Blog Thumbnail

Ardy Krealogi | POST ON 20 July 2022

Ikuti 3 Tips Ini Agar Bisnis UMKM Bisa Bertahan di Masa Pandemi

Tips n Tricks

Pandemi membentur negara ini dengan sangat keras. Bisnis berjatuhan di mana-mana, mental menjadi tumpul, dan belum lagi nyawa yang melayang karena wabah.

UMKM merupakan salah satu pihak yang mudah tumbang juga. Dengan penanganan yang tidak sigap, umur sebuah UMKM bisa saja tinggal beberapa minggu. Berikut adalah 3 tips yang kamu bisa lakukan untuk mempertahankan UMKM milikmu!

Daringkan manajemen usaha
Untuk bisa mempertahankan bisnis UMKM, kamu sebagai pemilik bisnis pertama-tama harus bisa mempertahankan fisik diri sendiri dulu! Virus covid-19 mudah menular melalui kontak fisik dengan orang lain dan benda-benda sekitar, jadi kontak fisik sebisa mungkin dihindari.

Bagaimana caranya? Ganti cara manajemen menjadi online.

Memeriksa arus kas, stok, melakukan pembayaran, semua sudah harus dilakukan dalam komputer. Contoh software yang kamu bisa pakai untuk mengatur ini semua adalah Jurnal. Tersedia dengan banyak template yang profesional, kamu bisa mengatur bisnismu dari komputermu sendiri.

Namun, pasti ada beberapa aspek dalam bisnis yang memang melibatkan kamu sendiri untuk terjun. Segala usaha kita untuk mengatur usaha tidak akan pernah 100% aman dari virus. Tetapi selama kemungkinan penularan diminimalisir, sudah sangat cukup.

Rencakanan ulang anggaran
Anggaran yang dulu kamu rancang mungkin hanya akan bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya wabah virus. Namun, dengan adanya wabah, pasti ada beberapa aspek dalam anggaran yang harus dipikirkan kembali.

Anggaran-anggaran yang awalnya normal dilakukan sebelum pandemi pasti harus diubah. Perihal seperti pengiriman surat atau brosur pemasaran. Dengan ketidakmauan orang-orang untuk melakukan kontak fisik, kamu harus beralih ke pengiriman lewat surel. Dari sini, anggaran terpangkas karena tidak harus lagi pergi ke luar untuk membagi-bagikan surat.

Pastinya juga ada kasus di mana anggaran dinaikkan demi mencapai sesuatu. Misalnya, karena pandemi memaksa kita untuk menggunakan internet untuk bertahan, berarti penggunaan data internet pasti lebih besar. Maka dari itu, anggaran untuk paket data internet per bulan harus dinaikkan juga.

Naik atau turun, pastikan anggaranmu terencana dengan jelas agar tidak tersandung apa pun selama berbisnis di tengah pandemi.

Menjual produk yang memang dibutuhkan

Di masa pandemi, ada 2 macam produk yang menjadi kebutuhan primer ketika beraktivitas. Yang pertama adalah masker, dan yang kedua adalah hand sanitizer.

Kedua benda ini digunakan semua orang untuk mencegah penularan virus dan selalu dicari ketika sedang bepergian. Mungkin kedua produk ini tidak sesuai dengan jenis produk yang kamu sediakan. Namun, tidak ada salahnya menambah sedikit pendapatan, kan? Lagipula dengan menjual masker dan hand sanitizer, kamu berpartisipasi dalam penghambatan penularan virus.

Wabah virus covid-19 ini memang sangat menyusahkan. Tetapi selama kita menyatukan upaya kita untuk meminimalisir penularan, pandemi pasti akan selesai lebih cepat. Oleh sebab itu, jangan lupa melakukan tips-tips ini di aktivitasmu setiap hari!

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami