Blog Thumbnail

Ardy Krealogi | POST ON 08 July 2022

Cocok untuk UMKM! Ini Tips Agar Bisnis Makin Lancar Lewat Marketing Online

Tips n Tricks

Kamu adalah seorang pelaku UMKM yang menggunakan internet untuk memasarkan produk atau jasanya? Sudah membuat website sendiri, mengumpulkan beberapa ribu followers di akun media sosial, namun penjualan masih di bawah harapan?

Berikut adalah beberapa tips agar tentang area-area di usahamu yang mungkin kamu belum poles! Mari disimak.

Media sosial boleh menjadi katalog produk, namun jangan lupa kalau itu media sosial

Dari namanya sendiri sudah ‘sosial’. Jangan malu-malu, berinteraksilah dengan pengunjung akun media sosialmu!

Balas komentar yang bahkan tidak bertanya apa-apa, buka polling untuk mengumpulkan data, balas DM dari calon pembeli, adakan sesi tanya jawab atau bikin konten seputar topik yang relevan dengan produk. Ada banyak cara untuk hanya berbicara dengan pengunjung akunmu dan platform-platform media sosial pilihanmu pasti sudah menyediakan fiturnya.

Mengapa kita harus berbuat sedemikian rupa? Karena dengan engagement ini orang-orang akan merasa nyaman dengan kamu. Akun media sosialmu ternyata bukan sebatas katalog produk, namun memang ada manusia di balik layar. Memang semua orang tahu itu, namun tidak selalu sadar ketika sedang mengunjungi.

Boleh praktik SEM, namun jangan lupa SEO

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing. Sesuai dengan namanya, ini adalah praktik memasarkan produk lewat search engine seperti Google. Contoh paling sederhana adalah hasil yang muncul paling atas hasil pencarian dengan tanda “Ad” ketika mencari sebuah produk atau jasa tertentu.

Nah, yang membuat SEO, atau Search Engine Optimization, istimewa adalah praktik yang akan meningkatkan traffic (jumlah pengunjung) website ini gratis dan kalau dipertahankan dengan baik tentunya akan berdampak pada meningkatnya jumlah transaksi. Ada banyak area dalam sebuah website yang bisa dioptimalkan demi menaikkan traffic dengan harapan angka transaksi juga naik. Namun apapun itu, semua ini bertujuan untuk memberikan para pengunjung website kenyamanan yang maksimal selama berkunjung. Jika dipertahankan dengan baik, websitemu akan dengan perlahan naik di halaman hasil pencarian ketika seseorang mencari dengan kata kunci yang relevan.

Pastikan praktik EBS (Email Blast Service) dilakukan secara personal

Tiap kali melakukan sebuah transaksi, seorang pembeli harus mencantumkan alamat email mereka untuk mendapatkan bukti transaksi. Banyak orang kini mengirimkan email-email berisi promosi atau informasi dari toko ke alamat-alamat ini. Namun, yang dimaksud dari personal bukan berarti kamu harus menulis email satu per satu, tapi gunakan bahasa yang santai dan ramah, bukan formal dan kaku.

Kemungkinan orang akan membaca email-mu dan melihat promo yang kamu tawarkan akan lebih besar ketika mereka merasa kalau mereka memang sedang berbincang dengan kamu sendiri. Jadi, ketika kamu sedang menulis email untuk disebar, bayangkan kamu memang sedang berbincang dengan seseorang untuk memberitahu apapun yang kamu mau beritahu.

Apakah kamu sudah poles bagian-bagian ini? Mungkin terdengar sepele, tapi demi peningkatan pendapatan, tentunya kita harus lakukan. Hal-hal kecil seperti ini yang membuat perubahan besar kelak.

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami