Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 12 January 2022

8 Ide dan Peluang Bisnis di Tahun 2022

Pelatihan

Ide dan Peluang Bisnis Tahun 2022 – Tahun yang baru memberikan harapan dan peluang baru bagi Anda yang ingin memulai bisnis. Tren-tren baru dalam bisnis terus bermunculan di tahun-tahun sebelumnya. Kira-kira peluang bisnis apa saja yang akan berkembang dan menjadi tren di tahun 2022 ini? Simak informasi berikut!

Content:

Ide Peluang Bisnis Tahun 2022 

  1. Social Media Management 
  1. Jasa Kebersihan Rumah 
  1. Kelas atau Kursus Online 
  1. Katering Makanan Sehat 
  1. Makanan Frozen 
  1. Jasa Laundry 
  1. Bisnis Tanaman Hias 
  1. Produk Perawatan Diri atau Kecantikan 

Ide Peluang Bisnis 2022 

1. Social Media Management

 

Pemasaran digital kini telah dilakukan oleh bisnis dengan berbagai skala. Secara khsus, media sosial dengan penggunanya yang begitu banyak menjadi saluran komunikasi utama bagi mayoritas pelaku usaha. Namun, seringkali pelaku usaha terlalu sibuk dan tidak sempat mengoptimalkan konten yang diungggah ke sosial media. Jasa social media management menjadi salah satu ide bisnis yang memiliki banyak kesempatan di tahun 2022 ini. 

Usaha ini dapat dijalankan tanpa perlu memiliki kantor/gedung secara fisik, karena proses pembuatan konten dapat dilakukan di mana saja. Tapi, pastikan Anda memiliki tim dengan kreativitas dan kemampuan adaptasi yang kuat, ya! 

2. Jasa Kebersihan Rumah 

Sejak penyebaran COVID-19, masyarakat dipaksa untuk hidup lebih bersih. Kini, mayoritas masyarakat secara otomatis lebih sadar akan kesehatan dan kebersihan. Maka dari itu, terkadang pasar membutuhkan jasa kebersihan yang lebih terpercaya karena dianggap bisa membersihkan ‘lebih’. Masyarakat membutuhkan rasa aman dan nyaman, untuk memastikan tempat tinggal yang sehat bagi keluarga masing-masing. 

3. Kelas atau Kursus Online 

Kebutuhan masyarakat akan pendidikan tidak akan pernah ada habisnya. Hal ini menjadi peluang yang cukup luas bagi wirausahawan. Namun, akibat pandemi yang belum sepenuhnya berakhir, hal tersebut dapat disiasati dengan mengadakan kelas atau kursus secara online. 

Materi dari kelas atau kursus ini bisa berangkat dari minat pribadi Anda, maupun pengetahuan atau keahlian yang Anda dapatkan dari pendidikan formal. Materi dapat disampaikan dengan siaran langsung atau streaming, maupun materi berupa audio atau video yang sudah direkam sebelumnya. Keunggulan dari bisnis ini adalah materi yang dapat disusun dan disampaikan kepada banyak orang sekaligus. 

4. Katering Makanan Sehat 

Dengan adanya berbagai saluran penjualan baru, bidang kuliner kembali ditekuni oleh banyak pelaku usaha. Selama produk dan bisnis memiliki kualitas dan inovasi yang baik, usaha di bidang kuliner ini diprediksikan akan cukup menjanjikan pada tahun 2022. 

Seiring dengan tumbuhnya kesadaran akan kesehatan masyarakat, menu dari usaha katering yang marak diminati adalah menu-menu diet sehat. Berbagai kelebihan seperti kemudahan transaksi dan biaya pengantaran gratis menjadi daya tarik tersendiri yang membuat peminat usaha ini cukup banyak. Terlebih, selama pandemi berlangsung, orang-orang cenderung mengurangi frekuensi untuk makan di luar, dan juga kesadaran untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat. 

5. Makanan Frozen 

Berbagai jenis usaha kuliner telah menyediakan ‘versi beku’ dari produk-produknya. Ini merupakan dampak dari perubahan perilaku masyarakat selama pandemi COVID-19. Terbentuk kebiasaan baru untuk memilih makanan yang bisa dengan cepat dinikmati di rumah. 

Memang frozen food tidak bisa sepenuhnya menggantikan usaha makanan dan minuman yang memungkinkan konsumen untuk makan di tempat. Namun, permintaan yang terus meningkat beberapa waktu ini membuat bisnis ini cukup menjanjikan di tahun 2022. 

6. Jasa Laundry 

Usaha yang bergerak di bidang jasa laundry juga memiliki potensi untuk berkembang di tahun 2022. Jasa laundry kini banyak digunakan oleh masyarakat yang memiliki aktivitas cukup padat. Dari segi konsumen, jasa laundry sangat membantu karena menghemat waktu dan tenaga untuk tetap memiliki baju yang bersih dan layak untuk dipakai. 

7. Bisnis Tanaman Hias 

Bisnis budidaya tanaman hias kini semakin menjanjikan. Kesempatan ini semakin terbuka seiring perkembangan konsep urban farming di tengah masyarakat perkotaan. Aktivitas ini mulai marak untuk mengisi waktu luang di tengah isolasi saat pandemi Covid-19. Berawal dari hobi yang dilakukan oleh banyak orang, kini tanaman hias menjadi peluang bisnis tersendiri yang mungkin bisa Anda coba di tahun 2022. 

8. Produk Perawatan Diri atau Kecantikan 

Dalam dua tahun terakhir, terjadi perubahan pola perilaku masyarakat akibat terjadinya pandemi Covid-19. Di era ‘new normal’ ini kebiasaan menjaga kebersihan diri, membatasi jarak dengan orang lain, dan work from home sudah menjadi pola kebiasaan baru. Kesadaran akan perawatan diri ini membuat permintaan akan produk-produk self-care atau produk kecantikan terus meningkat. Momentum ini dapat Anda manfaatkan untuk memulai bisnis di bidang ini di tahun 2022. 

Demikian adalah beberapa informasi mengenai Ide dan Peluang Bisnis di tahun 2022. Semoga Anda terinspirasi dan segera memulai salah satunya! Jika Anda menyukai informasi dan artikel lainnya dari Krealogi, Anda dapat klik di sini!

Download dan gunakan juga aplikasi Krealogi untuk pengelolaan bisnis yang lebih mudah!

Baca juga

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami