Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 18 February 2022

Cara Memaksimalkan Kemasan Produk Untuk Tingkatkan Penjualan 

Pelatihan

Cara Memaksimalkan Kemasan Produk − Setiap pelaku usaha tentu harus mencapai target penjualan produk demi kelancaran bisnisnya. Demi memenuhi hal tersebut, beragam cara perlu dilakukan. Misalnya, memberikan penawaran harga, tambahan jasa, dan banyak macam lainnya, termasuk memaksimalkan kemasan produk.

Selain menjadi identitas untuk branding, kemasan produk juga mempengaruhi customer untuk melakukan repeat order atau order kembali setelah pembelian pertamanya. Sehingga, dapat dibilang bahwa kemasan produk memegang peranan penting untuk tingkatkan penjualan. 

Lantas, bagaimana cara memaksimalkan kemasan produk guna tingkatkan angka penjualan? 

Artikel ini akan menjawab pertanyaan kamu mengenai hal tersebut.


Table of Content: 

Mengapa Kemasan Produk Sangat Penting Bagi Bisnis?

Cara Memaksimalkan Kemasan Produk

  1. Memilih Material Yang Tepat
  2. Perhatikan Detail
  3. Desain Adalah Kunci
  4. Tambahkan Fitur Menarik

Mengapa Kemasan Produk Sangat Penting Bagi Bisnis?

Kemasan bukan hanya sekadar wadah untuk menampilkan logo atau nama usaha kamu. Bukan pula sebatas membungkus barang atau produk yang kamu jual. Lebih dari itu, kemasan produk memiliki peran penting bagi bisnis yang kamu geluti.

Kemasan produk diciptakan dengan fungsi utama untuk melindungi produk dari kotoran dan kerusakan hingga ke tangan konsumen. Dengan memaksimalkan kemasan produk, jika selama pengiriman produkmu mengalami benturan, guncangan, atau bahkan terjatuh sekalipun kemasan dapat meminimalisir terjadinya kerusakan. Terlebih lagi jika barang yang dikirim mudah pecah.

Selain berfungsi untuk melindungi produk, kemasan produk juga berguna sebagai media promosi. Merek dagang, tagline, hingga deskripsi produk yang tercantum dalam kemasan secara tidak langsung bisa menjadi media untuk promosi produk itu sendiri. Dengan memaksimalkan kemasan produk, orang akan mengenal usahamu.

Baca juga: Penerapan HACCP Bagi Industri Pangan

Cara Memaksimalkan Kemasan Produk 

Setelah mengetahui pentingnya memaksimalkan kemasan produk untuk kelancaran bisnis, beberapa cara di bawah ini dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan kemasan produk. 

1. Memilih Material Yang Tepat

cara memaksimalkan kemasan produk
freepik.com

Menjaga nama baik bisnis kamu adalah hal yang utama. Begitu pula kaitannya dengan kemasan. 

Sebagaimana telah dijelaskan bahwa kemasan produk memiliki fungsi utama untuk melindungi produk dari kotoran dan kerusakan. Maka, hal yang paling harus diperhatikan dalam memaksimalkan kemasan produk adalah memilih material yang tepat. Keamanan dan kondisi produk yang baik merupakan salah satu tuntutan dan kebutuhan konsumen.

Untuk hasil kemasan yang maksimal, pilihlah material untuk yang benar-benar dapat menjaga keamanan produk. Kamu juga harus memperhatikan pentingya memilih bahan-bahan organik, demi menggalakkan program penggunaan plastik untuk menjaga lingkungan. Pilih material berdasarkan daya tahannya.

Dengan begitu, nama baik bisnismu juga akan terjaga, sehingga konsumen tertarik dengan produkmu.

Baca juga: Tips Meningkatkan Repeat Order

2. Perhatikan Detail

cara memaksimalkan kemasan produk
freepik.com

Selain penggunaan material, detail juga harus diperhatikan guna memaksimalkan kemasan produk. Detail dalam kemasan menandakan kualitas bisnismu. 

Seperti dilansir dari Ttec.com bahwa customer lebih cenderung membeli karena emosi, kamu dapat membagikan cerita tentang merek dagang atau produkmu. 

Garis bawahi poin-poin positif tentang usaha atau produk yang kamu jual. Misalnya, produkmu dibuat dari bahan-bahan ramah lingkungan atau yang lainnya. 

Hal ini bertujuan untuk menciptakan hubungan emosional dengan pembeli. Sehingga mereka tak perlu berpikir dua kali untuk memakai produkmu.

3. Desain Adalah Kunci

Beige wallpaper, eco friendly frame disposable tableware Free Photo
freepik.com

Di samping fungsi utamanya untuk melindungi produk, kemasan juga harus memiliki nilai keindahan. Karenanya untuk memaksimalkan kemasan produk, desain termasuk aspek penting yang patut dipertimbangkan.

Buatlah desain kemasan produk sebaik mungkin sehingga customer akan tertarik untuk membeli bahkan sebelum membuka untuk melihat produknya. Akan tetapi, jangan tinggalkan informasi-informasi penting terkait produk yang harus dicantumkan. Tentunya untuk mendapatkan nilai keindahan, kamu juga harus menyesuaikan dengan jenis produk yang dikemas.

4. Tambahkan Fitur Menarik

cara memaksimalkan kemasan produk
freepik.com

Menambahkan fitur-fitur menarik juga merupakan cara untuk memaksimalkan penjualan dengan kemasan produk. Pasalnya, di era modern ini orang tidak bisa lepas dari penggunaan media sosial. Segala aktivitas sehari-sehari akan dibagikan ke media sosial, termasuk ketika menemukan hal menarik dalam produk yang mereka beli. 

Berikanlah pengalaman menyenangkan saat customer melakukan unboxing alias membuka kemasan produk yang dibeli, dengan tambahan fitur menarik di kemasan produkmu. Dengan begitu, customer akan membagikannya ke laman media sosial mereka dan hal tersebut tentu berdampak baik bagi perkembangan bisnismu. 

Kamu dapat menambahkan beberapa fitur menarik seperti kartu ucapan, kutipan-kutipan lucu atau motivasi, atau menambah nilai guna kemasan dengan menjadikannya reusable untuk dapat digunakan kembali. 

Itulah beberapa cara untuk memaksimalkan kemasan produk guna meningkatkan penjualan. Perlu diingat bahwa tingginya penjualan produk juga harus diimbangi dengan pengelolaan pesanan dan keuangan yang sistematis agar bisnis berkembang. 

Untuk membantu mengelola pesanan dan keuangan agar lebih sistematis, gunakanlah aplikasi Krealogi dari DuAnyam.

Baca juga:
Keuntungan Mencatat Pesanan dengan Aplikasi

Tips Membangun Merek Sendiri

Apa Itu Sistem Pre-Order?

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami