku yang tersisa juga tidak memungkinkan untuk dilakukannya produksi. Sehingga, Anda cukup kebingungan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Lebih parahnya lagi, Anda berpotensi kehilangan proyek dari pelanggan karena ketidakmampuan untuk memenuhi pesanan. 

Semua itu tidak akan terjadi jika Anda memiliki sistem manajemen dan perencanaan produksi yang baik. Mungkin Anda sudah mencoba untuk melakukannya secara manual, namun hasilnya kurang efektif karena pencatatannya cenderung kurang terorganisasi. 

Content: 

Apa Itu Perencanaan Produksi?

Perencanaan Produksi yang Baik

Membuat Jadwal Rencana Produksi

Apa Itu Perencanaan Produksi? 

Perencanaan produksi sendiri merupakan proses menentukan produk apa yang akan dibuat, volume produksi, kapasitas, bahan baku yang diperlukan, dan juga penyusunan jadwalnya. Rencana produksi yang baik dapat membantu perusahaan melakukan produksi seefisien mungkin.

Perencanaan Produksi yang Baik

Perencanaan produksi yang disusun dengan baik dapat membantu kita untuk mencapai hal-hal berikut: 

1. Menghindari kelebihan dan pemborosan belanja bahan baku

2. Penggunaan bahan, alat, dan sumber daya yang lebih efisien

3. Pemanfaatan waktu dan sumber daya manusia yang efektif

4. Menghindari Keterlambatan Memproses Pesanan 

Produksi yang telah terjadwal dengan baik juga akan menghindari terjadinya keterlambatan memproses pesanan. Buat, jadwalkan dan pantau perkembangan rencana produksi dengan lebih mudah, rapi dan akurat dengan aplikasi Krealogi. Dengan menjadwalkan rencana produksi, kamu dapat memastikan proses produksi berjalan dengan maksimal dan tepat waktu. Rencana produksi dapat dibuat untuk memenuhi pesanan dari pelanggan atau menambah stok barang yang kamu miliki 

Membuat Jadwal Rencana Produksi 

Di sinilah peran teknologi dapat dirasakan oleh pelaku bisnis UMKM secara nyata. Perangkat digital memungkinkan Anda untuk melakukan segala jenis pencatatan dan pengelolaan dengan lebih mudah dan rapi. Aplikasi krealogi hadir dengan fitur “Rencana Produksi” untuk membuat jadwal produksi untuk usaha Anda. 

Mulai dari tanggal mulai produksi dan target selesai, pengecekan kualitas produk, pencatatan dan kontrol atas perkembangan proses produksi, semuanya dapat ditentukan dan dipantau dalam satu fitur. Selain itu, produk yang telah selesai diproduksi akan secara otomatis tercatat dalam ‘stok gudang’. Sehingga, kamu bisa selalu tahu jumlah dan keadaan stok terkini.

Demikian adalah informasi mengenai apa pentingnya perencanaan produksi bagi usahamu. Klik di sini untuk baca artikel dan informasi lain dari Krealogi. 

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 17 January 2022

Pentingnya Pencatatan Pesanan bagi Usaha Kamu!

Apakah Anda pernah merasa kesulitan mengandalkan ingatan untuk memproses pesanan-pesanan dari klien? Mencatat pesanan satu-per-satu secara manual juga seringkali terasa merepotkan, terlebih dengan resiko catatan tersebut untuk hilang atau rusak. Melakukan pencatatan pesanan bisnis merupakan hal yang cukup penting agar tidak terjadi kesalahan yang fatal. Baca artikel ini untuk mengetahui pentingnya pencatatan pesanan bagi usaha kamu dan juga kemajuannya!

Kenapa Harus Mencatat Pesanan? 

Konsumen seringkali melakukan pesanan dalam jumlah yang berbeda-beda, dengan variasi produk yang beraneka ragam, dan dengan waktu yang berbeda-beda. Pencatatan secara manual seringkali tidak memiliki sistem yang memadai untuk memantau keseluruhan proses dari pesanan masuk hingga produk diterima konsumen. Padahal, penting bagi pelaku usaha untuk mengetahui, mengontrol, dan mengidentifikasi jika terjadi permasalahan di tengah proses tersebut.

Jika Anda mengalami kesulitan terkait pengelolaan pesanan dari konsumen, sudah saatnya Anda mencari hal yang baru yang lebih efektif dan efisien. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengadopsi teknologi dengan menggunakan aplikasi pencatat pesanan untuk bisnis Anda.

Aplikasi catat pesanan dapat dimanfaatkan untuk mencatat hal-hal yang berkaitan dengan data pesanan dari konsumen secara rinci dengan memanfaatkan teknologi. Kehadiran aplikasi pencatatan pensanan memungkinkan Anda untuk dengan mudah mencatat dengan rapi secara digital. Hal ini mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dan hal lainnya yang dapat mengakibatkan kerugian dari segi bisnis.

Baca juga: Manfaat Pembukuan untuk UMKM

Aplikasi Pencatatan Pesanan 

Perkembangan teknologi aplikasi telah memungkinkan kita untuk melakukan pencatat pesanan secara digital. Dengan aplikasi ini, ada sarana yang memungkinkan bisnis untuk mencatat dan mengelola pesanan dan segala penjualan secara efisien dan sistematis. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, semua data yang meliputi produk, persediaan, dan jumlah barang keluar dan masuk dapat dikelola. Selain itu, terdapat fitur pelaporan mengenai total penjualan, hingga perhitungan berbentuk laporan sederhana mengenai laba dan rugi. 

Tanpa aplikasi mencatat penjualan, Anda harus melakukan semuanya secara manual yang menyita banyak waktu dan energi. Pendataan secara manual juga lebih berisiko mengalami kesalahan yang dapat mengakibatkan kerugian. 

Catat dan proses pesanan yang kamu terima. Buat jadwal pengiriman dan proses pembayaran lebih mudah dengan data yang terintegrasi dengan Krealogi. Cetak dokumen transaksi dengan hanya satu kali klik. Dengan mencatat pesanan, Anda dapat memastikan pengiriman berjalan sesuai rencana dan juga tepat waktu. 

Bagaimana Fitur Catat Pesanan Krealogi dapat Membantu Anda?

Fitur Catat Pesanan akan memudahkanmu dalam merekap pesanan masuk, mempersiapkan pengiriman dan memproses pembayaran. Dalam fitur catat pesanan, Anda akan menjumpai: 

1. Daftar pesanan masuk 

Anda dapat mencatat seluruh pesanan yang masuk secara rinci 

2. Jadwal kirim dan status pembayaran untuk setiap pesanan 

Buat jadwal untuk pengiriman dan juga status pembayaran untuk setiap pesanan yang masuk. 

3. Unduh dan cetak label pengiriman, invoice dan surat jalan 

Anda dapat mengunduh dan mencetak label untuk pengiriman produk, berikut invoice dan surat jalannya. 

4. Pendapatan dari pesanan yang selesai akan otomatis terekam di pemasukan 

Pendapatan yang didapatkan dari pesanan akan secara otomatis terekam di bagian pemasukan keuangan. Mudah bukan? 

Demikian adalah pentingnya pencatatan pesanan bagi usaha untuk menghindari kesalahan dan pengelolaan yang lebih baik secara keseluruhan. Ingin segera mengelola bisnismu dengan lebih baik? Download melalui GooglePlay, dan rasakan mudahnya mengelola bisnis dengan bantuan fitur-fitur dari Krealogi.

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 15 January 2022

Manfaat Pembukuan Bagi UMKM?

Apa Manfaat Pembukuan bagi UMKM? – Pembukuan merupakan hal yang penting bagi perusahaan karena dapat diolah untuk memberikan informasi kepada pemilik, manajer, investor, dan pemegang saham yang berupa evaluasi menyeluruh dari keuangan perusahaan. Pembukuan dapat diolah menjadi laporan keuangan yang memberikan informasi vital yang meliputi pendapatan dan beban, laba dan rugi, aset, yang dapat dimanfaatkan untuk kontrol, pembuatan keputusan, dan perencanaan bisnis.

Manfaat Pembukuan bagi UMKM

Fungsi atau objektif utama dari pembukuan adalah untuk mencatatat keseluruhan transaksi keuangan, untuk menciptakan informasi keuangan. Namun, masih banyak pemilik usaha dengan skala yang lebih kecil umumnya, yang melupakan pencatatan dan pembukuan.

Pencatatan dan pembukuan ini nantinya dapat diteruskan sebagai laporan keuangan. Maka, sekecil apapun skala perusahaannya, pengusaha wajib mengerti dan menerapkan pencatatan dan pembukuan. Simak informasi berikut untuk mengetahui apa saja pentingnya melakukan pencatatan dan pembukuan usaha!

Table of Contents:

  1. Melacak Pemasukan dan Pengeluaran 
  1. Membantu Proses Penyusunan Anggaran 
  1. Analisis Manajemen yang Lebih Mudah 
  1. Dasar Pembuatan Keputusan 
  1. Manajemen Keuangan 
  1. Representasi Performa Bisnis
  1. Keperluan Legal dan Pajak 

1. Melacak Pemasukan dan Pengeluaran

Anda pasti menginginkan rincian yang jelas mengenai pemasukan dan pengeluaran. Hal ini menghindari terjadinya pengeluaran yang tidak diketahui rinciannya. Dalam perusahaan, angka sekecil apapun dapat diperhitungkan. Pencataan dan pembukuan yang rapi akan membantu pengusaha untuk melakukan kontrol terhadap pembelian atau pengeluaran. Anda dapat secara efisien mencatat segala jenis transaksi, baik pemasukan maupun pengeluaran dengan aplikasi Krealogi

2. Membantu Proses Penyusunan Anggaran

Ketika Anda mengetahui rincian dari segala pemasukan dan pengeluaran yang terjadi, maka hal tersebut akan membantu dalam proses penyusunan anggaran. Anggaran dapat menjadi pedoman atau arah tujuan keuangan dari bisnis Anda. Fungsi utama dari anggaran adalah untuk melakukan perencanaan dan antisipasi biaya-biaya yang tidak diduga sebelumnya. 

3. Analisis Manajemen yang Lebih Mudah

Pencatatan dan pembukuan yang rinci akan sangat membantu bagi kepentingan manajemen dan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Laporan arus kas atau cashflow juga akan lebih mudah untuk disusun dengan detail. Informasi tersebut akan menjadi dasar bagi manajemen perusahaan untuk membuat sebuah keputusan.

Baca juga: Apa Itu Cashflow? Berikut Elemen dan Cara Menyusunnya

4. Dasar Pembuatan Keputusan

Tahap ini merupakan lanjutan atau tindak lanjut dari tahap analisis perusahaan. Pencatatan dan pembukuan yang telah dilakukan dengan baik pasti akan memberikan analisis yang tepat pula. Keputusan yang baik harus didasarkan pada informasi keuangan yang lengkap dan memiliki akuntabilitas. Pembukuan yang baik dapat berfungsi sebagai representasi keadaan keuangan sebuah perusahaan. 

5. Manajemen Keuangan

Pembukuan dapat menjadi pedoman mengenai bagaimana perusahaan harus membelanjakan uangnya. Adanya pembukuan dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk mengendalikan keuangan perusahaan agar bisnis tetap berjalan dengan baik. 

6. Representasi Performa Bisnis

Menggunakan informasi dari hasil pencatatan dan pembukuan, pemilik bisnis akan lebih mudah menentukan apakah bisnis berjalan dengan baik atau sebaliknya. Pembukuan merupakan sumber yang cukup reliabel untuk mengukur performa sebuah bisnis. Performa dapat diukur dari membandingkannya dengan performa sebelumnya, atau dibandingkan dengan performa dari kompetitor.

Pencatatan keuangan dan pembukuan yang akurat diperlukan untuk beberapa keperluan legal. Mulai dari pelaporan ke pemegang saham hingga ke pembayaran pajak kepada pihak berwenang dan pemerintah. 

Sesederhana apapun, pencatatan keuangan dan pembukuan sangat penting untuk dimulai oleh sebuah perusahaan. Pencatatan dan pembukuan yang lengkap dan akurat akan membawa banyak manfaat bagi perkembangan perusahaan Anda. Selain beberapa alasan di atas, penting bagi pemilik usaha dengan skala yang lebih kecil untuk memiliki pembukuan yang baik. 

Mulai dari pengendalian arus kas, pengetahuan mengenai jalannya perusahaan, hingga meminimalisir kerugian akibat faktor internal maupun eksternal. Jika Anda adalah seorang pelaku usaha yang baru saja memulai, meluangkan sedikit waktu untuk melakukan pencatatan dan pembukuan untuk usaha Anda akan sangat berguna untuk jangka yang cukup panjang. Setidaknya, dengan memulai pencatatan, Anda perlahan dapat memahami sistem berjalannya usaha secara keseluruhan. 

Pelajari bagaimana Krealogi dapat mempermudah jalannya bisnis Anda. 

Klik di sini untuk artikel dan informasi lain dari Krealogi. 

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 14 January 2022

Meningkatkan Volume Penjualan Produk: Lakukan 7 Hal Ini!

Meningkatkan Volume Penjualan Produk – Baik itu merupakan produk barang, jasa, maupun produk berupa informasi, semuanya merupakan sesuatu yang dapat dijual. Bisnis yang sukses adalah bisnis yang dapat menjual produknya, terlepas apapun bentuknya.

Penjualan tidak datang dari sekedar menunggu customer untuk menemukan produkmu secara tiba-tiba dan melakukan pembelian. Adanya penjualan merupakan proses dari strategi pemasaran yang telah direncanakan dan dieksekusi dengan baik.

Content:

1.Tentukan target pasar yang jelas

2. Presentasikan produk secara lebih efektif

3. Gunakan berbagai saluran penjualan

4. Terapkan strategi upselling

5. Inovasi produk barang atau jasa

6. Fokus pada konsumen yang sudah menjadi pelanggan

7. Menyadari adanya kompetisi

Sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menambah jumlah calon konsumen, memperbaiki produk yang dijual, memperbaiki pemasaran, maupun semuanya secara bersamaan. Dengan sedikit perbaikan di aspek-aspek berikut, kemungkinan untuk dapat meningkatkan volume penjualan sudah jauh lebih terbuka. Simak beberapa tips yang dapat Anda coba dan terapkan.

1. Tentukan Target Pasar yang Jelas 

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah siapa yang akan dijadikan target pasar. Siapa yang kira-kira berminat membeli produkmu? Ibaratkan pasar sebagai individu atau avatar, kemudian tanyakan pertanyaan-pertanyaan seperti: 

  • Berapa usianya? 
  • Apakah ia pria atau wanita? 
  • Apakah ia memiliki anak?
  • Berapa rata-rata penghasilannya per bulan? 
  • Hal-hal apa yang menjadi ketertarikan baginya? 
  • Apa saja prioritas yang dimiliki? 

Mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut akan sangat membantu kamu dalam membentuk sebuah karakter brand, produk, dan pesan yang tepat sesuai dengan targetnya. Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan di atas, kamu dapat terlebih dahulu melakukan riset. Selain melakukan riset atas calon konsumen, kamu juga bisa melakukan riset kompetitor. Dari sana, kamu akan mendapatkan banyak informasi yang dapat diadaptasi. 

2. Presentasikan Produk secara Lebih Efektif (Fitur vs Manfaat) 

Cara selanjutnya adalah dengan menyampaikan pesan mengenai produk secara lebih efektif. Produk yang sudah memiliki kualitas produksi yang baik, perlu diperkenalkan kepada masyarakat. Bagaimana cara menyusun pesan yang efektif? Apa yang harus disampaikan melalui pesan tersebut? Fitur vs Manfaat: dalam proses penyampaian pesan kepada pasar, hendaknya kamu memperhatikan perbedaan antara fitur dan manfaat. Fitur memberikan alasan secara logis mengenai kegunaan dari produkmu. Manfaat, merupakan hal yang lebih penting karena menyangkut kebutuhan dan perasaan dari konsumen. Upayakan agarkamu tidak sekedar menyampaikan ‘fitur’, melainkan ‘manfaat’ dan keunggulan yang bisa konsumen dapatkan dari produk tersebut.

3. Gunakan Berbagai Saluran Penjualan 

Perkembangan teknologi memungkinkan kita untuk memiliki berbagai macam saluran penjualan. Saluran penjualan mencakup individu, organisasi, maupun kegiatan yang diperlukan untuk mengalihkan kepemilikan barang dari titik produksi ke titik konsumsi. Saluran pemasaran juga merupakan sarana bagi manajemen untuk mengatur strategi pemasaran yang efektif dan terencana. Cobalah untuk memanfaatkan lebih dari satu saluran penjualan. Misalnya, usaha yang biasa menjual produk langsung kepada konsumen, dapat mulai menyalurkan produk melalui reseller atau pengecer, dan juga saluran pemasaran lainnya. 

4. Terapkan Strategi ‘Upselling’ 

Upselling adalah teknik atau strategi yang dilakukan untuk memaksimalkan penjualan dengan memberikan penawaran terhadap produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi, yang disertai dengan beberapa manfaat tambahan. Strategi ini cukup efektif untuk meningkatkan penjualan produk, karena konsumen cenderung melakukan pembelian terhadap barang yang dirasa memiliki nilai atau value lebih. Contohnya, ketika konsumen hendak membeli sebuah tablet dengan memori sebesar 16GB seharga Rp 6.500.000, kamu bisa coba tawarkan tablet lain yang memiliki memori 16GB dengan layar yang 3 inci lebih luas seharga Rp 7.500.000.

5. Inovasi Produk Barang atau Jasa 

Salah satu faktor penting dalam upaya meningkatkan volume penjualan adalah dengan melakukan inovasi terhadap produk barang maupun jasa yang ditawarkan. Ide inovasi bisa didapatkan dari mana saja, mulai dari kreativitas pelaku usaha, feedback dari konsumen, mengikuti perkembangan yang ada, dan juga pemanfaatan teknologi. Usahakan agar produk tersebut tetap relevan dan dapat menjawab kebutuhan pasar seiring dengan perubahan kecenderungan masyarakat. Kamu juga bisa manfaatkan aplikasi dengan fitur rencana produksi, agar semuanya berjalan lancar dan terpantau dengan baik.

6. Fokus pada Konsumen yang Sudah Menjadi Pelanggan 

Pelanggan adalah sales-person terbaik yang kamu miliki. Mengapa demikian? Konsumen yang puas dan setia akan merekomendasikan produkmu kepada orang lain. Namun, sebelumnya kamu perlu membangun kepuasan dan kepercayaan dalam diri konsumen dengan cara membangun hubungan yang baik dengan konsumen. 

Berikut adalah beberapa informasi yang dikutip dari Business2Community tentang bagaimana konsumen yang sudah ada dapat membantu meningkatkan penjualan produk: 

  • 65% dari penjualan datang dari konsumen yang telah menjadi pelanggan (existing costumer
  • Kemungkinan produk dapat terjual kepada pelanggan  adalah sebesar 60-70%, dibandingkan dengan konsumen baru yang kemungkinannya 5-20%. 
  • 80% dari keuntungan di masa depan datang dari 20% dari pelanggan 
  • Konsumen yang melakukan pembelian ulang, akan melakukan pembelian dengan nominal 31% lebih besar dibanding konsumen yang baru pertama kali membeli. 

7. Menyadari Adanya Kompetisi 

Kamu perlu memperhatikan apa yang dilakukan oleh kompetitor. Informasi yang didapatkan dari sana akan membantu dalam memahami perilaku pasar. Dengan mengetahui informasi tersebut, kamu juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dan juga mempertahankan posisi produkmu di pasar, beradaptasi dengan perubahan, bahkan menjangkau pasar yang baru. 

Demikian adalah beberapa informasi mengenai cara meningkatkan volume penjualan produk usahamu. Dengan sedikit perbaikan di aspek-aspek berikut, kemungkinan untuk dapat meningkatkan volume penjualan sudah jauh lebih terbuka.

Jika kamu menyukai artikel dan informasi lain dari Krealogi, kamu bisa klik di sini.

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 13 January 2022

Tips Memulai Bisnis Kerajinan yang Sukses

Tips Memulai Bisnis Kerajinan – Apakah Anda orang yang kreatif dan suka membuat berbagai hasil kerajinan tangan? Apakah selama ini Anda hanya menjalankannya sebagai hobi? Mungkin Anda juga sedang mencari sumber penghasilan tambahan? Mungkin ini adalah saatnya bagi Anda untuk menggunakan kreativitas untuk memulai bisnis produk kerajinan.

Content:

Tips Memulai Bisnis Kerajinan Tangan 

  1. Menentukan Target Pasar 
  1. Menerapkan Strategi Pemasaran yang Tepat 
  1. Manajemen Tenaga Kerja 
  1. Manajemen Bahan Baku 
  1. Pencatatan dan Pengelolaan Bisnis 

Tips Memulai Bisnis Kerajinan Tangan 

Pasalnya, usaha ini memang kerap berangkat dari kreativitas dan hobi. Aktivitas kerajinan dapat menyusun dan memanfaatkan bahan-bahan yang sudah ada menjadi barang yang lebih bernilai atau memiliki nilai jual. Sebuah karya kerajinan tidak dinilai semata dari fungsinya, melainkan juga keunikan dan kreativitas pengrajin. Maka dari itu, karya kerajinan dapat menjadi lebih menarik dari produk-produk lainnya. 

Di Indonesia sendiri sudah banyak pengrajin yang produk kerajinannya dapat dipasarkan secara nasional maupun internasional. Selama memiliki produk dengan kualitas dan keunikannya sendiri, kesempatan dan peluang masih terbuka lebar. Sebelum memulai bisnis kerajinan Anda sendiri, ada beberapa hal yang patut diperhatikan agar bisnis berjalan dengan lancar dan sukses: 

1. Menentukan Target Pasar 

Setiap jenis produk pasti memiliki pasarnya masing-masing. Misalnya, jika Anda menghasilkan kerajinan tas dari enceng gondok, maka target pasar yang paling tepat adalah wanita. Jika bisnis Anda menghasilkan produk-produk kerajinan dari kulit yang memiliki desain dan konsep yang maskulin, maka pria adalah target pasar yang lebih sesuai. Produk yang unik akan memiliki pasarnya masing-masing. 

Dengan terlebih dahulu mengenali target pasar, Anda dapat menentukan desain, standar kualitas, dan inovasi-inovasi yang mungkin akan diterapkan pada bisnis Anda. Memahami target pasar juga akan membantu Anda dalam menentukan strategi untuk memasarkan produk, seperti yang akan dibahas pada bagian berikutnya. 

2. Menggunakan Strategi Pemasaran yang Tepat 

Setelah mengetahui produk dan target pasarnya, bagian terpenting selanjutnya adalah mencari dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Susunlah strategi promosi yang sesuai dengan produk Anda dan tentunya dapat menarik minat beli masyarakat yang menjadi target pasar. 

Jika Anda belum memiliki strategi sendiri sebagai pemula, maka Anda perlu melakukan riset kompetitor. Carilah referensi dari usaha atau bisnis lain yang sejenis. Identifikasi hal-hal apa yang mereka lakukan dengan baik, dan apa yang kurang. Dengan demikian Anda dapat mengadaptasi dan memodifikasi aspek yang baik, dan melakukan improvement di aspek yang menurut Anda masih kurang. Pastikan juga strategi pemasaran dan promosi yang Anda lakukan sesuai dengan target pasar yang sudah ditentukan di awal. 

3. Manajemen Produksi dan Tenaga Kerja 

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah manajemen produksi dan manajemen tenaga kerja. Bisnis yang baik perlu memperhatikan aspek sumber daya manusianya. Produksi kerajinan dapat Anda lakukan sendiri jika skalanya masih kecil. Namun, ketika ingin meningkatkan jumlah produksi menjadi lebih banyak, maka Anda memerlukan sumber daya manusia untuk melaksanakannya 

Agar produksi dapat berjalan dengan baik, diperlukan perencanaan yang baik dan terstruktur. Krealogi hadir sebagai sarana digital dengan fitur Rencana Produksi. Sehingga, Anda tidak perlu bingung lagi mengelola produksi baik dari segi waktu, bahan baku, dan juga sumber daya. Produk hasil dari produksi juga akan otomatis ditambahkan ke catatan stok gudang. 

Selain itu, diperlukan sumber daya manusia atau orang-orang yang memiliki keahlian yang sesuai dengan porsi kerjanya masing-masing. Maka, kualifikasi sumber daya manusia merupakan hal yang perlu mendapatkan perhatian. Jumlah sumber daya yang dibutuhkan juga harus disesuaikan agar tidak terjadi kelebihan atau kekurangan dari kebutuhan. 

4. Manajemen Bahan Baku 

Bahan baku adalah salah satu elemen esensial dalam produksi kerajinan. Hal-hal mulai dari harga, biaya produksi, kapasitas produksi, kebutuhan waktu untuk produksi, kualitas produk, dan keseluruhan profitabilitas dapat dipengaruhi oleh bahan baku sendiri. Maka dari itu, diperlukan manajemen bahan baku yang baik dari pelaku UMKM. 

Aspek ini sering disebut sebagai manajemen bahan baku atau manajemen persediaan. Manajemen persediaan berkaitan dengan bagaimana organisasi dapat mengelola material dalam melaksanakan kegiatan penerimaan, penyimpanan, pemeliharaan, dan penggunaan material dari hasil pengadaan dan penyimpanan persediaan. 

5. Pencatatan Keuangan 

Tidak kalah penting dari keempat aspek lainnya, pencatatan keuangan merupakan hal yang perlu Anda perhatikan saat memulai bisnis kerajinan tangan. Catatan yang kurang teroganisir, atau bahkan hanya mengandalkan catatan sebaiknya tidak lagi dilakukan. Pencatatan atau pembukuan juga diperlukan bagi usaha yang baru dimulai dan ingin berkembang. 

Perkembangan usaha dapat dilakukan dengan cara ekspansi, promosi, meningkatkan kualitas produk, inovasi, dan lain sebagainya. Namun, hal sederhana yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya adalah mulai melakukan pencatatan transaksi. Pelaku usaha dapat melihat sekaligus mengevaluasi perputaran modal, dan mengambil keputusan manajerial yang berdasarkan pada pelaporan keuangan. 

Demikian adalah tips bagi Anda yang hendak memulai bisnis di bidang atau industri kerajinan. Jangan lupa untuk mempraktekkan aspek-aspek yang baru saja Anda pelajari ke dalam usaha Anda, ya! 

Jika Anda menyukai informasi dan artikel lainnya dari Krealogi, Anda dapat klik di sini

1 2 3 Next › Last »
Blog Thumbnail Aplikasi and Kemitraan

Krealogi | 07 December 2021

Pengembangan Komunitas Perajin Purun di Hulu Sungai Utara

Pada tahun 2020, Du Anyam dan Krealogi memulai perjalanan baru untuk memanfaatkan purun di Kalimantan Selatan bersama dengan Badan Restorasi Gambut. Perjalanan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelatihan dan hubungan langsung ke komunitas kerajinan purun. Selanjutnya Du Anyam dan Krealogi juga ingin mendorong pengelolaan berkelanjutan lahan gambut demi meningkatkan nilai tanaman purun dan mengurangi risiko konversi. Du Anyam dan Krealogi menargetkan Hulu Sungai Utara di Kalimantan Selatan sebagai zona usaha kerajinan purun.  

Munculnya pandemi Covid-19 mendorong Du Anyam dan Krealogi berpikir kreatif menjalankan rantai pasok produk purun. Dengan cara mengadopsi teknologi, Du Anyam dan Krealogi mengajarkan pelatihan secara daring untuk perajin purun, mengembangkan aplikasi Krealogi serta menambahkan produk purun dan informasi tentang lahan gambut di dalam web Du Anyam. 

Pelatihan daring yang diberikan terdiri dari pelatihan standar kualitas produk, pemilahan bahan baku, quality control, dan desain baru. Perajin Purun di Hulu Sungai Utara juga diberikan pelatihan penggunaan teknologi  untuk meningkatkan efisiensi melalui aplikasi Krealogi. Dari hasil pelatihan daring, Du Anyam dan Krealogi berhasil bermitra dengan beberapa daerah di Hulu Sungai Utara antara lain Desa Pulantani, Desa Tambak Sari Panji, Desa Murung Panggang dan Desa Tuhuran. Du Anyam dan Krealogi merekrut dua orang dari setiap daerah Hulu Sungai Utara untuk menjadi Local Leader yang bertanggung jawab mengkoordinasikan produksi. Local Leader yang terpilih diberikan pelatihan khusus untuk kontrol kualitas, manajemen inventaris, dan administrasi. 

Proyek ini berhasil meluncurkan 42 produk purun serta kolaborasi dengan desainer ternama seperti Abenk Alter, Ykha Amelz, dan Ayang Cempaka. Du Anyam dan Krealogi juga berhasil mengembangkan buku cerita anak tentang purun yang sedang dipertimbangkan untuk ditambah ke dalam kurikulum pendidikan sekolah dasar. Selain itu, proyek ini berhasil meningkatkan keterlibatan perajin dan petani purun, pemasukan perajin, dan kualitas produk purun.Informasi lengkap terkait pencapaian dan aktivitas dalam program ini dapat ditonton di akun Youtube Krealogi.

Blog Thumbnail Aplikasi

Nama Penulis | 12 October 2021

Peluncuran Aplikasi Krealogi sebagai Revolusi Digital bagi UMKM Kreatif Indonesia

Krealogi oleh Du Anyam meluncurkan sebuah aplikasi bagi usaha kreatif di Indonesia pada tanggal 23 Maret 2021 yang dilakukan secara virtual, yaitu aplikasi ramah pengguna untuk membantu pencatatan kegiatan operasional seperti mengelola dan mengecek pesanan, produksi, biaya dan stok yang dapat membantu UMKM menjadi pemasok yang handal. Krealogi juga merupakan aplikasi bagi usaha kreatif, di mana para pelaku ataupun penggiat UMKM Kriya dapat mengembangkan usahanya dengan meningkatkan pengelolaan operasional hingga komunikasi dengan pihak eksternal secara digital.  Aplikasi Krealogi dibangun berdasarkan pengalaman Du Anyam dalam membangun rantai pasok ekonomi kreatif dari daerah terpencil di Indonesia. Hingga bulan Maret 2021, aplikasi Krealogi sudah di unduh mencapai 10.000 pengguna dan terus membantu UMKM untuk dapat melakukan digitalisasi rantai pasok. 

Rangkaian acara peluncuran aplikasi Krealogi oleh Du Anyam diawali dengan pembukaan oleh Azalea Ayuningtyas sebagai Chief Executive Officer Krealogi. Acara dilanjutkan dengan Talkshow dengan tema ‘Pentingnya Revolusi Digital Bagi UMKM Kriya Indonesia Setelah Pandemi Covid-19’ yang dihadiri oleh Bapak Teten Masduki sebagai Menteri Koperasi & Usaha Kecil dan Menangah Republik Indonesia, Putri Tanjung, Staff Khusus Presiden Joko Widodo dan Pandu Sjahrir, Komisaris Utama SEA Group, salah satu perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara yang menaungi brand-brand besar seperti Shopee dan Garena. Dan yang terakhir adalah peluncuran aplikasi dan perkenalan fitur-fitur dalam aplikasi Krealogi.

Simak liputan lengkap tentang acara ini di : Youtube Krealogi, atau berbagai liputan dari berbagai media seperti RCTI Plus, Global News, Telegraf, dan Fimela.

Dan untuk mengenal lebih jauh mengenai Aplikasi Krealogi, unduh Aplikasi Krealogi sekarang juga di sini.

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 24 January 2022

Mengelola Keuangan Usaha Skala Kecil: Terapkan 7 Hal Ini!

Mengelola Keuangan Usaha Skala Kecil – Pengelolaan keuangan bukan hanya untuk usaha dengan skala besar. Upaya pelaku usaha kecil dan menengah untuk menata keuangan dapat membuka peluang bagi usaha agar semakin sukses. Terlebih, sejak adanya pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang memutuskan untuk mendirikan usaha atau bisnis dengan skala yang kecil. Namun tidak semua dari mereka dapat berkembang atau berhasil. Ada berbagai macam faktor yang mempengaruhi, namun dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai peran pengelolaan keuangan. 

Content: 

Mengelola Keuangan Usaha Skala Kecil dan Menengah 

  1. Pisahkan Keuangan Pribadi dengan Keuangan Usaha 
  1. Melakukan Perencanaan dan Anggaran 
  1. Membuat Pencatatan Keuangan 
  1. Mengawasi Cashflow atau Arus Kas 
  1. Putar Laba untuk Mengembangkan Usaha 
  1. Siapkan Dana Darurat Perusahaan 
  1. Manfaatkan Teknologi 

Mengelola Keuangan Usaha Skala Kecil 

Salah satu faktor penting dalam kesuksesan sebuah usaha atau bisnis adalah pengelolaannya. Usaha atau bisnis yang dikelola dengan baik akan berjalan dengan lancar, dan bahkan berkembang. Demikian juga dengan hal sebaliknya, tanpa ada upaya pengelolaan yang baik, bisnis menjadi stagnan dan bahkan gagal. Ada berbagai manfaat baik jika kamu menambah ilmu dan pengetahuan mengenai bisnis sebelum terjun untuk berbisnis. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengelolaan usaha skala kecil dan menangah, terutama dalam pengelolaan keuangan. 

Berikut adalah beberapa hal yang patut diperhatikan dalam mengelola keuangan usaha dengan skala kecil atau menengah: 

1. Pisahkan Keuangan Pribadi dengan Keuangan Usaha 

Hal yang sangat penting untuk dipahami dan dilakukan adalah untuk memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha. Sekecil apapun skala bisnismu, selalu pisahkan antara keuangan perusahana dengan keuangan pribadi. Tujuannya adalah untuk menghindari penggunaan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi, dan juga sebaliknya. 

Sebisa mungkin gunakan tempat atau rekening yang berbeda untuk uang perusahaan dan uang pribadi. Sesudah dipisahkan, kamu juga harus berkomitmen untuk tidak menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi jika memang tidak terlalu mendesak. 

2. Melakukan Perencanaan dan Anggaran 

Selanjutya, perlunya membuat perencanaan atau anggaran keuangan. Kamu perlu menyusun perencanaan dan anggaran agar pengeluaran perusahaan tidak membengkak. Anggaran dan perencanaan untuk usaha skala kecil dan menengah dapat disusun setiap satu bulan atau bahkan setiap minggu. Membuat anggaran juga akan membantu usahamu untuk mengelola pemasukan dan pengeluaran agar usaha semakin berkembang. 

3. Membuat Pencatatan Keuangan 

Segala jenis transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan sebaiknya dicatat. Dengan memiliki catatan yang lengkap dan akurat, informasi tersebut dapat diolah menjadi laporan keuangan. Laporan keuangan sangat berguna sebagai sumber informasi mengenai keadaan perusahaan, dan sebagai dasar pembuatan keputusan dan perencanaan. Kamu bisa manfaatkan aplikasi manajemen usaha yang telah memiliki fitur pencatatan keuangan agar semuanya tercatat dengan lebih mudah dan rapi. 

4. Mengawasi Cashflow atau Arus Kas 

Kamu perlu mencatat semua transaksi baik pemasukan atau pengeluaran, dan kemudian menyusun laporan arus kas atau cashflow. Tujuan dari pengawasan ini adalah agar tidak terjadi kebocoran kas, atau kas yang tidak diketahui ke mana perginya. Kamu tidak perlu khawatir karena harus kerepotan mencatat dan menyimpan semua catatan transaksi, manfaatkan aplikasi dengan fitur keuangan untuk membantu kamu. 

5. Putar Laba untuk Mengembangkan Usaha 

Kesalahan yang kerap dilakukan oleh pelaku usaha dengan skala kecil atau menengah adalah mengambil semua keuntungan yang dimiliki oleh usaha untuk kepentingan pribadi. Sehingga, jumlah modal perusahaan tidak bertambah dan kesulitan untuk berkembang. 

Seharusnya, sebagian dari laba kembali diputarkan untuk menambah modal. Kesampingkan sejenak keinginan untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya untuk kepentingan pribadi. Setidaknya sisihkan 10% dari laba untuk menambah modal agar usaha kecilmu dapat terus berkembang seiring dengan waktu. 

6. Siapkan Dana Darurat Perusahaan 

Hal yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah dana darurat. Kita tidak akan pernah tahu bagaimana bisnis akan berjalan di masa depan. Dana darurat ini sebaiknya disiapkan bahkan dari awal jalannya usaha. Jumlahnya dapat bertambah seiring dengan penambahan laba perusahaan. Jangan gunakan dana ini jika semuanya masih berjalan normal dan berada di bawah kendali. 

7. Manfaatkan Teknologi 

Di era ini, kamu akan tertinggal jauh jika tidak memanfaatkan teknologi untuk kelangsungan usahamu. Dalam konteks pembahasan ini, gunakanlah teknologi yang dapat membantu kamu dalam mengelola keungan perusahaan skala kecil maupun menengah yang sedang kamu jalankan. Salah satunya adalah aplikasi Krealogi yang memiliki berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mencatatan semua transaksi keuangan. Kamu juga bisa mengunduh laporan keuangan sesuai periode yang diinginkan dengan aplikasi ini! 

Beberapa hal di atas patut untuk kamu terapkan dalam pengelolaan keuangan usahamu. Dengan perubahan-perubahan kecil, semuanya akan membawa dampak yang positif bagi bisnismu dalam jangka panjang. 

Baca juga: Manfaat Membuat Pembukuan bagi UMKM!

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 24 January 2022

Empat Aspek Penting Kesuksesan Usaha

Empat Aspek Penting Kesuksesan Usaha – Saat ini, untuk dapat berhasil dalam bisnis, ada berbagai macam hal yang perlu dikuasai oleh pelaku usaha. Bukan hanya pengetahuan mengenai produksi dan membuat konsep, pelaku usaha juga harus bisa membuat perencanaan dan sistem pengelolaan yang baik. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan ditingkatkan secara bertahap agar dapat mencapai kesuksesan dalam berbinis: 

1. Bisnis yang Terorganisasi 

Salah satu aspek penting dalam mencapai kesuksesan bisnis adalah sistem yang dapat membuat bisnis berjalan dengan teratur atau terorganisasi dengan baik. Sistem yang baik akan mempermudah segala lini untuk dapat menyelesaikan tugasnya masing-masing dengan lebih baik. 

Untuk mencapai keteraturan ini, yang dapat dilakukan adalah dengan menyusun daftar pekerjaan, cara mengerjakan, dan informasi lainnya sedetil mungkin. Sistem yang baik harus dapat memastikan bahwa setiap orang tidak melupakan satu hal pun, dan menyelesaikan semua tugas yang harus diselesaikan/perlu dilakukan pada hari tersebut.

Baca juga: 8 Ide dan Peluang Bisnis di Tahun 2022

2. Catatan Keuangan yang Lengkap dan Akurat 

Hampir semua bisnis yang sukses memiliki catatan keuangan yang jelas, lengkap, dan akurat. Pencatatan ini penting untuk dilakukan. Dengan mencatat setiap transaksi yang dilakukan, di akhir kamu akan dapat melihat kondisi finansial perusahaan dan tantangan apa yang mungkin harus segera diselesaikan. Laporan keuangan tersebut dapat menjadi dasar penyusunan strategi agar dapat mengembangkan usaha menjadi lebih baik. Untuk pencatatan keuangan yang lebih baik, sekarang kamu bisa beralih ke aplikasi pencatatan keuangan yang akan membuat semuanya lebih mudah dan rapi. 

3. Mengelola Resiko dengan Baik 

Berapa banyak bisnis yang berkembang karena mereka berani untuk mengambil dan mengelola resiko untuk dapat berkembang dengan pesat. Dengan kemampuan dan pengetahuan yang baik, perusahaanmu dapat mengambil dan mengelola beberapa resiko dengan membuat inovasi dan gebrakan-gebrakan baru yang dapat mendatangkan imbalan yang luar biasa jika mampu melakukan eksekusi dengan baik. 

4. Memiliki Konsistensi 

Konsistensi adalah elemen utama dalam keberhasilan sebuah bisnis. Pemilik usaha harus dapat menjaga konsistensi di berbagai aspek dalam usaha. Mulai dari kualitas produk, kualitas pelayanan, dan juga ketepatan waktu dalam menyelesaikan pesanan dari pelanggan akan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. 

Pelanggan yang puas cenderung akan melakukan pembelian berulang. Konsistensi jika dapat terus terjaga sampai jangka waktu yang cukup panjang akan membuat bisnismu semakin berkembang dan sukses. 

Itulah beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam upaya mencapai bisnis yang sukses. Membangun bisnis bukanlah hanya produksi dan penjualan, namun juga konsistensi dan pengelolaan yang baik. Pengelolaan yang baik sangatlah penting untuk menunjang dan mempertahankan jalannya bisnismu yang terus berkembang. 

Itulah empat aspek penting dalam kesuksesan usaha yang bisa coba kamu wujudkan. Ingin lebih gampang berbisnis? Download dan gunakan fitu-fitur dari aplikasi Krealogi!

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 24 January 2022

Strategi Pemasaran 4P untuk UMKM

Strategi pemasaran 4P untuk UMKM – Pemasaran tidak hanya diperuntukkan bagi perusahaan berskala besar. Usaha dengan skala kecil dan menengah juga akan menjadi semakin baik jika memiliki strategi pemasaran. Salah satu contohnya adalah strategi pemasaran 4P atau 4P marketing mix. Sesuai dengan namanya, strategi ini memiliki 4 elemen penting yang menjadi pusat perhatian. Lalu apa saja elemen yang ada di dalamnya? Yuk, simak lebih lanjut artikel ini. 

Content: 

Apa itu Strategi Pemasaran 4P atau Marketing Mix

Elemen dalam Strategi Pemasaran 4p 

  1. Product (produk) 
  1. Price (harga) 
  1. Place (tempat) 
  1. Promotion (promosi) 

Apa itu Strategi Pemasaran 4P atau Marketing Mix 

Tujuan utama dari marketing adalah untuk memperkenalkan dan menjual produk barang atau jasa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan kepada masyarakat luas. Pemasaran merupakan aktivitas yang penting untuk memastikan produk yang telat dibuat dapat terjual dan memberikan keuntungan bagi perusahaan. 

Ada berbagai strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh pelaku usaha. Salah satunya adalah strategi pemasaran 4P atau 4P marketing mix. Hal ini dapat dijadikan pedoman dasar dalam memulai sebuah bisnis, terlepas dari kecil atau besarnya skala usaha. Strategi ini memang bukan merupakan strategi terbaru dan terbaik. Namun, seiring berjalannya waktu, strategi pemasaran 4P terbukti tetap relevan dan dapat diaplikasikan. 

Strategi Pemasaran 4P merupakan kumpulan instrumen pemasaran yang terdiri dari: 

  1. Product (produk) 
  1. Price (harga) 
  1. Place (tempat) 
  1. Promotion (promosi) 

Keempat elemen ini harus dipikirkan dengan matang agar dapat diterima dengan baik oleh pasar. Bagaimana penjelasan dan aplikasi dari masing-masing elemen ini? Baca bagian berikutnya untuk informasi yang lebih jelas. 

Elemen dalam Strategi Pemasaran 4P 

Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing elemen dalam strategi pemasaran 4P untuk UMKM: 

1. Product (produk)

Apakah kamu pernah bingung mengenai produk apa yang harus dijual? Ketika produk sudah ditentukan, bagaimana strategi untuk memasarkannya? Baik sudah memiliki produk atau belum, keduanya masih tetap dapat diolah dan dimaksimalkan. 

Produk yang sudah ada dapat ditingkatkan dan disempurnakan dengan adanya timbal balik berupa kritik atau saran dari konsumen. Tren dan kebutuhan masyarakat yang baru juga bisa dijadikan dasar dalam membuat inovasi produk. 

Selain itu, pastikan kualitas dari produk yang kamu ciptakan tetap terjaga dan konsisten. Kualitas produk dan jasa yang konsisten akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sebaliknya, kualitas produk dan jasa yang buruk berpotensi menimbulkan kerugian bagi usahamu. 

Dalam menentukan strategi untuk ‘P’ yang pertama (produk), ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan: 

  1. Apa yang dibutuhkan oleh masyarakat? 
  1. Apakah produkmu bisa memenuhi kebutuhan tersebut?] 
  1. Fitur dan manfaat apa yang bisa diberikan produkmu? 
  1. Seperti apa produknya (bentuk, warna, ukuran, kemasan)? 
  1. Apakah produk mudah dijangkau dan digunakan oleh konsumen? 
  1. Apa yang membedakan produkmu dengan produk serupa? 

2. Price (harga) 

Elemen selanjutnya dalam strategi pemasaran 4P adalah Price atau harga. Harga merupakan faktor yang cukup penting dalam bisnis. Tingkat harga merupakan sensitif bagi konsumen. Artinya, harga seringkali dijadikan faktor untuk membedakan produkmu dengan produk lainnya. Maka, pastikan kamu menentukan harga yang tepat untuk produkmu. 

Lalu bagaimana strategi yang tepat untuk menentukan harga? Sebaiknya, kamu mulai dengan menghitung HPP (harga pokok produksi). Dari situ kemudian dapat ditentukan besaran keuntungan yang diinginkan untuk setiap produk yang terjual. 

Dalam menentukan elemen Price atau harga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: 

  1. Berapa nilai produk atau jasa dari segi konsumen? 
  1. Berapa harga rata-rata produk serupa yang ada di pasaran? 
  1. Apakah harga yang di atas/bawah dari rata-rata tersebut memberikan sebuah keunggulan dibanding produk kompetitor? 
  1. Apakah memungkinkan untuk dilakukan promosi dengan diskon? Berapa besarannya? 

3. Place (tempat) 

Dalam strategi pemasaran 4P, Place atau tempat juga ternyata menjadi elemen yang perlu dipertimbangkan dalam pemasaran. Elemen ini menentukan di mana tempat yang memungkinkan konsumen untuk dapat menjangkau produk. 

Pastikan kamu memilih tempat yang strategis dan sesuai dengan usaha yang kamu jalankan. Di era ini, tidak jarang konsumen yang tertarik untuk melakukan datang dan melakukan pembelian karena terlebih dahulu tertarik dengan tempatnya. 

Tempat yang baik tidak harus bagus, namun sesuai dengan pemanfaatan dan targetnya. Sebagai contoh: jika kamu membuka jasa reparasi sepatu dan peralatan olahraga, maka tempat yang paling tepat adalah di sekitar arena atau gelanggang olahraga. Kemungkinan untuk menjaring konsumen akan lebih besar jika dibandingkan dengan keputusanmu untuk membuka usaha di area yang dekat dengan taman rekreasi atau pantai meskipun sama-sama ramai. 

Sehingga, jika disimpulkan ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dalam menentukan Place (tempat)

  1. Di mana biasanya konsumen akan mencari produk atau layanan ini? 
  1. Seperti apa tempatnya (pasar, mall, atau secara online?) 
  1. Apakah tempat tersebut memudahkan distribusi produk? 
  1. Potensi dan masalah apa yang dapat terjadi di tempat tersebut? Bagaimana mengatasinya? 

4. Promotion (promosi) 

Promosi merupakan elemen yang memiliki pengaruh besar dalam pemasaran. Promosi yang berhasil dapat meningkatkan penjualan produk barang maupun jasa secara signifikan. Kegiatan promosi sangat mudah dilakukan dengan adanya perkembangan internet dan media sosial. Kamu bisa menjangkau lebih banyak orang dengan waktu dan biaya yang minimal dengan media sosial. 

Dalam menyusun rencana promosi, perhatikan beberapa hal berikut: 

  1. Saluran apa yang paling efektif untuk digunakan? 
  1. Apakah ingin menggunakan bantuan media iklan berbayar? Berapa anggarannya? 
  1. Momentum apa yang cocok untuk kegiatan promosi? 
  1. Bagaimana proses perencanaan dan eksekusi penyampaian pesan promosi? 

Strategi ini cukup sederhana dan efektif untuk diterapkan di usaha dengan berbagai skala. Dengan memanfaatkan 4 komponen tersebut, usahamu akan memiliki arah dan prioritas yang lebih baik. 

Klik di sini untuk mendapatkan aplikasi Krealogi yang akan menjadi sahabat digital untuk pengelolaan bisnis Anda! 

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 20 January 2022

Strategi UMKM di Masa Pandemi

Strategi UMKM di Masa Pandemi – Sudah hampir selama 2 tahun ekonomi Indonesia mengalami masa yang cukup sulit akibat pandemi Covid-19. Tahun 2022 memberikan harapan baru bagi perekonomian negara, terutama bagi UMKM yang memiliki pengaruh besar. Kebangkitan UMKM juga mendongkrak ekonomi negara, dan hal ini sudah mulai terasa sejak akhir tahun 2021. 

UMKM merupakan sektor yang rawan terkena dampak dari terjadinya krisis. Maka, sejak tahun 2019, UMKM merasakan dampak secara ekonomi yang cukup berarti. Menurunnya volume penjualan tidak bisa dihindari, dan bahkan banyak usaha yang terpaksa harus tumbang. Hal-hal yang menjadi penyebabnya adalah kesulitan mobilitas masyarakat dan juga kurangnya kemampuan adaptasi dan adopsi teknologi dari sisi UMKM. 

Adaptasi Teknologi 

Di tahun 2022, UMKM yang dapat bertahan adalah mereka yang memiliki literasi dan kemampuan untuk melakukan adaptasi teknologi. Maka, UMKM yang belum melakukan adaptasi teknologi diharapkan bisa memanfaatkan momentum ini. Diperlukan serangkaian strategi UMKM di masa pandemi untuk dapat bertahan, dan bahkan berkembang. Digitalisasi adalah strategi utama bagi UMKM untuk dapat bertahan dan berkembang untuk beberapa waktu ke depan. 

Menurut data dari [KEMENKOPUKM], pemerintah menargetkan pada tahun 2024, Indonesia memiliki sebanyak 30 juta UMKM yang sudah melakukan digitalisasi. Upaya tersebut didukung dengan beberapa program pelatihan. 

Sebagai salah satu contohnya, Krealogi hadir dengan aplikasi berbasis digital yang memungkinkan para pelaku usaha untuk melakukan digitalisasi usaha. Tidak hanya itu, Krealogi juga memfasilitasi beragam program pelatihan yang bisa diikuti untuk mengembangkan sektor UMKM. 

Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi 

Strategi berikutnya yang dapat dilakukan oleh UMKM adalah pengembangan dari segi kreativitas dan inovasi produk. Adaptasi digital yang sudah dilakukan akan jauh lebih baik jika diimbangi dengan pengembangan kreativitas dan inovasi. Kreativitas dapat menjadi bahan bakar yang sangat efektif untuk dapat menghasilkan produk-produk yang unik. 

Di tengah kompetisi yang semakin padat, maka pelaku usaha UMKM harus dapat membuat produk yang unik dan unggul. Selain keunikan, faktor yang patut diperhatikan adalah kualitas dari produk yang konsisten. 

Upayakan untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan kemampuanmu untuk dapat memanfaatkan teknologi dan mengembangkan bisnis di tahun 2022. Kamu bisa akses berbagai informasi, artikel, dan juga pelatihan dari Krealogi dengan klik di sini

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 20 January 2022

Strategi Pemasaran Produk UMKM: Terapkan 5 Langkah Ini!

Strategi Pemasaran Produk UMKM – Saat ini, dalam memasarkan produk diperlukan beberapa penyesuaian dan inovasi. Hal ini disebabkan oleh berkembangnya teknologi, terutama internet. Ranah digital merupakan salah satu faktor pendukung mudahnya UMKM dalam menjalankan bisnisnya. Namun, teknologi juga merupakan salah satu tantangan bagi pelaku usaha UMKM. Kok bisa? Semakin banyak orang yang beralih ke pemasaran digital, maka persaingan yang ada juga akan menjadi semakin ketat. Pemasaran produk melalui dunia digital dapat kita jumpai hampir setiap hari di website, ecommerce, maupun di media sosial.

Maka dari itu, diperlukan pengetahuan dan strategi khusus agar bisnismu memiliki produk yang unggul. Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk UMKM yang relevan dengan situasi sekarang, coba simak beberapa poin di bawah ini.

1. Kenali latar belakang target pasarmu 

Siapa yang selama ini paling banyak membeli produkmu? Di mana ia tinggal? Berapa rata-rata usia mereka? Apa jenis pekerjaannya? Kira-kira berapakah tingkat penghasilannya? Apa saja yang menjadi prioritas dan kesukaan dari konsumen tersebut? Dengan mengetahui dan mengenali target pasarmu dengan lebih baik, kamu dapat menentukan strategi pemasaran yang benar-benar sesuai dengan targetnya.

2. Tingkatkan branding dan kemasan produkmu 

Upaya selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperbaiki atau meningkatkan branding dan kemasan produk. Apakah selama ini konsumen kesulitan untuk mencari atau mengidentifikasi produkmu di pasaran? Artinya, kamu harus memperhatikan sisi branding. Pastikan juga branding yang kamu bangun sesuai dengan status ekonomi, status sosial, gender, dan kebiasaan dari target pasarmu. 

Sebagai contoh, produk yang ingin kamu tawarkan adalah sabun kecantikan. Maka, agar sesuai dengan target pasar perempuan, desain produk, kemasan, dan logo sebisa mungkin dibuat lebih feminim. Dengan demikian, identitas dari produkmu akan lebih mudah memberikan kesan dan melekat di benak konsumen.

3. Buat kampanye dan promosi yang tepat sasaran 

Dalam upaya memasarkan produk UMKM, kamu perlu menyusun strategi kampanye dan juga promosi. Namun, pastikan apa yang akan disusun sesuai dengan target pasar yang telah terlebih dahulu kamu kenali. Tujuannya? Supaya kampanye dan promosimu tepat sasaran dan tidak hanya membuang-buang biaya. Selain itu, kampanye dan promosi yang tepat sasaran juga akan meningkatkan penjualan produkmu secara signifikan. Maka, lakukanlah langkah pertama dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan informasi mengenai target pasar yang akurat.

4. Maksimalkan media sosial 

Fitur media sosial seperti Instagram kini sudah memungkinkan kamu untuk tidak hanya berjualan, namun juga berinteraksi secara personal dengan konsumen. Media sosial dapat dikatakan sebagai salah satu strategi pemasaran yang penting untuk UMKM. Melalui media sosial, kamu dapat membangun kesadaran orang-orang akan produkmu, memperluas informasi mengenai pelanggan, dan juga sarana komunikasi yang sangat interaktif.

5. Tingkatkan pelayanan 

Reputasi dan komunikasi getok tular dari pelanggan bisa saja menjadi faktor pertimbangan konsumen lain untuk melakukan pembelian produkmu. Hal sederhana seperti kualitas pelayanan menjadi faktor yang cukup penting bagi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Maka, berikanlah pelayanan terbaik. Mulai dari kecepatan respon terhadap pertanyaan, kecepatan pengiriman, kerapian pengemasan barang, atau pelayanan pasca-penjualan perlu mendapatkan perhatian lebih untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Baca juga: Pentingnya Pencatatan Pesanan Usaha 

Itulah beberapa strategi pemasaran produk UMKM yang relevan dan bisa dicoba untuk memaksimalkan penjualan produk. UMKM harus selalu beradaptasi dan mengikuti perubahan perilaku masyarakat. Dengan demikian, maka bisnis akan dapat terus berkembang. 

Salah satu cara untuk gampang berbisnis adalah dengan menggunakan aplikasi Krealogi. Fitur-fitur seperti pencatatan pesanan, fitur keuangan, hingga pencatatan gudang dapat kamu gunakan di satu aplikasi ini. 

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 18 January 2022

Apa Pentingnya Perencanaan Produksi?

Apa pentingnya perencanaan produksi? – Mungkin banyak dari Anda pelaku bisnis UMKM yang mengalami kesulitan dalam mengelola keseluruhan proses produksi. Walaupun terlihat sederhana, proses produksi berkaitan dengan beberapa faktor lain yang sebenarnya cukup kompleks. 

Sebagai contoh, posisikan diri Anda sebagai seorang pelaku bisnis kerajinan yang tengah mengalami kebingungan saat tiba-tiba ada pesanan jumlah besar, sedangkan stok barang jadi yang Anda miliki kurang. Ketika Anda mencoba mengupayakan produksi untuk mengejar kekurangan, ternyata jumlah bahan baku yang tersisa juga tidak memungkinkan untuk dilakukannya produksi. Sehingga, Anda cukup kebingungan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Lebih parahnya lagi, Anda berpotensi kehilangan proyek dari pelanggan karena ketidakmampuan untuk memenuhi pesanan. 

Semua itu tidak akan terjadi jika Anda memiliki sistem manajemen dan perencanaan produksi yang baik. Mungkin Anda sudah mencoba untuk melakukannya secara manual, namun hasilnya kurang efektif karena pencatatannya cenderung kurang terorganisasi. 

Content: 

Apa Itu Perencanaan Produksi?

Perencanaan Produksi yang Baik

Membuat Jadwal Rencana Produksi

Apa Itu Perencanaan Produksi? 

Perencanaan produksi sendiri merupakan proses menentukan produk apa yang akan dibuat, volume produksi, kapasitas, bahan baku yang diperlukan, dan juga penyusunan jadwalnya. Rencana produksi yang baik dapat membantu perusahaan melakukan produksi seefisien mungkin.

Perencanaan Produksi yang Baik

Perencanaan produksi yang disusun dengan baik dapat membantu kita untuk mencapai hal-hal berikut: 

1. Menghindari kelebihan dan pemborosan belanja bahan baku

2. Penggunaan bahan, alat, dan sumber daya yang lebih efisien

3. Pemanfaatan waktu dan sumber daya manusia yang efektif

4. Menghindari Keterlambatan Memproses Pesanan 

Produksi yang telah terjadwal dengan baik juga akan menghindari terjadinya keterlambatan memproses pesanan. Buat, jadwalkan dan pantau perkembangan rencana produksi dengan lebih mudah, rapi dan akurat dengan aplikasi Krealogi. Dengan menjadwalkan rencana produksi, kamu dapat memastikan proses produksi berjalan dengan maksimal dan tepat waktu. Rencana produksi dapat dibuat untuk memenuhi pesanan dari pelanggan atau menambah stok barang yang kamu miliki 

Membuat Jadwal Rencana Produksi 

Di sinilah peran teknologi dapat dirasakan oleh pelaku bisnis UMKM secara nyata. Perangkat digital memungkinkan Anda untuk melakukan segala jenis pencatatan dan pengelolaan dengan lebih mudah dan rapi. Aplikasi krealogi hadir dengan fitur “Rencana Produksi” untuk membuat jadwal produksi untuk usaha Anda. 

Mulai dari tanggal mulai produksi dan target selesai, pengecekan kualitas produk, pencatatan dan kontrol atas perkembangan proses produksi, semuanya dapat ditentukan dan dipantau dalam satu fitur. Selain itu, produk yang telah selesai diproduksi akan secara otomatis tercatat dalam ‘stok gudang’. Sehingga, kamu bisa selalu tahu jumlah dan keadaan stok terkini.

Demikian adalah informasi mengenai apa pentingnya perencanaan produksi bagi usahamu. Klik di sini untuk baca artikel dan informasi lain dari Krealogi. 

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 17 January 2022

Pentingnya Pencatatan Pesanan bagi Usaha Kamu!

Apakah Anda pernah merasa kesulitan mengandalkan ingatan untuk memproses pesanan-pesanan dari klien? Mencatat pesanan satu-per-satu secara manual juga seringkali terasa merepotkan, terlebih dengan resiko catatan tersebut untuk hilang atau rusak. Melakukan pencatatan pesanan bisnis merupakan hal yang cukup penting agar tidak terjadi kesalahan yang fatal. Baca artikel ini untuk mengetahui pentingnya pencatatan pesanan bagi usaha kamu dan juga kemajuannya!

Kenapa Harus Mencatat Pesanan? 

Konsumen seringkali melakukan pesanan dalam jumlah yang berbeda-beda, dengan variasi produk yang beraneka ragam, dan dengan waktu yang berbeda-beda. Pencatatan secara manual seringkali tidak memiliki sistem yang memadai untuk memantau keseluruhan proses dari pesanan masuk hingga produk diterima konsumen. Padahal, penting bagi pelaku usaha untuk mengetahui, mengontrol, dan mengidentifikasi jika terjadi permasalahan di tengah proses tersebut.

Jika Anda mengalami kesulitan terkait pengelolaan pesanan dari konsumen, sudah saatnya Anda mencari hal yang baru yang lebih efektif dan efisien. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengadopsi teknologi dengan menggunakan aplikasi pencatat pesanan untuk bisnis Anda.

Aplikasi catat pesanan dapat dimanfaatkan untuk mencatat hal-hal yang berkaitan dengan data pesanan dari konsumen secara rinci dengan memanfaatkan teknologi. Kehadiran aplikasi pencatatan pensanan memungkinkan Anda untuk dengan mudah mencatat dengan rapi secara digital. Hal ini mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dan hal lainnya yang dapat mengakibatkan kerugian dari segi bisnis.

Baca juga: Manfaat Pembukuan untuk UMKM

Aplikasi Pencatatan Pesanan 

Perkembangan teknologi aplikasi telah memungkinkan kita untuk melakukan pencatat pesanan secara digital. Dengan aplikasi ini, ada sarana yang memungkinkan bisnis untuk mencatat dan mengelola pesanan dan segala penjualan secara efisien dan sistematis. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, semua data yang meliputi produk, persediaan, dan jumlah barang keluar dan masuk dapat dikelola. Selain itu, terdapat fitur pelaporan mengenai total penjualan, hingga perhitungan berbentuk laporan sederhana mengenai laba dan rugi. 

Tanpa aplikasi mencatat penjualan, Anda harus melakukan semuanya secara manual yang menyita banyak waktu dan energi. Pendataan secara manual juga lebih berisiko mengalami kesalahan yang dapat mengakibatkan kerugian. 

Catat dan proses pesanan yang kamu terima. Buat jadwal pengiriman dan proses pembayaran lebih mudah dengan data yang terintegrasi dengan Krealogi. Cetak dokumen transaksi dengan hanya satu kali klik. Dengan mencatat pesanan, Anda dapat memastikan pengiriman berjalan sesuai rencana dan juga tepat waktu. 

Bagaimana Fitur Catat Pesanan Krealogi dapat Membantu Anda?

Fitur Catat Pesanan akan memudahkanmu dalam merekap pesanan masuk, mempersiapkan pengiriman dan memproses pembayaran. Dalam fitur catat pesanan, Anda akan menjumpai: 

1. Daftar pesanan masuk 

Anda dapat mencatat seluruh pesanan yang masuk secara rinci 

2. Jadwal kirim dan status pembayaran untuk setiap pesanan 

Buat jadwal untuk pengiriman dan juga status pembayaran untuk setiap pesanan yang masuk. 

3. Unduh dan cetak label pengiriman, invoice dan surat jalan 

Anda dapat mengunduh dan mencetak label untuk pengiriman produk, berikut invoice dan surat jalannya. 

4. Pendapatan dari pesanan yang selesai akan otomatis terekam di pemasukan 

Pendapatan yang didapatkan dari pesanan akan secara otomatis terekam di bagian pemasukan keuangan. Mudah bukan? 

Demikian adalah pentingnya pencatatan pesanan bagi usaha untuk menghindari kesalahan dan pengelolaan yang lebih baik secara keseluruhan. Ingin segera mengelola bisnismu dengan lebih baik? Download melalui GooglePlay, dan rasakan mudahnya mengelola bisnis dengan bantuan fitur-fitur dari Krealogi.

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 15 January 2022

Manfaat Pembukuan Bagi UMKM?

Apa Manfaat Pembukuan bagi UMKM? – Pembukuan merupakan hal yang penting bagi perusahaan karena dapat diolah untuk memberikan informasi kepada pemilik, manajer, investor, dan pemegang saham yang berupa evaluasi menyeluruh dari keuangan perusahaan. Pembukuan dapat diolah menjadi laporan keuangan yang memberikan informasi vital yang meliputi pendapatan dan beban, laba dan rugi, aset, yang dapat dimanfaatkan untuk kontrol, pembuatan keputusan, dan perencanaan bisnis.

Manfaat Pembukuan bagi UMKM

Fungsi atau objektif utama dari pembukuan adalah untuk mencatatat keseluruhan transaksi keuangan, untuk menciptakan informasi keuangan. Namun, masih banyak pemilik usaha dengan skala yang lebih kecil umumnya, yang melupakan pencatatan dan pembukuan.

Pencatatan dan pembukuan ini nantinya dapat diteruskan sebagai laporan keuangan. Maka, sekecil apapun skala perusahaannya, pengusaha wajib mengerti dan menerapkan pencatatan dan pembukuan. Simak informasi berikut untuk mengetahui apa saja pentingnya melakukan pencatatan dan pembukuan usaha!

Table of Contents:

  1. Melacak Pemasukan dan Pengeluaran 
  1. Membantu Proses Penyusunan Anggaran 
  1. Analisis Manajemen yang Lebih Mudah 
  1. Dasar Pembuatan Keputusan 
  1. Manajemen Keuangan 
  1. Representasi Performa Bisnis
  1. Keperluan Legal dan Pajak 

1. Melacak Pemasukan dan Pengeluaran

Anda pasti menginginkan rincian yang jelas mengenai pemasukan dan pengeluaran. Hal ini menghindari terjadinya pengeluaran yang tidak diketahui rinciannya. Dalam perusahaan, angka sekecil apapun dapat diperhitungkan. Pencataan dan pembukuan yang rapi akan membantu pengusaha untuk melakukan kontrol terhadap pembelian atau pengeluaran. Anda dapat secara efisien mencatat segala jenis transaksi, baik pemasukan maupun pengeluaran dengan aplikasi Krealogi

2. Membantu Proses Penyusunan Anggaran

Ketika Anda mengetahui rincian dari segala pemasukan dan pengeluaran yang terjadi, maka hal tersebut akan membantu dalam proses penyusunan anggaran. Anggaran dapat menjadi pedoman atau arah tujuan keuangan dari bisnis Anda. Fungsi utama dari anggaran adalah untuk melakukan perencanaan dan antisipasi biaya-biaya yang tidak diduga sebelumnya. 

3. Analisis Manajemen yang Lebih Mudah

Pencatatan dan pembukuan yang rinci akan sangat membantu bagi kepentingan manajemen dan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Laporan arus kas atau cashflow juga akan lebih mudah untuk disusun dengan detail. Informasi tersebut akan menjadi dasar bagi manajemen perusahaan untuk membuat sebuah keputusan.

Baca juga: Apa Itu Cashflow? Berikut Elemen dan Cara Menyusunnya

4. Dasar Pembuatan Keputusan

Tahap ini merupakan lanjutan atau tindak lanjut dari tahap analisis perusahaan. Pencatatan dan pembukuan yang telah dilakukan dengan baik pasti akan memberikan analisis yang tepat pula. Keputusan yang baik harus didasarkan pada informasi keuangan yang lengkap dan memiliki akuntabilitas. Pembukuan yang baik dapat berfungsi sebagai representasi keadaan keuangan sebuah perusahaan. 

5. Manajemen Keuangan

Pembukuan dapat menjadi pedoman mengenai bagaimana perusahaan harus membelanjakan uangnya. Adanya pembukuan dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk mengendalikan keuangan perusahaan agar bisnis tetap berjalan dengan baik. 

6. Representasi Performa Bisnis

Menggunakan informasi dari hasil pencatatan dan pembukuan, pemilik bisnis akan lebih mudah menentukan apakah bisnis berjalan dengan baik atau sebaliknya. Pembukuan merupakan sumber yang cukup reliabel untuk mengukur performa sebuah bisnis. Performa dapat diukur dari membandingkannya dengan performa sebelumnya, atau dibandingkan dengan performa dari kompetitor.

Pencatatan keuangan dan pembukuan yang akurat diperlukan untuk beberapa keperluan legal. Mulai dari pelaporan ke pemegang saham hingga ke pembayaran pajak kepada pihak berwenang dan pemerintah. 

Sesederhana apapun, pencatatan keuangan dan pembukuan sangat penting untuk dimulai oleh sebuah perusahaan. Pencatatan dan pembukuan yang lengkap dan akurat akan membawa banyak manfaat bagi perkembangan perusahaan Anda. Selain beberapa alasan di atas, penting bagi pemilik usaha dengan skala yang lebih kecil untuk memiliki pembukuan yang baik. 

Mulai dari pengendalian arus kas, pengetahuan mengenai jalannya perusahaan, hingga meminimalisir kerugian akibat faktor internal maupun eksternal. Jika Anda adalah seorang pelaku usaha yang baru saja memulai, meluangkan sedikit waktu untuk melakukan pencatatan dan pembukuan untuk usaha Anda akan sangat berguna untuk jangka yang cukup panjang. Setidaknya, dengan memulai pencatatan, Anda perlahan dapat memahami sistem berjalannya usaha secara keseluruhan. 

Pelajari bagaimana Krealogi dapat mempermudah jalannya bisnis Anda. 

Klik di sini untuk artikel dan informasi lain dari Krealogi. 

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 14 January 2022

Meningkatkan Volume Penjualan Produk: Lakukan 7 Hal Ini!

Meningkatkan Volume Penjualan Produk – Baik itu merupakan produk barang, jasa, maupun produk berupa informasi, semuanya merupakan sesuatu yang dapat dijual. Bisnis yang sukses adalah bisnis yang dapat menjual produknya, terlepas apapun bentuknya.

Penjualan tidak datang dari sekedar menunggu customer untuk menemukan produkmu secara tiba-tiba dan melakukan pembelian. Adanya penjualan merupakan proses dari strategi pemasaran yang telah direncanakan dan dieksekusi dengan baik.

Content:

1.Tentukan target pasar yang jelas

2. Presentasikan produk secara lebih efektif

3. Gunakan berbagai saluran penjualan

4. Terapkan strategi upselling

5. Inovasi produk barang atau jasa

6. Fokus pada konsumen yang sudah menjadi pelanggan

7. Menyadari adanya kompetisi

Sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menambah jumlah calon konsumen, memperbaiki produk yang dijual, memperbaiki pemasaran, maupun semuanya secara bersamaan. Dengan sedikit perbaikan di aspek-aspek berikut, kemungkinan untuk dapat meningkatkan volume penjualan sudah jauh lebih terbuka. Simak beberapa tips yang dapat Anda coba dan terapkan.

1. Tentukan Target Pasar yang Jelas 

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah siapa yang akan dijadikan target pasar. Siapa yang kira-kira berminat membeli produkmu? Ibaratkan pasar sebagai individu atau avatar, kemudian tanyakan pertanyaan-pertanyaan seperti: 

  • Berapa usianya? 
  • Apakah ia pria atau wanita? 
  • Apakah ia memiliki anak?
  • Berapa rata-rata penghasilannya per bulan? 
  • Hal-hal apa yang menjadi ketertarikan baginya? 
  • Apa saja prioritas yang dimiliki? 

Mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut akan sangat membantu kamu dalam membentuk sebuah karakter brand, produk, dan pesan yang tepat sesuai dengan targetnya. Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan di atas, kamu dapat terlebih dahulu melakukan riset. Selain melakukan riset atas calon konsumen, kamu juga bisa melakukan riset kompetitor. Dari sana, kamu akan mendapatkan banyak informasi yang dapat diadaptasi. 

2. Presentasikan Produk secara Lebih Efektif (Fitur vs Manfaat) 

Cara selanjutnya adalah dengan menyampaikan pesan mengenai produk secara lebih efektif. Produk yang sudah memiliki kualitas produksi yang baik, perlu diperkenalkan kepada masyarakat. Bagaimana cara menyusun pesan yang efektif? Apa yang harus disampaikan melalui pesan tersebut? Fitur vs Manfaat: dalam proses penyampaian pesan kepada pasar, hendaknya kamu memperhatikan perbedaan antara fitur dan manfaat. Fitur memberikan alasan secara logis mengenai kegunaan dari produkmu. Manfaat, merupakan hal yang lebih penting karena menyangkut kebutuhan dan perasaan dari konsumen. Upayakan agarkamu tidak sekedar menyampaikan ‘fitur’, melainkan ‘manfaat’ dan keunggulan yang bisa konsumen dapatkan dari produk tersebut.

3. Gunakan Berbagai Saluran Penjualan 

Perkembangan teknologi memungkinkan kita untuk memiliki berbagai macam saluran penjualan. Saluran penjualan mencakup individu, organisasi, maupun kegiatan yang diperlukan untuk mengalihkan kepemilikan barang dari titik produksi ke titik konsumsi. Saluran pemasaran juga merupakan sarana bagi manajemen untuk mengatur strategi pemasaran yang efektif dan terencana. Cobalah untuk memanfaatkan lebih dari satu saluran penjualan. Misalnya, usaha yang biasa menjual produk langsung kepada konsumen, dapat mulai menyalurkan produk melalui reseller atau pengecer, dan juga saluran pemasaran lainnya. 

4. Terapkan Strategi ‘Upselling’ 

Upselling adalah teknik atau strategi yang dilakukan untuk memaksimalkan penjualan dengan memberikan penawaran terhadap produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi, yang disertai dengan beberapa manfaat tambahan. Strategi ini cukup efektif untuk meningkatkan penjualan produk, karena konsumen cenderung melakukan pembelian terhadap barang yang dirasa memiliki nilai atau value lebih. Contohnya, ketika konsumen hendak membeli sebuah tablet dengan memori sebesar 16GB seharga Rp 6.500.000, kamu bisa coba tawarkan tablet lain yang memiliki memori 16GB dengan layar yang 3 inci lebih luas seharga Rp 7.500.000.

5. Inovasi Produk Barang atau Jasa 

Salah satu faktor penting dalam upaya meningkatkan volume penjualan adalah dengan melakukan inovasi terhadap produk barang maupun jasa yang ditawarkan. Ide inovasi bisa didapatkan dari mana saja, mulai dari kreativitas pelaku usaha, feedback dari konsumen, mengikuti perkembangan yang ada, dan juga pemanfaatan teknologi. Usahakan agar produk tersebut tetap relevan dan dapat menjawab kebutuhan pasar seiring dengan perubahan kecenderungan masyarakat. Kamu juga bisa manfaatkan aplikasi dengan fitur rencana produksi, agar semuanya berjalan lancar dan terpantau dengan baik.

6. Fokus pada Konsumen yang Sudah Menjadi Pelanggan 

Pelanggan adalah sales-person terbaik yang kamu miliki. Mengapa demikian? Konsumen yang puas dan setia akan merekomendasikan produkmu kepada orang lain. Namun, sebelumnya kamu perlu membangun kepuasan dan kepercayaan dalam diri konsumen dengan cara membangun hubungan yang baik dengan konsumen. 

Berikut adalah beberapa informasi yang dikutip dari Business2Community tentang bagaimana konsumen yang sudah ada dapat membantu meningkatkan penjualan produk: 

  • 65% dari penjualan datang dari konsumen yang telah menjadi pelanggan (existing costumer
  • Kemungkinan produk dapat terjual kepada pelanggan  adalah sebesar 60-70%, dibandingkan dengan konsumen baru yang kemungkinannya 5-20%. 
  • 80% dari keuntungan di masa depan datang dari 20% dari pelanggan 
  • Konsumen yang melakukan pembelian ulang, akan melakukan pembelian dengan nominal 31% lebih besar dibanding konsumen yang baru pertama kali membeli. 

7. Menyadari Adanya Kompetisi 

Kamu perlu memperhatikan apa yang dilakukan oleh kompetitor. Informasi yang didapatkan dari sana akan membantu dalam memahami perilaku pasar. Dengan mengetahui informasi tersebut, kamu juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dan juga mempertahankan posisi produkmu di pasar, beradaptasi dengan perubahan, bahkan menjangkau pasar yang baru. 

Demikian adalah beberapa informasi mengenai cara meningkatkan volume penjualan produk usahamu. Dengan sedikit perbaikan di aspek-aspek berikut, kemungkinan untuk dapat meningkatkan volume penjualan sudah jauh lebih terbuka.

Jika kamu menyukai artikel dan informasi lain dari Krealogi, kamu bisa klik di sini.

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 13 January 2022

Tips Memulai Bisnis Kerajinan yang Sukses

Tips Memulai Bisnis Kerajinan – Apakah Anda orang yang kreatif dan suka membuat berbagai hasil kerajinan tangan? Apakah selama ini Anda hanya menjalankannya sebagai hobi? Mungkin Anda juga sedang mencari sumber penghasilan tambahan? Mungkin ini adalah saatnya bagi Anda untuk menggunakan kreativitas untuk memulai bisnis produk kerajinan.

Content:

Tips Memulai Bisnis Kerajinan Tangan 

  1. Menentukan Target Pasar 
  1. Menerapkan Strategi Pemasaran yang Tepat 
  1. Manajemen Tenaga Kerja 
  1. Manajemen Bahan Baku 
  1. Pencatatan dan Pengelolaan Bisnis 

Tips Memulai Bisnis Kerajinan Tangan 

Pasalnya, usaha ini memang kerap berangkat dari kreativitas dan hobi. Aktivitas kerajinan dapat menyusun dan memanfaatkan bahan-bahan yang sudah ada menjadi barang yang lebih bernilai atau memiliki nilai jual. Sebuah karya kerajinan tidak dinilai semata dari fungsinya, melainkan juga keunikan dan kreativitas pengrajin. Maka dari itu, karya kerajinan dapat menjadi lebih menarik dari produk-produk lainnya. 

Di Indonesia sendiri sudah banyak pengrajin yang produk kerajinannya dapat dipasarkan secara nasional maupun internasional. Selama memiliki produk dengan kualitas dan keunikannya sendiri, kesempatan dan peluang masih terbuka lebar. Sebelum memulai bisnis kerajinan Anda sendiri, ada beberapa hal yang patut diperhatikan agar bisnis berjalan dengan lancar dan sukses: 

1. Menentukan Target Pasar 

Setiap jenis produk pasti memiliki pasarnya masing-masing. Misalnya, jika Anda menghasilkan kerajinan tas dari enceng gondok, maka target pasar yang paling tepat adalah wanita. Jika bisnis Anda menghasilkan produk-produk kerajinan dari kulit yang memiliki desain dan konsep yang maskulin, maka pria adalah target pasar yang lebih sesuai. Produk yang unik akan memiliki pasarnya masing-masing. 

Dengan terlebih dahulu mengenali target pasar, Anda dapat menentukan desain, standar kualitas, dan inovasi-inovasi yang mungkin akan diterapkan pada bisnis Anda. Memahami target pasar juga akan membantu Anda dalam menentukan strategi untuk memasarkan produk, seperti yang akan dibahas pada bagian berikutnya. 

2. Menggunakan Strategi Pemasaran yang Tepat 

Setelah mengetahui produk dan target pasarnya, bagian terpenting selanjutnya adalah mencari dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Susunlah strategi promosi yang sesuai dengan produk Anda dan tentunya dapat menarik minat beli masyarakat yang menjadi target pasar. 

Jika Anda belum memiliki strategi sendiri sebagai pemula, maka Anda perlu melakukan riset kompetitor. Carilah referensi dari usaha atau bisnis lain yang sejenis. Identifikasi hal-hal apa yang mereka lakukan dengan baik, dan apa yang kurang. Dengan demikian Anda dapat mengadaptasi dan memodifikasi aspek yang baik, dan melakukan improvement di aspek yang menurut Anda masih kurang. Pastikan juga strategi pemasaran dan promosi yang Anda lakukan sesuai dengan target pasar yang sudah ditentukan di awal. 

3. Manajemen Produksi dan Tenaga Kerja 

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah manajemen produksi dan manajemen tenaga kerja. Bisnis yang baik perlu memperhatikan aspek sumber daya manusianya. Produksi kerajinan dapat Anda lakukan sendiri jika skalanya masih kecil. Namun, ketika ingin meningkatkan jumlah produksi menjadi lebih banyak, maka Anda memerlukan sumber daya manusia untuk melaksanakannya 

Agar produksi dapat berjalan dengan baik, diperlukan perencanaan yang baik dan terstruktur. Krealogi hadir sebagai sarana digital dengan fitur Rencana Produksi. Sehingga, Anda tidak perlu bingung lagi mengelola produksi baik dari segi waktu, bahan baku, dan juga sumber daya. Produk hasil dari produksi juga akan otomatis ditambahkan ke catatan stok gudang. 

Selain itu, diperlukan sumber daya manusia atau orang-orang yang memiliki keahlian yang sesuai dengan porsi kerjanya masing-masing. Maka, kualifikasi sumber daya manusia merupakan hal yang perlu mendapatkan perhatian. Jumlah sumber daya yang dibutuhkan juga harus disesuaikan agar tidak terjadi kelebihan atau kekurangan dari kebutuhan. 

4. Manajemen Bahan Baku 

Bahan baku adalah salah satu elemen esensial dalam produksi kerajinan. Hal-hal mulai dari harga, biaya produksi, kapasitas produksi, kebutuhan waktu untuk produksi, kualitas produk, dan keseluruhan profitabilitas dapat dipengaruhi oleh bahan baku sendiri. Maka dari itu, diperlukan manajemen bahan baku yang baik dari pelaku UMKM. 

Aspek ini sering disebut sebagai manajemen bahan baku atau manajemen persediaan. Manajemen persediaan berkaitan dengan bagaimana organisasi dapat mengelola material dalam melaksanakan kegiatan penerimaan, penyimpanan, pemeliharaan, dan penggunaan material dari hasil pengadaan dan penyimpanan persediaan. 

5. Pencatatan Keuangan 

Tidak kalah penting dari keempat aspek lainnya, pencatatan keuangan merupakan hal yang perlu Anda perhatikan saat memulai bisnis kerajinan tangan. Catatan yang kurang teroganisir, atau bahkan hanya mengandalkan catatan sebaiknya tidak lagi dilakukan. Pencatatan atau pembukuan juga diperlukan bagi usaha yang baru dimulai dan ingin berkembang. 

Perkembangan usaha dapat dilakukan dengan cara ekspansi, promosi, meningkatkan kualitas produk, inovasi, dan lain sebagainya. Namun, hal sederhana yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya adalah mulai melakukan pencatatan transaksi. Pelaku usaha dapat melihat sekaligus mengevaluasi perputaran modal, dan mengambil keputusan manajerial yang berdasarkan pada pelaporan keuangan. 

Demikian adalah tips bagi Anda yang hendak memulai bisnis di bidang atau industri kerajinan. Jangan lupa untuk mempraktekkan aspek-aspek yang baru saja Anda pelajari ke dalam usaha Anda, ya! 

Jika Anda menyukai informasi dan artikel lainnya dari Krealogi, Anda dapat klik di sini

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 12 January 2022

8 Ide dan Peluang Bisnis di Tahun 2022

Ide dan Peluang Bisnis Tahun 2022 – Tahun yang baru memberikan harapan dan peluang baru bagi Anda yang ingin memulai bisnis. Tren-tren baru dalam bisnis terus bermunculan di tahun-tahun sebelumnya. Kira-kira peluang bisnis apa saja yang akan berkembang dan menjadi tren di tahun 2022 ini? Simak informasi berikut!

Content:

Ide Peluang Bisnis Tahun 2022 

  1. Social Media Management 
  1. Jasa Kebersihan Rumah 
  1. Kelas atau Kursus Online 
  1. Katering Makanan Sehat 
  1. Makanan Frozen 
  1. Jasa Laundry 
  1. Bisnis Tanaman Hias 
  1. Produk Perawatan Diri atau Kecantikan 

Ide Peluang Bisnis 2022 

1. Social Media Management

Pemasaran digital kini telah dilakukan oleh bisnis dengan berbagai skala. Secara khsus, media sosial dengan penggunanya yang begitu banyak menjadi saluran komunikasi utama bagi mayoritas pelaku usaha. Namun, seringkali pelaku usaha terlalu sibuk dan tidak sempat mengoptimalkan konten yang diungggah ke sosial media. Jasa social media management menjadi salah satu ide bisnis yang memiliki banyak kesempatan di tahun 2022 ini. 

Usaha ini dapat dijalankan tanpa perlu memiliki kantor/gedung secara fisik, karena proses pembuatan konten dapat dilakukan di mana saja. Tapi, pastikan Anda memiliki tim dengan kreativitas dan kemampuan adaptasi yang kuat, ya! 

2. Jasa Kebersihan Rumah 

Sejak penyebaran COVID-19, masyarakat dipaksa untuk hidup lebih bersih. Kini, mayoritas masyarakat secara otomatis lebih sadar akan kesehatan dan kebersihan. Maka dari itu, terkadang pasar membutuhkan jasa kebersihan yang lebih terpercaya karena dianggap bisa membersihkan ‘lebih’. Masyarakat membutuhkan rasa aman dan nyaman, untuk memastikan tempat tinggal yang sehat bagi keluarga masing-masing. 

3. Kelas atau Kursus Online 

Kebutuhan masyarakat akan pendidikan tidak akan pernah ada habisnya. Hal ini menjadi peluang yang cukup luas bagi wirausahawan. Namun, akibat pandemi yang belum sepenuhnya berakhir, hal tersebut dapat disiasati dengan mengadakan kelas atau kursus secara online. 

Materi dari kelas atau kursus ini bisa berangkat dari minat pribadi Anda, maupun pengetahuan atau keahlian yang Anda dapatkan dari pendidikan formal. Materi dapat disampaikan dengan siaran langsung atau streaming, maupun materi berupa audio atau video yang sudah direkam sebelumnya. Keunggulan dari bisnis ini adalah materi yang dapat disusun dan disampaikan kepada banyak orang sekaligus. 

4. Katering Makanan Sehat 

Dengan adanya berbagai saluran penjualan baru, bidang kuliner kembali ditekuni oleh banyak pelaku usaha. Selama produk dan bisnis memiliki kualitas dan inovasi yang baik, usaha di bidang kuliner ini diprediksikan akan cukup menjanjikan pada tahun 2022. 

Seiring dengan tumbuhnya kesadaran akan kesehatan masyarakat, menu dari usaha katering yang marak diminati adalah menu-menu diet sehat. Berbagai kelebihan seperti kemudahan transaksi dan biaya pengantaran gratis menjadi daya tarik tersendiri yang membuat peminat usaha ini cukup banyak. Terlebih, selama pandemi berlangsung, orang-orang cenderung mengurangi frekuensi untuk makan di luar, dan juga kesadaran untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat. 

5. Makanan Frozen 

Berbagai jenis usaha kuliner telah menyediakan ‘versi beku’ dari produk-produknya. Ini merupakan dampak dari perubahan perilaku masyarakat selama pandemi COVID-19. Terbentuk kebiasaan baru untuk memilih makanan yang bisa dengan cepat dinikmati di rumah. 

Memang frozen food tidak bisa sepenuhnya menggantikan usaha makanan dan minuman yang memungkinkan konsumen untuk makan di tempat. Namun, permintaan yang terus meningkat beberapa waktu ini membuat bisnis ini cukup menjanjikan di tahun 2022. 

6. Jasa Laundry 

Usaha yang bergerak di bidang jasa laundry juga memiliki potensi untuk berkembang di tahun 2022. Jasa laundry kini banyak digunakan oleh masyarakat yang memiliki aktivitas cukup padat. Dari segi konsumen, jasa laundry sangat membantu karena menghemat waktu dan tenaga untuk tetap memiliki baju yang bersih dan layak untuk dipakai. 

7. Bisnis Tanaman Hias 

Bisnis budidaya tanaman hias kini semakin menjanjikan. Kesempatan ini semakin terbuka seiring perkembangan konsep urban farming di tengah masyarakat perkotaan. Aktivitas ini mulai marak untuk mengisi waktu luang di tengah isolasi saat pandemi Covid-19. Berawal dari hobi yang dilakukan oleh banyak orang, kini tanaman hias menjadi peluang bisnis tersendiri yang mungkin bisa Anda coba di tahun 2022. 

8. Produk Perawatan Diri atau Kecantikan 

Dalam dua tahun terakhir, terjadi perubahan pola perilaku masyarakat akibat terjadinya pandemi Covid-19. Di era ‘new normal’ ini kebiasaan menjaga kebersihan diri, membatasi jarak dengan orang lain, dan work from home sudah menjadi pola kebiasaan baru. Kesadaran akan perawatan diri ini membuat permintaan akan produk-produk self-care atau produk kecantikan terus meningkat. Momentum ini dapat Anda manfaatkan untuk memulai bisnis di bidang ini di tahun 2022. 

Demikian adalah beberapa informasi mengenai Ide dan Peluang Bisnis di tahun 2022. Semoga Anda terinspirasi dan segera memulai salah satunya! Jika Anda menyukai informasi dan artikel lainnya dari Krealogi, Anda dapat klik di sini!

Download dan gunakan juga aplikasi Krealogi untuk pengelolaan bisnis yang lebih mudah!

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 11 January 2022

Tips Meningkatkan Repeat Order

Bukan hanya mencari pelanggan baru, mengupayakan repeat order atau pembelian berulang juga sama pentingnya. Repeat order atau pembelian yang berulang dapat menjadi indikator kepuasan pelanggan terhadap produk barang atau jasa yang Anda jual. Selain itu, repeat order juga berpengaruh positif terhadap kelangsungan bisnis Anda.

Strategi Meningkatkan Repeat Order

Tentunya Anda memerlukan strategi yang jitu untuk membuat lebih banyak pelanggan melakukan pembelian ulang. Mulai dari produk dengan mutu yang terjaga, sampai ke detail-detail dalam hal pelayanan juga perlu mendapatkan perhatian. Loyalitas pelanggan merupakan kunci dari terjadinya repeat order atau pembelian berulang. Maka, upaya yang Anda lakukan harus berfokus kepada menarik minat dan membangun loyalitas konsumen.

Content:

Tips Meningkatkan Repeat Order 

  1. Berikan pelayanan yang terbaik 
  1. Proses pesanan dan pengiriman cepat 
  1. Terapkan sistem poin 
  1. Berikan potongan harga khusus 
  1. Memanfaatkan Ulasan Konsumen di Internet 

Tips Meningkatkan Repeat Order atau Pembelian Berulang

Mencapai kepuasan dan loyalitas pelanggan memerlukan usaha ekstra. Anda perlu melakukan beberapa upaya untuk membuat konsumen kembali tertarik untuk membeli barang yang Anda tawarkan. Simak bebarapa tips berikut sebagai upaya untuk meningkatkan repeat order produk Anda!

1. Berikan pelayanan yang terbaik 

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan Anda memberikan pelayanan yang terbaik. Pelayanan sudah dimulai bahkan sebelum terjadinya transaksi. Contohnya adalah dengan menjawab pertanyaan konsumen dengan baik mengenai produk. 

Keseluruhan pengalaman dari riset produk, hingga pembayaran, proses pengiriman barang, dan pengemasan merupakan pelayanan yang dapat dirasakan oleh konsumen Anda. Maka, pastikan semuanya berjalan dengan baik. 

2. Proses pesanan dan pengiriman cepat 

Proses pesanan atau pengiriman yang cepat akan meningkatkan kepuasan pembeli. Konsumen menyukai proses transaksi yang mudah dan cepat. Dengan kemudahan dan kecepatan Anda dalam memproses atau mengirim pesanan, semakin besar juga kemungkinan konsumen untuk bertransaksi kembali. 

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengelola pesanan, aplikasi Krealogi memiliki fitur Catat Pesanan. Pesanan yang masuk dapat diatur dengan rapi, sehingga pengiriman juga dapat dilakukan dengan tepat waktu.

Selain itu, jika usaha Anda bergerak secara online, pastikan Anda memilih jasa pengiriman yang terbaik. Sekarang, sudah banyak jasa pengiriman yang memungkinkan Anda untuk menggunakan fitur jemput paket. Dengan fitur tersebut, proses pesanan dan pengiriman di toko Anda akan jauh lebih cepat. 

3. Terapkan sistem poin 

Sistem poin merupakan salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa brand besar di Indonesia. Nyatanya, hal ini memang cukup efektif untuk mendapatkan repeat order dari konsumen selama bertahun-tahun. 

Sistem poin di sini berarti, akan diberikan poin atas setiap transaksi pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Akumulasi dari poin tersebut kemudian dapat ditukarkan dengan keuntungan lainnya. Selain dari pembelian, Anda juga bisa memberikan poin tambahan bagi konsumen jika bersedia memberikan ulasan dan foto produk Anda di media sosial. Ini hanya merupakan salah satu contoh dari penerapan sistem poin, dan masih banyak inovasi lainnya yang bisa Anda coba untuk meningkatkan repeat order

4. Berikan potongan harga khusus 

Potongan harga atau diskon merupakan salah satu cara yang cukup efektif dalam upaya menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian. Namun, diperlukan perhitungan dan strategi yang tepat agar strategi ini memberikan lebih banyak keuntungan bagi usaha Anda. 

Contohnya, Anda bisa memberikan diskon untuk momen-momen tertentu seperti liburan, maupun hari-hari perayaan lainnya. Prinsip dari strategi ini adalah mengurangi besaran keuntungan, namun mendapatkan kuantitas atau volume transaksi yang lebih besar. 

5. Memanfaatkan Ulasan Konsumen di Internet

User Generated Content adalah istilah untuk konten yang diciptakan oleh pengguna dari produk Anda. Konten yang diciptakan oleh konsumen dapat berbentuk reaksi dan respon terhadap produk yang baru saja dibeli. Konsumen memiliki keinginan untuk merekomendasikan atau memberikan masukkan lewat konten atas produk yang baru saja dibeli. 

Konten berupa ulasan konsumen di internet, atau user generated content dapat berbentuk teks atau komentar, foto, atau bahkan video. Konten tersebut dapat dibaca atau dilihat oleh calon konsumen lainnya yang sedang melakukan riset produk Anda. Jika Anda memiliki banyak ulasan positif di internet, maka semakin besar juga keyakinan calon konsumen untuk melakukan pembelian produk. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya. 

Namun, tanggapan dari konsumen yang berupa kendala yang dialami dapat menjadi bahan evaluasi dan perbaikan. Solusi yang tepat atas permasalahan tersebut akan meningkatkan minat konsumen untuk repeat order. Selain itu, jika Anda cukup solutif, maka dapat menghasilkan pengalaman terbaik bagi pelanggan lainnya yang membeli produk Anda.

Demikian adalah beberapa strategi yang bisa Anda coba untuk meningkatkan repeat order. Utamakan pelayanan dan jaga kualitas produk agar kepuasan dan kesetiaan konsumen terbangun.

Jika Anda menyukai artikel dan informasi lainnya dari Krealogi, Anda bisa klik di sini! 

1 2 Next › Last »
Blog Thumbnail Aplikasi and Kemitraan

Krealogi | 07 December 2021

Pengembangan Komunitas Perajin Purun di Hulu Sungai Utara

Pada tahun 2020, Du Anyam dan Krealogi memulai perjalanan baru untuk memanfaatkan purun di Kalimantan Selatan bersama dengan Badan Restorasi Gambut. Perjalanan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelatihan dan hubungan langsung ke komunitas kerajinan purun. Selanjutnya Du Anyam dan Krealogi juga ingin mendorong pengelolaan berkelanjutan lahan gambut demi meningkatkan nilai tanaman purun dan mengurangi risiko konversi. Du Anyam dan Krealogi menargetkan Hulu Sungai Utara di Kalimantan Selatan sebagai zona usaha kerajinan purun.  

Munculnya pandemi Covid-19 mendorong Du Anyam dan Krealogi berpikir kreatif menjalankan rantai pasok produk purun. Dengan cara mengadopsi teknologi, Du Anyam dan Krealogi mengajarkan pelatihan secara daring untuk perajin purun, mengembangkan aplikasi Krealogi serta menambahkan produk purun dan informasi tentang lahan gambut di dalam web Du Anyam. 

Pelatihan daring yang diberikan terdiri dari pelatihan standar kualitas produk, pemilahan bahan baku, quality control, dan desain baru. Perajin Purun di Hulu Sungai Utara juga diberikan pelatihan penggunaan teknologi  untuk meningkatkan efisiensi melalui aplikasi Krealogi. Dari hasil pelatihan daring, Du Anyam dan Krealogi berhasil bermitra dengan beberapa daerah di Hulu Sungai Utara antara lain Desa Pulantani, Desa Tambak Sari Panji, Desa Murung Panggang dan Desa Tuhuran. Du Anyam dan Krealogi merekrut dua orang dari setiap daerah Hulu Sungai Utara untuk menjadi Local Leader yang bertanggung jawab mengkoordinasikan produksi. Local Leader yang terpilih diberikan pelatihan khusus untuk kontrol kualitas, manajemen inventaris, dan administrasi. 

Proyek ini berhasil meluncurkan 42 produk purun serta kolaborasi dengan desainer ternama seperti Abenk Alter, Ykha Amelz, dan Ayang Cempaka. Du Anyam dan Krealogi juga berhasil mengembangkan buku cerita anak tentang purun yang sedang dipertimbangkan untuk ditambah ke dalam kurikulum pendidikan sekolah dasar. Selain itu, proyek ini berhasil meningkatkan keterlibatan perajin dan petani purun, pemasukan perajin, dan kualitas produk purun.Informasi lengkap terkait pencapaian dan aktivitas dalam program ini dapat ditonton di akun Youtube Krealogi.

Blog Thumbnail Kemitraan

Krealogi | 07 December 2021

Kolaborasi Bersama Desa Sejahtera Astra untuk 30 UMKM di Nusa Tenggara Timur

Krealogi telah melaksanakan launching program Satu Indonesia hasil kolaborasi dengan Program Desa Sejahtera Astra pada hari Selasa, 16 Februari 2021 yang dihadiri oleh peserta pelatihan, Head of CSR Astra Internasional Tbk, Staff ahli mentri bidang hubungan antar lembaga kementrian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi, dan beberapa stakeholders lainnya. Pelatihan ini diikuti oleh UMKM dampingan Du Anyam pada tanggal 17 – 22 Februari 2021, dan 30 UMKM di NTT yang sudah terpilih pada tanggal 23 Februari – 3 Maret 2021.

Pelatihan yang didapatkan meliputi digital literasi, kemitraan, penentuan harga produk, perencanaan produksi, kolaborasi dan rapat koordinasi, kualitas produk, kemasan produk, pengelolaan keuangan, modal industry, serta pengiriman dan pembiayaan. Selain itu, pada tanggal 2 Maret pelatihan diberikan oleh pihak Shopee untuk menyampaikan materi  mengenai pemasaran digital. Selain pemaparan materi, pelatihan ini juga diisi dengan agenda Forum Group Discussion antar UMKM yang bertujuan untuk bertukar informasi dan memperoleh suatu inovasi dan masukan dalam penggunaan digital untuk mengembangkan UMKM mereka.

Pelatihan yang telah dilakukan oleh Krealogi yang bekerjasama dengan Program Desa Sejahtera Astra memiliki dampak positif dari peserta yang ditunjukkan dengan 87.1% merasa sangat bermanfaat dan 12.9% merasa bermanfaat. Selain itu, 77.4% peserta pelatihan sudah menggunakan applikasi krealogi, sedangkan 22.6% yang belum menggunakan karena stock produk belum banyak dan belum ada kegiatan produksi selama pandemi.

Desa Sejahtera Astra
Blog Thumbnail Kemitraan

Nama Penulis | 12 October 2021

Bersama UK-Indonesia TechHub dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) Mengembangkan Perempuan Indonesia

Dikembangkan oleh Departemen Digital, Budaya, Media dan Olahraga (DCMS) pemerintah Inggris, Tech Hub (UK-Indonesia) memiliki misi untuk membantu pemerintah Indonesia untuk membangun ekosistem digital yang akan memfasilitasi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Tech Hub dan Krealogi tidak bekerja sendiri, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) pun ikut serta bekerjasama di dalam proyek ini. Di mulai pada Oktober 2020, Krealogi akan memberikan bantuan dalam bentuk pelatihan untuk membangun rantai pasok UMKM di 6 Kabupaten Kota Indonesia (Palembang, Rembang, Kendal, Cilegon, Lombok Tengah, dan Bangka Tengah).  

Informasi lengkap terkait pencapaian dan aktivitas dalam program ini dapat ditonton di akun Youtube Krealogi.

Du Anyam memiliki latar belakang yang kuat akan pengembangan rantai pasok kerajinan tangan selama hampir 6 tahun. Dengan itu Du Anyam meluncurkan brand baru bernama Krealogi dengan fokus tujuan untuk membangun sistem ataupun standar rantai pasok kerajinan tangan dari daerah-daerah grassroot di seluruh Indonesia seperti Flores, Papua, NTT, dan Kalimantan. Dengan kerjasama dengan mitra ini, Krealogi melihat bahwa adanya pengertian dan mimpi yang sama di antara dua pihak untuk mengembangkan ekonomi dan mengembangkan masyarakat memang harus datang dari grass root dan membangun rantai pasoknya. Dengan itu, Krealogi dan mitra akan bekerja untuk menyelesaikan masalah secara bersama.

Blog Thumbnail Berita

Krealogi | 07 December 2021

Krealogi Bersama Lingkar Temu Kabupaten Lestrari (LTKL) Berhasil Memberikan Perubahan Positif Kepada UMKM di Siak dan Sintang

Program pelatihan UMKM Lestari yang diadakan oleh Krealogi bersama  Lingkar Temu Kabupaten Lestrari (LTKL) bertujuan untuk memberikan dampak kepada UMKM secara berkelanjutan mulai dari persiapan produksi sampai pengiriman seperti mengelola rantai pasok, mulai dari mengolah bahan baku, menjaga kualitas, strategi pengiriman dan pembayaran. Program pelatihan ini diikuti oleh 30 UMKM yang ada di Kabupaten Siak dan Sintang. Program ini berjalan sejak bulan Maret-Juli 2021. Pelatihan dilaksanakan pada 1-9 Maret 2021 yang dilanjutkan dengan program pendampingan berupa konsultasi usaha, menyampaikan kendala yang dialami untuk mencari solusi bersama dengan tim Krealogi. 

Pada proses pendampingan, peserta pelatihan diminta untuk mengirimkan foto produknya kepada fasilitator krealogi untuk dilakukan evaluasi perbaikan dan peningkatan kualitas produk melalui pembuatan standar kualitas bahan baku dan standar kualitas produk.

Produk Anyaman sesudah Pelatihan Krealogi

Salah satu hasil dari pelatihan dan juga pendampingan yang telah dilaksanakan yaitu dialami oleh UMKM Cahaya Bunda di Siak. Meskipun dilakukan pendampingan secara virtual, perbaikan dan pengembangan kualitas tetap bisa dilakukan dengan cara memberikan evaluasi dan saran supaya produk menjadi memiliki warna yang konsisten, model dan kerapihan tas, dan hal lainnya sehingga mendapatkan hasil akhir yang lebih rapih dan menarik baik ditinjau dari segi ukuran, pegangan, dan hal lainnya.

Kesungguhan dan semangat belajar peserta yang tinggi tersebut terbukti dengan sebanyak 75% dari total peserta mengalami peningkatan kompetensi hingga 50%. Tidak hanya itu, 90% peserta juga telah menguasai penggunaan media digital diantaranya yakni Zoom, Google Form, Aplikasi Manajemen Rantai Pasok Krealogi, serta Platform marketplace.

Blog Thumbnail Berita

Krealogi Author | 03 November 2021

Krealogi, Pemenang Utama Impact Collective and UNDP Citypreneur Award 2020

Impact Collective merupakan program akselerasi berbasis komunitas untuk perusahaan startup yang berfokus di Asia. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung dan menghubungkan startup yang memecahkan tantangan global untuk mempercepat dampak positif di dunia. Selain itu, kegiatan ini juga didukung oleh program pembangunan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Federasi Asosiasi Persatuan Bangsa-Bangsa Dunia (WFUNA) yang telah memilih 82 perusahaan startup sebagai finalis dari 362 perusahaan yang mendaftar dan akan dinilai oleh lebih dari 200 juri.

Krealogi oleh Du Anyam terpilih sebagai pemenang utama pada ajang Impact Collective and UNDP Citypreneur Award 2020 yang dinilai berdasarkan dampak yang dihasilkan di tahun 2020 dan dinilai dari tujuan pembangunan berkelanjutan yang selaras dengan kerangka kerja. Citypreneurs Award merupakan penghargaan untuk pertumbuhan strartup yang didukung oleh PBB bersama dengan UNESCAP, UNDP, WeGO, dan WFUNA yang bertujuan untuk menyatukan pemangku kepentingan yang berfokus pada dampak global untuk menciptakan solusi teknologi dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Krealogi sebagai startup yang memberikan dampak berskala besar dengan tujuan pembangunan-pembangunan berkelanjutan telah berhasil mencapai komitmennya dalam penerapan SDGs berupa menciptakan pekerjaan yang layak untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, mampu mengatasi kemiskinan, kesetaraan gender berupa pemberdayaan perempuan, dan pengembangan industri dan inovasi yang berbasis pada industri kriya, fashion, dan UMKM manufaktur. Melalui pengahargaan yang telah didapatkan, Krealogi oleh Du Anyam siap memberdayakan komunitas melalui pengembangan dan digitalisasi UMKM di Indonesia untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan memiliki dampak positif yang lebih besar lagi.Saksikan video profile Krealogi oleh Du Anyam untuk Impact Collective 2020

Blog Thumbnail Berita

Nama Penulis | 03 November 2021

Krealogi, 3 Besar Juara Pahlawan Digital UMKM

Krealogi sebagai Pahlawan Digital UMKM dan Mitra Strategis Kemenkop dan UKM

Di bulan Oktober 2020, bertepatan di hari Sumpah Pemuda, Krealogi oleh Du Anyam telah mendapatkan penghargaan sebagai Top 3 Inovator Program Pahlawan Digital UMKM di Indonesia. Program Pahlawan Digital UMKM merupakan program yang diadakan oleh Kemenkop dan UKM beserta Sekretariat Kabinet, untuk menemukan 10 inovator digital muda yang dapat menjadi mitra strategis untuk transformasi digital UMKM di Indonesia.

Rangkaian agenda yang cukup panjang telah diikuti oleh Azalea Ayuningtyas (Ayu), Co-Founder Krealogi oleh Du Anyam. Mulai dari tahap seleksi bersama 126 inovator lainnya untuk merebutkan Top 30, yang kemudian diseleksi lagi untuk Top 20, dan pada akhirnya kurasi terakhir melalui sesi pitching untuk menemukan Top 10 Inovator di Indonesia. Ayu mengekspresikan kebahagiaannya karena Krealogi mampu menjadi Top 3 Innovator walaupun hanya satu – satunya peserta yang berfokus di industri kriya, fesyen, dan UMKM manufaktur.

Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19, Krealogi berharap dapat ikut serta dalam program-program yang akan dicetuskan oleh Kemenkop & UKM untuk membangkitkan iklim bisnis UMKM dari keterpurukan pandemi. Krealogi berniat untuk dapat menjadi yang terdepandalam melatih dan membagikan sistem manajemen bisnis dan rantai pasok secara digital guna mendukung revolusi digital bagi teman-teman pelaku UMKM di Indonesia.

Krealogi oleh Du Anyam siap memberdayakan komunitas melalui pengembangan dan digitalisasi UMKM di Indonesia.

Du Anyam memiliki latar belakang yang kuat akan pengembangan rantai pasok kerajinan tangan selama hampir 6 tahun. Dengan itu Du Anyam meluncurkan brand baru bernama Krealogi dengan fokus tujuan untuk membangun sistem ataupun standar rantai pasok kerajinan tangan dari daerah-daerah grassroot di seluruh Indonesia seperti Flores, Papua, NTT, dan Kalimantan. Dengan kerjasama dengan mitra ini, Krealogi melihat bahwa adanya pengertian dan mimpi yang sama di antara dua pihak untuk mengembangkan ekonomi dan mengembangkan masyarakat memang harus datang dari grass root dan membangun rantai pasoknya. Dengan itu, Krealogi dan mitra akan bekerja untuk menyelesaikan masalah secara bersama.

Blog Thumbnail Berita

Nama Penulis | 12 October 2021

Krealogi Juara 1 She Loves Tech 2020 Mewakili Indonesia

Krealogi oleh Du Anyam mengikuti kompetisi She Loves Tech, sebuah kompetisi untuk wanita pemilik startup yang berbasis teknologi. Kompetisi ini merupakan kompetisi virtual terbesar karena diadakan di 30 negara termasuk Indonesia. 

Krealogi lolos dalam seleksi awal dan langsung mendapatkan nominasi sebagai “Top 10 Startups” di Indonesia. Bersama dengan 9 perusahaan startup lainnya, Co-Founder kami, Azalea Ayuningtyas (Ayu) mengikuti serangkaian acara yang meliputi bootcamp dan mentoring session dengan investor, sesi fundraising, yang diakhiri dengan sesi pitching. Sesi pitching dihadiri oleh 4 dewan juri ternama yang berlatar belakang investasi kuat, yaitu Paul Ark (Advisor dari Gobi Partners), Sagar Tandam (Founding Member dari Moonshot Ventures), Tanisha Banaszczyk (Principal dari AC Ventures) dan Windy Natriavi (CPO Awan Tunai dan CEO WomenWorks). Dalam sesi ini, juri akan menentukan 3 pemilik startup yang akan menjadi juara di babak lokal Indonesia. 

Ayu mengungkapkan bahwa dirinya terkejut saat mengetahui Krealogi oleh Du Anyam berhasil mendapat juara pertama di babak lokal Indonesia. “Sesuatu yang tidak disangka bahwa kami dapat memenangkan juara pertama, mengetahui sesi pitching bersama 9 startup lainnya sangatlah kompetitif”. Sebagai juara pertama di babak lokal, perjalanan Ayu dan Krealogi belum selesai sampai disini saja. Ayu akan mengikuti serangkaian acara selanjutnya meliputi bootcamp selama tiga hari terkait fundraising, leadership skills, dan growth hacking. Setelah itu, Ayu akan membawa Krealogi ke semi-final pitching dengan investor bersama pemenang lainnya dari 29 negara. Dari situ, 30 peserta akan dinilai oleh dewan juri untuk dinobatkan menjadi Top 10 Startups di babak global, dan yang pada akhirnya akan muncul satu pemenang global. 

Namun, penghargaan juara pertama di babak lokal Indonesia sudah membuat merasa bangga karena Ayu merasakan bahwa lebih banyak pintu terbuka bagi Krealogi untuk bertemu dengan banyak investor. Selain itu Ayu juga senang dengan kesempatan lain yang muncul seperti networking dengan para pebisnis dan dewan juri yang bukan hanya dari Indonesia tapi dari mancanegara, dan pembelajaran yang diberikan melalui bootcamp yang diberikan oleh pihak She Loves Tech. Tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada, Ayu menantikan babak global She Loves Tech dengan optimis dan sikap ingin terus belajar.

Krealogi oleh Du Anyam akan terus memberdayakan komunitas melalui pengembangan digital usaha kriya dan fesyen di Indonesia.

Krealogi Hadir untuk Mendukung Revolusi Digital bagi UMKM Indonesia

Permudah bisnismu dengan satu aplikasi dalam genggaman. Unduh sekarang!