Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 28 January 2022

Kelebihan Pencatatan Transaksi secara Digital untuk UMKM

Pelatihan

Kelebihan Pencatatan Transaksi secara Digital – Tahun 2022 memberikan harapan baru bagi perekonomian Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya usaha baru yang bermunculan di awal tahun ini. Hal ini dapat disebabkan oleh banyaknya anggota masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena pandemi, maupun yang memang memilih untuk berbisnis di tahun 2022.

Namun, masih banyak pelaku usaha yang mungkin merupakan pemula atau pertama kali berbisnis, yang melupakan beberapa aspek penting dalam kelayakan bisnis, khususnya masalah pencatatan transaksi keuangan. Padahal, terlepas dari besar-kecilnya skala usaha, pencatatan keuangan yang lengkap dan rinci merupakan aspek yang cukup penting dan harus dimiliki sebuah perusahaan.

Table of Content: 

Mengapa Perlu Mencatat Transaksi Keuangan Perusahaan?

Kelebihan Pencatatan Transaksi Secara Digital

Memilih Aplikasi Pencatatan Transaksi Terbaik

Mengapa Perlu Mencatat Transaksi Keuangan?

Bisnis seperti warung, kedai kecil, salon, cuci sepatu, atau bisnis apapun, memerlukan pencatatan keuangan yang layak. Hal ini diperlukan agar pelaku usaha dapat memantau keadaan keuangan melalui pencatatan yang kemudian dapat disusun menjadi pelaporan keuangan.

Dengan pencatatan yang jelas, semua pemasukan dan pengeluaran akan terlacak dengan jelas. Tidak akan ada kejadian uang yang hilang entah ke mana dan untuk apa. Tidak terkecuali untuk UMKM, baik yang memiliki sistem penjualan secara offline maupun online, pencatatan transaksi merupakan hal yang esensial.

Pencatatan keuangan sehari-hari merupakan hal yang sederhana, namun dapat membawa manfaat besar untuk jangka waktu panjang. Perusahaan dengan pencatatan keuangan yang lengkap dan akurat akan memiliki kelebihan dalam aspek evaluasi dan pemantauan.

Kelebihan Pencatatan Transaksi Secara Digital 

1. Dapat digunakan untuk perencanaan usaha

apa pentingnya perencanaan produksi
freepik.com

Alasan pertama pentingnya UMKM memiliki pencatatan keuangan secara digital adalah laporan yang dihasilkan dari pencatatan yang lengkap dan akurat dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan perencanaan usaha. Dengan mencatat secara digital, kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk membuat laporan keuangan sewaktu-waktu atau sesuai periode yang kamu ingingkan. 

Selain itu, melalui laporan keuangan tersebut, kamu bisa mengevaluasi keseluruahan biaya produksi, biaya operasional, biaya transportasi, dan biaya lain-lain. Sehingga, kamu bisa evaluasi dan lakukan perbaikan atau penyesuaian untuk produksi selanjutnya. 

Dapat disimpulkan bahwa pencatatan dan pelaporan keuangan secara digital yang rapi dapat membantu pelaku usaha untuk mengevaluasi dan melakukan perencanaan ke depan mengenai arah jalannya bisnis. Selain rencana produksi, pelaku usaha juga bisa merencanakan berbagai strategi pemasaran untuk dapat meningkatkan penjualan. 

2. Memantau posisi keuangan perusahaan

meningkatkan volume penjualan produk
freepik.com

Usaha yang bergerak dalam bidang retail memiliki banyak macam produk dengan pergerakan barang dan uang yang sangat cepat. Seringkali, pemilik usaha tidak mengetahui bagaimana kondisi dan posisi keuangannya karena banyaknya transaksi tidak disertai dengan pencatatan yang lengkap. Terkadang pemiliki usaha UMKM tidak mengetahui apakah keuangan mereka sedang berada di posisi laba atau rugi. 

Jika pemiliki usaha mulai melakukan pencatatan transaksi secara digital yang mudah dan cepat, maka transaksi sekecil apapun akan terekam secara otomatis. Sehingga, pemilik usaha mengetahui posisi keuangan perusahaan yang sesungguhnya tanpa mengandalkan ingatan atau perkiraan. 

Di akhir periode atau pada waktu yang sudah ditentukan, pengusaha UMKM dapat mengunduh laporan keuangan secara digital yang telah tertata dengan rapi. Dari sana, mereka dapat melihat dan mengevaluasi posisi keuangan perusahaan. 

3. Mengetahui keseluruhan jumlah transaksi

strategi meluncurkan produk baru
freepik.com

Setiap usaha yang menjual barang maupun jasa, pasti memiliki transaksi untuk mendapatkan pemasukan. Volume transaksi dari setiap perusahaan juga berbeda-beda, tergantung dari jenis usaha dan juga skalanya. Dengan pencatatan secara digital, pelaku UMKM dapat mengetahui secar pasti berapa transaksi yang sudah terjadi dalam periode waktu tertentu.

Di akhir periode, pelaku usaha dapat kembali dan mencocokkan data dengan keseluruhan jumlah transaksi yang sudah terekam. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya ketidaksesuaian atau selisih akibat kesalahan atau kelalaian yang terjadi. 

4. Kepentingan pajak

Sebagai warga negara dan pelaku usaha yang baik, membayar pajak adalah sebuah kewajiban. Perusahaan tanpa pencatatan yang jelas akan kebingungan saat harus memperkirakan besaran pajak yang harus dibayarkan. 

Dengan pencatatan transaksi secara digital, besaran pajak yang harus dibayarkan dapat dengan mudah diketahui. Hal ini tentunya sangat membantu pelaku usaha dalam menyelesaikan urusan perpajakan. 

5. Informasi dan dasar keputusan manajemen 

Kelebihan pencatatan transaksi secara digital yang selanjutnya adalah kemudahan manajemen untuk memperoleh informasi dan membuat keputusan manajerial. Pencatatan yang akurat dan lengkap merupakan sumber informasi yang kredibel bagi manajemen. 

Informasi yang didapatkan dari pencatatan digital tersebut kemudian dapat digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. UMKM juga perlu melakukan evaluasi terhadap keseluruhan kinerja dan keuangan perusahaan, agar dapat menjadi semakin baik dan berkembang. 

Hasil pencatatan tersebut juga bisa digunakan pemilik UMKM untuk menentukan apakah strategi pemasaran yang digunakan selama ini akan dipertahankan, ditingkatkan, atau diubah secara total. Keberhasilan strategi dapat dilihat dari pelaporan di akhir periode yang merupakan hasil pencatatan transaksi secara berkala. 

Memilih Aplikasi Pencatatan Transaksi Terbaik

Adanya perkembangan teknologi internet dan aplikasi harus dimanfaatkan oleh pelaku bisnis UMKM. Namun, pelaku usaha juga harus dapat menentukan dengan tepat aplikasi apa yang akan digunakan untuk menunjang keseluruhan operasional usahanya. 

Sebagai contoh nyata, Krealogi hadir sebagai sahabat bisnis kamu. Dengan adanya fitur pencatatan transaksi secara digital, Krealogi akan membantu kamu dalam menghindari terjadinya hal-hal yang sudah kita bahas di atas. Aplikasi Krealogi cocok bagi pelaku usaha UMKM yang ingin mencapai tingkat pengelolaan usaha yang lebih baik. 

Kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi Krealogi? Download aplikasinya di sini!

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami