Blog & Berita

Blog & Berita

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
Blog Thumbnail Berita

Krealogi Author | 11 March 2022

Dapatkan Rp 10.000.000 untuk 20 Pemenang dengan Mulai Catat Pesanan Pertama mu di Bulan Maret!

Krealogi oleh Du Anyam lagi mengadakan program special buat kamu para pengguna Krealogi. Program ini mengajak para pengguna Krealogi yang sudah terdaftar namun belum sama sekali melakukan catat pesanan. Kapan lagi coba, bisa catat pesanan pertama mu dan mendapatkan saldo e-wallet/pulsa sebesar Rp 500.000 untuk setiap pemenang. 

Biar nggak makin penasaran, perhatikan baik-baik untuk bisa ikut campaign ini ya!! 

Caranya:

  1. Buka Aplikasi Krealogi
  2. Buat minimal 3 Pencatatan Pesanan pada tanggal 11 – 25 Maret 2022
  3. 20 Pemenang yang memenuhi syarat dengan minimum membuat 3 pencatatan pesanan di tanggal yang sudah ditentukan, akan diundi pada tanggal 28 Maret 2022 untuk mendapatkan pulsa/e-wallet Rp 500.000
  4. Pemenang yang beruntung akan diumumkan di Instagram @krealogi dan dihubungi oleh tim Krealogi melalui nomor telepon yang terdaftar di Akun Krealogi (Pastikan nomor handphone yang kamu gunakan di akun merupakan nomor telepon aktif, ya!)
  5. Hadiah akan dikirimkan kepada pemenang maksimal 10 hari kerja

Adapun syarat dan ketentuan yang perlu kamu perhatikan nih, simak baik-baik juga!! 

Syarat dan Ketentuan:

  1. Berlaku untuk akun terdaftar sebelum 1 Maret 2022
  2. Belum Pernah menggunakan fitur Catat Pesanan
  3. Catat Pesanan merupakan pesanan asli yang masuk ke UMKM baik merupakan pesanan baru, maupun pesanan yang sudah selesai di bulan Maret 2022.
  4. 1 akun berlaku untuk 1 badan usaha
  5. Pihak Krealogi berhak sewaktu-waktu mengubah syarat dan ketentuan tanpa pemberitahuan.
  6. Pihak Krealogi berhak membatalkan hadiah kepada peserta yang terbukti melanggar syarat dan ketentuan.

Gimana? Sayang banget kan kalau dilewatin! Yuk, kapan lagi bisa dapetin saldo e-wallet sebesar Rp 10.000.000 untuk 20 pemenang! Jadi bagian dari 20 pemenang dengan mulai catat pesanan kamu dan dapatkan hadiahnya!!  Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk hubungi WhatsApp Krealogi di +62 813-2550-8587 ya!

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 26 February 2022

5 Kemampuan Interpersonal Bagi Pengusaha

5 Kemampuan Interpersonal Bagi Pengusaha – Apakah untuk menjadi seorang pengusaha seseorang diharuskan menguasai kemampuan-kemampuan tertentu yang tidak berkaitan dengan kepiawaian bekerja? Jawabannya, ya. 

Jika menjadi pengusaha dikira sekadar terampil dalam menyelesaikan pekerjaan demi kepentingan perkembangan bisnis, maka kamu salah kaprah. Pasalnya, di samping kemampuan dan keterampilan bekerja, seorang pengusaha juga harus memiliki kemampuan interpersonal yang mumpuni. 

Dalam artikel ini, kami akan mengulas apa saja kemampuan interpersonal yang harus dikuasai dan akan berguna bagi pengusaha. 

Table Of Contents: 

  1. Apakah Yang Dimaksud Kemampuan Interpersonal Bagi Pengusaha? 
  1. Mengapa Kemampuan Interpersonal Penting Bagi Pengusaha? 
  1. 5 Kemampuan Interpersonal Yang Wajib Dikuasi Bagi Pengusaha Komunikasi 

Apakah Yang Dimaksud Kemampuan Interpersonal Bagi Pengusaha? 

Sebagian besar orang mungkin sudah cukup familiar dengan istilah soft skill. Dapat dibilang, kemampuan interpersonal adalah istilah lain dari soft skill

Kemampuan interpersonal dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan sesama. Dalam lingkup bisnis, kemampuan interpersonal mencakup bagaimana cara seorang pengusaha berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan karyawan, klien, atau rekan kerja. 

Mengapa Kemampuan Interpersonal Penting Bagi Pengusaha? 

Meski tampak sederhana, bagi pengusaha kemampuan interpersonal merupakan hal yang harus dimiliki. Hal ini dikarenakan seorang pengusaha tidak akan hanya berkutat dengan urusahan pekerjaan saja. Namun, pengusaha juga akan berinteraksi dengan banyak orang. 

Lantas, mengapa penting bagi seorang pengusaha untuk mengembangkan kemampuan interpersonal? Seperti yang kita tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial yang akan terus bersosialisasi, kenyataan tersebut tidak dapat dielak oleh pengusaha. 

Dalam menjalani bisnis, seorang pengusaha harus berurusan dengan supplier, customer, karyawan, investor, bahkan klien-klien besar. Segala aktivitas tersebut tentunya memerlukan kemampuan interaksi yang baik agar negosiasi berjalan tanpa hambatan. Dalam keadaan inilah kemampuan interpersonal memegang kendali atas suksesnya bisnis.

Baca juga: Tips Mengelola Waktu Bagi Pebisnis

5 Kemampuan Interpersonal Yang Wajib Dikuasai Bagi Pengusaha

1. Komunikasi

kemampuan interpersonal bagi pengusaha
freepik.com

Sebagai seorang penguasa, kemampuan interpersonal pertama yang harus kami miliki adalah kemampuan berkomunikasi. Komunikasi di sini termasuk komunikasi verbal dan non-verbal 

Komunikasi verbal seperti public speaking, akan sangat diperlukan ketika kamu melakukan negosiasi. Jadi, istilah pepatah diam itu emas tidak berlaku jika kamu menjadi seorang pengusaha. 

Akan tetapi, ada kalanya kamu juga harus diam. Saat itulah, kemampuan komunikasi non-verbal mengambil peran. Selain harus pandai berbicara, kamu juga harus menjadi seorang pendengar yang aktif. Ketika berkomunikasi, kamu memang harus pandai berbicara. Akan tetapi ketika lawan bicaramu tengah menyampaikan pendapat, dengarkanlah dengan sikap yang baik. 

2. Persuasi

kemampuan interpersonal bagi pengusaha
freepik.com

Melengkapi poin sebelumnya, bahwa seorang pengusaha harus menguasai kemampuan komunikasi interpersonal. Ternyata, mahir dalam komunikasi verbal dan non-verbal saja tidak cukup. 

Seorang pengusaha juga harus memiliki kemampuan persuasi. Maksudnya, sebagai pengusaha harus mampu mengajak seseorang untuk menjadi yakin bekerja sama atau menggunakan produkmu. Atau dalam istilah lain, bujukan halus. 

Seorang pengusaha harus memiliki sikap persuasif, dengan meyakinkan lawan bicara menggunakan alasan-alasan logis yang membuktikan pendapat. 

3. Kepemimpinan

kemampuan interpersonal bagi pengusaha
freepik.com

Menjadi seorang pengusaha artinya kamu merintis sendiri bisnismu, tentu kamu menjadi pemiliki dari perusahaanmu sendiri dan orang lain akan bekerja untukmu. Sebab itu kamu memerlukan kemampuan interpersonal untuk menjadi seorang pemimpin. 

Kamu diharuskan untuk menjadi pemimpin yang asertif, kreatif, dan tetap memiliki rasa empati terhadap karyawan. Artinya, kepemimpinan bukan kamu berhak memerintah semau hati melainkan mampu mengayomi karyawan. Kepemimpinan juga meliputi kemampuan untuk membuat keputusan, dan manajemen tim. 

4. Kerja Tim

kemampuan interpersonal bagi pengusaha
freepik.com

Selain menjadi pemimpin atas perusahaanmu sendiri, menjadi seorang pengusaha juga akan sekaligus menjadikanmu karyawan atas perusahaan yang kamu rintis. Kamu tentu akan bekerja bersama dengan karyawan-karyawan lainnya. Itulah mengapa kemampuan interpersonal kerja tim harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Sebab, dengan kemampuan interpersonal tim kamu akan mampu bekerja sama dengan karyawan dan memotivasi mereka untuk bekerja bersama memenuhi tujuan usaha yang kamu rintis. 

5. Problem Solving

kemampuan interpersonal bagi pengusaha
freepik.com

Ketika menjadi seorang penguasaha, kamu akan terus menemukan masalah baru dalam setiap langkah yang kamu ambil selama membangun bisnis. Entah itu masalah antar karyawan, antara klien dengan perusahaan, atau konflik dengan pihak-pihak lain. Masalah tidak akan pernah berhenti membayangi seorang pengusaha. 

Dalam situasi seperti itu, seorang pengusaha harus mampu menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan kreatif dan strategis. Itulah mengapa problem solving menjadi salah satu kemampuan interpersonal wajib bagi pengushaa. 

Begitulah uraian dari Krealogi mengenai kemampuan interpersonal. Kamu dapat mulai mempelajari agar menguasai setiap kemampuan interpersonal tersebut demi kebaikan usaha yang sedang digeluti. Mulailah dari membuat perencanaan dan pencatatan usaha yang rapi bersama aplikasi Krealogi dari DuAnyam! Klink link ini untuk mengunduh!

Baca juga

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 25 February 2022

Tips Mengevaluasi Ide Bisnis: Pengusaha Wajib Baca 6 Hal Ini!

Tips Mengevaluasi Ide Bisnis: Pengusaha Wajib Baca! – Ide adalah tonggak utama sebuah bisnis. Untuk menjadi seorang, kamu tentu perlu memikirkan ide-ide bisnis setiap harinya. Jadi, jika kamu memiliki banyak ide-ide bisnis di kepala, artinya kamu sudah siap menjadi seorang pengusaha. 

Kendati demikian, kamu tidak bisa hanya mengandalkan ide-ide tersebut jika ingin melangkah lebih lanjut ke dalam dunia bisnis. Pasalnya, ide tanpa perencaan matang dapat membawamu ke dua jalan berbeda: kesuksesan atau kebangkrutan. Karena itulah diperlukan adanya evaluasi ide bisnis agar performa bisnismu terjaga. 

Berikut ini telah kami rangkum 5 tips mengevaluasi ide bisnis. 

Table Of Contents: 

  1. Menulis Rencana Bisnis 
  1. Mengidentifikasi Permintaan Pasar 
  1. Mengenali Target Pasar
  1. Melakukan Riset Pesaing
  1. Meminta Feedback
  1. Menganalisis Keuangan

Menulis Rencana Bisnis

tips mengevaluasi ide bisnis
freepik.com

Langkah pertama dalam mengevaluasi potensi ide bisnis adalah menulis rencana bisnis (business plan). Memang mudah untuk membayangkan ide-ide bisnis yang luar biasa, tapi hal tersebut tidak berguna jika kamu terus menunda untuk menjalankannya. 

Mulailah untuk menuliskan apa rencana bisnismu. Catat hal-hal seperti target pasar, bentuk perusahaan, lokasi bisnis, misimu menjalankan bisnis tersebut, dan tujuan dalam jangka waktu panjang. 

Rencana Bisnis yang kamu tulis akan menuntunmu dalam perjalanan meraih kesuksesan sebagai seorang pengusaha.

Baca juga: Mengolah Ide dan Peluang Usaha Kerajinan

Mengamati Permintaan Pasar

Untuk mengevaluasi potensi ide bisnis, kamu juga harus mengamati permintaan pasar. Seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan, kamu juga harus mempersiapkan hal ini sebelum memulai sebuah bisnis. 

Jangan sampai kamu meluncurkan produk, tanpa melihat permintaan pasar. Bisa-bisa kamu akan kecewa karena hasilnya tidak maksimal. 

Hal-hal yang harus kamu lakukan ketika melakukan riset permintaan pasar antara lain: 

  1. Masalah apakah yang baru-baru ini sedang dihadapi target customer?
  2. Bagaimana bisnismu akan mengatasi masalah tersebut? 
  3. Apakah bisnis serupa sudah ada di pasaran?

Baca juga: Tips Menghadapi Persaingan Bisnis bagi UMKM

Mengenali Target Pasar

tips mengevaluasi ide bisnis
freepik.com

Setelah melakukan riset terhadap permintaan pasar, kamu perlu mengenali dan memahami target pasarmu untuk mengevaluasi ide bisnis. Ketika kamu mulai meluncurkan bisnis kamu harus benar-benar tahu calon pelangganmu. 

Kenalilah mereka dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: 

  1. Siapakah target customer usahamu? 
  2. Apakah mereka laki-laki atau perempuan? 
  3. Berapa usia mereka? 
  4. Apa pekerjaan mereka? 
  5. Apa hobi mereka? 
  6. Berapa jumlah uang yang mereka mampu keluarkan untuk menggunakan produkmu? 

Melakukan Riset Pesaing

ide peluang bisnis tahun 2022
freepik.com

Tak peduli seberapa bagus ide bisnis yang kamu miliki, kamu pasti memiliki pesaing di luar sana. Untuk itulah tips selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk mengevaluasi ide bisnis adalah melakukan riset kompetitor atau pesaing. 

Pesaing tidak melulu bermakna negatif. Dengan adanya pesaing, kamu malah bisa mengamati laju bisnis mereka dan mengevaluasi ide bisnismu. 

Yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan riset terhadap kompetitor adalah apa saja keberhasilan yang mereka capai, apa saja kegagalan yang mereka alami, identifikasi mampukah bisnismu bersaing, serta apa yang harus kamu lakukan untuk menjadi lebih baik. 

Meminta Feedback

tips mengevaluasi ide bisnis
freepik.com

Langkah terbaik untuk memastikan apakah bisnismu akan berjalan adalah dengan melakukan percobaan (trial). Lakukanlah uji coba terhadap ide bisnis yang kamu miliki. Kamu tak perlu menghabiskan banyak tenaga atau dana untuk uji coba ini, sebab yang kamu butuhkan dari hasil uji coba ini adalah umpan balik (feedback) orang lain terhadap bisnismu. 

Mintalah umpan balik berupa pendapat orang terkait bisnis yang sedang kamu uji coba. Dari feedback tersebut kamu dapat mengevalusi ide bisnismu. Kamu jadi tahu apakah orang tertarik dengan ide bisnis tersebut, kekurangan dan kelebihan apa yang idemu miliki, dan apa yang harus kamu lakukan untuk menyempurnakannya.

Menganalisis Keuangan

Tips terakhir untuk evaluasi ide bisnis adalah melakukan analisis keuangan. 

Setelah kamu memiliki dan menulis rancangan bisnis, melakukan riset terhadap pasar serta pesaing, kini saatnya kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan sepitar keuangan untuk berbisnis, seperti: 

  1. Berapa biaya untuk memulai ide bisnismu? 
  2. Darimana kamu akan mendapatkan modal awal? 
  3. Seberapa besar potensi penghasilan yang mungkin kamu dapatkan?

Dengan melakukan analisis keuangan kamu akan dapat merencanakan laju keuangan bisnismu dengan baik. Sehingga mengurangi risiko terkait masalah keuangan usaha nantinya. Manfaatkan teknologi aplikasi keuangan untuk pencatatan yang lebih sistematis dan rapi.

Nah, setelah membaca 6 tips evaluasi ide bisnis di atas, apakah kamu sudah siap untuk menjadi seorang pengusaha? 

Aplikasi Krealogi akan membantu merealisasikan hasil evaluasi ide bisnis tersebut. Download aplikasinya sekarang dengan klik di sini!

Baca juga:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 25 February 2022

6 Aktivitas Pemicu Kreativitas Bisnis

Aktivitas Pemicu Kreativitas Bisnis − Bisnis dan ide kreatif adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Tak heran ketika menjadi seorang pebisnis, kita akan senantiasa dituntut untuk berpikir kreatif dan inovatif.

Secara sederhana kreativitas dapat diartikan sebagai keberanian seseorang untuk menciptakan ide-ide baru yang belum pernah ada atau belum pernah dilakukan sebelumnya. Sudah barang tentu hal tersebut tidak lepas dari risiko yang mungkin terjadi karenanya. Itulah mengapa seorang pebisnis acapkali merasa kehabisan ide kreatif sehingga memerlukan beberapa aktivitas sebagai pemicu kembalinya kreativitas untuk menjalankan bisnisnya.

Jika kamu merasa kesulitan mengembalikan kreativitas bisnismu, tak perlu khawatir sebab tips-tips aktivitas pemicu kreativitas bisnis di bawah ini akan membantumu.

Table Of Contents:

  1. Membaca Buku
  1. Menonton Video
  1. Mendengarkan Podcast
  1. Beristirahat
  1. Bercerita Ke Orang Lain 
  1. Melakukan Improvisasi

Membaca Buku

aktivitas pemicu kreativitas bisnis
freepik.com

Aktivitas pemicu kreativitas untuk menjalankan bisnis pertama yang dapat kamu lakukan adalah membaca buku. Ada banyak jenis buku bacaan yang dapat memicu kembalinya kreativitas dalam dirimu. Contoh buku bacaan terbaik untuk meningkatkan kreativitas berbisnis adalah biografi yang berisikan kisah perjalanan bisnis para pebisnis tersohor. 

Kamu juga dapat membaca buku-buku pengembangan diri, atau buku panduan terkait bidang usaha yang kamu geluti. Dengan membaca buku-buku jenis tersebut kamu akan menemukan banyak hal mengenai bisnis.

Baca juga: Tips Mengelola Waktu Bagi Pebisnis

Menonton Video

aktivitas pemicu kreativitas bisnis
freepik.com

Terkadang bagi sebagian besar orang membaca buku agak menjemukan. Untuk mengatasi hal itu, aktivitas pemicu kreativitas lain yang dapat dilakukan pelaku bisnis adalah menonton video. Sekarang ini, akses untuk menonton video sangatlah mudah, tidak ada alasan bagi seseorang untuk tidak dapat melakukannya.

Sama halnya dengan buku bacaan, ada banyak macam tontonan yang dapat memicu kreativias bisnis kamu. Kamu dapat menonton video motivasi, video tutorial, atau bahkan film sekalipun dapat membantumu meningkatkan kreativitas.

Baca juga: Mengolah Ide dan Peluang Usaha Kerajinan

Mendengarkan Podcast

aktivitas pemicu kreativitas bisnis
freepik.com

Aktivitas lain yang juga dapat menjadi pemicu munculnya kreativitas bisnis adalah mendengarkan podcast. Sebab pesatnya perkembangan teknologi di era sekarang, ada banyak media yang digunakan masyarakat untuk berbagi kisah. Podcast merupakan salah satunya.

Ada banyak siniar atau podcast yang berisikan wawancara bersama narasumber-narasumber kreatif dengan kisah inspiratif mereka. Mendengarkan cerita tersebut akan membantu meningkatkan kreativitas bisnismu.

Beristirahat

aktivitas pemicu kreativitas bisnis
freepik.com

Kelelahan dapat menjadi faktor utama macetnya kreativitasmu. Untuk itulah istirahat menjadi salah satu aktivias pemicu kreativitas bisnis yang dapat dan tentunya paling mudah untuk dilakukan. Bekerja keras agar bisnis berkembang memang harus dilakukan. Namun, ada kalanya kamu juga perlu beristirahat sejenak dari pekerjaan agar ide-ide kreatif tetap mengalir.

Kamu dapat beristirahat dari pekerjaan sembari memicu kreativias dengan menjalani hobi, berlibur, jalan-jalan, atau sekadar meditasi agar pikiran lebih tenang.

Jenak sebentar dari rutinitas harian dan melakukan aktivitas yang berbeda akan membawamu kepada hal baru, dan di sanalah kreativitas muncul.

Bercerita Ke Orang Lain

aktivitas pemicu kreativitas bisnis
freepik.com

Pemicu kreativitas tak melulu pikiran kita sendiri. Terkadang kita perlu melihat sudut pandang orang lain agar kita menemukan ide baru. Itulah sebabnya kita perlu bercerita ke orang lain.

Berbagi pendapat ke orang terdekat mengenai bisnis termasuk aktivitas pemicu kreativitas yang cukup manjur. Dengan sharing atau berbagi cerita, kamu akan mendengar pendapat dan perspektif mereka. Tak jarang kamu akan menemukan opini-opini baru yang berbeda 180 derajat dari pemikiranmu. Hal itu tentunya baik untuk kelanjutan bisnismu ke depannya.

Melakukan Improvisasi

Berani melakukan improvisasi adalah hal yang harus dilakukan pebisnis untuk memicu kreativitas. Hindarilah bersikap perfeksionis. Sebab, sikap perfeksionis akan membuatmu terlalu fokus membenarkan detail-detail kecil sehingga memakan waktu untuk mengembangkan kreativitas.

Tidak jarang seorang pebisnis memang perlu bersikap nekat dan berani mengambil risiko untuk berimprovisasi. Kamu tak harus menunggu ide kreativitas muncul dengan sempurna sebelum mengeksekusinya. Pertimbangkan ide yang muncul, kerjakan, dan lakukan improvisasi. Dengan begitu kamu tidak akan mengalami yang namanya kehabisan kreativitas.

Itulah beberapa aktivitas pemicu kreativitas bagi pelaku bisnis. Meskipun tidak semua aktivitas di atas akan memberikan efek yang sama bagi setiap orang, tapi perlu digarisbawahi bahwa untuk memicu kreativitas bisnis kamu harus menemukan kegiatan yang dapat membantu menjernihkan pikiran.

Sebagai seorang pebisnis, artunya kamu harus menemukan ide baru, inspirasi baru, serta gambaran-gambaran baru untuk meningkatkan performa bisnismu, dan beberapa aktivitas pemicu kreativitas di atas dapat membantumu. Gunakan juga aplikasi untuk menunjang efisiensi bisnismu dengan aplikasi Krealogi dari DuAnyam!

Baca juga:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 24 February 2022

Tips Mengelola Waktu Bagi Pebisnis: Coba 5 Cara Ini!

5 Tips Ampuh Mengelola Waktu Bagi Pebisnis − Sebagai seorang pebisnis, sudah rahasia umum jika kamu akan memiliki jadwal yang super padat. Kesibukan harian seperti itu bukan tidak mungkin akan membuatmu kewalahan mengatur ini dan itu. Alhasil, semua kegiatan malah keteteran.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, yang perlu kamu lakukan adalah kemampuan mengelola wkatu yang baik. Dalam artikel ini, kami akan membahas tips-tips ampuh mengenai pengelolaan waktu bagi pebisnis.

Table Of Contents:

Manfaat Mengelola Waktu Bagi Pebisnis

Tips Mengelola Waktu Bagi Pebisnis

  1. Rencanakan Jadwal
  1. Tentukan Skala Prioritas
  1. Jangan Menunda 
  1. Work-Life Balance
  1. Istirahat

Manfaat Mengelola Waktu Bagi Pebisnis 

Seperti yang sudah disinggung bahwa kemampuan mengelola waktu dengan baik adalah skill yang harus dimiliki seorang pebisnis. Hal tersebut tentu memiliki manfaat baik untuk dirimu sendiri, maupun perkembangan bisnismu.

Beberapa manfaat yang akan kamu peroleh dengan pengelolaan waktu yang baik di antaranya adalah:

  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan fokus
  • Meningkatkan produktivitas
  • Target dapat dicapai tepat pada waktunya
  • Menjadi lebih disiplin

Tips Mengelola Waktu Bagi Pebisnis 

1. Rencanakan Jadwal

tips mengelola waktu bagi pebisnis
freepik.com

Tips pertama untuk mengelola waktu bagi seorang pebisnis adalah dengan membuat rencana jadwal. Menyusun jadwal akan membantu memberimu gambaran yang jelas terkait hal-hal apa yang harus kamu lakukan selama periode waktu tertentu.

Selalu rencanakan apa yang harus kamu lakukan, hal ini akan membantumu untuk mengelola waktu dengan baik. Jadwal sederhana yang dapat kamu rencanakan misalnya, buatlah rencana kapan harus mengirimkan produk ketika mendapat order, atau pada pukul berapa tokomu akan aktif membalas pesan.

Akan tetapi, ingatlah bahwa rencana tak selalu berjalan mulus. Jadi, siapkan juga rencana jadwal cadangan apabila rencana awalmu tidak berjalan sesuai yang kamu harapkan. Manfaatkan fitur dari aplikasi Krealogi untuk menyusun penjadwalan kegiatan usahamu.

2. Tentukan Skala Prioritas

tips mengelola waktu bagi pebisnis
freepik.com

Melengkapi tips sebelumnya, untuk mengelola waktu dengan baik, bagi seorang pebisnis hal yang harus dilakukan adalah menentukan skala prioritas. Ketika kamu sudah menyusun rencana jadwal, maka kamu harus menentukan juga skala prioritas dari rencanamu tersebut.

Kamu mungkin perlu membuat list hal-hal yang harus kamu prioritaskan, bahkan membuat catatan atau menandai kalender. Meski tampaknya agak merepotkan karena harus menyusun jadwal dan skala prioritas, percayalah hal ini akan membantumu membuat aktivitasmu lebih terpusat dan efisien. 

3. Jangan Menunda

Garis bawahi poin ke tiga dalam tips mengelola waktu. Sebab bagi seorang pebisnis, kamu dilarang keras untuk menunda pekerjaan. 

Sekali kamu menunda sebuah pekerjaan, maka seluruh rencana jadwalmu akan berantakan. Semakin sering kamu menunda pekerjaan, semakin banyak pekerjaan lain yang tidak dapat diselesaikan. Alhasil, segalanya akan kacau dan bisnismu tidak akan lancar. 

4. Work-Life Balance

Apakah kamu cukup familiar dengan istilah Work-Life Balance? Rencana jadwal dan daftar skala prioritas memang merupakan poin penting dalam tips mengelola waktu bagi pebisnis. Akan tetapi, perhatikan juga apakah rencana jadwalmu sudah seimbang atau belum. 

Keseimbangan yang dimaksud adalah antara pekerjaan dan kehidupan pribadimu. Kamu boleh-boleh saja bekerja keras demi menjadi pebisnis ulung. Namun, perhatikan juga kehidupan pribadimu. Kamu juga perlu bersosialisasi dengan sesama atau berkumpul dengan keluarga. 

Jadi, buatlah rencana jadwal yang seimbang. 

5. Istirahat

tips mengelola waktu bagi pebisnis
freepik.com

Tips mengelola waktu yang baik bagi seorang pebisnis tak melulu soal pekerjaan. Seorang pebisnis juga harus memperhatikan dirinya sendiri. 

Ketika bekerja jangan terlalu larut hingga mengurangi waktu istirahat. Kamu harus memiliki pola hidup sehat, termasuk di dalamnya cukup beristirahat. Beristirahat bagi seorang pebisnis merupakan hal yang perlu dilakukan karena jika kamu terus-terusan bekerja tanpa mengambil jeda, bisa jadi kamu malah burn-out dan hasil pekerjaanmu tidak maksimal. Akibatnya, bisnis pun tidak berjalan lancar.

Bentuk istirahat dari pekerjaan yang dapat kamu lakukan di antaranya adalah me time, berlibur, olahraga, jalan-jalan, dan tidur yang cukup dan berkualitas. Dengan beristirahat baik fisik maupun pikiranmu akan lebih relaks dan energi jadi terisi kembali. Sehingga, kamu lebih bisa fokus bekerja ke depannya atau bahkan menemukan ide-ide baru demi kebaikan bisnismu.

Itulah beberapa tips ampuh pengelolaan waktu bagi seorang pebisnis. Kamu depat menerapkan tips-tips tersebut agar usahamu lebih lancar dengan pengelolaan waktu yang baik. Selain itu, kamu bisa juga menggunakan perencanaan dan penjadwalan untuk usahamu dengan memanfaatkan Aplikasi Krealogi dari DuAnyam!

Baca juga:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 24 February 2022

Viral di Media Sosial, Begini Contoh Penerapan Strategi Pemasaran 4P BitterSweet by Najla 

Viral Di Media Sosial, Begini Contoh Penerapan Strategi Pemasaran 4P BitterSweet By Najla− Sebagian besar dari pengguna media sosial tentu pernah mendengar Bittersweet By Najla; sebuah merek dagang dessert box yang namanya sempat santer dibicarakan.

Kepopuleran Bittersweet By Najla tentu tak lepas dari strategi pemasaran yang diterapkan. Sebagai contoh bisnis dengan penerapan strategi pemasaran 4P, Bittersweet By Najla yang mulanya hanya bisnis kue rumahan kemudian mampu bersaing di pasar, hingga digadang menjadi pelopor viralnya dessert box di Indonesia. 

Bagi kamu yang tengah merintis usaha terutama di bidang makanan seperti dessert box Bittersweet By Najla, meledaknya merek dagang ini di media sosial barangkali dapat kamu jadikan contoh untuk menjalankan bisnismu. Lantas, bagaimanakah penerapan strategi pemasaran 4P Bittersweet By Najla? Berikut penjelasannya! 

Table of Contents: 

  1. Product (produk)
  1. Price (harga)
  1. Place (tempat)
  1. Promotion (promosi) 

1. Product (produk)

Dalam artikel sebelumnya Strategi Pemasaran 4P Untuk UMKM, telah dibahas bahwa strategi yang pertama adalam produk. Sebagaimana namanya usaha dessert box, produk utama yang dipasarkan adalah dessert atau makanan penutup yang umumnya manis seperti kue.

Tak serta merta sebuah kue membuat nama Bittersweet By Najla naik daun, akan tetapi ada keunikan yang dihadirkan oleh merk dagang ini sehingga mudah dikenal dan menarik perhatian masyarakat.

Selain dari kualitas rasa produknya, Bittersweet By Najla juga menyajikan banyak varian dessert. Mulai dari Dessert Box, Cinnamons Rolls, Cheese Cake, Monogram Cake, dan banyak kue lainnya.

Tak hanya sampai di situ, setiap kategori kue yang Bittersweet By Najla pasarkan memiliki banyak pilihan rasa yang mampu memenuhi ekspetasi lidah customer mereka.

Bahkan setelah berhasil meraih kepopuleran dan membuka banyak cabang café, Bittersweet By Najla juga menghadirkan menu makanan baru mulai dari kopi, pasta, hingga olahan ayam.

Keunikan paling mencolok yang dapat membuat Bittersweet By Najla dikenal adalah inovasi wadahnya. Perintis usaha ini cukup kreatif dengan idenya mengemas kue ke dalam wadah transparan yang memudahkan pelanggan untuk menutupnya kembali jika ingin disimpan. Selain itu dekorasi cantik kue juga dapat terlihat dan memikat.

Baca juga: Strategi Pemasaran 4P untuk UMKM

2. Price (harga)

contoh penerapan strategi pemasaran 4p
freepik.com

P selanjutnya dalam contoh penerapan strategi pemasaran 4P Bittersweet By Najla adalah Price (harga). Dalam strategi pemasaran produk, mennetukan harga termasuk aspek yang harus diperhatikan. 

Di Bittersweet By Najla sendiri, produk-produk yang mereka sajikan masih tergolong bersahabat. Satu box dessert dari merek dagang ini dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp50.000,00 hingga Rp75.000,00. Melihat dari kualitas produknya, satu box kue dengan harga tersebut sudahlah tepat sebab pelanggan tak perlu merogoh kocek dalam-dalam dan dapat menyantap kue dengan porsi cukup besar dan rasa yang nikmat. 

3. Place (tempat) 

Aspek tempat dalam contoh penerapan strategi pemasaran 4P Bittersweet By Najla dapat dibilang cukup unik. Pasalnya, tempat dalam strategi marketing ini merujuk ke mana pembeli dapat menjangkau produk yang dipasarkan. 

Dari cerita yang dilansir di laman web Bittersweet By Najla, usaha ini awalnya hanya merupakan usaha rumahan biasa yang hanya ditawarkan ke tetangga dan kerabat. Kemudian, usaha ini mulai berkembang dan dipasarkan lebih luas. Akan tetapi, produk hanya dapat dipesan secara online melalui media sosial dan marketplace

Kini, setelah meroketnya nama Bittersweet By Najla, merek dagang ini sudah membuka cabang café di berbagai tempat. Di antaranya: 

  • Bittersweet By Najla Kalibata,
  • Depok,
  • Bali, dan
  • Rawamangun. 

Sementara toko online-nya bahkan dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat dari penjuru negeri bahkan mancanegara. 

4. Promotion (promosi) 

Dalam contoh penerapan strategi pemasaran 4P Bittersweet By Najla, promosi merupakan aspek terkuat akan tenarnya usaha dessert box ini. Bentuk pemasaran yang dilakukan BitterSweet By Najla antara lain melalui: 

Media Sosial

Media sosial lagi-lagi memegang peranan besar. Memaksimalkan promosi melalui internet, media sosial Bittersweet By Najla kerap menyuguhkan konten-konten menarik setiap harinya. Mereka kerap berinteraksi dengan pengikut di media sosial, bahkan membagikan momen di balik layar para karyawan ketika dessert box diproduksi sehingga menciptakan kedekatan dengan customer. 

Bantuan Influencer

Mereka juga menggunakan jasa influencer seperti artis atau selebgram ternama untuk mempromosikan produk mereka.

Baca juga: Pemasaran Digital dengan Bantuan Influencer

Itu dia contoh penerapan strategi pemasaran 4P yang dilakukan Bittersweet By Najla. Setelah menyimak penjelasan di atas, kini kamu dapat mulai memodifikasi dan mengaplikasikan strategi pemasaran tersebut ke bisnismu.

Klik di sini untuk dapatkan aplikasi Krealogi yang akan membantumu dalam pengelolaan bisnis!

Baca juga:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 23 February 2022

Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Bagi UMKM

Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Bagi UMKM – Jumlah dan eksistensi bisnis UMKM saat ini semakin berkembang. Dengan jumlahnya yang sangat banyak di seluruh penjuru negeri, UMKM menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia yang memiliki kontribusi yang luar biasa.

Seiring dengan perkembangan tersebut, persaingan bisnis UMKM tentunya juga akan semakin ketat. Diperlukan pengetahuan, inovasi, dan praktek-praktek khusus yang dapat membantu sebuah bisnis untuk dapat unggul dalam sebuah persaingan. Apa saja yang bisa dilakukan?

Krealogi telah merangkum beberapa tips menghadapi persaingan bisnis bagi UMKM. Simak informasi berikut sampai selesai, ya!

Table of Content: 

  1. Tingkatkan Kualitas Produk atau Layanan
  1. Memperkuat Identitas Merek 
  1. Pahami Target Pasar 
  1. Harga Produk Bersaing 
  1. Manfaatkan Platform Online 

Tips Menghadapi Persaingan Bisnis UMKM

 

1. Tingkatkan Kualitas Produk atau Layanan

Persaingan identik dengan hubungan dengan bisnis lain yang memiliki jenis atau kategori produk yang hampir sama. Produknya sering kita sebut sebagai produk kompetitor. Untuk memenangkan persaingan, maka kamu harus bisa menciptakan produk dengan mutu yang lebih baik.

Kualitas produk barang maupun jasa menjadi salah satu faktor penting yang dinilai oleh konsumen sebelum melakukan pembelian atau pembelian ulang. Apalagi, di era internet ini ulasan orang lain mengenai kualitas produkmu sangat diperhatikan oleh calon pembeli lainnya.

Terlepas dari skala usahanya, produk yang berkualitas adalah hal yang harus diupayakan oleh sebuah bisnis. Hal ini dilakukan untuk pemuasan kebutuhan konsumen dan juga agar memiliki nilai unggul dibandingkan produk serupa.

Baca juga: Strategi Meluncurkan Produk Baru 

2. Memperkuat Identitas Merek

Upaya selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperkuat identitas merekmu. Identitas merek terdiri dari nama, logo usaha, kemasan, dan hal-hal lain yang dapat ditangkap oleh penglihatan konsumen.

Jadi, identitas merek memiliki tujuan agar produkmu semakin mudah dikenali dan dibedakan oleh konsumen dibanding produk dari merek lainnya. Identitas merek juga dapat menjadi penentu kredibilitas dan membentuk persepsi konsumen.

Persepsi yang baik dari konsumen terhadap merek dapat diasosiasikan dengan persepsinya terhadap kualitas produk. Semakin baik identitas yang dimiliki, semakin banyak orang yang berpotensi mengenal dan melakukan pembelian produk dari merekmu.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Kemasan Produk

3. Pahami Target Pasar

Selain berfokus pada produk, tidak kalah pentingnya kamu harus fokus kepada target pasar atau calon konsumen. Kamu harus mampu melihat seperti apa target pasar atau konsumen yang sekiranya akan membeli produkmu.Dengan demikian, upaya promosi dan juga perkembangan produk dapat lebih terarah dan efektif.

Memahami target pasar artinya kamu mampu melihat kebutuhan mereka, dan mampu membawa solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Inovasi dan pemecahan masalah yang kamu lakukan juga akan lebih terfokus dan efektif. 

4. Harga Produk Bersaing

Harga menjadi aspek yang cukup penting bagi calon konsumen dalam menentukan keputusan pembelian. Tentukan harga yang sesuai dengan target pasar yang sudah kamu ketahui sebelumnya. Tidak lupa, usahakan harga tersebut juga bersaing dengan harga produk sejenis yang ada di pasaran. 

Harga bersaing bukan berarti harus lebih murah, atau bahkan paling murah. Jika kamu memasang harga yang lebih tinggi pun, pastikan kualitas produkmu memang lebih baik dari kompetitor. Bukan hanya produk, namun pengalaman dan pelayanan juga akan dilihat oleh calon konsumen produkmu. 

5. Terapkan Strategi Pemasaran Online

Kemajuan internet dan perubahan perilaku berbelanja masyarakat sudah dirasakan secara nyata sekarang. Masyarakat Indonesia menikmati kemudahan yang ditawarkan oleh platform jual-beli barang yang dapat dilakukan secara online. 

Selain mudah dan cepat bagi pembeli, kegiatan jual-beli online juga memiliki beberapa keuntungan bagi penjual. Jika berjualan dulu tidak dapat menjangkau pasar yang terlalu luas, dengan internet, kamu bisa dengan mudah memasarkan produk secara lebih luas.

Maka, kamu harus bisa memanfaatkan teknologi untuk dapat menerapkan strategi pemasaran online. Kemampuan untuk memanfaatkan hal ini akan memberikan keunggulan bagimu dibanding pelaku usaha lain yang belum dapat melakukannya. 

Baca juga: Strategi Pemasaran Online bagi UMKM 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk meningkatkan posisimu bisnismu dalam persaingan. Kuasai persaingan dengan pengelolaan bisnis yang lebih baik bersama aplikasi Krealogi dari DuAnyam! Baca juga Bagaimana Krealogi Membantu UMKM

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 23 February 2022

Bagaimana Cara Memisahkan Keuangan Pribadi dan Usaha?

Bagaimana Cara Memisahkan Keuangan Pribadi dan Usaha − Simak pembahasan perencanaan keuangan berikut, agar kamu dapat memantau kinerja bisnismu dengan lebih baik.

Table Of Contents 

Mengapa Perlu Memisahkan Keuangan Pribadi dan Usaha? 

Manfaat Memisahkan Keuangan Pribadi dan Usaha

Cara Memilah Antara Keuangan Pribadi dan Usaha 

  1. Gunakan Rekening Berbeda
  1. Disiplin terhadap diri sendiri 
  1. Catat Pendapatan dan pengeluaran 
  1. Lakukan Evaluasi 

Mengapa Perlu Dipisah?

memisahkan keuangan pribadi dan usaha
freepik.com

Menjadi pengusaha pemula dapat dibilang gampang-gampang susah. Meski tekadmu cukup kuat, dalam kenyataannya ketika memulai usaha kamu akan dihadapkan dengan beberapa masalah. Salah satunya, terkait keuangan. 

Seringkali pelaku usaha kecil dan menengah memulai usahanya dengan modal pribadi. Yang menjadi masalah adalah banyak pelaku usaha pemula ketika menjalankan bisnisnya merasa bahwa untuk memisahkan uang pribadi dan usaha adalah perkara yang cukup rumit. 

Padahal, tanpa perencanaan dan pemisahan keuangan maka risiko keuangan akan mengancam usahamu. Jika kamu tidak mampu memisahkannya, kamu tidak akan melihat seberapa profitable (menguntungkan) usahamu. Kamu juga berkemungkinan menggunakan dana usaha untuk kebutuhan pribadi sehingga usahamu tidak akan berkembang. 

Dengan memisahkan antara keuangan pribadi dan usaha, laporan keuangan akan jauh lebih rapi. Hal itu berdampak baik untuk menjaga kestabilan ekonomi, memantau keuangan usaha, dan menghindari resiko terpakainya uang usaha untuk keperluan pribadi atau sebaliknya. 

Manfaat Memisahkan Keuangan Pribadi dan Usaha 

Setelah mengetahui pentingnya, berikut adalah bebarapa manfaat dari pemisahan keuangan. 

  1. Meningkatkan profesionalitas sebagai pelaku usaha 
  1. Laporan keuangan lebih tertata 
  1. Menghindari resiko keuangan yang rancu dan berantakan 
  1. Mengantisipasi kebangkrutan 

Cara Memisahkan Keuangan Pribadi dan Usaha 

1. Gunakan Rekening Berbeda 

Entah dalam skala bisnis besar maupun kecil, jangan pernah mencampur keuangan pribadi dan usaha ke dalam satu rekening. Kamu harus memiliki rekening tersendiri untuk keuangan pribadi dan rekening untuk dana usaha. 

Kamu dapat membuka rekening khusus untuk usaha yang akan kamu gunakan untuk keperluan keuangan bisnis. Dengan rekening khusus usaha kamu dapat memantau arus keuangan usahamu. 

Kamu dapat menaksir keuntungan atau kerugian yang kamu peroleh, dan mengetahui dengan pasti apakah kondisi keuangan usahamu baik-baik saja atau tidak. 

2. Disiplin Terhadap Diri Sendiri 

Kendati sudah memilah keuangan dengan menggunakan rekening yang berbeda, kamu juga harus disiplin terhadap diri sendiri. Tidak dapat dielak bahwa menggunakan uang modal usaha untuk keperluan pribadi sangat menggiurkan. 

Akan tetapi, kamu harus paham bahwa melakukan hal tersebut akan mengakibatkan kesusahan bagi dirimu sendiri dan usahamu di kemudian hari. 

Uang usaha seharusnya dipakai untuk perputaran bisnis. Jika kamu memakainya untuk keperluan pribadi dan tidak dapat mengembalikannya, perkembangan usaha akan terhambat dan berujung pada kebangkrutan.

Baca juga: 5 Kemampuan Interpersonal bagi Pengusaha

3. Catat Pendapatan dan Pengeluaran

memisahkan keuangan pribadi dan usaha
freepik.com

Untuk bisamemisahkan antara uang pribadi dan usaha, kamu harus rutin mencatat pendapatan dan pengeluaran. Buatlah laporan usaha yang meliput arus keuangan dan transaksi dengan detail hari dan tanggal. 

Jangan lupa untuk mencantumkan bukti setiap transaksi pada laporan keuangmu. Baik itu transaksi kecil hingga transaksi besar, seperti pembayaran gaji karyawan, pembayaran pajak, uang sewa, dan lain sebagainya harus disertai dengan bukti. 

Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan hitung yang mungkin akan terjadi. 

Dengan catatan pendapatan dan pengeluaran, kamu akan mampu mengontrol segala pembiayaan demi menjaga kestabilan ekonomi usaha dan pribadi. 

4. Lakukan Evaluasi

Langkah terakhir yang akan membantu keberhasilan dalam memisahkan keuangan adalah dengan melakukan evaluasi. Evaluasi keuangan dapat dilakukan minimal setiap minggu, bulan, atau bahkan tahunan. 

Dalam evaluasi tersebut, tinjaulah kembali segala kegiatan yang sudah terjadi dalam kurun waktu tertentu. Apakah kegiatan tersebut membantu meningkatkan produksi usaha? Lalu apakah sudah mencapai target? Apakah omset usahamu naik, atau malah turun karenanya? 

Selain memantau arus keuangan, evaluasi juga akan membantumu menemukan solusi terkait apa langkah selanjutnya yang harus kamu ambil. 

Untuk menjadi pengusaha yang sukses, kamu harus bijak dalam mengelola keuangan. Memisahkan keuangan pribadi dan usaha adalah salah satu cara agar bisnis berjalan lancar tanpa kendala terkait dana. 

Maka penting bagi setiap pelaku usaha untuk melakukan pemisahan uang usaha dan pribadi. Dengan fitur Laporan Usaha dan Catat Transaksi di Krealogi, keuangan usahamu akan lebih terpantau sehingga kamu tak perlu risau untuk memisahkan keuangan pribadi dan keuangan usaha. Dapatkan aplikasi Krealogi dengan klik di sini!

Baca juga

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 21 February 2022

Tips Memasarkan Produk Di Marketplace Online

Tips Memasarkan Produk Di Marketplace Online − Shopee, Tokopedia, dan Blibli.com merupakan beberapa contoh marketplace online yang namanya tak asing lagi di telinga. Dirancang dan dikembangkan guna membantu para pelaku bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas, marketplace online menjadi media pemasaran yang praktis dan efektif. 

Saat ini, masyarakat lebih menyukai hal-hal praktis seperti konsep marketplace di mana berbelanja dapat dilakukan kapan saja di mana saja hanya dengan bermodalkan ponsel pintar dan jaringan internet. Sebagai pelaku usaha, hal ini tak dapat kamu hindari. Kemudahan transaksi jual beli yang ditawarkan adalah peluang bagimu untuk memasarkan produk bisnis di marketplace online

Lantas, bagaimanakah cara memasarkan sekaligus menjual produk di marketplace online? Simak penjelasan berikut! 

Table Of Contents: 

  1. Kenali Setiap Marketplace 
  1. Buat Toko Di Banyak Marketplace 
  1. Update Informasi Produk 
  1. Berikan Pelayanan Terbaik 
  1. Lakukan Promosi 

1. Kenali Setiap Marketplace

tips memasarkan produk di marketplace
freepik.com

Hal pertama yang harus dilakukan ketika hendak memasarkan produk di marketplace online adalah berkenalan dengan marketplace itu sendiri. Seperti kata pepatah, “Tak kenal maka tak sayang” berkenalan dengan marketplace adalah persoalan penting. 

Ada begitu banyak macam marketplace di Indonesia. Masing-masing marketplace online memiliki algoritma dan karakteristik yang berbeda. Tugasmu adalah mencari tahu dan memahami setiap fitur, ketetapan dan kebijakan dari setiap marketplace

Kamu dapat menentukan mana yang paling sesuai untuk memasarkan produkmu setelah mengetahui seluk-beluk marketplace online. Dan ketika kamu sudah mulai berjualan nanti, kamu tidak akan kesulitan saat menghadapi masalah. 

2. Buat Toko Di Banyak Marketplace

tips memasarkan produk di marketplace
freepik.com

Untuk menjaring lebih banyak konsumen, tak cukup bagimu hanya bergantung pada satu toko saja di sebuah marketplace online. Hal ini dikarenakan customer pun memiliki kriterianya sendiri ketika memilih marketplace online untuk berbelanja. 

Jika bergantung pada satu toko di sebuah marketplace memberimu keuntungan 10 persen. Maka, memasarkan produk melalui setiap toko di banyak marketplace online akan memberimu keuntungan berkali lipat.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Modal Minimal, Keuntungan Maksimal!

3. Update Informasi Produk

Tak hanya perlu memilih marketplace yang aman dan terpercaya, memasarkan produk melalui marketplace online juga dipengaruhi bagaimana caramu menampilkan produk jualan. Jangan sampai kamu membuat banyak toko di marketplace, tapi informasi tentang produk jualanmu tidak pernah di-update

Berikan deskripsi tentang produk yang kamu jual di marketplace. Jika perlu tambahkan gambar atau video untuk menarik perhatian konsumen. Terus update juga informasi terkait kategori produk dan jumlah stok produk. 

Selain itu, testimoni dari pembeli juga merupakan hal yang penting, dengan testimoni kepercayaan customer terhadap toko online-mu akan meningkat. 

4. Berikan Pelayanan Terbaik

tips memasarkan produk di marketplace
freepik.com

Jika ingin memasarkan produk di marketplace online, jadilah pemilik toko yang profesional. Pelayanan yang kamu berikan kepada customer akan mempengaruhi kredibilitas tokomu di marketplace online

Aturlah waktu buka toko, agar kamu dapat terus memantau dan menjawab setiap pesan yang masuk. Sehingga pembeli tidak menunggu terlalu lama karena ‘slow respon’. Kamu juga harus menjawab setiap pertanyaan customer dengan ramah, jangan sampai tokomu di marketplace online mendapat penilaian buruk karena tanggapanmu yang tidak baik atas pertanyaan pelanggan. 

Pelayanan baik lain yang dapat kamu lakukan selanjutnya adalah dengan menjadwalkan pengiriman barang tepat waktu, mengemas barang dengan baik, dan memberikan apresiasi kecil kepada customer seperti kartu ucapan terima kasih, dan lain sebagainya. Tenang, aplikasi Krealogi akan hadir dengan fitur Catat Pesanan yang akan membantumu mengelola pesanan dari pelanggan. 

5. Lakukan Promosi 

Untuk meningkatkan penjualan, kamu tidak hanya sekadar memilih dan mengunggah produk di marketplace online. Kamu juga harus melakukan yang namanya promosi. 

Ada banyak promosi yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan toko di marketplace online. Misalnya dengan memberikan penawaran harga menarik, promosi potongan harga atau diskon, hingga memberi hadiah kecil untuk setiap pembelian. 

Selain itu, promosi lain yang harus dilakukan adalah dengan mengenalkan tokomu di marketplace online kepada lebih banyak orang. Kamu dapat membagikannya melalui sosial media lain, menggunakan fitur ads atau iklan, dan bekerjasama dengan pihak ke tiga misalnya influencer, affiliate marketer, memakai jasa paid promote (promosi berbayar), dan lain-lain. 

Itu dia sederet tips memasarkan produk di marketplace online. Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut kamu dapat memasarkan dan meningkatkan penjualan produk di marketplace online. Dapatkan aplikasi dari Krealogi di sini!

Baca juga:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 19 February 2022

5 Ide Bisnis Modal Minimal Keuntungan Maksimal 

5 Ide Bisnis Modal Minimal Keuntungan Maksimal – Ingin memulai bisnis, tapi terhalang modal? Berikut 5 ide bisnis dengan modal minimal dan keuntungan maksimal yang patut kamu coba. 

Table of Content: 

  1. Affiliate Marketer 
  1. Jasa Titip
  1. Influencer 
  1. Bisnis Thriftshop 
  1. Kerajinan Tangan 

Tak dapat dimungkiri memang, modal yang besar masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang. Meski sudah memiliki jiwa wirausahawan, alasan nomor satu seseorang tidak dapat memulai bisnis adalah tidak memiliki modal. 

Namun, kamu tidak perlu risau. Sebab di artikel ini kami akan membahas 5 ide bisnis dengan modal minimal. 

1. Affiliate Marketer

5 ide bisnis modal minimal
freepik.com

Pernah dengar istilah Affiliate Marketer

Di era serba online seperti sekarang, memulai bisnis sebagai affiliate marketer adalah pilihan terbaik. Kamu tidak memerlukan modal usaha atau keterampilan spesifik untuk menjalankannya. 

Selain itu, kamu juga bisa memulai bisnis sebagai affiliate marketer dari rumah. Kelebihan lainnya adalah, pekerjaan ini bisa mendatangkan penghasilan dan cukup mudah untuk dilakukan. 

Konsep pekerjaan ini tidak begitu rumit. Affiliate Marketing adalah sistem bisnis online dengan membayar jasa sesorang ketika produk atau jasa perusahaan berhasil dijualkan. 

Secara sederhana, affiliate marketing hampir mirip dengan reseller atau dropshipper di mana kita mempromosikan barang dan/atau jasa pihak ke tiga. 

Bedanya, jika menjadi reseller/dropshipper kita bebas menentukan sendiri harga jual produk. Sedangkan sebagai Affiliate Marketer, harga jual produk harus sesuai ketetapan perusahaan dan komisi didapat dari kesepakatan sekian persen dari transaksi yang terjadi. 

Baik affiliate marketer  amaupun reseller/dropshipper adalah bisnis yang menguntungkan. Karena dapat kamu lakukan dari rumah atau di mana saja, tidak terikat waktu kerja, dengan modal minimal, bahkan tanpa modal, dan tidak perlu membuat produk sendiri. 

Kendati demikian, kamu akan tetap mendapatkan penghasilan.

Baca juga: Mengolah Ide dan Peluang Usaha Kerajinan

2. Jasa Titip

5 ide bisnis modal minimal
freepik.com

Membuka usaha jasa titip atau jastip juga cukup digemari belakangan ini. Jastip menjadi salah satu bisnis yang berpeluang menghsailkan keuntungan besar dengan modal minimal. 

Konsep usaha jasa titip biasanya dilakukan ketika kamu bepergian, dan menawarkan jasa penitipan untuk membeli barang tertentu dengan upah yang telah disepakati. 

Tidak diperlukan modal yang tinggi untuk jenis usaha ini. Sebab kamu hanya perlu mempromosikan kemudian membelikan barang-barang melalui media sosial, dan mendapatkan bayaran untuk hal tersebut. 

Produk-produk yang biasanya banyak dibeli melalui jasa titip antara lain makanan, aksesoris, kerajinan, dan lain sebagainya. 

3. Influencer

5 ide bisnis modal minimal
freepik.com

Kamu yang aktif bermedia sosial, memiliki banyak pengikut, sering berkomunikasi dengan followers, dan punya konten menarik, peluang suksesmu di depan mata. Terus meningkatnya tren penggunaan media sosial setiap harinya adalah kesempatan emas bagi bagi kamu untuk menjadi seorang influencer

Sebab, jasa influencer media sosial saat ini menjadi salah satu bisnis bermodal kecil yang paling menguntungkan. 

Para pelaku usaha, perusahaan-perusahaan besar, hingga brand ternama membutuhkan influencer untuk mempromosikan produk mereka. Dengan banyaknya jenis media sosial, jasa influencer semakin berkembang dan menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan. 

Kamu bisa memilih media sosial yang bisa dijadikan lahan bisnis online, pilih platform yang sedang populer untuk promosi konten-konten yang menarik perhatian, selanjutnya tawaran endorse dan sejenisnya akan mengalirkan uang kepadamu. 

Baca juga: Pemasaran dengan Bantuan Influencer

4. Bisnis Thriftshop

5 ide bisnis modal minimal
freepik.com

Bisnis thriftshop belakangan ini sedang menjadi tren. Usaha bermodal kecil ini banyak dilakukan berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari tokoh publik yang menjual kembali pakaian-pakaian bekas mereka, bahkan mahasiswa hingga pelajar banyak yang menjadikan bisnis ini usaha sampingan mereka. 

Pelaku usaha thrifting biasanya menjual barang-barang atau pakaian bekas layak guna dengan harga yang lebih rendah daripada harga baju baru. 

5. Kerajinan Tangan

5 ide bisnis modal minimal kerajinan
freepik.com

Jika kamu memiliki keterampilan dan kreativitas yang cukup tinggi, memulai bisnis di bidang kesenian dan kerajinan tangan dapat menjadi pilihan. Dengan modal minimal, kamu hanya perlu memanfaatkan keterampilan tanganmu untuk membuat kerajinan seperti tas, aksesoris, hiasan, atau apapun. Kemudian, mempromosikan hasil kerajinan tanganmu baik melalui media sosial, maupun marketplace

Itulah beberapa ide bisnis bermodal minimal untuk inspirasi usahamu. Dengan modal yang kecil kamu memerlukan catatan keuangan untuk memantu pemasukan dan pengeluaran secara akurat sehingga bisnis dapat berjalan lancar. Gunakan aplikasi Krealogi untuk membantu mengembangkan bisnisnmu! Mulai dari perencanaan, pencatatan pesanan dan transaksi, hingga laporan keuangan dalam satu aplikasi yang sama!

Baca juga:

« First ‹ Previous 1 2 3 4 5 8 Next › Last »
Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 21 February 2022

Tips Memasarkan Produk Di Marketplace Online

Tips Memasarkan Produk Di Marketplace Online − Shopee, Tokopedia, dan Blibli.com merupakan beberapa contoh marketplace online yang namanya tak asing lagi di telinga. Dirancang dan dikembangkan guna membantu para pelaku bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas, marketplace online menjadi media pemasaran yang praktis dan efektif. 

Saat ini, masyarakat lebih menyukai hal-hal praktis seperti konsep marketplace di mana berbelanja dapat dilakukan kapan saja di mana saja hanya dengan bermodalkan ponsel pintar dan jaringan internet. Sebagai pelaku usaha, hal ini tak dapat kamu hindari. Kemudahan transaksi jual beli yang ditawarkan adalah peluang bagimu untuk memasarkan produk bisnis di marketplace online

Lantas, bagaimanakah cara memasarkan sekaligus menjual produk di marketplace online? Simak penjelasan berikut! 

Table Of Contents: 

  1. Kenali Setiap Marketplace 
  1. Buat Toko Di Banyak Marketplace 
  1. Update Informasi Produk 
  1. Berikan Pelayanan Terbaik 
  1. Lakukan Promosi 

1. Kenali Setiap Marketplace

tips memasarkan produk di marketplace
freepik.com

Hal pertama yang harus dilakukan ketika hendak memasarkan produk di marketplace online adalah berkenalan dengan marketplace itu sendiri. Seperti kata pepatah, “Tak kenal maka tak sayang” berkenalan dengan marketplace adalah persoalan penting. 

Ada begitu banyak macam marketplace di Indonesia. Masing-masing marketplace online memiliki algoritma dan karakteristik yang berbeda. Tugasmu adalah mencari tahu dan memahami setiap fitur, ketetapan dan kebijakan dari setiap marketplace

Kamu dapat menentukan mana yang paling sesuai untuk memasarkan produkmu setelah mengetahui seluk-beluk marketplace online. Dan ketika kamu sudah mulai berjualan nanti, kamu tidak akan kesulitan saat menghadapi masalah. 

2. Buat Toko Di Banyak Marketplace

tips memasarkan produk di marketplace
freepik.com

Untuk menjaring lebih banyak konsumen, tak cukup bagimu hanya bergantung pada satu toko saja di sebuah marketplace online. Hal ini dikarenakan customer pun memiliki kriterianya sendiri ketika memilih marketplace online untuk berbelanja. 

Jika bergantung pada satu toko di sebuah marketplace memberimu keuntungan 10 persen. Maka, memasarkan produk melalui setiap toko di banyak marketplace online akan memberimu keuntungan berkali lipat.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Modal Minimal, Keuntungan Maksimal!

3. Update Informasi Produk

Tak hanya perlu memilih marketplace yang aman dan terpercaya, memasarkan produk melalui marketplace online juga dipengaruhi bagaimana caramu menampilkan produk jualan. Jangan sampai kamu membuat banyak toko di marketplace, tapi informasi tentang produk jualanmu tidak pernah di-update

Berikan deskripsi tentang produk yang kamu jual di marketplace. Jika perlu tambahkan gambar atau video untuk menarik perhatian konsumen. Terus update juga informasi terkait kategori produk dan jumlah stok produk. 

Selain itu, testimoni dari pembeli juga merupakan hal yang penting, dengan testimoni kepercayaan customer terhadap toko online-mu akan meningkat. 

4. Berikan Pelayanan Terbaik

tips memasarkan produk di marketplace
freepik.com

Jika ingin memasarkan produk di marketplace online, jadilah pemilik toko yang profesional. Pelayanan yang kamu berikan kepada customer akan mempengaruhi kredibilitas tokomu di marketplace online

Aturlah waktu buka toko, agar kamu dapat terus memantau dan menjawab setiap pesan yang masuk. Sehingga pembeli tidak menunggu terlalu lama karena ‘slow respon’. Kamu juga harus menjawab setiap pertanyaan customer dengan ramah, jangan sampai tokomu di marketplace online mendapat penilaian buruk karena tanggapanmu yang tidak baik atas pertanyaan pelanggan. 

Pelayanan baik lain yang dapat kamu lakukan selanjutnya adalah dengan menjadwalkan pengiriman barang tepat waktu, mengemas barang dengan baik, dan memberikan apresiasi kecil kepada customer seperti kartu ucapan terima kasih, dan lain sebagainya. Tenang, aplikasi Krealogi akan hadir dengan fitur Catat Pesanan yang akan membantumu mengelola pesanan dari pelanggan. 

5. Lakukan Promosi 

Untuk meningkatkan penjualan, kamu tidak hanya sekadar memilih dan mengunggah produk di marketplace online. Kamu juga harus melakukan yang namanya promosi. 

Ada banyak promosi yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan toko di marketplace online. Misalnya dengan memberikan penawaran harga menarik, promosi potongan harga atau diskon, hingga memberi hadiah kecil untuk setiap pembelian. 

Selain itu, promosi lain yang harus dilakukan adalah dengan mengenalkan tokomu di marketplace online kepada lebih banyak orang. Kamu dapat membagikannya melalui sosial media lain, menggunakan fitur ads atau iklan, dan bekerjasama dengan pihak ke tiga misalnya influencer, affiliate marketer, memakai jasa paid promote (promosi berbayar), dan lain-lain. 

Itu dia sederet tips memasarkan produk di marketplace online. Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut kamu dapat memasarkan dan meningkatkan penjualan produk di marketplace online. Dapatkan aplikasi dari Krealogi di sini!

Baca juga:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 19 February 2022

5 Ide Bisnis Modal Minimal Keuntungan Maksimal 

5 Ide Bisnis Modal Minimal Keuntungan Maksimal – Ingin memulai bisnis, tapi terhalang modal? Berikut 5 ide bisnis dengan modal minimal dan keuntungan maksimal yang patut kamu coba. 

Table of Content: 

  1. Affiliate Marketer 
  1. Jasa Titip
  1. Influencer 
  1. Bisnis Thriftshop 
  1. Kerajinan Tangan 

Tak dapat dimungkiri memang, modal yang besar masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang. Meski sudah memiliki jiwa wirausahawan, alasan nomor satu seseorang tidak dapat memulai bisnis adalah tidak memiliki modal. 

Namun, kamu tidak perlu risau. Sebab di artikel ini kami akan membahas 5 ide bisnis dengan modal minimal. 

1. Affiliate Marketer

5 ide bisnis modal minimal
freepik.com

Pernah dengar istilah Affiliate Marketer

Di era serba online seperti sekarang, memulai bisnis sebagai affiliate marketer adalah pilihan terbaik. Kamu tidak memerlukan modal usaha atau keterampilan spesifik untuk menjalankannya. 

Selain itu, kamu juga bisa memulai bisnis sebagai affiliate marketer dari rumah. Kelebihan lainnya adalah, pekerjaan ini bisa mendatangkan penghasilan dan cukup mudah untuk dilakukan. 

Konsep pekerjaan ini tidak begitu rumit. Affiliate Marketing adalah sistem bisnis online dengan membayar jasa sesorang ketika produk atau jasa perusahaan berhasil dijualkan. 

Secara sederhana, affiliate marketing hampir mirip dengan reseller atau dropshipper di mana kita mempromosikan barang dan/atau jasa pihak ke tiga. 

Bedanya, jika menjadi reseller/dropshipper kita bebas menentukan sendiri harga jual produk. Sedangkan sebagai Affiliate Marketer, harga jual produk harus sesuai ketetapan perusahaan dan komisi didapat dari kesepakatan sekian persen dari transaksi yang terjadi. 

Baik affiliate marketer  amaupun reseller/dropshipper adalah bisnis yang menguntungkan. Karena dapat kamu lakukan dari rumah atau di mana saja, tidak terikat waktu kerja, dengan modal minimal, bahkan tanpa modal, dan tidak perlu membuat produk sendiri. 

Kendati demikian, kamu akan tetap mendapatkan penghasilan.

Baca juga: Mengolah Ide dan Peluang Usaha Kerajinan

2. Jasa Titip

5 ide bisnis modal minimal
freepik.com

Membuka usaha jasa titip atau jastip juga cukup digemari belakangan ini. Jastip menjadi salah satu bisnis yang berpeluang menghsailkan keuntungan besar dengan modal minimal. 

Konsep usaha jasa titip biasanya dilakukan ketika kamu bepergian, dan menawarkan jasa penitipan untuk membeli barang tertentu dengan upah yang telah disepakati. 

Tidak diperlukan modal yang tinggi untuk jenis usaha ini. Sebab kamu hanya perlu mempromosikan kemudian membelikan barang-barang melalui media sosial, dan mendapatkan bayaran untuk hal tersebut. 

Produk-produk yang biasanya banyak dibeli melalui jasa titip antara lain makanan, aksesoris, kerajinan, dan lain sebagainya. 

3. Influencer

5 ide bisnis modal minimal
freepik.com

Kamu yang aktif bermedia sosial, memiliki banyak pengikut, sering berkomunikasi dengan followers, dan punya konten menarik, peluang suksesmu di depan mata. Terus meningkatnya tren penggunaan media sosial setiap harinya adalah kesempatan emas bagi bagi kamu untuk menjadi seorang influencer

Sebab, jasa influencer media sosial saat ini menjadi salah satu bisnis bermodal kecil yang paling menguntungkan. 

Para pelaku usaha, perusahaan-perusahaan besar, hingga brand ternama membutuhkan influencer untuk mempromosikan produk mereka. Dengan banyaknya jenis media sosial, jasa influencer semakin berkembang dan menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan. 

Kamu bisa memilih media sosial yang bisa dijadikan lahan bisnis online, pilih platform yang sedang populer untuk promosi konten-konten yang menarik perhatian, selanjutnya tawaran endorse dan sejenisnya akan mengalirkan uang kepadamu. 

Baca juga: Pemasaran dengan Bantuan Influencer

4. Bisnis Thriftshop

5 ide bisnis modal minimal
freepik.com

Bisnis thriftshop belakangan ini sedang menjadi tren. Usaha bermodal kecil ini banyak dilakukan berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari tokoh publik yang menjual kembali pakaian-pakaian bekas mereka, bahkan mahasiswa hingga pelajar banyak yang menjadikan bisnis ini usaha sampingan mereka. 

Pelaku usaha thrifting biasanya menjual barang-barang atau pakaian bekas layak guna dengan harga yang lebih rendah daripada harga baju baru. 

5. Kerajinan Tangan

5 ide bisnis modal minimal kerajinan
freepik.com

Jika kamu memiliki keterampilan dan kreativitas yang cukup tinggi, memulai bisnis di bidang kesenian dan kerajinan tangan dapat menjadi pilihan. Dengan modal minimal, kamu hanya perlu memanfaatkan keterampilan tanganmu untuk membuat kerajinan seperti tas, aksesoris, hiasan, atau apapun. Kemudian, mempromosikan hasil kerajinan tanganmu baik melalui media sosial, maupun marketplace

Itulah beberapa ide bisnis bermodal minimal untuk inspirasi usahamu. Dengan modal yang kecil kamu memerlukan catatan keuangan untuk memantu pemasukan dan pengeluaran secara akurat sehingga bisnis dapat berjalan lancar. Gunakan aplikasi Krealogi untuk membantu mengembangkan bisnisnmu! Mulai dari perencanaan, pencatatan pesanan dan transaksi, hingga laporan keuangan dalam satu aplikasi yang sama!

Baca juga:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 18 February 2022

Cara Memaksimalkan Kemasan Produk Untuk Tingkatkan Penjualan 

Cara Memaksimalkan Kemasan Produk − Setiap pelaku usaha tentu harus mencapai target penjualan produk demi kelancaran bisnisnya. Demi memenuhi hal tersebut, beragam cara perlu dilakukan. Misalnya, memberikan penawaran harga, tambahan jasa, dan banyak macam lainnya, termasuk memaksimalkan kemasan produk.

Selain menjadi identitas untuk branding, kemasan produk juga mempengaruhi customer untuk melakukan repeat order atau order kembali setelah pembelian pertamanya. Sehingga, dapat dibilang bahwa kemasan produk memegang peranan penting untuk tingkatkan penjualan. 

Lantas, bagaimana cara memaksimalkan kemasan produk guna tingkatkan angka penjualan? 

Artikel ini akan menjawab pertanyaan kamu mengenai hal tersebut.


Table of Content: 

Mengapa Kemasan Produk Sangat Penting Bagi Bisnis?

Cara Memaksimalkan Kemasan Produk

  1. Memilih Material Yang Tepat
  2. Perhatikan Detail
  3. Desain Adalah Kunci
  4. Tambahkan Fitur Menarik

Mengapa Kemasan Produk Sangat Penting Bagi Bisnis?

Kemasan bukan hanya sekadar wadah untuk menampilkan logo atau nama usaha kamu. Bukan pula sebatas membungkus barang atau produk yang kamu jual. Lebih dari itu, kemasan produk memiliki peran penting bagi bisnis yang kamu geluti.

Kemasan produk diciptakan dengan fungsi utama untuk melindungi produk dari kotoran dan kerusakan hingga ke tangan konsumen. Dengan memaksimalkan kemasan produk, jika selama pengiriman produkmu mengalami benturan, guncangan, atau bahkan terjatuh sekalipun kemasan dapat meminimalisir terjadinya kerusakan. Terlebih lagi jika barang yang dikirim mudah pecah.

Selain berfungsi untuk melindungi produk, kemasan produk juga berguna sebagai media promosi. Merek dagang, tagline, hingga deskripsi produk yang tercantum dalam kemasan secara tidak langsung bisa menjadi media untuk promosi produk itu sendiri. Dengan memaksimalkan kemasan produk, orang akan mengenal usahamu.

Baca juga: Penerapan HACCP Bagi Industri Pangan

Cara Memaksimalkan Kemasan Produk 

Setelah mengetahui pentingnya memaksimalkan kemasan produk untuk kelancaran bisnis, beberapa cara di bawah ini dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan kemasan produk. 

1. Memilih Material Yang Tepat

cara memaksimalkan kemasan produk
freepik.com

Menjaga nama baik bisnis kamu adalah hal yang utama. Begitu pula kaitannya dengan kemasan. 

Sebagaimana telah dijelaskan bahwa kemasan produk memiliki fungsi utama untuk melindungi produk dari kotoran dan kerusakan. Maka, hal yang paling harus diperhatikan dalam memaksimalkan kemasan produk adalah memilih material yang tepat. Keamanan dan kondisi produk yang baik merupakan salah satu tuntutan dan kebutuhan konsumen.

Untuk hasil kemasan yang maksimal, pilihlah material untuk yang benar-benar dapat menjaga keamanan produk. Kamu juga harus memperhatikan pentingya memilih bahan-bahan organik, demi menggalakkan program penggunaan plastik untuk menjaga lingkungan. Pilih material berdasarkan daya tahannya.

Dengan begitu, nama baik bisnismu juga akan terjaga, sehingga konsumen tertarik dengan produkmu.

Baca juga: Tips Meningkatkan Repeat Order

2. Perhatikan Detail

cara memaksimalkan kemasan produk
freepik.com

Selain penggunaan material, detail juga harus diperhatikan guna memaksimalkan kemasan produk. Detail dalam kemasan menandakan kualitas bisnismu. 

Seperti dilansir dari Ttec.com bahwa customer lebih cenderung membeli karena emosi, kamu dapat membagikan cerita tentang merek dagang atau produkmu. 

Garis bawahi poin-poin positif tentang usaha atau produk yang kamu jual. Misalnya, produkmu dibuat dari bahan-bahan ramah lingkungan atau yang lainnya. 

Hal ini bertujuan untuk menciptakan hubungan emosional dengan pembeli. Sehingga mereka tak perlu berpikir dua kali untuk memakai produkmu.

3. Desain Adalah Kunci

Beige wallpaper, eco friendly frame disposable tableware Free Photo
freepik.com

Di samping fungsi utamanya untuk melindungi produk, kemasan juga harus memiliki nilai keindahan. Karenanya untuk memaksimalkan kemasan produk, desain termasuk aspek penting yang patut dipertimbangkan.

Buatlah desain kemasan produk sebaik mungkin sehingga customer akan tertarik untuk membeli bahkan sebelum membuka untuk melihat produknya. Akan tetapi, jangan tinggalkan informasi-informasi penting terkait produk yang harus dicantumkan. Tentunya untuk mendapatkan nilai keindahan, kamu juga harus menyesuaikan dengan jenis produk yang dikemas.

4. Tambahkan Fitur Menarik

cara memaksimalkan kemasan produk
freepik.com

Menambahkan fitur-fitur menarik juga merupakan cara untuk memaksimalkan penjualan dengan kemasan produk. Pasalnya, di era modern ini orang tidak bisa lepas dari penggunaan media sosial. Segala aktivitas sehari-sehari akan dibagikan ke media sosial, termasuk ketika menemukan hal menarik dalam produk yang mereka beli. 

Berikanlah pengalaman menyenangkan saat customer melakukan unboxing alias membuka kemasan produk yang dibeli, dengan tambahan fitur menarik di kemasan produkmu. Dengan begitu, customer akan membagikannya ke laman media sosial mereka dan hal tersebut tentu berdampak baik bagi perkembangan bisnismu. 

Kamu dapat menambahkan beberapa fitur menarik seperti kartu ucapan, kutipan-kutipan lucu atau motivasi, atau menambah nilai guna kemasan dengan menjadikannya reusable untuk dapat digunakan kembali. 

Itulah beberapa cara untuk memaksimalkan kemasan produk guna meningkatkan penjualan. Perlu diingat bahwa tingginya penjualan produk juga harus diimbangi dengan pengelolaan pesanan dan keuangan yang sistematis agar bisnis berkembang. 

Untuk membantu mengelola pesanan dan keuangan agar lebih sistematis, gunakanlah aplikasi Krealogi dari DuAnyam.

Baca juga:
Keuntungan Mencatat Pesanan dengan Aplikasi

Tips Membangun Merek Sendiri

Apa Itu Sistem Pre-Order?

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 17 February 2022

Rekomendasi 5 Aplikasi Penunjang Bisnis!

Rekomendasi 5 Aplikasi Penunjang Bisnis Para pelaku usaha diharuskan memiliki kontrol terhadap jalannya bisnis mereka. Pelaku usaha harus mampu memantau keseluruhan proses bisnis dengan mudah. Dikarenakan berbagai faktor dan perubahan perilaku masyarakat, penjual juga ditantang untuk bisa beralih ke bisnis yang sifatnya online. Maka, di era modern ini para pelaku usaha bisa memanfaatkan bantuan aplikasi penunjang bisnis untuk pengelolaan usaha. 

Berjualan secara online menjadi metode yang paling efisien dan menguntungan belakangan ini. Selain lebih praktis dari segi konsumen, kini perkembangan teknologi juga memungkinkan pedagang untuk mengembangkan bisnisnya dengan lebih mudah. Ada berbagai teknologi aplikasi di smartphone yang bisa dimanfaatkan untuk membantu jalannya usaha. 

Jika kamu juga sedang kebingungan dan ingin membuat pengelolaan usahamu lebih efisien, simak 5 Aplikasi Penunjang Bisnis berikut yang dapat kamu dapatkan di Internet: 

1. Aplikasi Krealogi

Sebagai rekomendasi aplikasi pada urutan pertama, kamu bisa mencoba untuk mengunduh aplikasi Krealogi. Aplikasi yang dikembangkan oleh DuAnyam ini menawarkan berbagai fitur seperti Rencana Produksi, Manajemen Gudang, Catat Pesanan, Catat Transaksi, hingga Laporan Keuangan. 

Dengan fitur-fitur tersebut, kamu sudah tidak perlu pusing lagi untuk mengelola bisnis. Dari hulu hingga hilir, semuanya dapat terpantau dengan mudah dalam aplikasi Krealogi. Berikut adalah informasi lebih lanjut mengenai beberapa fitur Krealogi yang dapat membantumu dalam berbisnis: 

Catat transaksi keuangan usaha 

Dengan bantuan aplikasi Krealogi, kamu bisa melakukan pencatatan dari setiap transaksi keuangan yang dilakukan oleh usaha dengan lengkap dan akurat. Baik transaksi pemasukan ataupun pengeluaran, semuanya dapat dicatat dalam satu fitur ini. Sehingga, akan lebih mudah bagimu ketika ingin menyusun cash flow. 

Baca juga: Apa Itu Cashflow? 

Memberikan laporan keuangan akurat

Setelah pencatatan transaksi dilakukan, data yang ada dalam aplikasi dapat diolah menjadi sebuah laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut dapat diunduh dari aplikasi Krealogi sesuai dengan periode yang diinginkan. Hal ini memudahkan pelaku usaha dalam upayanya untuk mengevaluasi performa keuangan perusahaan. 

Mengelola Keseluruhan Proses Usaha 

Manfaat dari aplikasi Krealogi dapat dirasakan oleh para pelaku usaha, mulai dari merencanakan jadwal produksi, mengelola stok gudang, hingga membuat dokumen pengiriman pesanan ke konsumen. Kemudahan itu dapat kamu rasakan cukup hanya dengan menggunakan satu aplikasi ini. 

2. Aplikasi Banking

teknik pemasaran produk secara online

Transaksi jual-beli yang dilakukan saat ini menyesuaikan dengan perubahan keadaan dan perilaku masyarakat. Pembayaran secara non-tunai kini lebih banyak digunakan oleh masyarakat. Maka, aplikasi selanjutnya yang penting untuk kamu miliki adalah aplikasi Banking atau M-Banking. 

Dengan aplikasi ini, kamu mampu dengan mudah melakukan transaksi keuangan baik berupa transfer masuk maupun keluar. Jika kamu berjualan menggunakan marketplace, pembayaran juga akan dicairkan ke rekening bank milikmu. Pastikan aplikasi Banking yang kamu miliki akan aktif dengan sebelumnya kamu sudah melakukan proses aktivasi di bank terkait, 

3. Aplikasi Platform Marketplace

Platform marketplace sangat direkomendasikan untuk para pengusaha yang ingin memasarkan produknya secara lebih luas melalui internet. Aplikasi jenis ini sangat ramai dikunjungi oleh pembeli maupun oleh para penjual. 

Dari jenisnya sendiri, ada banyak pilihan marketplace yang bisa kamu pilih sebagai tempat untuk berjualan secara online. Sebagai contoh, adalah aplikasi Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli dan masih banyak lainnya. Masing-masing platform marketplace memiliki ciri khas, fitur, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka, carilah marketplace yang paling sesuai dan menguntungkan bagi usahamu. 

4. Aplikasi Editing Konten Pemasaran

rekomendasi 5 aplikasi penunjang bisnis

Aplikasi berikutnya yang harus dimiliki oleh pelaku usaha untuk dapat menunjang bisnisnya adalah aplikasi editing konten. Jenis aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat konten promosi yang akan disampaikan melalui marketplace yang akan digunakan. 

Kamu bisa mendapatkan berbagai aplikasi editing konten berupa gambar maupun video melalui intenet secara gratis. Beberapa contoh dari aplikasi dengan jenis ini yaitu: Canva, Snapseed, dan Video Editor, dan masih banyak lainnya. Aplikasi dengan jenis ini menunjang konten kamu untuk menjadi semakin kreatif dan menarik banyak calon konsumen baru di internet. 

5. Media Sosial

rekomendasi 5 aplikasi penunjang bisnis

Sudah tidak dapat dipungkiri, bahwa media sosial memainkan peran yang sangat penting dalam bisnis di era ini. Kini kegiatan promosi melalui media sosial menjadi pilihan bagi berbagai bisnis di dunia untuk menambah wawasan masyarakat akan merek. 

Dengan media sosial, kamu bisa secara mudah membagikan berbagai konten seperti teks, foto, maupun video. Konten tersebut dapat disaksikan oleh jutaan pengguna lain dalam waktu yang bersamaan. Terlebih, sekarang fitur siaran langsung atau live streaming yang sedang banyak digunakan di media sosial untuk melakukan kegiatan promosi. 

Bukan hanya sebagai alat promosi, beberapa media sosial juga memungkinkan untuk menjadi lapak jual-beli. Facebook yang kini bernama Meta, telah terintegrasi dengan media sosial lainnya yang memungkinkan kamu untuk melakukan aktivitas jual-beli melalui internet dengan beberapa kali klik saja. 

Itulah daftar rekomendasi 5 aplikasi penunjang bisnis yang perlu kamu dapatkan segera untuk dapat membantu pengelolaan usahamu. Bersama aplikasi-aplikasi tersebut, keseluruhan proses bisnis kamu akan berjalan secara lebih mudah dan efisien. 

Kamu bisa download aplikasi Krealogi secara langsung melalui Playstore. Supaya lebih mudah, cukup klik link berikut untuk mendapatkan aplikasi Krealogi!

Baca juga:
Cara Menentukan Harga Produk
Tips Mengelola Orderan Pelanggan

Manfaat Aplikasi Pencatatan Keuangan

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 16 February 2022

Cara Menentukan Harga Produk? Ikuti 4 Cara Sederhana Ini!

Cara Menentukan Harga Produk – Memulai, membangun, dan menjalankan sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Ada banyak tantangan yang akan kamu hadapi sebagai seorang pelaku usaha. Bagaimana agar usaha dapat terus menyampaikan nilai-nilai, produk atau jasa dengan kualitas maksimal, sambil tetap memperoleh keuntungan bagi jalannya usaha. 

Tanpa strategi bisnis yang tepat, ada banyak kesulitan yang akan dihadapi oleh pelaku usaha. Salah satu strategi bisnis yang diperlukan adalah dalam hal menentukan harga jual produk. Harga sangat sensitif dan kerap kali menjadi pertimbangan terbesar bagi konsumen dalam menentukan pembelian. 


Table of Content: 

  1. Cost-plus Pricing 
  1. Harga Menyesuaikan Pasar 
  1. MSRP atau Harga Rekomendasi Produsen 
  1. Harga Berdasarkan Nilai Lebih atau Value Based Pricing 

Cara menentukan harga produk. Sebenarnya ada banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk menentukan harga produk kamu. Di sini, Krealogi sudah rangkum beberapa cara yang populer dan efektif untuk menentukan tingkat harga produk. Simak lebih lanjut informasi berikut: 

1. Cost-Plus Pricing 

Cara menghitung harga jual pertama yang bisa Anda gunakan untuk menetapkan harga jual produk adalah dengan cara cost plus pricing. Pertama, kamu harus menentukan biaya atau cost produksi/pembuatan produk. Selanjutnya, tambahkan biaya tersebut dengan keuntungan yang ingin diperoleh. Sistem ini sangat mudah, sederhana, dan sangat stabil untuk dimiliki oleh para pelaku usaha. Keuntungan yang ingin didapatkan bisa juga dihitung dalam bentuk presentase. 

Cost atau biaya modal tidak hanya dihitung dari biaya pembelian bahan baku saja, namun juga termasuk biaya operasional lain seperti gaji karyawan, biaya listrik, internet, dan lain sebagainya. Simak contoh berikut untuk mengetahui cara menghitung harga dengan cost-plus pricing: 

Harga jual = modal + persentase laba yang diinginkan 

Sebagai contoh, kamu memiliki bisnis kuliner kue kering, dan memperoleh pesanan dari pelanggan sebanyak 10 toples. Untuk membuat 10 toples kue kering, kamu memerlukan modal sebesar Rp 400.000 untuk membeli bahan baku. 

Selain bahan baku, kamu membutuhkan biaya untuk kemasan sebesar Rp 20.000 dan biaya untuk karyawan sebesar Rp 200.000. 

Keuntungan yang diinginkan adalah sebesar 35%. Ikuti contoh di bawah ini untuk menghitung harga dengan menambahkan modal dan laba yang ingin didapatkan: 

Harga jual = modal + persentase laba 

Harga jual = (Rp400.000 + Rp20.000 + Rp250.000) + (35% x modal) 

Harga jual = (Rp670.000) + (35% x Rp660.000) 

Harga jual = Rp670.000 + Rp234.500 

Harga jual = Rp904.500 untuk 10 box 

Dari situ, dapat diketahui bahwa harga jual per satu toples dari kue kering adalah Rp 90.450, atau dapat dibulatkan menjadi Rp 90.500.

Baca juga: Strategi Pemasaran Produk UMKM

2. Harga Menyesuaikan Pasar 

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk menentukan harga jual produk adalah market-oriented pricing atau cara menentukan harga berdasarkan keadaan pasar. 

Dalam metode ini, penjual dapat menentukan harga lebih tinggi maupun lebih rendah dibandingkan dengan kompetitor di pasar, berdasarkan bagaimana masing-masing produk dapat bersaing. 

  • Harga di atas pasar: menetapkan harga yang lebih tinggi dibanding produk lain di pasar, karena produkmu yang unggul secara kualitas dan performa. 
  • Copy market atau menyalin harga pasar: menentukan harga yang sama dan bersaing dengan kompetisi di pasar 
  • Harga di bawah pasar: menggunakan harga yang lebih rendah di banding pesaing di pasar untuk menarik konsumen membeli produkmu. 

Perlu diingat, bahwa masing-masing strategi tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Dengan metode penentuan harga yang berdasarkan pasar, kamu perlu memahami juga biaya produksi produkmu, dan juga perbandingan kualitas produkmu dengan yang ada di pasar.

cara menentukan harga produk
freepik.com

3. Harga MSRP atau Rekomendasi Produsen 

MSRP atau Manufacturer Suggested Retail Price merupakan salah satu metode untuk menentukan harga jual produk yang berdasar pada rekomendasi dari produsen. Metode ini memiliki tujuan agar produk memiliki keuntungan bagi seluruh tingkatan penjual. Artinya, dari produsen (tangan pertama), hingga ritel masing-masing memiliki proporsi keuntungan tersendiri. Penentuan harga MSRP ini dilakukan oleh perusahaan ritel dan pabrikan untuk menjaga kondisi pasar dan keutungan dari para distributor. 

4. Harga Berdasarkan Nilai Lebih atau Value Based Pricing 

Metode ini menentukan harga dengan cara melihat nilai unik maupun keunggulan yang bisa didapatkan konsumen dari sebuah produk. Metode ini berfokus pada persepsi nilai sebuah produk di mata konsumen akan sebuah produk. Perusahaan-perusahaan yang memiliki keunikan atau unique selling point biasanya menggunakan metode ini dalam menentukan harganya. 

Sebagai contoh paling mudah, adalah produsen teknologi Apple. Mereka menentukan harga berdasarkan nilai dan keunggulan yang dimiliki, sehingga produknya mendapatkan kesan premium dan eksklusif. Meskipun ada produk kompetitor yang lebih baik di tingkat harga yang sama, konsumen yang menganggap produk Apple memiliki nilai lebih akan tetap memilihnya dibanding produk lain. 

Itulah tadi beberapa cara untuk menentukan harga jual produk untuk bisnismu. Gunakan cara yang paling sesuai dengan industri dan juga keadaan perusahaanmu saat ini. Jika ingin pengelolaan penjualan dan bisnismu berjalan dengan lebih efisien, gunakan aplikasi Krealogi dari DuAnyam! Buat rencana produksi, kelola inventori gudang, atur dan proses pesanan pelanggan, dan bahkan menyusun laporan keuangan dalam satu aplikasi. 

#GampangBerbisnisbersamaKrealogi 

Baca juga:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 16 February 2022

Tips Mengelola Orderan Pelanggan dari Bisnis Onlinemu!

Tips Mengelola Orderan Pelanggan – Kegiatan berbelanja, khususnya secara online makin ramai diminati oleh masyarakat Indonesia. Sebagian besar kebutuhan sehari-hari kini sudah bisa dipesan secara online. Hal ini tentunya membawa keuntungan bagi pelaku usaha yang juga melakukan penjualan secara online.

Ada banyak keuntungan dan keunggulan yang didapatkan dari berjualan secara online. Namun, bukan berarti tidak ada permasalahan atau kendala yang akan dihadapi ketika kegiatan jual-beli sudah berjalan. Jumlah transaksi penjualan online yang meningkat harus disertai dengan kemampuan usaha untuk mengelola dan menyelesaikan orderan atau pesanan dengan baik.

Dalam artikel ini, Krealogi akan memberikan beberapa tips mengelola orderan online dari pelanggan. Apa saja itu? Yuk, simak artikel ini lebih lanjut!

1. Catat Setiap Detail Order Pelanggan

tips mengelola orderan pelanggan
freepik.com

Sebuah kewajiban untuk mencatat seluruh detail order atau pesanan dari pelanggan. Mulai dari jenis produk, jumlah, tanggal pengiriman, hingga permintaan khusus (jika ada) harus dicatat dengan akurat. Pencatatan secara konvensional memiliki kelemahan seperti catatan hilang atau catatan yang kurang lengkap atau kurang rapi. 

Dengan fitur Catat Pesanan dari Krealogi, kamu akan dimudahkan dalam melakukan pencatatan pesanan atau penjualan yang masuk. Catat setiap detail dari order untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Dengan fitur ini, kamu juga bisa memantau order mana yang belum dibayar, order mana yang belum dikirim, hingga order mana saja yang sudah selesai atau diterima pembeli. Dengan fitur aplikasi Krealogi, order yang masuk dapat dikelola dengan lebih baik.

2. Pastikan Ketersediaan Produk atau Bahan Baku

Tips selanjutnya adalah pastikan ketersediaan produk atau bahan baku. Jangan sampai kamu terlambat memenuhi pesanan karena kelalaian dalam menjaga stok produk jadi maupun bahan baku. Catat dan perbarui persediaan dalam gudang secara mudah dengan aplikasi Krealogi.

Dengan fitur Pengelolaan Gudang, stok produk-bahan baku-bahan setengah jadi akan terpantau dengan akurat. Sehingga, kamu bisa mengetahui keadaan gudang secara real-time. Proses produksi atau pemenuhan pesanan pelanggan juga akan berjalan dengan lebih lancar.

Baca juga: Pentingnya Gudang Bagi Sebuah Bisnis

3. Berikan Dokumen Pengiriman Lengkap

tips mengelola orderan pelanggan
freepik.com

Konsumen ingin mengetahui detail mengenai pesananannya melalui dokumen-dokumen pengiriman. Dengan Krealogi, kamu bisa membuat dan mencetak dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengiriman pesanan cukup dengan satu kali klik.

Kamu cukup unduh dan cetak label pengiriman, invoice dan surat jalan dengan satu aplikasi saja. Selain itu, pendapatan dari pesanan tersebut juga akan secara otomatis terekam dalam catatan transaksi pemasukan.

Aplikasi Krealogi hadir sebagai aplikasi untuk membantu kamu mengelola orderan atau pesanan online dari pelanggan. Dengan berbagai fitur dalam aplikasi Krealogi, proses dari pesanan masuk hingga pengiriman produk kepada konsumen akan menjadi semakin mudah.

Dengan menggunakan Krealogi, kamu tidak perlu lagi khawatir karena pemantauan pesanan yang masuk hingga terselesaikan dapat dilakukan dengan mudah. Semua transaksi yang dilakukan di antaranya juga dapat dicatat dalam satu aplikasi yang sama. Kombinasi antara fitur Catat Pesanan, Catat Transaksi, hingga Laporan Keuangan akan sangat berguna bagi kamu para pemilik usaha online. Download dan dapatkan aplikasinya di sini!

Baca juga

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 15 February 2022

Manfaat Aplikasi Pencatatan Keuangan

Manfaat Aplikasi Pencatatan Keuangan – Adanya pandemi COVID-19 memberikan pengaruh yang cukup besar bagi ekonomi Indonesia. Sehingga, banyak lapisan masyarakat yang terpaksa harus memutar otak untuk tetap bertahan. Banyak bermunculan ide-ide usaha atau bisnis yang kreatif dari masyarakat Indonesia. Hal ini tentunya perlu dibarengi dengan pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan pencatatan transaksi keuangan usaha.

Dalam artikel ini, Krealogi akan membahas mengenai aplikasi pencatatan transaksi keuangan dan kelebihannya dalam mengembangkan sebuah bisnis.

Table of Content:

Aplikasi Pencatatan Transaksi Menambah Efisiensi Usaha

Membantu Mengembangkan Bisnis Skala Kecil

Penting untuk dipahami, bahwa pencatatan transaksi keuangan merupakan aspek penting dalam sebuah perusahaan. Perusahaan tanpa sistem dan pencatatan yang baik dan akurat akan mengalami kesulitan dalam upaya mengembangkan usahanya.

Sebagai solusi, sangat penting untuk memanfaatkan teknologi untuk pengelolaan bisnis, khususnya aplikasi pencatatan transaksi keuangan. Kamu bisa menemukan fitur pencatatan transaksi keuangan dalam aplikasi Krealogi, yang berkomitmen untuk membantu usahamu berkembang.

Aplikasi Pencatatan Transaksi Menambah Efisiensi Usaha 

Semakin efisien proses pencatatan transaksi keuangan yang dilakukan perusahaanmu, semakin efisien juga keseluruhan kegiatan operasional dapat berjalan. Kecepatan dan kemudahan dalam melakukan transaksi merupakan poin penting bagi jalannya sebuah usaha.

Dengan kecepatan dan kemudahan transaksi, bukan hanya pihak internal, namun pelanggan juga akan menjadi nyaman saat melakukan transaksi dengan bisnismu. Setiap detail dapat dicatat oleh aplikasi pencatatan transaksi keuangan secara otomatis dan akurat. Hal ini mengurangi kekhawatiran terjadinya kekeliruan atau bahkan catatan yang hilang.

Baca juga: Manfaat Pembukuan Bagi UMKM

Membantu Perkembangan Bisnis Skala Kecil

manfaat aplikasi pencatatan keuangan
freepik.com

Perusahaan dengan skala besar maupun menengah menggunakan tenaga profesional untuk dapat menyusun pembukuan. Adanya aplikasi pencatatan transaksi keuangan tentu akan sangat membantu bagi perusahaan dengan skala yang lebih kecil.

Pemilik bisnis dapat memanfaatkan aplikasi seperti Krealogi untuk membuat pencatatan transaksi yang rapi dan sistematis, di mana belum tersedia dana tambahan dalam perusahaan untuk mempekerjakan seorang profesional.

Cukup dengan sebuah smartphone, pemilik usaha sudah bisa membuat pencatatan transaksi keuangan dengan akurat, yang juga terintegrasi dengan fitur pelaporan keuangan. Pemilik usaha dapat mengunduh laporan keuangan sederhana hasil dari pencatatan sesuai dengan periode yang diinginkan dengan aplikasi Krealogi. Dengan ini, aplikasi ini juga dapat membantu kamu dalam menghitung cash flow.

Itulah informasi mengenai manfaat aplikasi pencatatan keuangan. Bagi kamu para pemilik usaha yang belum mengenal pencatatan transaksi, maupun masih menggunakan pembukuan manual, sudah saatnya kamu merasakan kemudahan dengan kemajuan teknologi. Krealogi hadir sebagai aplikasi keuangan yang dapat melakukan pencatatan transaksi keuangan, menyajikan pelaporan keuangan, mencatat ketersediaan stok barang, dan masih banyak lagi. Download dan gunakan aplikasi Krealogi sekarang!

Baca juga

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 15 February 2022

Teknik Pemasaran Produk Secara Online

Teknik Pemasaran Produk Secara Online – Jumlah masyarakat Indonesia pengguna internet semakin bertambah setiap tahunnya. Aktivitas jual beli secara online juga meningkat secara cukup signifikan. Maka, pemasaran produk secara online akan membantu untuk mengembangkan bisnismu. 

Dalam artikel ini, Krealogi merangkum 6 teknik pemasaran produk secara online yang telah terbukti meningkatkan pencapaian dari berbagai perusahaan di Indonesia. Jika kamu bisa mengaplikasikannya ke dalam usahamu, maka akan semakin besar peluang untuk menjaring pelanggan baru, dan mempertahankan pelanggan yang sudah Anda miliki. 

Apa saja strategi tersebut? Simak artikel ini hingga akhir untuk mempelajari lebih lanjut. 

Table of Content: 

  1. Manfaatkan Pemasaran dengan Search Engine Optimization (SEO) 
  1. Gunakan email marketing 
  1. Bangun Sistem Affiliate Marketing 
  1. Ciptakan Konten yang Relevan 
  1. Mengadakan Kontes atau Giveaway 
  1. Mengelola Konten di Media Sosial 

1. Manfaatkan Pemasaran dengan Search Engine Optimization (SEO)

Search engine marketing atau pemasaran dengan memanfaatkan mesin pencari di internet dapat membantu bisnismu untuk lebih mudah ditemukan oleh masyarakat. Dengan strategi SEO yang tepat, kemungkinan usahamu akan muncul sebagai beberapa hasil yang direkomendasikan ketika orang menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi yang relevan di internet. Memiliki website dengan strategi SEO yang kuat juga menjadikan perusahaanmu dinilai lebih terpercaya karena muncul di bagian awal rekomendasi dari mesin pencari seperti Google. 

Baca juga: Pemasaran Digital dengan Bantuan Influencer

2. Gunakan e-mail marketing

Cara lama ini masih terbukti sebagai teknik yang efektif dalam melakukan pemasaran online. Email marketing bukan hanya berarti sekedar mengirimkan e-mail ke alamat customer. E-mail marketing juga berarti mengirimkan informasi yang mampu menjawab pertanyaan dan kebutuhan konsumen melalui surat elektronik. Melalui e-mail, kamu bisa menyampaikan program atau kampanye-kampanye terbaru, dan penawaran menarik dari bisnismu untuk guna menarik konsumen untuk melakukan pembelian barang atau jasa. 

3. Bangun Sistem Affiliate Marketing

teknik pemasaran produk secara online
freepik.com

Upaya pemasaran online berikutnya adalah dengan membangun sistem affiliate marketing. Pemasaran afiliasi ini merupakan cara memperluas penyebaran informasi dan perluasan pasar dengan bantuan para affiliate marketers. Timbal balik yang bisa diberikan dari perusahaanmu adalah berupa komisi untuk setiap penjualan yang terjadi. Bagaimanapun, tidak semua jenis usaha cocok untuk menggunakan strategi pemasaran online yang satu ini. 

4. Ciptakan Konten yang Relevan

Untuk menjaring konsumen atau pelanggan baru, kamu bisa memanfaatkan konten berupa artikel, foto, video, atau pembahasan dalam format lainnya mengenai topik-topik terkini. Jutaan orang mencari informasi di internet setiap harinya. Dengan memposisikan diri di sana, kamu bisa meningkatkan jumlah orang yang mengetahui keberadaan bisnismu. 

5. Mengadakan Sebuah Kontes atau Giveaway

Masyarakat Indonesia sangat tertarik dengan diadakannya kontes berhadiah ataupun pembagian hadiah secara cuma-cuma atau giveaway. Dengan memanfaatkan promosi yang dilakukan oleh konsumen, kamu memberi timbal balik berupa produk barang atau jasa secara cuma-cuma. Kamu akan merasakan dampak yang sangat signifikan jika menggunakan strategi ini secara tepat. 

6. Mengelola Konten di Media Sosial

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengelola konten. Hal ini sering disebut dengan istilah content marketing. Lewat strategi ini, kamu bisa memanfaatkan media sosialmu untuk membagikan berbagai cerita dan sudut pandang yang menarik mengenai topik dalam bidang atau industri bisnismu. Hal ini tentunya akan sangat menarik dibandingkan dengan hanya terus menerus mengeluarkan konten iklan yang sifatnya menjual. 

Cara lain untuk meningkatkan usahamu dengan teknologi adalah dengan memanfaatkan aplikasi pengelolaan bisnis yang efisien. Klik di sini untuk baca lebih lanjut mengenai aplikasi Krealogi! Jika kamu tertarik, kamu bisa download aplikasinya di sini!

Baca juga

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 11 February 2022

Manfaat Gudang Bagi Bisnis? Simak 4 Hal Ini!

Manfaat Gudang Bagi Bisnis – Seringkali orang tidak dapat melihat pentingnya gudang bagi sebuah bisnis. Padahal, gudang dapat menjadi penghubung antara kegiatan ekonomi yang cukup vital seperti produksi hingga distribusi. Bahan baku memerlukan tempat penampungan sebelum dilakukan produksi. Barang hasil produksi membutuhkan tempat penampungan sebelum akhirnya didistribusikan kepada konsumen.

Gudang sendiri dapat diartikan sebagai sebuah tempat atau bangunan khusus yang memiliki fungsi untuk menyimpan sesuatu di dalamnya, atau fungsi tertentu lainnya. Adanya gudang juga dapat menjadi indikator kapasitas dan kualitas produksi dari sebuah perusahaan. 

Gudang memiliki berbagai fungsi pendukung bagi jalannya serangkaian kegiatan ekonomi. Dalam artikel ini akan dibahas lebih jelas mengenai mengapa gudang diperlukan oleh bisnis.

Table of Content: 

  1. Sebagai Penyimpanan Barang 
  1. Memudahkan Pemrosesan Pesanan 
  1. Meningkatkan Kualitas Produk dan Pelayanan 
  1. Meningkatkan Kualitas Keputusan Pembelian 

1. Sebagai Penyimpanan Barang

manfaat gudang bagi bisnis
freepik.com

Fungsi yang pertama dari gudang adalah sebagai tempat penyimpanan barang. Jelasnya, gudang memiliki fungsi untuk menyimpan barang fisik seperti bahan baku, bahan setengah jadi, dan barang hasil produksi yang telah siap untuk dijual. 

Gudang membantu jalannya proses produksi hingga distribusi, sehingga merupakan aspek penting dalam upaya efisiensi usaha. SOP dan manajemen gudang yang baik diperlukan agar fungsinya dapat digunakan dengan maksimal. 

2. Memudahkan Pemrosesan Pesanan

manfaat gudang bagi bisnis
freepik.com

Dengan adanya gudang, pelaku usaha dapat menjamin ketersediaan produk ketika mendapatkan permintaan dari konsumen. Fungsi ini juga merupakan upaya penghematan biaya produksi dan pengiriman, karena barang dengan jumlah yang banyak dapat ditampung di dalamnya sebagai stok untuk beberapa waktu ke depan. 

3. Meningkatkan Kualitas Produk dan Pelayanan

manfaat gudang bagi bisnis
freepik.com

Gudang dengan sistem manajemen dan kontrol yang baik dapat meningkatkan kualitas produksi. Pelaku usaha dapat melacak semua kondisi dan kuantitas dari bahan mentah, bahan setengah jadi, hingga barang jadi dengan lebih baik. 

Ketika ditemukan produk yang tidak memenuhi standar, gudang menawarkan kemudahan untuk menggantikan produk tersebut dengan persediaan yang baru. Pengelolaan gudang dengan sistem inventaris yang baik juga mampu memonitor barang dengan kadaluarsa. Para pekerja dapat dengan mudah menyeleksi produk mana yang harus dikeluarkan terlebih dahulu maupun harus dibuang.

Baca juga: Membuat Jadwal Rencana Produksi

4. Meningkatkan Kualitas Keputusan Pembelian 

Dengan gudang, kamu bisa mengetahui ketika barang harus dibuang, atau harus melakukan pembelian untuk menambah persediaan barang tertentu. Barang yang disusun dan terinventaris dengan rapi akan memberikan data yang akurat mengenai ketersediaan barang. 

Dengan adanya gudang, kamu juga dapat lebih mudah mengidentifikasi barang yang slow-moving ataupun fast-moving, sehingga keputusan manajerial yang dibuat menjadi lebih baik. 

Demikian adalah informasi mengenai mengapa gudang diperlukan oleh bisnis.  

Bagi kamu yang sedang mengembangkan usaha atau mencari gudang untuk usahamu, semoga artikel mengenai manfaat gudang bagi bisnis ini dapat menjadi bermanfaat. Jika kamu menyukai artikel lainnya dari Krealogi, kamu bisa klik di sini! Gunakan fitur Manajemen Gudang dari Krealogi untuk mengelola persediaan bahan baku dan prdouk jadi dengan mudah dan akurat, serta terintegrasi dengan fitur Rencana Produksi.

Baca juga:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 10 February 2022

Tips Membangun Merek Sendiri

Tips Membangun Merek Sendiri – Membangun merek atau brand sendiri dari awal memang bukan merupakan hal yang mudah. Diperlukan beberapa pengetahuan dasar agar proses membangun merek menjadi efektif dan dapat diterima oleh masyarakat. Itulah mengapa terkadang orang lebih memilih untuk membuka usaha secara franchise

Namun, membangun merek memiliki tantangan dan keunikan tersendiri bagi seorang pengusaha. Apakah mungkin kamu sudah memiliki ide bisnis namun tidak yakin bagaimana caranya membangun merek? Coba simak artikel berikut untuk mengetahui beberapa tipsnya!

1. Tentukan Konsep Bisnis

Happy women who are thinking on the white blackground online shopping business operators independent Free Photo
freepik.com

Hal yang paling pertama ditentukan adalah konsep dan tujuan bisnis yang ingin kamu jalankan. Produk apa yang akan dijual? Masalah apa yang diselesaikan dengan produk tersebut? Bagaimana model bisnisnya? Apakah berupa produk fisik, jasa, atau bahkan produk digital? Bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut? Kepada siapa kamu akan menjual produk dari bisnismu?

Setelah kamu mendapatkan jawaban dari beberapa pertanyaan di atas, maka kurang lebih kamu akan mendapatkan gambaran secara luas mengenai bisnis apa yang ingin dibangun. Konsep inilah yang nantinya akan diteruskan untuk diolah menjadi identitas dari merek bisnismu.

Baca juga:

2. Bangun Identitas Merek 

Identitas merek atau brand identity adalah serangkaian komponen visual yang merupakan representasi dari merek tersebut. Hal yang digambarkan oleh identitas merek juga menyangkut ide, pandangan, dan juga pembeda dari suatu merek terhadap merek lainnya. Identitas merek berfungsi untuk membantu menciptakan loyalitas pelanggan, kepercayaan, dan membuat sebuah merek mudah diingat. 

Menurut web Shopify, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membangun identitas merekmu sendiri. Krealogi sudah coba rangkum beberapa hal tersebut, di antaranya:

  1. Lakukan riset target pasar dan kompetitor 
  1. Tentukan personality atau kepribadian dari merek 
  1. Pilih atau ciptakan nama untuk merek 
  1. Buatlah slogan untuk merekmu 
  1. Tentukan identitas visual seperti warna dan jenis tulisan
  1. Mendesain logo untuk merek 
  1. Aplikasikan ke seluruh aspek bisnis 

3. Manfaatkan Perkembangan Teknologi 

Di tahun 2022, menggunakan media internet sudah hampir merupakan kewajiban jika menginginkan media promosi yang efektif. Manfaatkan adanya media sosial, sarana berjualan online, dan aplikasi-aplikasi lainnya yang dapat menunjang operasional dan juga pengelolaan bisnismu. Salah satunya adalah aplikasi Krealogi, yang memberikan kemudahan dalam mengelola bisnis baik dari perencanaan produksi hingga pelaporan keuangan. 

4. Menjaga Konsistensi 

Konsistensi adalah hal yang paling sederhana namun sulit untuk dilakukan dalam upaya membangun sebuah merek. Setelah semuanya sudah ditentukan dan berjalan, diperlukan sebuah sistem yang membantu agar kualitas produk atau jasa dari sebuah merek dapat selalu memenuhi standar. 

Konsistensi merupakan faktor penting yang menentukan kepuasan pelanggan terhadap produk dari sebuah merek. Adanya konsistensi memungkinkan pelanggan yang satu dengan yang lainnya memiliki pengalaman yang sama-sama menyenangkan akan merekmu. 

Perlu diketahui bahwa bagaimana pun, kita tidak pernah bisa mengontrol 100% persepsi khalayak terhadap merek kita. Hal yang dapat kita lakukan adalah membuat kesan yang baik, memberikan kualitas terbaik, dan menjaga reputasi yang baik. Dengan membaca artikel ini, diharapkan kamu semakin terinspirasi untuk memulai usaha dan merekmu sendiri!

Kamu bisa download aplikasi Krealogi dengan klik di sini!

Baca juga:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 09 February 2022

Apa Itu Sistem Pre-Order? Cara Kerja dan Kelebihannya

Apa Itu Sistem Pre-Order – Apakah kamu sering mendengar atau membaca istilah “sistem PO” saat melakukan aktivitas belanja? Sebagian dari kamu yang sering berbelanja online mungkin sudah lebih familiar dengan istilah ini. Beberapa media jual beli di Indonesia juga menggunakan istilah ini.

Table of Content: 

  1. Apa Itu Sistem Pre-Order? 
  1. Bagaimana Cara Kerja Sistem Pre-Order? 
  1. Bagaimana dengan Pembayarannya? 
  1. Kelebihan Berjualan dengan Sistem Pre-Order 

Artikel ini berguna bukan hanya untuk kamu yang suka belanja, namun juga kamu yang berjualan. Akan dibahas mengenai apa itu sistem pre-order, bagaimana cara kerjanya, hingga ke cara pembayaran dalam transaksi ini. Yuk, baca lebih lanjut artikel ini! 

Apa Itu Sistem Pre-Order? 

Pre-order atau sistem PO adalah saat penjual memasarkan produk yang belum diproduksi atau belum ada secara fisik. Pembeli dapat melihat terlebih dahulu seperti apa produknya, dan melakukan pemesanan serta pembayaran, untuk kemudian dilakukan produksi. 

Ada berbagai keuntungan berjualan dengan sistem Pre-order. Selain tidak harus memiliki stok setiap saat, sistem pre-order memungkinkan kamu untuk menciptakan kesan keterbatasan atau ekslusivitas. 

Selain itu, dengan sistem ini, kamu bisa terlebih dahulu menghitung biaya produksi tanpa harus takut ada barang yang tidak terjual. Bagi produk-produk tertentu, sistem Pre-Order juga digunakan untuk meningkatkan eksklusivitas atau kualitas dari sebuah barang. 

Bagaimana Cara Kerja Sistem Pre-Order?

Beautiful young smiling asian woman working laptop on desk in living room at home Free Photo
freepik.com

Pertama-tama, penjual akan memasarkan produknya dengan cara memberikan sampel kepada calon pembeli. Kemudian, pembeli yang tertarik akan melakukan pemesanan atas produk tersebut. Penjual akan mencatat pesanan dan melakukan produksi, ketika pembayaran sudah dilakukan oleh pembeli. Sistem pembayaran dan ketentuan akan ditentukan oleh penjual. Simak poin selanjutnya untuk baca lebih lanjut!

Bagaimana dengan Pembayarannya?

Beautiful asian woman using smartphone buying online shopping by credit card while wear casual sitting on desk in living room at home. Free Photo
freepik.com

Cara pembayaran di sistem pre-order pun bermacam-macam. Ada yang mengharuskan pembeli untuk melakukan pembayara secara penuh di awal, ada juga yang hanya mewajibkan pembayaran sebagian. Sistem dan saluran pembayarannya sendiri juga dapat ditentukan oleh penjual dengan kesepakatan dari pembeli. 

Perlu diketahui ketika kamu membeli sebuah produk barang atau jasa dalam platform toko online, uang yang kamu bayarkan tidak langsung masuk ke kantong penjual. Uang tersebut akan ditahan oleh platform marketplace hingga produk barang atau jasa tersebut sampai ke tangan pembeli. Setelah marketplace mendapatkan konfirmasi bahwa pesanan tersebut sudah diterima dengna baik, barulah uang hasil transaksi tersebut diteruskan kepada penjual. 

Kelebihan Berjualan dengan Sistem Pre-Order 

Ada beberapa kelebihan berjualan dengan menggunakan sistem pre-order, salah satunya adalah meminimalisir kerugian akibat barang jadi yang tidak terjual. Dengan sistem PO, barang yang diproduksi adalah barang yang sudah dipesan dan dibeli. 

Selain itu, uang yang dibayarkan di awal memungkinkan penjual untuk melakukan produksi tanpa harus mengeluarkan modal yang besar di awal. Seperti yang sudah kita bahas di atas, untuk beberapa produk atau brand, sistem Pre-Order bisa digunakan untuk menimbulkan kesan terbatas atau eksklusif yang biasanya dikaitkan dengan produk yang berkualitas tinggi. 

Untuk memastikan produkmu siap dikirim tepat waktu dan juga memiliki kualitas tinggi, susunlah jadwal Perencanaan Produksi dari aplikasi Krealogi. Jadwalkan dan pantau seluruh rangkaian proses produksi agar sesuai dengan yang diharapkan. 

Itulah tadi informasi mengenai apa itu sistem pre-order. Bagi kamu yang baru mulai menjalankan usaha, mungkin kamu bisa mencoba berjualan dengan sistem ini. Klik di sini untuk baca artikel dan informasi lainnya dari Krealogi! 

Baca juga

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 08 February 2022

Pemasaran Digital dengan Bantuan Influencer 

Pemasaran Digital dengan Bantuan Influencer – Sejak awal pandemi hingga saat ini, beberapa kota besar di Indonesia masih memilih menerapkan aturan PSBB yang ketat guna memerangi COVID-19. Sebab tidak bisa mempromosikan produk lewat jalur offline, banyak UMKM mulai mekasimalkan promosi mereka di media sosial. Belakangan ini, tren yang sedang berkembang di kalangan pebisnis Indonesia adalah menggunakan influencer sebagai strategi mengembangkan dan  mempromosikan perusahaan mereka. 

Table of Content: 

Apa Itu Endorser atau Influencer? 

Seberapa Penting Peran Endorser atau Influencer? 

Memilih Endorser dan Influencer untuk Membantu Usahamu 

Apa Itu Endorser atau Influencer?

Young asian lady fashion designer using mobile phone receiving purchase order and showing clothes in live streaming Free Photo
freepik.com

Endorser atau influencer sendiri dapat dipahami sebagai seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi atau mempersuasi keputusan orang lain karena perannya, jabatannya, atau pengetahuan dan kemampuannya dalam suatu bidang. Influencer memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan secara cepat kepada pengikut atau audience melalui media sosial. Bagaimanapun, influencer tidak dapat dianggap sebagai alat pemasaran, namun lebih ke partner dalam upaya memasarkan produk usahamu. 

Seberapa Penting Peran Endorser atau Influencer? 

Pemegang keputusan di perusahaan besar (big company) umumnya sudah sangat paham apa fungsi seorang influencer. Sementara di UMKM, mereka berpandangan menggunakan influencer akan langsung berdampak pada meningkatnya drive sale produk. Padahal kenyataannya, belum tentu saat kita membayar mereka, para influencer bisa langsung melakukan itu. Mengapa? Sebab, ada banyak elemen berperan untuk mencapai peningkatan penjualan secara signifikan, dan influencer hanyalah satu dari banyak elemen tersebut. Kita harus juga memperhitungkan elemen sistem distribusinya, aksesibilitas produk, kualitas produk, karakteristik, dan lain-lain. 

Baca juga: Strategi Pemasaran Produk UMKM

Selain itu, dikatakannya juga bahwa seorang atau beberapa influencer akan lebih efektif digunakan untuk meningkatkan brand awareness, alias kesadaran masyarakat atas eksistensi brand kita. Selain itu, masing-masing influencer juga punya segmentasi pasar sendiri dan sobat UKM harus pula mempelajari ini. 

Jika memang produk kita dan segmentasi pasar si influencer cocok, ini bisa jadi kolaborasi untuk memperkenalkan produk kita ke khalayak hingga akhirnya menggoda mereka untuk memesan. Jadi, jangan sangka menggunakan influencer bisa langsung meroketkan penjualan, sebab kadang ada baiknya brand kita dikenal terlebih dulu. 

Memilih Endorser dan Influencer untuk Membantu Usahamu 

1. Target Pasar yang Sesuai 

Dalam menentukan endorser atau influencer untuk bekerja sama, kamu perlu memperhatikan apakah target pasarmu sesuai dengan karakter influencer dan juga para pengikutnya. Secara tidak langsung, influencer akan menjadi ‘wajah’ dari brand yang akan memasarkan produkmu ke khalayak atau pengikutnya di media sosial. 

Jika khalayak yang dituju tidak sesuai dengan target pasar dari produkmu, maka upaya yang kamu lakukan menjadi tidak efektif. 

2. Perhatikan Budget 

Selain kesesuaian target pasar dan karakter dari endorser/influencer, perhatikan juga budget yang kamu miliki. Bagaimanapun, UMKM dianjurkan untuk menggaet influencer lokal atau micro-influencer untuk mempromosikan produknya dengan jangkauan lokal. Influencer lokal, walaupun jumlah followersnya tidak terlalu besar, namun berdomisili di wilayah yang sama. Sehingga, upaya promosi yang dilakukan menjadi lebih tepat sasaran dan efektif. Secara tidak langsung, lebih besar pengaruhnya kepada penjualan. 

Itulah beberapa informasi mengena pemasaran digital dengan bantuan influencer. Dengan membaca artikel ini, diharapkan kamu lebih paham dan tahu hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam bekerjasama dengan endorser atau influencer. Jika kamu menyukai artikel dan informasi lainnya dari Krealogi, kamu bisa klik di sini! 

Download dan dapatkan aplikasi Krealogi di sini

Baca juga:

« First ‹ Previous 1 2 3 4 5 Next › Last »

Krealogi Hadir untuk Mendukung Revolusi Digital bagi UMKM Indonesia

Permudah bisnismu dengan satu aplikasi dalam genggaman. Unduh sekarang!