Blog & Berita

Blog & Berita

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 07 February 2022

Keuntungan Mencatat Transaksi Pesanan dengan Aplikasi 

Keuntungan Mencatat Transaksi Pesanan dengan Aplikasi – Ada banyak sekali permasalahan sehari-hari dalam operasional bisnis. Mulai dari kebutuhan pencatatan order yang masuk secara akurat, perhitungan stok yang seringkali tidak sinkron, hingga pencatatan yang tidak rapi dan hilang, hingga pelaporan keuangan yang kurang jelas.

Table of Content: 

Kebutuhan Pencatatan Pesanan secara Digital

Apa Itu Aplikasi Pencatatan Pesanan? 

Fitur-fitur Aplikasi Pencatatan Pesanan 

Keuntungan Pencatatan Pesanan dengan Aplikasi 

Kebutuhan Pencatatan Pesanan secara Digital 

Menurut data dari BPS pada tahun 2020, transaksi penjualan secara online meningkat hingga sebesar 320%. Hal ini menjadi sebuah angin segar bagi para pelaku usaha. Namun, hal ini juga membawa tantangan baru bagi para pelaku usaha untuk dapat memproses pesanan dengan baik. Volume pesanan yang begitu banyak membutuhkan sistem dan manajemen pesanan yang baik. 

Dari situlah kebutuhan akan sebuah pencatatan pesanan secara digital meningkat. Dalam artikel ini akan dibahas aplikasi Krealogi yang membantu para pelaku usaha untuk melakukan manajemen dan pemrosesan pesanan. 

Aplikasi Pencatatan Pesanan Seperti Apa yang Dibutuhkan Pelaku Usaha?

Multiracial group of young creative people in smart casual wear discussing business brainstorming meeting ideas mobile application software design project in modern office. Free Photo
freepik.com

Aplikasi yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha adalah software atau aplikasi di dalam smartphone yang dapat membantu untuk mengelola informasi-informasi vital perusahaan secara digital. Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa mencatat hal-hal seperti: rencana produksi, data produk, jumlah stok produk, bahkan hingga pelaporan keuangan. Namun, hal yang paling utama adalah kemampuan untuk mencatat dan mengelola setiap pesanan yang masuk.

Baca juga: Contoh Pencatatan Transaksi Keuangan Perusahaan Dagang

Fitur-fitur dalam Aplikasi Krealogi 

Dalam aplikasi Krealogi, terdapat fitur-fitur untuk menjawab kebutuhan para pelaku usaha yang telah kami sebutkan di bagian sebelumnya: 

1. Fitur Rencana Produksi 

Menjadwalkan dan memantau proses dan perkembangan proses produksi secara lebih mudah, rapi dan akurat. 

2. Fitur Catat Transaksi 

Membuat catatan transaksi kini lebih mudah. Pengelolaan keuangan akan lebih efisien dan akurat dengan data yang terintegrasi. Dari transaksi yang sudah dicatat, kamu bisa mengunduh laporan keuangan sederhana berdasarkan periode yang diinginkan. 

3. Fitur Manajemen Gudang 

Memantau dan mengelola ketersediaan produk, inventaris, hingga bahan baku kini dapat dilakukan dengan lebih mudah.

4. Laporan Usaha 

Memantau dan mengevaluasi perkembangan usaha, mulai dari arus keuangan, kemampuan memenuhi pesanan, dan produktivitas usaha kamu. 

5. Fitur Pencatatan Pesanan 

Mencatat dan memproses seluruh pesanan yang kamu terima. Dalam fitur ini, kamu juga bisa membuat jadwal pengiriman. Proses verifikasi dan pembayaran juga lebih mudah dengan data yang terintegrasi. Lalu, mencetak dokumen transaksi cukup dengan satu kali klik. 

Keuntungan Pencatatan Pesanan dengan Aplikasi

Keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi Krealogi, yaitu: 

  • Pencatatan transaksi yang mudah dan akurat 
  • Data penjualan tersimpan dengan rapi dan aman 
  • Proses pesanan dan pelayanan pelanggan menjadi lebih cepat 
  • Pengelolaan stok produk yang lebih mudah 
  • Kegiatan operasional bisnis yang lebih efisien 
  • Pelaku usaha bisa lebih fokus ke ide pemasaran dan inovasi produk 
  • Sistem yang terintegrasi membuat bisnis lebih mudah 

Itulah beberapa keuntungan mencatat transaksi pesanan dengan aplikasi. Dapatkan Aplikasi Krealogi untuk melakukan pencatatan transaksi keuangan usahamu dengan klik di sini!

Baca juga

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 31 January 2022

Pengalaman Peserta Pelatihan Krealogi x KEHATI
Testimoni peserta pelatihan

Pengalaman Peserta Pelatihan Krealogi x KEHATI – Krealogi memiliki komitmen untuk hadir sebagai sahabat bagi UMKM untuk mempertajam kemampuan pengelolaan bisnisnya. Krealogi oleh DuAnyam bersama KEHATI mendapatkan kesempatan untuk memberikan pendampingan kepada UMKM Kriya di Flores, NTT.

Table of Content: 

Program Pelatihan Krealogi x KEHATI 

Pengalaman dari Ibu Agnes 

Cerita dari Ibu Oni 

Pengalaman dari Pak Alfred

Program Pelatihan Krealogi x KEHATI

Proses kegiatan pendampingan ini dilakukan selama 5 bulan dan melingkupi pelatihan baik dari teknis produksi, pengelolaan bisnis, dan juga upaya digitalisasi usaha. Pelatihan ini diikuti oleh para perajin anyaman kelompok Subinana di Flores yang memiliki potensial untuk bisa masuk ke pasar modern.

Pelatihan teknis produksi yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi, agar kelompok Subinana semakin mumpuni untuk menjadi pemasok produk Kriya yang berkualitas tinggi. Peserta juga mendapatkan pengetahuan mengenai akses pasar dan digitalisasi usaha untuk dapat memajukan usaha kriya yang dijalankan.

Simak beberapa pengalaman dari peserta pelatihan dari KEHATI dan Krealogi oleh DuAnyam:

1. Mama Agnes 

“Saya Agnes berasal dari kelompok Subinana, desa Nginamanu, kecamatan Wolomeze, Kabupaten Ngada. Kesan kami selama mengikuti pelatihan dari KEHATI, Krealogi oleh DuAnyam, dan YBL, kami sangat berterimakasih karena telah mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat. Dari produk anyaman kami yang mulanya biasa saja, setelah mendapatkan pelatihan, produk kami jadi bisa mengarah ke pasar modern. Pelatihan ini juga membuka wawasan kami mengenai bagaimana memperoleh akses pasar melalui digitalisasi usaha bersama Krealogi”.

2. Ibu Oni 

“Saya Bolonia Ona, berasal dari kelompok Subinana. Saya ingin berterimakasih kepada KEHATI, DuAnyam dan YBL karena kesempatannya sehingga kami bisa mengikuti pelatihan ini selama 5 bulan. Kami benar-benar menerima semua informasi dan pengetahuan yang pada awalnya kami belum tahu. Maka, dengan pengetahuan baru yang didapatkan, kami semua sekarang bisa lebih maju”.

3. Pak Alfred 

“Saya Alfred, Program Officer dari Yayasan Bambu Lestari (YBL) yang berkantor di Flores. Saya yang selama ini bersama-sama dengan KEHATI dan Krealogi memberikan pelatihan untuk mama-mama di kelompok Subinana. Pelatihan yang diberikan kali ini meliputi teknis produk dan akses ke pasar sangat berguna bagi kelompok Subinana. Dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan dasar yang sudah dimiliki oleh mereka dapat digabungkan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh DuAnyam”.

Upaya ini mendukung misi dari Krealogi untuk mengembangkan rantai pasok kerajinan tangan yang selama ini sudah dijalankan. Krealogi yang diluncurkan oleh DuAnyam memiliki fokus dan tujuan untuk membangin sistem atau standar rantai pasok produk kerajinan dari daerah-daerah grassroot di seluruh Indonesia seperti Flores, Papua, NTT, dan Kalimantan. Selain itu, melalui pelatihan ini Krealogi membimbing perajin kriya untuk melakukan digitalisasi usahanya dengan memanfaatkan aplikasi dari Krealogi.

Itulah beberapa cerita dan pengalaman peserta pelatihan Krealogi. Baca lebih lanjut mengenai program pelatihan dan artikel lainnya dari Krealogi di sini.

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 29 January 2022

Bagaimana Krealogi Membantu UMKM?

Bagaimana Krealogi dapat membantu UMKM? – Krealogi merupakan sebuah aplikasi yang membantu UMKM untuk mempertajam kemampuan pengelolaan bisnisnya. Hadir dengan berbagai fitur pencatatan pesanan, penyusunan rencana produksi, pencatatan transaksi, manajemen gudang, hingga laporan usaha, Krealogi merupakan paket lengkap untuk mewujudkan perkembangan usaha secara praktis dan akurat. Terlebih, semua hal tersebut bisa didapatkan oleh para pelaku UMKM secara gratis. 

Lalu, bagaimana Krealogi membantu UMKM? Apa saja kelebihan dan fitur yang ditawarkan oleh Krealogi? 

Bagi para pengusaha kerajinan misalnya, Krealogi memungkinkan untuk melakukan perencanaan dan pemantauan proses produksi agar padatnya jadwal produksi dapat diatasi dengan mudah. Bagi pengusaha makanan yang memiliki pengeluaran setiap hari, Krealogi hadir dengan fitur pencatatan yang sangat membantu. 

Apakah kamu seorang pemilik online shop? Tenang, Krealogi akan menjadi asistenmu. Kamu bisa lebih mudah melakukan pencatatan pesanan, mencetak dokumen seperti invoice, label pengiriman, dan surat jalan cukup dengan satu klik di satu aplikasi yang sama. 

Penasaran untuk detail fitur yang lebih lengkap? Yuk, simak informasi berikut! 

1. Fitur Catat Pesanan 

FItur ini berfungsi untuk mencatat dan memproses pesanan yang kamu terima. Buat jadwal pengiriman dan proses pembayaran lebih mudah dengan data yang terintegrasi. Cetak dokumen transaksi dengan satu kali klik. Dengan mencatat pesanan, kamu dapat memastikan pengiriman berjalan sesuai rencana dan tepat waktu. 

Fitur Catat Pesanan akan memudahkanmu dalam merekap pesanan masuk, mempersiapkan pengiriman dan memproses pembayaran. Dengan fitur Catat Pesanan kamu bisa dengan mudah membuat: 

  1. Daftar pesanan masuk 
  1. Jadwal kirim dan status pembayaran untuk setiap pesanan 
  1. Unduh dan cetak label pengiriman, invoice dan surat jalan 
  1. Pendapatan dari pesanan yang selesai akan otomatis terekam di pemasukan 

2. Buat Rencana Produksi 

Dengan fitur ini kamu bisa menyusun jadwal dan memantau perkembangan rencana produksi dengan lebih mudah, rapi dan akurat. Dengan menjadwalkan rencana produksi, kamu dapat memastikan proses produksi berjalan dengan maksimal dan tepat waktu. Rencana produksi dapat dibuat untuk memenuhi pesanan dari pelanggan atau menambah stok barang yang kamu miliki. 

Fitur Rencana Produksi bisa kamu gunakan untuk mencatat jadwal produksi dan pengecekan kualitas untuk setiap jenis produk yang kamu produksi. Apa saja yang ada di fitur Rencana Produksi? 

  1. Buat Rencana Produksi dengan target selesai 
  1. Jadwal mulai produksi dan pengecekan kualitas 
  1. Pencatatan perkembangan produksi dan pengecekan 
  1. Produk yang selesai diproduksi akan langsung tersimpan di Gudang 

3. Catat Transaksi 

Tampilan yang simple dan alur yang ringkas akan memudahkan dalam proses pencatatan transaksi. Dengan memiliki catatan transaksi, kamu dapat memantau semua jenis transaksi pemasukan ataupun pengeluaran. Fitur ini juga akan memudahkanmu dalam mengevaluasi pengeluaran. Apa saja yang dapat kamu temukan dalam fitur Catat Transaksi? 

  1. Daftar transaksi yang mudah diakses 
  1. Alur pencatatan yang mudah 
  1. Data yang terintegrasi sehingga laporan lebih akurat 
  1. Unduh laporan dengan mudah 

4. Manajemen Gudang

Dari sini kamu bisa memantau dan mengelola ketersediaan produk, inventaris, dan bahan baku dengan data yang terintegrasi. Daftar produk akan otomatis ditambahkan dan diintegrasikan dengan data produk yang sudah selesai di produksi di fitur Rencana Produksi. Fitur Manajemen Gudang dari Krealogi memudahkanmu dalam memantau ketersediaan produk yang kamu miliki, sehingga ketika mendapat pesanan, kamu selalu siap untuk memenuhinya. Apa saja yang dapat kamu temukan di fitur manajemen gudang? 

  1. Daftar produk sesuai jenis 
  1. Pencatatan produk yang mudah 
  1. Detail setiap produk yang terperinci 

5. Laporan Usaha 

Dengan fitur Laporan Usaha, kamu bisa memantau perkembangan usaha, mulai dari arus keuangan, kemampuan memenuhi pesanan hingga tingkat produktivitas usahamu. Tampilan laporan yang mudah dibaca melalui diagram dan tabel, membantumu lebih mudah mengevaluasi kinerja usaha. Dengan data yang terintegrasi dengan fitur terkait, membuat laporan yang ditampilkan lebih akurat dan lengkap. Tampilan data yang mudah dibaca memudahkanmu menjalankan evaluasi untuk peningkatan usaha. Apa saja yang ada di fitur Laporan Usaha:

  1. Performa usaha dapat terpantau setiap waktu 
  1. Akses laporan laba rugi dengan mudah 
  1. Evaluasi kinerja usaha dengan ringkasan pemasukan dan pengeluaran 

Semua kemudahan tersebut bisa kamu dapatkan cukup di satu aplikasi. Penasaran dengan aplikasi Krealogi? Kamu bisa download aplikasinya di sini!

Baca juga:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 28 January 2022

Kelebihan Pencatatan Transaksi secara Digital untuk UMKM

Kelebihan Pencatatan Transaksi secara Digital – Tahun 2022 memberikan harapan baru bagi perekonomian Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya usaha baru yang bermunculan di awal tahun ini. Hal ini dapat disebabkan oleh banyaknya anggota masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena pandemi, maupun yang memang memilih untuk berbisnis di tahun 2022.

Namun, masih banyak pelaku usaha yang mungkin merupakan pemula atau pertama kali berbisnis, yang melupakan beberapa aspek penting dalam kelayakan bisnis, khususnya masalah pencatatan transaksi keuangan. Padahal, terlepas dari besar-kecilnya skala usaha, pencatatan keuangan yang lengkap dan rinci merupakan aspek yang cukup penting dan harus dimiliki sebuah perusahaan.

Table of Content: 

Mengapa Perlu Mencatat Transaksi Keuangan Perusahaan?

Kelebihan Pencatatan Transaksi Secara Digital

Memilih Aplikasi Pencatatan Transaksi Terbaik

Mengapa Perlu Mencatat Transaksi Keuangan?

Bisnis seperti warung, kedai kecil, salon, cuci sepatu, atau bisnis apapun, memerlukan pencatatan keuangan yang layak. Hal ini diperlukan agar pelaku usaha dapat memantau keadaan keuangan melalui pencatatan yang kemudian dapat disusun menjadi pelaporan keuangan.

Dengan pencatatan yang jelas, semua pemasukan dan pengeluaran akan terlacak dengan jelas. Tidak akan ada kejadian uang yang hilang entah ke mana dan untuk apa. Tidak terkecuali untuk UMKM, baik yang memiliki sistem penjualan secara offline maupun online, pencatatan transaksi merupakan hal yang esensial.

Pencatatan keuangan sehari-hari merupakan hal yang sederhana, namun dapat membawa manfaat besar untuk jangka waktu panjang. Perusahaan dengan pencatatan keuangan yang lengkap dan akurat akan memiliki kelebihan dalam aspek evaluasi dan pemantauan.

Kelebihan Pencatatan Transaksi Secara Digital 

1. Dapat digunakan untuk perencanaan usaha

apa pentingnya perencanaan produksi
freepik.com

Alasan pertama pentingnya UMKM memiliki pencatatan keuangan secara digital adalah laporan yang dihasilkan dari pencatatan yang lengkap dan akurat dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan perencanaan usaha. Dengan mencatat secara digital, kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk membuat laporan keuangan sewaktu-waktu atau sesuai periode yang kamu ingingkan. 

Selain itu, melalui laporan keuangan tersebut, kamu bisa mengevaluasi keseluruahan biaya produksi, biaya operasional, biaya transportasi, dan biaya lain-lain. Sehingga, kamu bisa evaluasi dan lakukan perbaikan atau penyesuaian untuk produksi selanjutnya. 

Dapat disimpulkan bahwa pencatatan dan pelaporan keuangan secara digital yang rapi dapat membantu pelaku usaha untuk mengevaluasi dan melakukan perencanaan ke depan mengenai arah jalannya bisnis. Selain rencana produksi, pelaku usaha juga bisa merencanakan berbagai strategi pemasaran untuk dapat meningkatkan penjualan. 

2. Memantau posisi keuangan perusahaan

meningkatkan volume penjualan produk
freepik.com

Usaha yang bergerak dalam bidang retail memiliki banyak macam produk dengan pergerakan barang dan uang yang sangat cepat. Seringkali, pemilik usaha tidak mengetahui bagaimana kondisi dan posisi keuangannya karena banyaknya transaksi tidak disertai dengan pencatatan yang lengkap. Terkadang pemiliki usaha UMKM tidak mengetahui apakah keuangan mereka sedang berada di posisi laba atau rugi. 

Jika pemiliki usaha mulai melakukan pencatatan transaksi secara digital yang mudah dan cepat, maka transaksi sekecil apapun akan terekam secara otomatis. Sehingga, pemilik usaha mengetahui posisi keuangan perusahaan yang sesungguhnya tanpa mengandalkan ingatan atau perkiraan. 

Di akhir periode atau pada waktu yang sudah ditentukan, pengusaha UMKM dapat mengunduh laporan keuangan secara digital yang telah tertata dengan rapi. Dari sana, mereka dapat melihat dan mengevaluasi posisi keuangan perusahaan. 

3. Mengetahui keseluruhan jumlah transaksi

strategi meluncurkan produk baru
freepik.com

Setiap usaha yang menjual barang maupun jasa, pasti memiliki transaksi untuk mendapatkan pemasukan. Volume transaksi dari setiap perusahaan juga berbeda-beda, tergantung dari jenis usaha dan juga skalanya. Dengan pencatatan secara digital, pelaku UMKM dapat mengetahui secar pasti berapa transaksi yang sudah terjadi dalam periode waktu tertentu.

Di akhir periode, pelaku usaha dapat kembali dan mencocokkan data dengan keseluruhan jumlah transaksi yang sudah terekam. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya ketidaksesuaian atau selisih akibat kesalahan atau kelalaian yang terjadi. 

4. Kepentingan pajak

Sebagai warga negara dan pelaku usaha yang baik, membayar pajak adalah sebuah kewajiban. Perusahaan tanpa pencatatan yang jelas akan kebingungan saat harus memperkirakan besaran pajak yang harus dibayarkan. 

Dengan pencatatan transaksi secara digital, besaran pajak yang harus dibayarkan dapat dengan mudah diketahui. Hal ini tentunya sangat membantu pelaku usaha dalam menyelesaikan urusan perpajakan. 

5. Informasi dan dasar keputusan manajemen 

Kelebihan pencatatan transaksi secara digital yang selanjutnya adalah kemudahan manajemen untuk memperoleh informasi dan membuat keputusan manajerial. Pencatatan yang akurat dan lengkap merupakan sumber informasi yang kredibel bagi manajemen. 

Informasi yang didapatkan dari pencatatan digital tersebut kemudian dapat digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. UMKM juga perlu melakukan evaluasi terhadap keseluruhan kinerja dan keuangan perusahaan, agar dapat menjadi semakin baik dan berkembang. 

Hasil pencatatan tersebut juga bisa digunakan pemilik UMKM untuk menentukan apakah strategi pemasaran yang digunakan selama ini akan dipertahankan, ditingkatkan, atau diubah secara total. Keberhasilan strategi dapat dilihat dari pelaporan di akhir periode yang merupakan hasil pencatatan transaksi secara berkala. 

Memilih Aplikasi Pencatatan Transaksi Terbaik

Adanya perkembangan teknologi internet dan aplikasi harus dimanfaatkan oleh pelaku bisnis UMKM. Namun, pelaku usaha juga harus dapat menentukan dengan tepat aplikasi apa yang akan digunakan untuk menunjang keseluruhan operasional usahanya. 

Sebagai contoh nyata, Krealogi hadir sebagai sahabat bisnis kamu. Dengan adanya fitur pencatatan transaksi secara digital, Krealogi akan membantu kamu dalam menghindari terjadinya hal-hal yang sudah kita bahas di atas. Aplikasi Krealogi cocok bagi pelaku usaha UMKM yang ingin mencapai tingkat pengelolaan usaha yang lebih baik. 

Kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi Krealogi? Download aplikasinya di sini!

Baca juga:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 27 January 2022

Membuat Laporan Usaha Digital

Membuat Laporan Usaha Digital – Banyak sekali pelaku UMKM yang melupakan beberapa aspek penting dalam kelayakan bisnis, khususnya masalah pencatatan dan pelaporan usaha. Terlepas dari besar-kecilnya skala sebuah perusahaan, pelaporan keuangan detil dan akurat merupakan aspek yang sangat penting dalam jalannya suatu usaha atau bisnis.

Content: 

Mengapa Perlu Membuat Laporan Usaha Digital? 

Kelebihan Membuat Laporan Usaha Secara Digital 

Memilih Aplikasi Untuk Membuat Laporan Usaha Digital 

Mengapa Perlu Membuat Laporan Usaha Digital?

Berbagai jenis usaha yang bergerak dalam bidang apapun memerlukan laporan keuangan sebagai salah satu aspek kelayakan bisnis. Pelaporan keuangan yang baik berasal dari pencatatan keuangan yang juga lengkap. Laporan keuangan akan sangat diperlukan bagi pelaku usaha untuk dapat memantau keadaan keuangan melalui hasil pencatatan transaksi keuangan. 

Diawali dengan pencatatan transaksi yang jelas, semua pemasukan dan pengeluaran akan terlacak dengan jelas. Usaha dengan jenis apapun, baik yang memiliki sistem penjualan secara offline maupun online, pencatatan transaksi merupakan hal yang esensial. Pencatatan transaksi secara digital yang sudah terlebih dahulu dilakukan akan membantu dalam proses pembuatan laporan keuangannya. 

Pencatatan keuangan sehari-hari merupakan hal yang sederhana, namun dapat membawa manfaat besar untuk jangka waktu panjang. Perusahaan dengan pencatatan keuangan yang lengkap dan akurat akan memiliki kelebihan dalam aspek evaluasi dan pemantauan. 

Kelebihan Membuat Laporan Usaha Digital 

1. Sebagai sumber informasi dan dasar keputusan manajemen 

Kelebihan pencatatan transaksi dan pelaporan keuangan yang dilakukan secara digital adalah kemudahannya bagi pihak manajemen untuk memperoleh informasi dan membuat keputusan manajerial. Pencatatan yang akurat dan lengkap merupakan sumber informasi yang kredibel bagi manajemen. 

Informasi yang didapatkan dari laporan keuangan digital tersebut kemudian dapat digunakan sebagai dasar evaluasi untuk kemudian dilakukan pengambilan keputusan. Bukan hanya perusahaan dengan skala besar, UMKM juga perlu melakukan evaluasi kinerja perusahaan agar dapat menjadi semakin baik dan berkembang. 

Hasil evaluasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh pemilik UMKM untuk menentukan apakah strategi pemasaran yang selama ini digunakan efeketif atau tidak. Sehingga perlu untuk dipertahankan, ditingkatkan, atau disusun rencana dan strategi yang baru. 

Baca juga: Strategi Pemasaran 4P bagi UMKM

2. Mengetahui posisi keuangan perusahaan 

Banyak pemilik usaha yang hanya mengandalkan ingatan dan pencatatan yang seadanya, sehingga tidak mengetahui bagaimana kondisi dan posisi keuangan perusahaan yang sesungguhnya. Akibat banyaknya porsi pekerjaan yang harus dilakukan, pemilik UMKM tidak mengetahui apakah posisi keuangan perusahaan sedang laba atau rugi. 

Jika pemiliki usaha memulai adanya pencatatan transaksi secara digital yang dapat dengan mudah dilakukan, maka transaksi sekecil apapun akan terekam secara otomatis. Sehingga, pemilik usaha dapat dengan mudah juga melacak posisi keuangan perusahaan. 

Di akhir periode atau pada waktu yang sudah ditentukan, pengusaha UMKM dapat dengan mengunduh laporan keuangan secara digital yang telah tertata dengan rapi. Dari sana, mereka dapat melihat dan mengevaluasi posisi keuangan perusahaan. 

3. Kemudahan penghitungan besaran pajak 

Sebagai WNI dan juga sebagai pelaku usaha yang baik, membayar pajak adalah kewajiban. Perusahaan yang tidak memiliki laporan keuangan yang jelas akan kebingungan saat tiba saatnya untuk melakukan penghitungan besaran pajak yang harus dibayarkan. Dengan ada pelaporan keuangan digital, besaran pajak yang harus dibayarkan dapat dengan mudah diperkirakan. 

Memilih Aplikasi untuk Membuat Laporan Keuangan Digital 

Di tengah perkembangan teknologi aplikasi yang sangat pesat, pelaku usaha juga harus mampu menentukan aplikasi yang tepat untuk menunjang berbagai aspek dalam usahanya. 

Sebagai sahabat digital untuk berbisnis, Krealogi hadir dengan adanya fitur-fitur: pencatatan pesanan, pencatatan transaksi, pelaporan keuangan, pengelolaan gudang yang sangat mudah untuk diakses secara digital. Krealogi adalah pilihan yang sangat ramah bagi UMKM. Aplikasi Krealogi sangat cocok bagi pelaku usaha UMKM yang ingin mencapai tingkat pengelolaan usaha yang lebih baik. 

Tertarik untuk menggunakan aplikasi Krealogi? Download aplikasinya di sini!

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 27 January 2022

Apa Itu SOP Perusahaan?

 

Apa itu SOP Perusahaan? – Setiap badan usaha apapun jenisnya, pasti memiliki SOP (Standard Operating Procedure) yang membantu mengatur kelancaran kegiatan operasional. Istilah ini juga tidak asing bagi setiap pekerja maupun wirausahawan. SOP adalah sistem pengaturan atau prosedur yang penting dalam sebuah organisasi yang memiliki struktur.

Table of Content: 

Apa Itu SOP?

Mengapa Harus Punya SOP?

Manfaat SOP Terhadap Perusahaan

  1. Meningkatan dan Mempertahankan Reputasi Perusahaan 
  1. Meningkatkan Akuntabilitas Perusahaan 
  1. Mempermudah Pengawasan 
  1. Menciptakan Karakter Perusahaan yang Baik 
  1. Menjadi Dasar Hukum yang Jelas 

Apa itu SOP? 

Sebenarnya apa itu SOP perusahaan? SOP merupakan singkatan dari Standard Operation Procedure. Berikut ini, Krealogi sajikan beberapa pengertian SOP menurut beberapa ahli: 

Menurut Tjipto Atmoko (2011), SOP adalah suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja bagi instansi maupun non-pemerintah, usaha maupun non-usaha, berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif, dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan. 

Pengertian SOP menurut Sailendra (2015), SOP adalah sebuah panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional sebuah organisasi atau perusahaan dapat berjalan dengan lancar. 

Sedangkan, menurut Insasi (2010), SOP merupakan sebuah dokumen yang berisikan serangkaian instruksi tertulis mengenai berbagai proses penyelenggaran administrasi perkantoran, yang isinya: cara melakukan pekerjaan, tempat penyelenggaran, dan aktor yang berperan dalam kegiatan tersebut. 

Dari beberapa pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa SOP merupakan hal yang penting bagi perusahaan yang menaungi berbagai aspek dalam perusahaan seperti: manajemen, keuangan, teknis dan operasional, legal, dan lain-lain. 

Baca juga: Manfaat Pembukuan bagi Usahamu!

Mengapa Harus Punya SOP?

Workers considering the term of the agreement Free Photo
freepik.com

Perusahaan yang memiliki SOP memiliki sistem yang terorganisasi dengan baik. Para pekerja mengerti dan wajib melakukan pekerjaannya sesuai dengan peraturan yang telah disusun. SOP juga merupakan standar minimum yang ditentukan bagi produk barang atau jasa sebuah perusahaan.

Biasanya, semakin besar skala sebuah perusahaan, maka SOP yang dimiliki juga semakin rinci dan ketat. Hal ini dilakukan agar seluruh kegiatan operasional berjalan sesuai dengan standar, sehingga produk akhirnya sesuai dengan ekspektasi pelanggan yang menggunakan produk barang atau jasa tersebut. 

Sebuah perusahaan yang telah dikenal memiliki SOP yang baik akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Bahkan ketika perusahaan tersebut membuka cabang di tempat lain, konsumen tidak akan ragu karena yakin perusahaan tersebut memiliki SOP yang baik sehingga kualitas produk dan layanannya akan sama. 

Peran SOP bukan hanya mengatur apa yang terjadi dalam perusahaan: penyimpanan barang, produksi, distribusi, dll. Namun, termasuk juga dengan standar pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Jika semuanya berjalan dengan baik, maka perusahaan akan mendapatkan nilai lebih di mata konsumen. Selain itu, SOP juga bermanfaat untuk mengatasi jika terjadi permasalahan atau ketidaksesuaian. 

Untuk lebih lengkapnya, baca artikel ini pada bagian berikutnya. 

Manfaat SOP bagi Perusahaan 

1. Meningkatkan dan Mempertahankan Reputasi Perusahaan

Jika SOP benar-benar dijalankan sesuai dengan apa yang tertulis, maka kinerja perusahaan akan dinilai sangat baik oleh konsumen. Penilaian yang baik dari konsumen dapat meningkatkan kepercayaan mereka, dan memengaruhi keputusan pembelian barang atau jasa di perusahaan tersebut. 

Terlebih, jika perusahaan dikenal memiliki nama baik, banyak masyarakat yang ingin bergabung menjadi bagian dari perusahaan. Dari kacamata investor, perusahaan yang dinilai baik akan memiliki kemungkinan untuk mendapatkan lebih banyak investor. 

Dengan nama baik yang ada, perusahaan juga lebih mudah jika ingin mengadakan kerjasama dengan pihak lain. Hal itu bisa terjadi akibat adanya kepercayaan karena nama baik yang dimiliki oleh perusahaan. Kerjasama dengan pihak lain membuka peluang bagi perusahaan untuk terus berkembang dan mengambil kesempatan baru. 

2. Meningkatkan Efektivitas Sumber Daya Manusia

SOP membantu perusahaan dalam menentukan pekerjaan apa yang harus dilakukan. Pekerja juga terbantu dengan adanya daftar yang rinci dan terstruktur mengenai setiap pekerjaan yang harus dilakukan. Hal ini penting agar pekerja tidak mengerjakan hal yang di luar tanggungjawabnya.

Selain itu, SOP juga harus bisa mengatur apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada saat jam kerja. Sehingga, di saat jam kerja semua pekerja dapat memanfaatkan waktu dengan lebih efektif. SOP juga membantu pekerja baru untuk mengenali proses dan standar pekerjaan di sebuah perusahaan. Proses transfer ilmu kepada pekerja baru menjadi lebih mudah dan singkat.

3. Mempermudah Pengawasan 

SOP juga dapat membantu fungsi manajerial atau kepala divisi dalam mengontrol keseluruhan kinerja. Jika terjadi kesalahan atau sesuatu yang tidak sesuai, maka perusahaan dapat dengan mudah mencari titik yang harus diperbaiki. Mengapa? Karena setiap bagian telah dibagi dan diatur tanggungjawabnya masing-masing dalam urutan rantai produksi. Selain itu, manajer juga dapat dengan lebih mudah mengukur apakah kinerja sudah sesuai dengan yang tertulis di SOP.

4. Menciptakan Karakter Perusahaan yang Baik

Karakter atau ciri khusus dari sebuah perusahaan akan memberikan kesan bagi konsumen yang menggunakan produk barang atau jasanya. Maka, jika SOP berjalan dengan baik, kesan yang muncul dari konsumen juga akan baik.

Konsistensi kualitas produk dan pelayanan akan menjadi karakter dari perusahaan. Hal tersebut memiliki nilai lebih di mata konsumen. Tanpa SOP, konsistensi dari perusahaan akan terganggu, dan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mengecewakan konsumen. 

5. Menjadi Dasar Hukum yang Jelas

Adanya SOP secara tidak langsung dapat menjadi perjanjian tertulis antara perusahaan, pekerja, maupun pihak esksternal lainnya. Jika dalam proses dinamika terjadi ketidaksesuaian dengan SOP, maka perusahaan berhak untuk melakukan tindak lanjut. Biasanya, perusahaan akan memberikan SP atau Surat Peringatan, atau bahkan menuntut secara hukum jika memang cukup serius dan ada hukum yang berlaku. 

Beberapa informasi di atas mengenai apa itu SOP perusahaan dapat menjadi bekal pengetahuan bagi pelaku usaha yang hendak menyusun SOP untuk perusahaannya. Jika kamu suka tips bisnis dan informasi lainnya dari Krealogi, kamu bisa klik di sini

Baca juga

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 24 January 2022

Mengelola Keuangan Usaha Skala Kecil: Terapkan 7 Hal Ini!

Mengelola Keuangan Usaha Skala Kecil – Pengelolaan keuangan bukan hanya untuk usaha dengan skala besar. Upaya pelaku usaha kecil dan menengah untuk menata keuangan dapat membuka peluang bagi usaha agar semakin sukses. Terlebih, sejak adanya pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang memutuskan untuk mendirikan usaha atau bisnis dengan skala yang kecil. Namun tidak semua dari mereka dapat berkembang atau berhasil. Ada berbagai macam faktor yang mempengaruhi, namun dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai peran pengelolaan keuangan.

Content: 

Mengelola Keuangan Usaha Skala Kecil dan Menengah 

  1. Pisahkan Keuangan Pribadi dengan Keuangan Usaha 
  1. Melakukan Perencanaan dan Anggaran 
  1. Membuat Pencatatan Keuangan 
  1. Mengawasi Cashflow atau Arus Kas 
  1. Putar Laba untuk Mengembangkan Usaha 
  1. Siapkan Dana Darurat Perusahaan 
  1. Manfaatkan Teknologi 

Mengelola Keuangan Usaha Skala Kecil 

Salah satu faktor penting dalam kesuksesan sebuah usaha atau bisnis adalah pengelolaannya. Usaha atau bisnis yang dikelola dengan baik akan berjalan dengan lancar, dan bahkan berkembang. Demikian juga dengan hal sebaliknya, tanpa ada upaya pengelolaan yang baik, bisnis menjadi stagnan dan bahkan gagal. Ada berbagai manfaat baik jika kamu menambah ilmu dan pengetahuan mengenai bisnis sebelum terjun untuk berbisnis. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengelolaan usaha skala kecil dan menangah, terutama dalam pengelolaan keuangan. 

Berikut adalah beberapa hal yang patut diperhatikan dalam mengelola keuangan usaha dengan skala kecil atau menengah:

1. Pisahkan Keuangan Pribadi dengan Keuangan Usaha 

Hal yang sangat penting untuk dipahami dan dilakukan adalah untuk memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha. Sekecil apapun skala bisnismu, selalu pisahkan antara keuangan perusahana dengan keuangan pribadi. Tujuannya adalah untuk menghindari penggunaan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi, dan juga sebaliknya. 

Sebisa mungkin gunakan tempat atau rekening yang berbeda untuk uang perusahaan dan uang pribadi. Sesudah dipisahkan, kamu juga harus berkomitmen untuk tidak menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi jika memang tidak terlalu mendesak. 

2. Melakukan Perencanaan dan Anggaran 

Selanjutya, perlunya membuat perencanaan atau anggaran keuangan. Kamu perlu menyusun perencanaan dan anggaran agar pengeluaran perusahaan tidak membengkak. Anggaran dan perencanaan untuk usaha skala kecil dan menengah dapat disusun setiap satu bulan atau bahkan setiap minggu. Membuat anggaran juga akan membantu usahamu untuk mengelola pemasukan dan pengeluaran agar usaha semakin berkembang. 

3. Membuat Pencatatan Keuangan 

Segala jenis transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan sebaiknya dicatat. Dengan memiliki catatan yang lengkap dan akurat, informasi tersebut dapat diolah menjadi laporan keuangan. Laporan keuangan sangat berguna sebagai sumber informasi mengenai keadaan perusahaan, dan sebagai dasar pembuatan keputusan dan perencanaan. Kamu bisa manfaatkan aplikasi manajemen usaha yang telah memiliki fitur pencatatan keuangan agar semuanya tercatat dengan lebih mudah dan rapi. 

4. Mengawasi Cashflow atau Arus Kas 

Kamu perlu mencatat semua transaksi baik pemasukan atau pengeluaran, dan kemudian menyusun laporan arus kas atau cashflow. Tujuan dari pengawasan ini adalah agar tidak terjadi kebocoran kas, atau kas yang tidak diketahui ke mana perginya. Kamu tidak perlu khawatir karena harus kerepotan mencatat dan menyimpan semua catatan transaksi, manfaatkan aplikasi dengan fitur keuangan untuk membantu kamu. 

5. Putar Laba untuk Mengembangkan Usaha 

Kesalahan yang kerap dilakukan oleh pelaku usaha dengan skala kecil atau menengah adalah mengambil semua keuntungan yang dimiliki oleh usaha untuk kepentingan pribadi. Sehingga, jumlah modal perusahaan tidak bertambah dan kesulitan untuk berkembang. 

Seharusnya, sebagian dari laba kembali diputarkan untuk menambah modal. Kesampingkan sejenak keinginan untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya untuk kepentingan pribadi. Setidaknya sisihkan 10% dari laba untuk menambah modal agar usaha kecilmu dapat terus berkembang seiring dengan waktu. 

6. Siapkan Dana Darurat Perusahaan 

Hal yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah dana darurat. Kita tidak akan pernah tahu bagaimana bisnis akan berjalan di masa depan. Dana darurat ini sebaiknya disiapkan bahkan dari awal jalannya usaha. Jumlahnya dapat bertambah seiring dengan penambahan laba perusahaan. Jangan gunakan dana ini jika semuanya masih berjalan normal dan berada di bawah kendali. 

7. Manfaatkan Teknologi 

Di era ini, kamu akan tertinggal jauh jika tidak memanfaatkan teknologi untuk kelangsungan usahamu. Dalam konteks pembahasan ini, gunakanlah teknologi yang dapat membantu kamu dalam mengelola keungan perusahaan skala kecil maupun menengah yang sedang kamu jalankan. Salah satunya adalah aplikasi Krealogi yang memiliki berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mencatatan semua transaksi keuangan. Kamu juga bisa mengunduh laporan keuangan sesuai periode yang diinginkan dengan aplikasi ini! 

Beberapa hal di atas patut untuk kamu terapkan dalam pengelolaan keuangan usahamu. Dengan perubahan-perubahan kecil, semuanya akan membawa dampak yang positif bagi bisnismu dalam jangka panjang. 

Baca juga:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 24 January 2022

Empat Aspek Penting Kesuksesan Usaha

Empat Aspek Penting Kesuksesan Usaha – Saat ini, untuk dapat berhasil dalam bisnis, ada berbagai macam hal yang perlu dikuasai oleh pelaku usaha. Bukan hanya pengetahuan mengenai produksi dan membuat konsep, pelaku usaha juga harus bisa membuat perencanaan dan sistem pengelolaan yang baik.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan ditingkatkan secara bertahap agar dapat mencapai kesuksesan dalam berbinis: 

1. Bisnis yang Terorganisasi 

Salah satu aspek penting dalam mencapai kesuksesan bisnis adalah sistem yang dapat membuat bisnis berjalan dengan teratur atau terorganisasi dengan baik. Sistem yang baik akan mempermudah segala lini untuk dapat menyelesaikan tugasnya masing-masing dengan lebih baik.

Untuk mencapai keteraturan ini, yang dapat dilakukan adalah dengan menyusun daftar pekerjaan, cara mengerjakan, dan informasi lainnya sedetil mungkin. Sistem yang baik harus dapat memastikan bahwa setiap orang tidak melupakan satu hal pun, dan menyelesaikan semua tugas yang harus diselesaikan/perlu dilakukan pada hari tersebut.

Baca juga: 8 Ide dan Peluang Bisnis di Tahun 2022

2. Catatan Keuangan yang Lengkap dan Akurat 

Hampir semua bisnis yang sukses memiliki catatan keuangan yang jelas, lengkap, dan akurat. Pencatatan ini penting untuk dilakukan. Dengan mencatat setiap transaksi yang dilakukan, di akhir kamu akan dapat melihat kondisi finansial perusahaan dan tantangan apa yang mungkin harus segera diselesaikan. Laporan keuangan tersebut dapat menjadi dasar penyusunan strategi agar dapat mengembangkan usaha menjadi lebih baik. Untuk pencatatan keuangan yang lebih baik, sekarang kamu bisa beralih ke aplikasi pencatatan keuangan yang akan membuat semuanya lebih mudah dan rapi. 

3. Mengelola Resiko dengan Baik 

Berapa banyak bisnis yang berkembang karena mereka berani untuk mengambil dan mengelola resiko untuk dapat berkembang dengan pesat. Dengan kemampuan dan pengetahuan yang baik, perusahaanmu dapat mengambil dan mengelola beberapa resiko dengan membuat inovasi dan gebrakan-gebrakan baru yang dapat mendatangkan imbalan yang luar biasa jika mampu melakukan eksekusi dengan baik. 

4. Memiliki Konsistensi 

Konsistensi adalah elemen utama dalam keberhasilan sebuah bisnis. Pemilik usaha harus dapat menjaga konsistensi di berbagai aspek dalam usaha. Mulai dari kualitas produk, kualitas pelayanan, dan juga ketepatan waktu dalam menyelesaikan pesanan dari pelanggan akan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. 

Pelanggan yang puas cenderung akan melakukan pembelian berulang. Konsistensi jika dapat terus terjaga sampai jangka waktu yang cukup panjang akan membuat bisnismu semakin berkembang dan sukses. Hal tersebut dapat kamu kontrol dengan adanya standar tertentu, seperti SOP misalnya.

Baca juga: Apa itu SOP?

Itulah beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam upaya mencapai bisnis yang sukses. Membangun bisnis bukanlah hanya produksi dan penjualan, namun juga konsistensi dan pengelolaan yang baik. Pengelolaan yang baik sangatlah penting untuk menunjang dan mempertahankan jalannya bisnismu yang terus berkembang. 

Itulah empat aspek penting dalam kesuksesan usaha yang bisa coba kamu wujudkan. Ingin lebih gampang berbisnis? Download dan gunakan fitu-fitur dari aplikasi Krealogi!

Baca juga

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 24 January 2022

Strategi Pemasaran 4P untuk UMKM

Strategi pemasaran 4P untuk UMKM – Pemasaran tidak hanya diperuntukkan bagi perusahaan berskala besar. Usaha dengan skala kecil dan menengah juga akan menjadi semakin baik jika memiliki strategi pemasaran. Salah satu contohnya adalah strategi pemasaran 4P atau 4P marketing mix. Sesuai dengan namanya, strategi ini memiliki 4 elemen penting yang menjadi pusat perhatian. Lalu apa saja elemen yang ada di dalamnya? Yuk, simak lebih lanjut artikel ini. 

Content: 

Apa itu Strategi Pemasaran 4P atau Marketing Mix

Elemen dalam Strategi Pemasaran 4p 

  1. Product (produk) 
  1. Price (harga) 
  1. Place (tempat) 
  1. Promotion (promosi) 

Apa itu Strategi Pemasaran 4P atau Marketing Mix 

Tujuan utama dari marketing adalah untuk memperkenalkan dan menjual produk barang atau jasa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan kepada masyarakat luas. Pemasaran merupakan aktivitas yang penting untuk memastikan produk yang telat dibuat dapat terjual dan memberikan keuntungan bagi perusahaan. 

Ada berbagai strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh pelaku usaha. Salah satunya adalah strategi pemasaran 4P atau 4P marketing mix. Hal ini dapat dijadikan pedoman dasar dalam memulai sebuah bisnis, terlepas dari kecil atau besarnya skala usaha. Strategi ini memang bukan merupakan strategi terbaru dan terbaik. Namun, seiring berjalannya waktu, strategi pemasaran 4P terbukti tetap relevan dan dapat diaplikasikan. 

Strategi Pemasaran 4P merupakan kumpulan instrumen pemasaran yang terdiri dari: 

  1. Product (produk) 
  1. Price (harga) 
  1. Place (tempat) 
  1. Promotion (promosi) 

Keempat elemen ini harus dipikirkan dengan matang agar dapat diterima dengan baik oleh pasar. Bagaimana penjelasan dan aplikasi dari masing-masing elemen ini? Baca bagian berikutnya untuk informasi yang lebih jelas. 

Elemen dalam Strategi Pemasaran 4P 

Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing elemen dalam strategi pemasaran 4P untuk UMKM: 

1. Product (produk)

Apakah kamu pernah bingung mengenai produk apa yang harus dijual? Ketika produk sudah ditentukan, bagaimana strategi untuk memasarkannya? Baik sudah memiliki produk atau belum, keduanya masih tetap dapat diolah dan dimaksimalkan. 

Produk yang sudah ada dapat ditingkatkan dan disempurnakan dengan adanya timbal balik berupa kritik atau saran dari konsumen. Tren dan kebutuhan masyarakat yang baru juga bisa dijadikan dasar dalam membuat inovasi produk. 

Selain itu, pastikan kualitas dari produk yang kamu ciptakan tetap terjaga dan konsisten. Kualitas produk dan jasa yang konsisten akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sebaliknya, kualitas produk dan jasa yang buruk berpotensi menimbulkan kerugian bagi usahamu. 

Dalam menentukan strategi untuk ‘P’ yang pertama (produk), ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan: 

  1. Apa yang dibutuhkan oleh masyarakat? 
  1. Apakah produkmu bisa memenuhi kebutuhan tersebut?] 
  1. Fitur dan manfaat apa yang bisa diberikan produkmu? 
  1. Seperti apa produknya (bentuk, warna, ukuran, kemasan)? 
  1. Apakah produk mudah dijangkau dan digunakan oleh konsumen? 
  1. Apa yang membedakan produkmu dengan produk serupa? 

2. Price (harga) 

Elemen selanjutnya dalam strategi pemasaran 4P adalah Price atau harga. Harga merupakan faktor yang cukup penting dalam bisnis. Tingkat harga merupakan sensitif bagi konsumen. Artinya, harga seringkali dijadikan faktor untuk membedakan produkmu dengan produk lainnya. Maka, pastikan kamu menentukan harga yang tepat untuk produkmu. 

Lalu bagaimana strategi yang tepat untuk menentukan harga? Sebaiknya, kamu mulai dengan menghitung HPP (harga pokok produksi). Dari situ kemudian dapat ditentukan besaran keuntungan yang diinginkan untuk setiap produk yang terjual. 

Dalam menentukan elemen Price atau harga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: 

  1. Berapa nilai produk atau jasa dari segi konsumen? 
  1. Berapa harga rata-rata produk serupa yang ada di pasaran? 
  1. Apakah harga yang di atas/bawah dari rata-rata tersebut memberikan sebuah keunggulan dibanding produk kompetitor? 
  1. Apakah memungkinkan untuk dilakukan promosi dengan diskon? Berapa besarannya? 

3. Place (tempat) 

Dalam strategi pemasaran 4P, Place atau tempat juga ternyata menjadi elemen yang perlu dipertimbangkan dalam pemasaran. Elemen ini menentukan di mana tempat yang memungkinkan konsumen untuk dapat menjangkau produk. 

Pastikan kamu memilih tempat yang strategis dan sesuai dengan usaha yang kamu jalankan. Di era ini, tidak jarang konsumen yang tertarik untuk melakukan datang dan melakukan pembelian karena terlebih dahulu tertarik dengan tempatnya. 

Tempat yang baik tidak harus bagus, namun sesuai dengan pemanfaatan dan targetnya. Sebagai contoh: jika kamu membuka jasa reparasi sepatu dan peralatan olahraga, maka tempat yang paling tepat adalah di sekitar arena atau gelanggang olahraga. Kemungkinan untuk menjaring konsumen akan lebih besar jika dibandingkan dengan keputusanmu untuk membuka usaha di area yang dekat dengan taman rekreasi atau pantai meskipun sama-sama ramai. 

Sehingga, jika disimpulkan ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dalam menentukan Place (tempat)

  1. Di mana biasanya konsumen akan mencari produk atau layanan ini? 
  1. Seperti apa tempatnya (pasar, mall, atau secara online?) 
  1. Apakah tempat tersebut memudahkan distribusi produk? 
  1. Potensi dan masalah apa yang dapat terjadi di tempat tersebut? Bagaimana mengatasinya? 

4. Promotion (promosi) 

Promosi merupakan elemen yang memiliki pengaruh besar dalam pemasaran. Promosi yang berhasil dapat meningkatkan penjualan produk barang maupun jasa secara signifikan. Kegiatan promosi sangat mudah dilakukan dengan adanya perkembangan internet dan media sosial. Kamu bisa menjangkau lebih banyak orang dengan waktu dan biaya yang minimal dengan media sosial. 

Dalam menyusun rencana promosi, perhatikan beberapa hal berikut: 

  1. Saluran apa yang paling efektif untuk digunakan? 
  1. Apakah ingin menggunakan bantuan media iklan berbayar? Berapa anggarannya? 
  1. Momentum apa yang cocok untuk kegiatan promosi? 
  1. Bagaimana proses perencanaan dan eksekusi penyampaian pesan promosi? 

Strategi ini cukup sederhana dan efektif untuk diterapkan di usaha dengan berbagai skala. Dengan memanfaatkan 4 komponen tersebut, usahamu akan memiliki arah dan prioritas yang lebih baik. 

Klik di sini untuk mendapatkan aplikasi Krealogi yang akan menjadi sahabat digital untuk pengelolaan bisnis Anda!

Baca juga:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 20 January 2022

Strategi UMKM di Masa Pandemi

Strategi UMKM di Masa Pandemi – Sudah hampir selama 2 tahun ekonomi Indonesia mengalami masa yang cukup sulit akibat pandemi Covid-19. Tahun 2022 memberikan harapan baru bagi perekonomian negara, terutama bagi UMKM yang memiliki pengaruh besar. Kebangkitan UMKM juga mendongkrak ekonomi negara, dan hal ini sudah mulai terasa sejak akhir tahun 2021. 

UMKM merupakan sektor yang rawan terkena dampak dari terjadinya krisis. Maka, sejak tahun 2019, UMKM merasakan dampak secara ekonomi yang cukup berarti. Menurunnya volume penjualan tidak bisa dihindari, dan bahkan banyak usaha yang terpaksa harus tumbang. Hal-hal yang menjadi penyebabnya adalah kesulitan mobilitas masyarakat dan juga kurangnya kemampuan adaptasi dan adopsi teknologi dari sisi UMKM. 

Adaptasi Teknologi 

Di tahun 2022, UMKM yang dapat bertahan adalah mereka yang memiliki literasi dan kemampuan untuk melakukan adaptasi teknologi. Maka, UMKM yang belum melakukan adaptasi teknologi diharapkan bisa memanfaatkan momentum ini. Diperlukan serangkaian strategi UMKM di masa pandemi untuk dapat bertahan, dan bahkan berkembang. Digitalisasi adalah strategi utama bagi UMKM untuk dapat bertahan dan berkembang untuk beberapa waktu ke depan. 

Menurut data dari [KEMENKOPUKM], pemerintah menargetkan pada tahun 2024, Indonesia memiliki sebanyak 30 juta UMKM yang sudah melakukan digitalisasi. Upaya tersebut didukung dengan beberapa program pelatihan. 

Sebagai salah satu contohnya, Krealogi hadir dengan aplikasi berbasis digital yang memungkinkan para pelaku usaha untuk melakukan digitalisasi usaha. Tidak hanya itu, Krealogi juga memfasilitasi beragam program pelatihan yang bisa diikuti untuk mengembangkan sektor UMKM. 

Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi 

Strategi berikutnya yang dapat dilakukan oleh UMKM adalah pengembangan dari segi kreativitas dan inovasi produk. Adaptasi digital yang sudah dilakukan akan jauh lebih baik jika diimbangi dengan pengembangan kreativitas dan inovasi. Kreativitas dapat menjadi bahan bakar yang sangat efektif untuk dapat menghasilkan produk-produk yang unik. 

Di tengah kompetisi yang semakin padat, maka pelaku usaha UMKM harus dapat membuat produk yang unik dan unggul. Selain keunikan, faktor yang patut diperhatikan adalah kualitas dari produk yang konsisten. 

Upayakan untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan kemampuanmu untuk dapat memanfaatkan teknologi dan mengembangkan bisnis di tahun 2022. Kamu bisa akses berbagai informasi, artikel, dan juga pelatihan dari Krealogi dengan klik di sini

Baca juga

« First ‹ Previous 1 3 4 5 6 7 8 Next › Last »
Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 17 January 2022

Pentingnya Pencatatan Pesanan bagi Usaha Kamu!

Apakah Anda pernah merasa kesulitan mengandalkan ingatan untuk memproses pesanan-pesanan dari klien? Mencatat pesanan satu-per-satu secara manual juga seringkali terasa merepotkan, terlebih dengan resiko catatan tersebut untuk hilang atau rusak. Melakukan pencatatan pesanan bisnis merupakan hal yang cukup penting agar tidak terjadi kesalahan yang fatal. Baca artikel ini untuk mengetahui pentingnya pencatatan pesanan bagi usaha kamu dan juga kemajuannya!

Kenapa Harus Mencatat Pesanan? 

Konsumen seringkali melakukan pesanan dalam jumlah yang berbeda-beda, dengan variasi produk yang beraneka ragam, dan dengan waktu yang berbeda-beda. Pencatatan secara manual seringkali tidak memiliki sistem yang memadai untuk memantau keseluruhan proses dari pesanan masuk hingga produk diterima konsumen. Padahal, penting bagi pelaku usaha untuk mengetahui, mengontrol, dan mengidentifikasi jika terjadi permasalahan di tengah proses tersebut.

Jika Anda mengalami kesulitan terkait pengelolaan pesanan dari konsumen, sudah saatnya Anda mencari hal yang baru yang lebih efektif dan efisien. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengadopsi teknologi dengan menggunakan aplikasi pencatat pesanan untuk bisnis Anda.

Aplikasi catat pesanan dapat dimanfaatkan untuk mencatat hal-hal yang berkaitan dengan data pesanan dari konsumen secara rinci dengan memanfaatkan teknologi. Kehadiran aplikasi pencatatan pensanan memungkinkan Anda untuk dengan mudah mencatat dengan rapi secara digital. Hal ini mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dan hal lainnya yang dapat mengakibatkan kerugian dari segi bisnis.

Baca juga: Manfaat Pembukuan untuk UMKM

Aplikasi Pencatatan Pesanan 

Perkembangan teknologi aplikasi telah memungkinkan kita untuk melakukan pencatat pesanan secara digital. Dengan aplikasi ini, ada sarana yang memungkinkan bisnis untuk mencatat dan mengelola pesanan dan segala penjualan secara efisien dan sistematis. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, semua data yang meliputi produk, persediaan, dan jumlah barang keluar dan masuk dapat dikelola. Selain itu, terdapat fitur pelaporan mengenai total penjualan, hingga perhitungan berbentuk laporan sederhana mengenai laba dan rugi. 

Tanpa aplikasi mencatat penjualan, Anda harus melakukan semuanya secara manual yang menyita banyak waktu dan energi. Pendataan secara manual juga lebih berisiko mengalami kesalahan yang dapat mengakibatkan kerugian. 

Catat dan proses pesanan yang kamu terima. Buat jadwal pengiriman dan proses pembayaran lebih mudah dengan data yang terintegrasi dengan Krealogi. Cetak dokumen transaksi dengan hanya satu kali klik. Dengan mencatat pesanan, Anda dapat memastikan pengiriman berjalan sesuai rencana dan juga tepat waktu. 

Bagaimana Fitur Catat Pesanan Krealogi dapat Membantu Anda?

Fitur Catat Pesanan akan memudahkanmu dalam merekap pesanan masuk, mempersiapkan pengiriman dan memproses pembayaran. Dalam fitur catat pesanan, Anda akan menjumpai: 

1. Daftar pesanan masuk 

Anda dapat mencatat seluruh pesanan yang masuk secara rinci 

2. Jadwal kirim dan status pembayaran untuk setiap pesanan 

Buat jadwal untuk pengiriman dan juga status pembayaran untuk setiap pesanan yang masuk. 

3. Unduh dan cetak label pengiriman, invoice dan surat jalan 

Anda dapat mengunduh dan mencetak label untuk pengiriman produk, berikut invoice dan surat jalannya. 

4. Pendapatan dari pesanan yang selesai akan otomatis terekam di pemasukan 

Pendapatan yang didapatkan dari pesanan akan secara otomatis terekam di bagian pemasukan keuangan. Mudah bukan? 

 

Demikian adalah pentingnya pencatatan pesanan bagi usaha untuk menghindari kesalahan dan pengelolaan yang lebih baik secara keseluruhan. Ingin segera mengelola bisnismu dengan lebih baik? Download melalui GooglePlay, dan rasakan mudahnya mengelola bisnis dengan bantuan fitur-fitur dari Krealogi.

Baca juga

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 15 January 2022

Manfaat Pembukuan Bagi UMKM?

Apa Manfaat Pembukuan bagi UMKM? – Pembukuan merupakan hal yang penting bagi perusahaan karena dapat diolah untuk memberikan informasi kepada pemilik, manajer, investor, dan pemegang saham yang berupa evaluasi menyeluruh dari keuangan perusahaan. Pembukuan dapat diolah menjadi laporan keuangan yang memberikan informasi vital yang meliputi pendapatan dan beban, laba dan rugi, aset, yang dapat dimanfaatkan untuk kontrol, pembuatan keputusan, dan perencanaan bisnis.

Manfaat Pembukuan bagi UMKM

Fungsi atau objektif utama dari pembukuan adalah untuk mencatatat keseluruhan transaksi keuangan, untuk menciptakan informasi keuangan. Namun, masih banyak pemilik usaha dengan skala yang lebih kecil umumnya, yang melupakan pencatatan dan pembukuan.

Pencatatan dan pembukuan ini nantinya dapat diteruskan sebagai laporan keuangan. Maka, sekecil apapun skala perusahaannya, pengusaha wajib mengerti dan menerapkan pencatatan dan pembukuan. Simak informasi berikut untuk mengetahui apa saja pentingnya melakukan pencatatan dan pembukuan usaha!

Table of Contents:

  1. Melacak Pemasukan dan Pengeluaran 
  1. Membantu Proses Penyusunan Anggaran 
  1. Analisis Manajemen yang Lebih Mudah 
  1. Dasar Pembuatan Keputusan 
  1. Manajemen Keuangan 
  1. Representasi Performa Bisnis
  1. Keperluan Legal dan Pajak 

1. Melacak Pemasukan dan Pengeluaran

Anda pasti menginginkan rincian yang jelas mengenai pemasukan dan pengeluaran. Hal ini menghindari terjadinya pengeluaran yang tidak diketahui rinciannya. Dalam perusahaan, angka sekecil apapun dapat diperhitungkan. Pencataan dan pembukuan yang rapi akan membantu pengusaha untuk melakukan kontrol terhadap pembelian atau pengeluaran. Anda dapat secara efisien mencatat segala jenis transaksi, baik pemasukan maupun pengeluaran dengan aplikasi Krealogi

2. Membantu Proses Penyusunan Anggaran

Ketika Anda mengetahui rincian dari segala pemasukan dan pengeluaran yang terjadi, maka hal tersebut akan membantu dalam proses penyusunan anggaran. Anggaran dapat menjadi pedoman atau arah tujuan keuangan dari bisnis Anda. Fungsi utama dari anggaran adalah untuk melakukan perencanaan dan antisipasi biaya-biaya yang tidak diduga sebelumnya. 

3. Analisis Manajemen yang Lebih Mudah

Pencatatan dan pembukuan yang rinci akan sangat membantu bagi kepentingan manajemen dan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Laporan arus kas atau cashflow juga akan lebih mudah untuk disusun dengan detail. Informasi tersebut akan menjadi dasar bagi manajemen perusahaan untuk membuat sebuah keputusan.

Baca juga: Apa Itu Cashflow? Berikut Elemen dan Cara Menyusunnya

4. Dasar Pembuatan Keputusan

Tahap ini merupakan lanjutan atau tindak lanjut dari tahap analisis perusahaan. Pencatatan dan pembukuan yang telah dilakukan dengan baik pasti akan memberikan analisis yang tepat pula. Keputusan yang baik harus didasarkan pada informasi keuangan yang lengkap dan memiliki akuntabilitas. Pembukuan yang baik dapat berfungsi sebagai representasi keadaan keuangan sebuah perusahaan. 

5. Manajemen Keuangan

Pembukuan dapat menjadi pedoman mengenai bagaimana perusahaan harus membelanjakan uangnya. Adanya pembukuan dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk mengendalikan keuangan perusahaan agar bisnis tetap berjalan dengan baik. 

6. Representasi Performa Bisnis

Menggunakan informasi dari hasil pencatatan dan pembukuan, pemilik bisnis akan lebih mudah menentukan apakah bisnis berjalan dengan baik atau sebaliknya. Pembukuan merupakan sumber yang cukup reliabel untuk mengukur performa sebuah bisnis. Performa dapat diukur dari membandingkannya dengan performa sebelumnya, atau dibandingkan dengan performa dari kompetitor.

Pencatatan keuangan dan pembukuan yang akurat diperlukan untuk beberapa keperluan legal. Mulai dari pelaporan ke pemegang saham hingga ke pembayaran pajak kepada pihak berwenang dan pemerintah. 

Sesederhana apapun, pencatatan keuangan dan pembukuan sangat penting untuk dimulai oleh sebuah perusahaan. Pencatatan dan pembukuan yang lengkap dan akurat akan membawa banyak manfaat bagi perkembangan perusahaan Anda. Selain beberapa alasan di atas, penting bagi pemilik usaha dengan skala yang lebih kecil untuk memiliki pembukuan yang baik. 

Mulai dari pengendalian arus kas, pengetahuan mengenai jalannya perusahaan, hingga meminimalisir kerugian akibat faktor internal maupun eksternal. Jika Anda adalah seorang pelaku usaha yang baru saja memulai, meluangkan sedikit waktu untuk melakukan pencatatan dan pembukuan untuk usaha Anda akan sangat berguna untuk jangka yang cukup panjang. Setidaknya, dengan memulai pencatatan, Anda perlahan dapat memahami sistem berjalannya usaha secara keseluruhan. 

Pelajari bagaimana Krealogi dapat mempermudah jalannya bisnis Anda. 

Baca juga:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 14 January 2022

Meningkatkan Volume Penjualan Produk: Lakukan 7 Hal Ini!

Meningkatkan Volume Penjualan Produk – Baik itu merupakan produk barang, jasa, maupun produk berupa informasi, semuanya merupakan sesuatu yang dapat dijual. Bisnis yang sukses adalah bisnis yang dapat menjual produknya, terlepas apapun bentuknya.

Penjualan tidak datang dari sekedar menunggu customer untuk menemukan produkmu secara tiba-tiba dan melakukan pembelian. Adanya penjualan merupakan proses dari strategi pemasaran yang telah direncanakan dan dieksekusi dengan baik.

Content:

1.Tentukan target pasar yang jelas

2. Presentasikan produk secara lebih efektif

3. Gunakan berbagai saluran penjualan

4. Terapkan strategi upselling

5. Inovasi produk barang atau jasa

6. Fokus pada konsumen yang sudah menjadi pelanggan

7. Menyadari adanya kompetisi

Sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menambah jumlah calon konsumen, memperbaiki produk yang dijual, memperbaiki pemasaran, maupun semuanya secara bersamaan. Dengan sedikit perbaikan di aspek-aspek berikut, kemungkinan untuk dapat meningkatkan volume penjualan sudah jauh lebih terbuka. Simak beberapa tips yang dapat Anda coba dan terapkan.

1. Tentukan Target Pasar yang Jelas 

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah siapa yang akan dijadikan target pasar. Siapa yang kira-kira berminat membeli produkmu? Ibaratkan pasar sebagai individu atau avatar, kemudian tanyakan pertanyaan-pertanyaan seperti: 

  • Berapa usianya? 
  • Apakah ia pria atau wanita? 
  • Apakah ia memiliki anak?
  • Berapa rata-rata penghasilannya per bulan? 
  • Hal-hal apa yang menjadi ketertarikan baginya? 
  • Apa saja prioritas yang dimiliki? 

Mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut akan sangat membantu kamu dalam membentuk sebuah karakter brand, produk, dan pesan yang tepat sesuai dengan targetnya. Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan di atas, kamu dapat terlebih dahulu melakukan riset. Selain melakukan riset atas calon konsumen, kamu juga bisa melakukan riset kompetitor. Dari sana, kamu akan mendapatkan banyak informasi yang dapat diadaptasi. 

2. Presentasikan Produk secara Lebih Efektif (Fitur vs Manfaat) 

Cara selanjutnya adalah dengan menyampaikan pesan mengenai produk secara lebih efektif. Produk yang sudah memiliki kualitas produksi yang baik, perlu diperkenalkan kepada masyarakat. Bagaimana cara menyusun pesan yang efektif? Apa yang harus disampaikan melalui pesan tersebut? Fitur vs Manfaat: dalam proses penyampaian pesan kepada pasar, hendaknya kamu memperhatikan perbedaan antara fitur dan manfaat. Fitur memberikan alasan secara logis mengenai kegunaan dari produkmu. Manfaat, merupakan hal yang lebih penting karena menyangkut kebutuhan dan perasaan dari konsumen. Upayakan agarkamu tidak sekedar menyampaikan ‘fitur’, melainkan ‘manfaat’ dan keunggulan yang bisa konsumen dapatkan dari produk tersebut.

3. Gunakan Berbagai Saluran Penjualan 

Perkembangan teknologi memungkinkan kita untuk memiliki berbagai macam saluran penjualan. Saluran penjualan mencakup individu, organisasi, maupun kegiatan yang diperlukan untuk mengalihkan kepemilikan barang dari titik produksi ke titik konsumsi. Saluran pemasaran juga merupakan sarana bagi manajemen untuk mengatur strategi pemasaran yang efektif dan terencana. Cobalah untuk memanfaatkan lebih dari satu saluran penjualan. Misalnya, usaha yang biasa menjual produk langsung kepada konsumen, dapat mulai menyalurkan produk melalui reseller atau pengecer, dan juga saluran pemasaran lainnya. 

4. Terapkan Strategi ‘Upselling’ 

Upselling adalah teknik atau strategi yang dilakukan untuk memaksimalkan penjualan dengan memberikan penawaran terhadap produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi, yang disertai dengan beberapa manfaat tambahan. Strategi ini cukup efektif untuk meningkatkan penjualan produk, karena konsumen cenderung melakukan pembelian terhadap barang yang dirasa memiliki nilai atau value lebih. Contohnya, ketika konsumen hendak membeli sebuah tablet dengan memori sebesar 16GB seharga Rp 6.500.000, kamu bisa coba tawarkan tablet lain yang memiliki memori 16GB dengan layar yang 3 inci lebih luas seharga Rp 7.500.000.

5. Inovasi Produk Barang atau Jasa 

Salah satu faktor penting dalam upaya meningkatkan volume penjualan adalah dengan melakukan inovasi terhadap produk barang maupun jasa yang ditawarkan. Ide inovasi bisa didapatkan dari mana saja, mulai dari kreativitas pelaku usaha, feedback dari konsumen, mengikuti perkembangan yang ada, dan juga pemanfaatan teknologi. Usahakan agar produk tersebut tetap relevan dan dapat menjawab kebutuhan pasar seiring dengan perubahan kecenderungan masyarakat. Kamu juga bisa manfaatkan aplikasi dengan fitur rencana produksi, agar semuanya berjalan lancar dan terpantau dengan baik.

6. Fokus pada Konsumen yang Sudah Menjadi Pelanggan 

Pelanggan adalah sales-person terbaik yang kamu miliki. Mengapa demikian? Konsumen yang puas dan setia akan merekomendasikan produkmu kepada orang lain. Namun, sebelumnya kamu perlu membangun kepuasan dan kepercayaan dalam diri konsumen dengan cara membangun hubungan yang baik dengan konsumen. 

Berikut adalah beberapa informasi yang dikutip dari Business2Community tentang bagaimana konsumen yang sudah ada dapat membantu meningkatkan penjualan produk: 

  • 65% dari penjualan datang dari konsumen yang telah menjadi pelanggan (existing costumer
  • Kemungkinan produk dapat terjual kepada pelanggan  adalah sebesar 60-70%, dibandingkan dengan konsumen baru yang kemungkinannya 5-20%. 
  • 80% dari keuntungan di masa depan datang dari 20% dari pelanggan 
  • Konsumen yang melakukan pembelian ulang, akan melakukan pembelian dengan nominal 31% lebih besar dibanding konsumen yang baru pertama kali membeli. 

7. Menyadari Adanya Kompetisi 

Kamu perlu memperhatikan apa yang dilakukan oleh kompetitor. Informasi yang didapatkan dari sana akan membantu dalam memahami perilaku pasar. Dengan mengetahui informasi tersebut, kamu juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dan juga mempertahankan posisi produkmu di pasar, beradaptasi dengan perubahan, bahkan menjangkau pasar yang baru. 

Demikian adalah beberapa informasi mengenai cara meningkatkan volume penjualan produk usahamu. Dengan sedikit perbaikan di aspek-aspek berikut, kemungkinan untuk dapat meningkatkan volume penjualan sudah jauh lebih terbuka.

Jika kamu menyukai artikel dan informasi lain dari Krealogi, kamu bisa klik:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 13 January 2022

Tips Memulai Bisnis Kerajinan yang Sukses

Tips Memulai Bisnis Kerajinan – Apakah Anda orang yang kreatif dan suka membuat berbagai hasil kerajinan tangan? Apakah selama ini Anda hanya menjalankannya sebagai hobi? Mungkin Anda juga sedang mencari sumber penghasilan tambahan? Mungkin ini adalah saatnya bagi Anda untuk menggunakan kreativitas untuk memulai bisnis produk kerajinan.

Content:

Tips Memulai Bisnis Kerajinan Tangan 

  1. Menentukan Target Pasar 
  1. Menerapkan Strategi Pemasaran yang Tepat 
  1. Manajemen Tenaga Kerja 
  1. Manajemen Bahan Baku 
  1. Pencatatan dan Pengelolaan Bisnis 

 

Tips Memulai Bisnis Kerajinan Tangan 

Pasalnya, usaha ini memang kerap berangkat dari kreativitas dan hobi. Aktivitas kerajinan dapat menyusun dan memanfaatkan bahan-bahan yang sudah ada menjadi barang yang lebih bernilai atau memiliki nilai jual. Sebuah karya kerajinan tidak dinilai semata dari fungsinya, melainkan juga keunikan dan kreativitas pengrajin. Maka dari itu, karya kerajinan dapat menjadi lebih menarik dari produk-produk lainnya. 

Di Indonesia sendiri sudah banyak pengrajin yang produk kerajinannya dapat dipasarkan secara nasional maupun internasional. Selama memiliki produk dengan kualitas dan keunikannya sendiri, kesempatan dan peluang masih terbuka lebar. Sebelum memulai bisnis kerajinan Anda sendiri, ada beberapa hal yang patut diperhatikan agar bisnis berjalan dengan lancar dan sukses: 

1. Menentukan Target Pasar 

Setiap jenis produk pasti memiliki pasarnya masing-masing. Misalnya, jika Anda menghasilkan kerajinan tas dari enceng gondok, maka target pasar yang paling tepat adalah wanita. Jika bisnis Anda menghasilkan produk-produk kerajinan dari kulit yang memiliki desain dan konsep yang maskulin, maka pria adalah target pasar yang lebih sesuai. Produk yang unik akan memiliki pasarnya masing-masing. 

Dengan terlebih dahulu mengenali target pasar, Anda dapat menentukan desain, standar kualitas, dan inovasi-inovasi yang mungkin akan diterapkan pada bisnis Anda. Memahami target pasar juga akan membantu Anda dalam menentukan strategi untuk memasarkan produk, seperti yang akan dibahas pada bagian berikutnya. 

2. Menggunakan Strategi Pemasaran yang Tepat 

Setelah mengetahui produk dan target pasarnya, bagian terpenting selanjutnya adalah mencari dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Susunlah strategi promosi yang sesuai dengan produk Anda dan tentunya dapat menarik minat beli masyarakat yang menjadi target pasar. 

Jika Anda belum memiliki strategi sendiri sebagai pemula, maka Anda perlu melakukan riset kompetitor. Carilah referensi dari usaha atau bisnis lain yang sejenis. Identifikasi hal-hal apa yang mereka lakukan dengan baik, dan apa yang kurang. Dengan demikian Anda dapat mengadaptasi dan memodifikasi aspek yang baik, dan melakukan improvement di aspek yang menurut Anda masih kurang. Pastikan juga strategi pemasaran dan promosi yang Anda lakukan sesuai dengan target pasar yang sudah ditentukan di awal.

3. Manajemen Produksi dan Tenaga Kerja 

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah manajemen produksi dan manajemen tenaga kerja. Bisnis yang baik perlu memperhatikan aspek sumber daya manusianya. Produksi kerajinan dapat Anda lakukan sendiri jika skalanya masih kecil. Namun, ketika ingin meningkatkan jumlah produksi menjadi lebih banyak, maka Anda memerlukan sumber daya manusia untuk melaksanakannya.

Agar produksi dapat berjalan dengan baik, diperlukan perencanaan yang baik dan terstruktur. Krealogi hadir sebagai sarana digital dengan fitur Rencana Produksi. Sehingga, Anda tidak perlu bingung lagi mengelola produksi baik dari segi waktu, bahan baku, dan juga sumber daya. Produk hasil dari produksi juga akan otomatis ditambahkan ke catatan stok gudang.

Selain itu, diperlukan sumber daya manusia atau orang-orang yang memiliki keahlian yang sesuai dengan porsi kerjanya masing-masing. Maka, kualifikasi sumber daya manusia merupakan hal yang perlu mendapatkan perhatian. Jumlah sumber daya yang dibutuhkan juga harus disesuaikan agar tidak terjadi kelebihan atau kekurangan dari kebutuhan.

4. Manajemen Bahan Baku 

Bahan baku adalah salah satu elemen esensial dalam produksi kerajinan. Hal-hal mulai dari harga, biaya produksi, kapasitas produksi, kebutuhan waktu untuk produksi, kualitas produk, dan keseluruhan profitabilitas dapat dipengaruhi oleh bahan baku sendiri. Maka dari itu, diperlukan manajemen bahan baku yang baik dari pelaku UMKM.

Aspek ini sering disebut sebagai manajemen bahan baku atau manajemen persediaan. Manajemen persediaan berkaitan dengan bagaimana organisasi dapat mengelola material dalam melaksanakan kegiatan penerimaan, penyimpanan, pemeliharaan, dan penggunaan material dari hasil pengadaan dan penyimpanan persediaan.

Baca juga: Manfaat Gudang Bagi Bisnis

5. Pencatatan Keuangan 

Tidak kalah penting dari keempat aspek lainnya, pencatatan keuangan merupakan hal yang perlu Anda perhatikan saat memulai bisnis kerajinan tangan. Catatan yang kurang teroganisir, atau bahkan hanya mengandalkan catatan sebaiknya tidak lagi dilakukan. Pencatatan atau pembukuan juga diperlukan bagi usaha yang baru dimulai dan ingin berkembang.

Perkembangan usaha dapat dilakukan dengan cara ekspansi, promosi, meningkatkan kualitas produk, inovasi, dan lain sebagainya. Namun, hal sederhana yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya adalah mulai melakukan pencatatan transaksi. Pelaku usaha dapat melihat sekaligus mengevaluasi perputaran modal, dan mengambil keputusan manajerial yang berdasarkan pada pelaporan keuangan. 

Demikian adalah tips bagi Anda yang hendak memulai bisnis di bidang atau industri kerajinan. Jangan lupa untuk mempraktekkan aspek-aspek yang baru saja Anda pelajari ke dalam usaha Anda, ya!

Jika Anda menyukai informasi dan artikel lainnya dari Krealogi, Anda dapat klik di sini.

Baca juga

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 12 January 2022

8 Ide dan Peluang Bisnis di Tahun 2022

Ide dan Peluang Bisnis Tahun 2022 – Tahun yang baru memberikan harapan dan peluang baru bagi Anda yang ingin memulai bisnis. Tren-tren baru dalam bisnis terus bermunculan di tahun-tahun sebelumnya. Kira-kira peluang bisnis apa saja yang akan berkembang dan menjadi tren di tahun 2022 ini? Simak informasi berikut!

Content:

Ide Peluang Bisnis Tahun 2022 

  1. Social Media Management 
  1. Jasa Kebersihan Rumah 
  1. Kelas atau Kursus Online 
  1. Katering Makanan Sehat 
  1. Makanan Frozen 
  1. Jasa Laundry 
  1. Bisnis Tanaman Hias 
  1. Produk Perawatan Diri atau Kecantikan 

Ide Peluang Bisnis 2022 

1. Social Media Management

 

Pemasaran digital kini telah dilakukan oleh bisnis dengan berbagai skala. Secara khsus, media sosial dengan penggunanya yang begitu banyak menjadi saluran komunikasi utama bagi mayoritas pelaku usaha. Namun, seringkali pelaku usaha terlalu sibuk dan tidak sempat mengoptimalkan konten yang diungggah ke sosial media. Jasa social media management menjadi salah satu ide bisnis yang memiliki banyak kesempatan di tahun 2022 ini. 

Usaha ini dapat dijalankan tanpa perlu memiliki kantor/gedung secara fisik, karena proses pembuatan konten dapat dilakukan di mana saja. Tapi, pastikan Anda memiliki tim dengan kreativitas dan kemampuan adaptasi yang kuat, ya! 

2. Jasa Kebersihan Rumah 

Sejak penyebaran COVID-19, masyarakat dipaksa untuk hidup lebih bersih. Kini, mayoritas masyarakat secara otomatis lebih sadar akan kesehatan dan kebersihan. Maka dari itu, terkadang pasar membutuhkan jasa kebersihan yang lebih terpercaya karena dianggap bisa membersihkan ‘lebih’. Masyarakat membutuhkan rasa aman dan nyaman, untuk memastikan tempat tinggal yang sehat bagi keluarga masing-masing. 

3. Kelas atau Kursus Online 

Kebutuhan masyarakat akan pendidikan tidak akan pernah ada habisnya. Hal ini menjadi peluang yang cukup luas bagi wirausahawan. Namun, akibat pandemi yang belum sepenuhnya berakhir, hal tersebut dapat disiasati dengan mengadakan kelas atau kursus secara online. 

Materi dari kelas atau kursus ini bisa berangkat dari minat pribadi Anda, maupun pengetahuan atau keahlian yang Anda dapatkan dari pendidikan formal. Materi dapat disampaikan dengan siaran langsung atau streaming, maupun materi berupa audio atau video yang sudah direkam sebelumnya. Keunggulan dari bisnis ini adalah materi yang dapat disusun dan disampaikan kepada banyak orang sekaligus. 

4. Katering Makanan Sehat 

Dengan adanya berbagai saluran penjualan baru, bidang kuliner kembali ditekuni oleh banyak pelaku usaha. Selama produk dan bisnis memiliki kualitas dan inovasi yang baik, usaha di bidang kuliner ini diprediksikan akan cukup menjanjikan pada tahun 2022. 

Seiring dengan tumbuhnya kesadaran akan kesehatan masyarakat, menu dari usaha katering yang marak diminati adalah menu-menu diet sehat. Berbagai kelebihan seperti kemudahan transaksi dan biaya pengantaran gratis menjadi daya tarik tersendiri yang membuat peminat usaha ini cukup banyak. Terlebih, selama pandemi berlangsung, orang-orang cenderung mengurangi frekuensi untuk makan di luar, dan juga kesadaran untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat. 

5. Makanan Frozen 

Berbagai jenis usaha kuliner telah menyediakan ‘versi beku’ dari produk-produknya. Ini merupakan dampak dari perubahan perilaku masyarakat selama pandemi COVID-19. Terbentuk kebiasaan baru untuk memilih makanan yang bisa dengan cepat dinikmati di rumah. 

Memang frozen food tidak bisa sepenuhnya menggantikan usaha makanan dan minuman yang memungkinkan konsumen untuk makan di tempat. Namun, permintaan yang terus meningkat beberapa waktu ini membuat bisnis ini cukup menjanjikan di tahun 2022. 

6. Jasa Laundry 

Usaha yang bergerak di bidang jasa laundry juga memiliki potensi untuk berkembang di tahun 2022. Jasa laundry kini banyak digunakan oleh masyarakat yang memiliki aktivitas cukup padat. Dari segi konsumen, jasa laundry sangat membantu karena menghemat waktu dan tenaga untuk tetap memiliki baju yang bersih dan layak untuk dipakai. 

7. Bisnis Tanaman Hias 

Bisnis budidaya tanaman hias kini semakin menjanjikan. Kesempatan ini semakin terbuka seiring perkembangan konsep urban farming di tengah masyarakat perkotaan. Aktivitas ini mulai marak untuk mengisi waktu luang di tengah isolasi saat pandemi Covid-19. Berawal dari hobi yang dilakukan oleh banyak orang, kini tanaman hias menjadi peluang bisnis tersendiri yang mungkin bisa Anda coba di tahun 2022. 

8. Produk Perawatan Diri atau Kecantikan 

Dalam dua tahun terakhir, terjadi perubahan pola perilaku masyarakat akibat terjadinya pandemi Covid-19. Di era ‘new normal’ ini kebiasaan menjaga kebersihan diri, membatasi jarak dengan orang lain, dan work from home sudah menjadi pola kebiasaan baru. Kesadaran akan perawatan diri ini membuat permintaan akan produk-produk self-care atau produk kecantikan terus meningkat. Momentum ini dapat Anda manfaatkan untuk memulai bisnis di bidang ini di tahun 2022. 

Demikian adalah beberapa informasi mengenai Ide dan Peluang Bisnis di tahun 2022. Semoga Anda terinspirasi dan segera memulai salah satunya! Jika Anda menyukai informasi dan artikel lainnya dari Krealogi, Anda dapat klik di sini!

Download dan gunakan juga aplikasi Krealogi untuk pengelolaan bisnis yang lebih mudah!

Baca juga

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 11 January 2022

Tips Meningkatkan Repeat Order

Bukan hanya mencari pelanggan baru, mengupayakan repeat order atau pembelian berulang juga sama pentingnya. Repeat order atau pembelian yang berulang dapat menjadi indikator kepuasan pelanggan terhadap produk barang atau jasa yang Anda jual. Selain itu, repeat order juga berpengaruh positif terhadap kelangsungan bisnis Anda.

Strategi Meningkatkan Repeat Order

Tentunya Anda memerlukan strategi yang jitu untuk membuat lebih banyak pelanggan melakukan pembelian ulang. Mulai dari produk dengan mutu yang terjaga, sampai ke detail-detail dalam hal pelayanan juga perlu mendapatkan perhatian. Loyalitas pelanggan merupakan kunci dari terjadinya repeat order atau pembelian berulang. Maka, upaya yang Anda lakukan harus berfokus kepada menarik minat dan membangun loyalitas konsumen.

Content:

Tips Meningkatkan Repeat Order 

  1. Berikan pelayanan yang terbaik 
  1. Proses pesanan dan pengiriman cepat 
  1. Terapkan sistem poin 
  1. Berikan potongan harga khusus 
  1. Memanfaatkan Ulasan Konsumen di Internet 

Tips Meningkatkan Repeat Order atau Pembelian Berulang

Mencapai kepuasan dan loyalitas pelanggan memerlukan usaha ekstra. Anda perlu melakukan beberapa upaya untuk membuat konsumen kembali tertarik untuk membeli barang yang Anda tawarkan. Simak bebarapa tips berikut sebagai upaya untuk meningkatkan repeat order produk Anda!

1. Berikan pelayanan yang terbaik 

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan Anda memberikan pelayanan yang terbaik. Pelayanan sudah dimulai bahkan sebelum terjadinya transaksi. Contohnya adalah dengan menjawab pertanyaan konsumen dengan baik mengenai produk. 

Keseluruhan pengalaman dari riset produk, hingga pembayaran, proses pengiriman barang, dan pengemasan merupakan pelayanan yang dapat dirasakan oleh konsumen Anda. Maka, pastikan semuanya berjalan dengan baik. 

2. Proses pesanan dan pengiriman cepat 

Proses pesanan atau pengiriman yang cepat akan meningkatkan kepuasan pembeli. Konsumen menyukai proses transaksi yang mudah dan cepat. Dengan kemudahan dan kecepatan Anda dalam memproses atau mengirim pesanan, semakin besar juga kemungkinan konsumen untuk bertransaksi kembali. 

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengelola pesanan, aplikasi Krealogi memiliki fitur Catat Pesanan. Pesanan yang masuk dapat diatur dengan rapi, sehingga pengiriman juga dapat dilakukan dengan tepat waktu.

Selain itu, jika usaha Anda bergerak secara online, pastikan Anda memilih jasa pengiriman yang terbaik. Sekarang, sudah banyak jasa pengiriman yang memungkinkan Anda untuk menggunakan fitur jemput paket. Dengan fitur tersebut, proses pesanan dan pengiriman di toko Anda akan jauh lebih cepat. 

3. Terapkan sistem poin 

Sistem poin merupakan salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa brand besar di Indonesia. Nyatanya, hal ini memang cukup efektif untuk mendapatkan repeat order dari konsumen selama bertahun-tahun. 

Sistem poin di sini berarti, akan diberikan poin atas setiap transaksi pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Akumulasi dari poin tersebut kemudian dapat ditukarkan dengan keuntungan lainnya. Selain dari pembelian, Anda juga bisa memberikan poin tambahan bagi konsumen jika bersedia memberikan ulasan dan foto produk Anda di media sosial. Ini hanya merupakan salah satu contoh dari penerapan sistem poin, dan masih banyak inovasi lainnya yang bisa Anda coba untuk meningkatkan repeat order

4. Berikan potongan harga khusus 

Potongan harga atau diskon merupakan salah satu cara yang cukup efektif dalam upaya menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian. Namun, diperlukan perhitungan dan strategi yang tepat agar strategi ini memberikan lebih banyak keuntungan bagi usaha Anda. 

Contohnya, Anda bisa memberikan diskon untuk momen-momen tertentu seperti liburan, maupun hari-hari perayaan lainnya. Prinsip dari strategi ini adalah mengurangi besaran keuntungan, namun mendapatkan kuantitas atau volume transaksi yang lebih besar. 

5. Memanfaatkan Ulasan Konsumen di Internet

User Generated Content adalah istilah untuk konten yang diciptakan oleh pengguna dari produk Anda. Konten yang diciptakan oleh konsumen dapat berbentuk reaksi dan respon terhadap produk yang baru saja dibeli. Konsumen memiliki keinginan untuk merekomendasikan atau memberikan masukkan lewat konten atas produk yang baru saja dibeli. 

Konten berupa ulasan konsumen di internet, atau user generated content dapat berbentuk teks atau komentar, foto, atau bahkan video. Konten tersebut dapat dibaca atau dilihat oleh calon konsumen lainnya yang sedang melakukan riset produk Anda. Jika Anda memiliki banyak ulasan positif di internet, maka semakin besar juga keyakinan calon konsumen untuk melakukan pembelian produk. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya. 

Namun, tanggapan dari konsumen yang berupa kendala yang dialami dapat menjadi bahan evaluasi dan perbaikan. Solusi yang tepat atas permasalahan tersebut akan meningkatkan minat konsumen untuk repeat order. Selain itu, jika Anda cukup solutif, maka dapat menghasilkan pengalaman terbaik bagi pelanggan lainnya yang membeli produk Anda.

Demikian adalah beberapa strategi yang bisa Anda coba untuk meningkatkan repeat order. Utamakan pelayanan dan jaga kualitas produk agar kepuasan dan kesetiaan konsumen terbangun.

Jika Anda menyukai artikel dan informasi lainnya dari Krealogi, Anda bisa klik di sini! 

Baca juga:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 10 January 2022

5 Pentingnya UMKM Melek Digital!

Pentingnya UMKM Melek Digital – UMKM merupakan salah satu sektor usaha yang rentan terkena dampak dari krisis akibat kurangnya kemampuan untuk mengadopsi dan memanfaatkan teknologi. Penyebaran Covid-19 menjadi contoh nyata penyebab turunnya performa UMKM. Pemerintah Indonesia telah meluncurkan berbagai program dan bantuan untuk mewujudkan digitalisasi dan kebangkitan UMKM.

Di sisi lain, mungkin Anda adalah pemilik bisnis UMKM yang sudah mengadopsi teknologi, namun terlalu disibukkan dengan tanggung jawab dalam bisnis lainnya. Waktu dan tenaga yang ada sudah digunakan untuk mengurus penjualan, pencatatan, atau bahkan membantu jalannya operasional sehari-hari. Dengan terbatasnya waktu dan energi, sisi pemasaran atau marketing seringkali kurang diperhatikan. 

Adanya teknologi digital dan internet membantu pemilik bisnis UMKM untuk bisa lebih fokus pada aspek lain. Mulai dari pemasaran, penjualan, maupun pencatatan yang dilakukan melalui ruang digital dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan. Simak informasi berikut untuk mengetahui pentingnya adopsi teknologi bagi bisnis UMKM. 

Content:

5 Pentingnya UMKM Melek Digital 

  1. Dapat Menjangkau Wilayah yang Lebih Luas 
  1. Produk Lebih Mudah Dijangkau Konsumen 
  1. Manajemen Bisnis yang Lebih Baik 
  1. Data Lebih Terorganisir 
  1. Menunjang Bisnis Secara Keseluruhan 

5 Pentingnya UMKM Melek Digital 

Berikut adalah informasi mengenai beberapa hal yang menjadi alasan utama bagi UMKM untuk lebih efektif dalam memanfaatkan teknologi, khususnya internet: 

1. Dapat Menjangkau Wilayah yang Lebih Luas

Ketika pelaku bisnis UMKM mulai memanfaatkan teknologi, maka produk dan bisnisnya bisa menjangkau wilayah yang lebih luas. Teknologi memberikan kemungkinan bagi usaha untuk menjangkau skala nasional maupun internasional. Jika awalnya konsumen Anda hanya berasal dari lingkungan sekitar tempat tinggal atau bisnis, kini Anda bisa menjangkau dan melayani konsumen dari mana pun. Hal ini merupakan dampak positif yang dapat dengan mudah dirasakan setelah UMKM melakukan adopsi teknologi. 

Budget perusahaan untuk mengadakan pameran secara fisik, kini bisa dialokasikan ke pemasaran secara digital. Penggunaan teknologi secara tepat akan memudahkan Anda menjangkau konsumen dari wilayah yang bahkan lebih luas. 

2. Produk Lebih Mudah Dijangkau Konsumen 

Bisnis UMKM yang sudah melek teknologi memiliki produk yang akan lebih mudah dijangkau oleh konsumen. Produk UMKM yang biasanya merupakan produk home industry seringkali sulit dijangkau oleh calon konsumen. Lokasi yang cukup jauh dari domisili konsumen dapat menjadi salah satu faktor. Namun, dengan adanya teknologi, konsumen juga dibantu dalam upayanya untuk menjangkau produk. Konsumen dapat memanfaatkan internet atau bahkan media sosial untuk melakukan pemesanan produk. Saluran dan cara distribusi berbasis internet juga sudah sangat mudah dan marak digunakan oleh masyarakat. 

3. Manajemen Bisnis yang Lebih Baik 

Manfaat berikutnya yang didapatkan dari adopsi teknologi oleh pelaku UMKM adalah kemudahan yang dirasakan dari sisi manajemen. Manajemen yang jelas dan terorganisir tentunya diinginkan oleh semua bisnis yang ingin berjalan dengan baik. Dengan adanya teknologi, banyak aspek-aspek dalam bisnis yang menjadi lebih mudah. Sebagai contoh, aplikasi Krealogi hadir untuk membantu bisnis Anda dari proses Rencana Produksi, mengelola pesanan dengan fitur Catat Pesanan, hingga pelaporan keuangan yang rapi dengan fitur Keuangan. Anda sebagai pelaku UMKM perlu mencoba aplikasi manajemen usaha untuk bisa lebih memfokuskan energi untuk pengembangan produk dan pemasarannya. 

4. Data yang Lebih Terorganisir 

Tersedia berbagai sarana bagi para pelaku UMKM untuk dapat melakukan segala jenis pencatatan untuk usaha secara digital. Dengan pencatatan secara digital, data yang dimiliki akan lebih tertata dan tersimpan dengan baik. Pencatatan dan juga laporan yang lebih baik akan membantu pemilik usaha untuk memantau dan mengevaluasi jalannya usaha baik secara harian, mingguan, maupun bulanan. Data yang dicatatat dengan rapi secara digital juga memudahkan pelaku UMKM untuk melakukan evaluasi dan pengambilan keputusan manajerial. 

Pada akhirnya, dengan lebih melek digital, maka keseluruhan kegiatan ekonomi dari UMKM Anda akan berjalan lebih lancar. Teknologi dapat membantu para pelaku UMKM dari mulai proses mengenalkan produk, upaya meningkatkan penjualan, hingga mencatat dan membuat pelaporan keuangan. 

Demikian adalah beberapa hal yang menjadi keuntungan bagi pelaku UMKM saat memanfaatkan adanya perkembangan teknologi dengan tepat. Walaupun terlihat sederhana, hal-hal tersebut akan menunjang dan mengembangkan bisnis UMKM ketika benar-benar dipraktekkan. 

Baca juga

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 08 January 2022

Apa Itu Cashflow atau Arus Kas? Berikut Elemen dan Cara Membuatnya

Apa itu cashflow? – Banyak dari pebisnis yang masih belum memahaminya. Padahal, cashflow memiliki peran yang cukup penting terhadap kesehatan dan keseimbangan keuangan dalam sebuah bisnis. Seorang pengusaha yang baik harus memiliki kemampuan untuk menjaga arus kas dan keuangan secara keseluruhan agar kegiatan usaha dapat berjalan dengan baik. 

Cashflow atau dikenal dengan laporan arus kas, dipahami sebagai laporan keuangan yang berisikan informasi mengenai aktivitas keuangan perusahaan yang meliputi: kegiatan operasional, transaksi, pendanaan, dan hal lainnya. Laporan arus kas merupakan hal yang penting dalam keuangan bahkan dari level pribadi, hingga level organisasi atau perusahaan. 

Pelaporan kas ini dapat menjadi sumber informasi keuangan dari sebuah usaha yang dapat digunakan oleh sebagai salah satu indikator pengambilan keputusan manajerial. Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai cashflow, simak bagian berikutnya dari artikel ini. 

Content: 

Jenis Cashflow Berdasarkan Aliran Kas 

  1. Cash Inflow 
  1. Cash Outflow 

Jenis Aktivitas dalam Cashflow 

  1. Operasional
  1. Pendanaan 
  1. Investasi 

Cara Membuat Cashflow Usaha 

 

Jenis Cashflow Berdasarkan Arah Aliran Kas 

Setelah mengenali apa itu cashflow, bagian ini akan menjelaskan elemen dalam cashflow. Aliran arus kas terbagi menjadi 2 jenis, yaitu: 

1. Cash Inflow atau Arus Kas Masuk 

Cash inflow atau arus kas masuk dipahami sebagai arus kas yang didapatkan dari kegiatan atau transaksi yang memberikan penambahan kas bagi perusahaan. Arus kas masuk terdiri dari beberapa kegiatan seperti: 

  • Penjualan dari produk maupun jasa 
  • Penerimaan investasi dari pemilik 
  • Pinjaman atau hutang dari pihak lain 
  • Penagihan piutang 
  • Penerimaan pendapatan lainnya atau pendapatan sewa 
  • Penjualan aktiva tetap 

2. Cash Outflow atau Arus Kas Keluar

Aliran kas keluar yang terdiri dari berbagai transaksi yang mengakibatkan beban atau pengeluaran kas: 

  • Hasil pembayaran sewa, bunga, pajak, dividen 
  • Hasil pembelian dari aktiva tetap 
  • Pembayaran hutang-hutang 
  • Hasil pembayaran kembali dari investasi si pengusaha 
  • Pengeluaran biaya tenaga kerja langsung, bahan baku, dan lain-lain 
  • Hasil pengeluaran administrasi penjualan, dan biaya pengeluaran lainnya.

Baca juga: Akuntasi: Seni Pencatatan Transaksi Keuangan

Jenis Aktivitas dalam Cashflow 

Pembuatan laporan arus kas dibuat berdasarkan 3 jenis aktivitas atau kegiatan yang ada dalam sebuah perusahaan seperti: 

1. Aktivitas Operasional (Operating Activities) 

Aktivitas ini terdiri dari pendapatan dan beban yang berasal dari operasional utama perusahaan yang mempengaruhi laba dan rugi. Contoh arus kas keluar dalam operasional dapat berupa gaji karyawan, dan pembayaran bunga atau pajak. Sedangkan arus kas masuk untuk aktivitas operasional misalnya adalah pendapatan  operasional. 

2. Pendanaan (Funding Activities) 

Aktivitas pendanaan dihubungkan dengan penambahan modal perusahaan. Kegiatan Pendanaan merupakan arus kas yang berasal dari kegiatan pendanaan pada suatu perusahaan. Contohnya: emisi saham, pelunasan kredit dari bank, penjualan obligasi, pembayaran dividen. 

3. Investasi (Investing Activities) 

Aktivitas arus kas yang berasal dari kegiatan investasi baik dalam bentuk pemasukan atau pengeluaran. Misalnya adalah penjualan atau pembelian aktiva tetap, serta investasi pada aset-aset yang berumur lebih dari satu tahun. Contohnya adalah pembelian atau penjualan mesin (aktiva tetap), atau dapat merupakan investasi jangka panjang lainnya. 

Cara Membuat Cashflow Usaha 

Dalam sebuah usaha atau bisnis, cashflow diperlukan untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan keuangan perusahaan. Perhatikan langkah-langkah berikut untuk dapat menyusun cashflow untuk perusahaan Anda: 

1. Membuat Catatan Pengeluaran dan Pemasukan Perusahaan 

Langkah pertama dari pembuatan cash flow adalah dengan melakukan pencatatan pada setiap pengeluaran dan pemasukan yang dilakukan oleh perusahaan. Kesulitan melakukan pencatatan dan menyusun laporan keuangan usaha Anda? Aplikasi Krealogi hadir dengan fitur keuangan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran dengan mudah. Anda juga bisa download laporan keuangan sederhana sesuai dengan periode yang diinginkan.

2. Menghitung Kenaikan dan Penurunan Kas 

Catatan pemasukan dan pengeluaran yang ada dalam buku kas dapat digunakan untuk menghitung kenaikan dan penurunan kas perusahaan. Anda dapat melihat dalam laporan arus kas dan membandingkan neraca pada buku kas untuk menghitungnya. 

3. Mengelompokkan dan melaporkan kas bersih dari aktivitas operasional

Dalam sebuah usaha, ada berbagai aktivitas operasional yang memerlukan dana dari kas. Langkah selanjutnya adalah memisahkan kas operasional dari kas khusus, kemudian menghitung kas bersih dan memasukkannya dalam laporan keuanga 

4. Mengelompokkan dan melaporkan kas bersih dari aktivitas investasi 

Demikian juga dengan langkah ke-4. Buatlah perhitungan dan laporan khusus untuk kas bersih pada aktivitas investasi. Kegiatan yang merupakan investasi dapat berupa pembelian atau penjualan aktiva tetap, dan kegiatan investasi lainnya. 

5. Menghitung dan melaporkan kas bersih dari aktivitas pendanaan 

Pada langkah ini, Anda perlu membuat laporan khusus untuk kas pada aktivitas pendanaan. Kas Aktivitas Pendanaan biasanya digunakan untuk membayar biaya wajib yang memiliki jangka panjang seperti hutang. 

6. Menghitung Secara Total Kas Bersih dari Ketiga Aktivitas Cash Flow 

Langkah terakhir dalam menyusun laporan cashflow adalah dengan melakukan penjumlahan dari seluruh pemasukan dan pengeluaran kas dari aktivitas operasional, aktivitas investasi, dan aktivitas pendaaan. Kemudian hasil penjumlahan tersebut dapat dihitung bersama dengan selisih saldo kas di awal periode untuk mengetahui apakah cashflow perusahaan positif atau negatif. 

Jadi, apa itu Cashflow? Secara garis besar, cashflow merupakan salah satu elemen penting dalam pencatatan keuangan sebuah usaha. Lewat laporan ini pelaku usaha dapat melakukan analisis kondisi perusahaan dan menyusun rencana dan langkah ke depan yang berlandaskan laporan tersebut.

Klik di sini untuk membaca informasi dan artikel lainnya dari Krealogi!

Baca juga:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi Author | 07 January 2022

Strategi Meluncurkan Produk Baru: Perhatikan 5 Hal Ini!

Strategi Meluncurkan Produk Baru – Apakah Anda sering mendengar bahwa strategi pemasaran yang tepat dan juga kemampuan inovasi untuk meluncurkan produk-produk baru merupakan faktor kesuksesan sebuah usaha? Namun, setelah sekian lama, Anda masih belum menemukan strategi terbaik untuk meluncurkan produk hasil inovasi Anda? 

Dibanding harus menurunkan harga, Anda patut mencoba untuk merancang sebuah strategi pemasaran yang tepat untuk produk terbaru Anda. Strategi yang matang merupakan rahasia dan faktor penting dari sebuah produk baru yang sukses dan diterima di pasar. Apa saja langkah-langkah yang bisa dilakukan? Simak beberapa tips berikut ini! 

Content: 

Strategi Meluncurkan Produk Baru 

  1. Lakukan Riset Pasar 
  1. Ciptakan Nilai Unik Produk 
  1. Lakukan Promosi 
  1. Manfaatkan Media Sosial 
  1. Berikan Pelayanan Terbaik Pasca-Penjualan 

Strategi Meluncurkan Produk Baru 

1. Lakukan Riset Pasar 

Bagi Anda yang ingin meluncurkan produk terbaru, utamakanlah riset pasar. Riset pasar bukan hanya bertujuan untuk mengetahui harga produk serupa di pasaran. Riset pasar juga penting mengetahui besar kecilnya potensi produk, dan siapa yang menjadi target pasar produk Anda. Hasil riset pasar yang Anda lakukan akan menjadi dasar dari hal-hal yang akan dilakukan selanjutnya. Jika hasilnya menunjukkan bahwa produk memiliki potensi yang cukup menjanjikan, Anda bisa segera melakukan persiapan untuk peluncuran produk. 

Riset pasar memungkinkan Anda untuk mengenali kebutuhan pasar atau calon konsumen. Produk yang menjawab kebutuhan dan permasalahan pasar dapat meminimalisir kesulitan dalam mencari konsumen. Pelajari juga hal-hal yang dilakukan oleh kompetitor yang memiliki produk sejenis. Jika semua hal ini sudah dilakukan, maka Anda sudah memiliki dasar yang sangat kuat untuk membangun dan meluncurkan produk terbaru Anda. 

2. Ciptakan Nilai Unik dari Produk Anda 

Pada langkah selanjutnya, Anda bisa mulai menciptakan nilai yang unik atau khusus dari produk yang Anda tawarkan. Produk yang sama atau tidak memiliki nilai keunikan akan lebih sulit untuk menarik pelanggan baru. Contoh nyatanya adalah air mineral di Indonesia. Meskipun sama-sama merupakan produk air mineral, namun mereka selalu menciptakan sesuatu yang menjadi pembeda antara produknya dengan produk lain. Keunikan tersebut bisa berupa branding dengan klaim darimana air berasal, nilai kandungan oksigen yang lebih banyak, dan sebagainya. 

Hal tersebut juga berlaku pada produk yang akan Anda luncurkan. Cobalah bangun dan ciptakan sebuah keunikan yang menjadikan produk Anda memiliki nilai unik dibandingkan produk lainnya yang sudah lebih dahulu beredar.

Baca juga: Cara Menentukan Harga Produk

3. Lakukan Promosi 

Promosi merupakan hal yang penting dalam bisnis. Tanpa promosi, produsen akan kesulitan untuk memperkenalkan produk dan bisnis Anda. Terlebih untuk produk baru, promosi merupakan hal yang wajib dilakukan agar masyarakat mengetahui produk dan bisnis Anda. 

Hal ini sering kita kenal sebagai brand awareness atau kesadaraan akan merek. Kesadaran akan merek menjadi hal yang cukup penting, karena sebelum membeli produk atau jasa, konsumen harus terlebih dahulu mengetahui produk dan bisnis Anda.

Promosi yang dilakukan dapat didasarkan pada berbagai macam elemen. Sebagai contoh, Anda dapat mempertimbangkan lokasi pasar, usia masyarakat yang menjadi target konsumen, dan juga penekanan akan kelebihan produk Anda dibandingkan dengan produk lainnya. 

Strategi promosi yang baik bukan hanya akan menunjukkan kualitas dan keunggulan produk, namun juga dapat menjangkau target pasar secara tepat. Beberapa strategi yang sering dianggap berhasil adalah dengan memberikan potongan harga untuk produk baru dengan waktu terbatas, maupun testimonial positif terhadap produk yang baru saja Anda luncurkan. 

Di internet, ulasan atau testimoni kini menjadi sesuatu yang sangat vital. Testimoni positif yang diberikan atas sebuah produk, menumbuhkan kepercayaan dan keyakinan konsumen lain untuk melakukan keputusan pembelian produk tersebut. Sudah menjadi kebiasaan baru bagi kita untuk melihat dan memperhatikan ulasan produk sebelum membelinya melalui internet.

4. Manfaatkan Media Sosial 

Anda akan memerlukan media komunikasi yang efisien untuk memasarkan produk terbaru Anda. Saat ini, Anda bisa saja mengesampingkan pemasaran produk secara konvensional melalui iklan di koran, radio dan media lainnya. Internet telah membuat promosi produk semakin mudah. Dengan menggunakan media sosial, Anda dapat membangun hubungan yang lebih personal dengan calon konsumen. Bisnis dengan skala kecil sampai menengah perlu mempertimbangkan media sosial sebagai saluran utamanya untuk berkomunikasi. Sebab, menurut data dari GlobalWebIndex, sebesar 54% pengguna media sosial menggunakan media sosial untuk melakukan riset produk. Sebesar 71% dari mereka cenderung akan melakukan pembelian barang atau jasa yang diltemukan melalui media sosial

Selain itu, dengan jumlah pengguna yang tinggi, media sosial menjadi cukup efisien karena biayanya yang jauh lebih murah dibandingkan beriklan di media konvensional. Instagram merupakan contoh nyata dari media sosial yang dapat menjadi sarana komunikasi dan promosi yang efektif. Dengan berbagai fitur yang tidak dimiliki media sosial lainnya, Instagram yang terintegrasi dengan Meta (Facebook) dapat membuat produk Anda menjangkau audiens yang luas, namun juga tepat sasaran. 

5. Berikan Pelayanan Terbaik Pasca-Penjualan 

Produk bukan satu-satunya yang perlu diperhatikan. Pelayanan yang baik bisa memberikan nilai dan kepuasan tersendiri bagi konsumen. Fokus pada pelayanan juga memiliki kemungkinan terciptanya perkembangan atau inovasi baru dari masalah yang dimiliki konsumen. Pelayanan yang baik akan menambah kesetiaan pelanggan akibat nilai lebih yang Anda tawarkan. Selain itu, konsumen yang puas juga akan melakukan komunikasi word-of-mouth atau komunikasi getok tular, yang akan mendatangkan konsumen-konsumen baru untuk produk dan bisnis Anda. 

Sebagai contoh nyata, Anda dapat menanyakan respon dari konsumen tentang produk terbaru Anda. Selain itu, coba untuk menyediakan program keanggotaan, dengan berbagai keuntungan tambahan. Mulai dari potongan harga hingga produk atau jasa gratis dapat menambah kepuasan dan merupakan cara yang cukup efektif dalam menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Demikian adalah beberapa langkah-langkah yang dapat Anda coba untuk memasarkan hasil inovasi terbaru Anda. Ingin lebih mudah dalam mengelola berbagai aspek dalam bisnis? Gunakan aplikasi yang dapat menunjang manajemen bisnis Anda dari berbagai aspek. Yuk, download dan gunakan berbagai fitur dari aplikasi Krealogi

Baca artikel lainnya dari Krealogi:

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi | 07 December 2021

Ketentuan Program Pra Kerja 2021

Mengenai Kartu Prakerja

Krealogi merupakan inisiatif baru dari Du Anyam, yaitu sebuah ekosistem rantai pasok digital yang didasari oleh pengalaman Du Anyam dalam menjalankan dan mengembangkan manajemen dan sistem rantai pasok Kriya di Indonesia dan menyediakan pelatihan dengan kurikulum yang dibutuhkan oleh UMKM untuk mengembangkan rantai pasok dan bisnis.

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja tter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi di bidang tertentu.

Syarat Peserta

  1. WNI berusia 18 tahun keatas
  2. Tidak sedang menempuh Pendidikan formal
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemic COVID-19
  5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Langkah Mendaftar

  1. Pendaftaran, Mendaftarkan diri pada web Kartu Prakerja dan membuat akun Prakerja.
  2. Seleksi, Mengikuti seleksi tes motivasi &kemampuan dasar untuk bisa mengikuti seleksi gelombang dan tunggu pengumuman hasilnya.
  3. Pilih Pelatihan, Memilih pelatihan yang diminati di Krealogi dan membayar dengan Kartu Prakerja
  4. Mengikuti dan Menyelesaikan Pelatihan, Selesaikan Pelatihan yang diambil dan dapatkan sertifikat.
  5. Memberi Rating dan Ulasan Program, Berikan rating dan ulasan terhadap pelayihan yang telah diikuti.
  6. Sambungkan rekening/e-wallet di salah satu Mitra Pembayaran untuk mendapat insentif Rp 600.000/Bulan selama 4 bulan setelah menyelesaikan pelatihan.
  7. Insentif Pengisian Survei Evaluasi, Mengisi 3 survei yang diberikan dan dapatkan insentif Rp 50.000 untuk setiap survei.

Form Penukaran Kartu Prakerja

Latar Belakang Pendiri Krealogi oleh Du Anyam

Azalea Ayuningtyas

Azalea Ayuningtyas adalah Co-Founder dan CEO Du’Anyam. Ayu menyelesaikan studi Master nya di Harvard School of Public Health, di mana dia terpilih untuk berpartisipasi dalam program kerjasama antara Harvard Business School dan Harvard School of Public Health untuk menjadi konsultan bagi sebuah wirausaha sosial di Kamboja. Sebelum mendirikan Du’Anyam, Ayu bekerja untuk Simon-Kucher, sebuah perusahaan konsultasi global di Boston, Amerika Serikat dan pernah juga bekerja untuk Stem Cell and Cancer Institute Kalbe Farma serta Johnson & Johnson Medical Indonesia. Kontribusinya sehari- hari untuk bisnis mencakup semua aspek operasi, produksi, keuangan, dan SDM, serta pemangku kepentingan dan hubungan masyarakat.

Pendidikan :

  • Harvard University School of Public Health, Massachusetts, USA
  • University of Michigan, Michigan, USA

Pengalaman Kerja :

  • 2014-sekarang : Co-founder dan CEO di PT Karya Dua Anyam,
  • 2013-2014 : Consultant di Simon-Kucher & Partners,
  • 2012: International Recruitment Development Program Intern di Johnson & Johnson, 4 Bulan

Akun LinkedIn : https://www.linkedin.com/in/azaleaayuningtyas

Hanna Keraf

Hanna merupakan salah satu Founder dari Du Anyam. Sebagai Chief of Community & Partnership di Du Anyam, Hanna banyak berinteraksi langsung dengan para perajin di lapangan serta para mitra Du Anyam dari instansi pemerintah, korporat, NGO, hingga lembaga non-struktural. Hanna sangat bersemangat untuk meningkatkan kesehatan ibu dan perempuan, dengan menyediakan lapangan kerja yang berkelanjutan. Sebelum mendirikan Du Anyam, Hanna pernah menjadi Assistant Program Manager di Swisscontact serta Project Manager di Sahabat Cipta Foundation.

Ritsumeikan Asia Pacific University, Japan

  • 2014-sekarang : Co-founder dan Chief of Community & Partnership Officer di PT Karya Dua Anyam
  • 2018 : International Fellow di Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI)
  • 2012-2015 : Project Manager di Sahabat Cipta Foundation,
  • 2012 : Assistant Program Manager di Swisscontact

AkunLinkedIn :  https://www.linkedin.com/in/hanna-keraf-72788832

Melia Winata

Melia Winata adalah Co-Founder dan CMO dari Du Anyam. Setelah Lulus dari University of Melbourne pada 2012, Melia memulai karirnya di industri broker real estate dan properti di Jakarta. Dia dibesarkan dan terlibat dalam bisnis ritel dan grosir keluarga; dan memiliki jaringan luas dari pengalaman ini. Keagresifan dan hasratnya dalam pemasaran & penjualan menyokongnya menjadi Chief Marketing Officer di Du Anyam. Dia telah mengelola lebih dari 100 portofolio penjualan sendiri termasuk keikutsertaan Du Anyam  di Asian Games 2018 dan dia juga memimpin lengan ekspor Du Anyam dalam bekerja dengan mitra global. Melia juga terpilih dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2020 sebagai salah satu Pengusaha Sosial terkemuka di Asia.

University of Melbourne, Melbourne, Australia

  • 2014-sekarang : Co-Founder and Chief Marketing Officer di PT Karya Dua Anyam
  • 2015-2019 : Business Owner & Executive Director RE/MAX Prestige @Kemayoran

Akun LinkedIn : https://www.linkedin.com/in/melia-winata-098ba665

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi | 07 December 2021

Belajar dari Para Ahli, Krealogi ajak Mahasiswa ikut Studi Independen Bersertifikat

Krealogi membuka kelas Studi Independen bagi para mahasiswa juga mahasiswi yang ingin belajar langsung dari para ahli dibidangnya, tentang ilmu aplikatif yang berguna untuk jenjang karir kedepan. 

Studi Independen Bersertifikat merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemedikbudristek). Program ini merupakan satu dari delapan program yang bertujuan untuk mengembangkan potensi juga kompetensi para mahasiswa baik dari segi kompetensi spesifik, maupun praktis.

Dengan mengikuti Studi Independen, mahasiswa akan mendapatkan ilmu dan kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja dan dunia industri yang diminati, namun tak melepas kewajiban utama mahasiswa di bangku perkuliahan. Di sini, mahasiswa tidak hanya mendapat teori pembelajaran saja, tapi juga sertifikasi, pengalaman dan juga jejaring yang bisa dimanfaatkan untuk memperluas koneksi di luar kampus.

Apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar Studi Independen?

Beragam program yang ditawarkan oleh Studi Independen membuat persyaratan untuk mengikutinya pun beragam. Namun yang pasti, syarat utamanya adalah peserta merupakan mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta, yang terdaftar pada PDDikti. Jenjangnya pun beragam, dimulai dari D3, D4 hingga S1.

Lalu, bagaimana cara mendaftar Studi Independen?

Mahasiswa yang tertarik mengambil kelas Studi Independen bisa mengakses laman Kampus Merdeka di https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program, dan langsung memilih program yang diminati. Untuk mengikuti program Studi Independen yang dibentuk oleh Krealogi sendiri, mahasiswa tidak dikenakan biaya, atau gratis, dengan nilai program kursus senilai Rp43.000.000, dimana kurikulumnya telah didesain dan diaplikasikan oleh Krealogi.

Bagi mahasiswa tingkat akhir, mengetahui bidang pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya tentu dapat menjadi semangat tersendiri untuk meningkatkan soft skill dan hard skill-nya. Untuk itu, Krealogi bersama Studi Independen mengajak kamu, para mahasiswa untuk terjun langsung dan mempersiapkan diri dengan belajar dari para ahli dan profesional di bidangnya, agar lebih siap berkontribusi nyata di bidang pekerjaan yang diminati.

Blog Thumbnail Pelatihan

Krealogi | 06 December 2021

Pendampingan UMKM di Kabupaten Siak dan Sintang Bersama Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL)

Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) adalah sebuah forum kolaborasi yang dibentuk dan dikelola oleh pemerintah kabupaten untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Aktif di 11 kabupaten dalam 8 provinsi Indonesia, LTKL bergerak untuk membantu pemerintah membuat kebijakan ekonomi lestari. LTKL dan Krealogi memulai kerja sama ini di tahun 2020 untuk UMKM Kriya di Kabupaten Siak dan Kabupaten Sintang.

Peran Krealogi dalam kerja sama dengan LTKL adalah untuk mendampingi UMKM Kriya dalam dua kabupaten tersebut untuk memproduksi dengan baik dan akhirnya menjual produknya di dalam kabupaten masing-masing. Krealogi memberikan pendampingan dengan cara menyiapkan pelatihan kepada UMKM agar bisa memiliki rantai pasok yang baik dan akhirnya dapat mengatur transaksi dan produksi mereka secara sistematis dengan menggunakan aplikasi Krealogi.

Du Anyam memiliki latar belakang yang kuat akan pengembangan rantai pasok kerajinan tangan selama hampir 6 tahun. Dengan itu Du Anyam meluncurkan brand baru bernama Krealogi dengan fokus tujuan untuk membangun sistem ataupun standar rantai pasok kerajinan tangan dari daerah-daerah grassroot di seluruh Indonesia seperti Flores, Papua, NTT, dan Kalimantan. Dengan kerjasama dengan mitra ini, Krealogi melihat bahwa adanya pengertian dan mimpi yang sama di antara dua pihak untuk mengembangkan ekonomi dan mengembangkan masyarakat memang harus datang dari grass root dan membangun rantai pasoknya. Dengan itu, Krealogi dan mitra akan bekerja untuk menyelesaikan masalah secara bersama.

« First ‹ Previous 1 3 4 5

Krealogi Hadir untuk Mendukung Revolusi Digital bagi UMKM Indonesia

Permudah bisnismu dengan satu aplikasi dalam genggaman. Unduh sekarang!