CEO Krealogi Azalea Ayuningtyas berfoto bersama mahasiswa Kampus Pascasarjana SBM ITB setelah memberikan materi inspiratif tentang kewirausahaan sosial dalam kuliah Management of Innovation, Technology, and Entrepreneurship. (Foto oleh: Krealogi)

Indonesia sebagai negara berkembang menghadapi tantangan besar dalam meningkatkan jumlah wirausaha untuk memperluas lapangan kerja. Jumlah wirausaha menjadi indikator keberhasilan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Rasio kewirausahaan nasional pada tahun 2023 baru mencapai 3,47%, dengan target setidaknya 12% pada 2045.

Di era transformasi digital seperti sekarang, mahasiswa merupakan generasi potensial yang memiliki peluang lebih besar untuk berwirausaha dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Generasi ini dianggap mampu beradaptasi terhadap perubahan.

Peningkatan kapasitas berwirausaha bagi mahasiswa dapat menjadi langkah strategis dalam meningkatkan rasio kewirausahaan nasional yang sejalan dengan upaya peningkatan ekonomi Indonesia.

Tantangan Mahasiswa dalam Berwirausaha

Berdasarkan hasil survei World Economic Forum (WEF), sebanyak 35,5% anak muda usia 15-35 tahun di Indonesia ingin berwirausaha. Namun, kebanyakan dari mereka masih menemui tantangan yang menghambat keputusan mereka untuk berwirausaha, di antaranya:

  • Minimnya pengetahuan tentang kewirausahaan
  • Strategi pemasaran yang tidak sesuai
  • Kurangnya akses terhadap pendampingan
  • Ketidakmampuan dalam penetapan modal
  • Tidak memiliki inovasi yang berkelanjutan

Kontribusi Krealogi Melalui Program Wiramuda

Sebagai respons terhadap tantangan tersebut, Krealogi meluncurkan Krealogi Wiramuda (Wirausaha Muda), yaitu sebuah program yang berfokus pada pengembangan kapasitas wirausaha di kalangan mahasiswa.

Program ini dirancang untuk memberikan pendidikan dan pelatihan yang komprehensif, membekali mahasiswa dengan keterampilan praktis dan pengetahuan yang diperlukan untuk memulai dan mengelola bisnis mereka sendiri.

Adapun komponen utama dari Krealogi Wiramuda meliputi:

  • Program Magang

    Krealogi Wiramuda menyediakan kesempatan magang bagi mahasiswa. Melalui program magang, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman kerja langsung di Krealogi atau Du Anyam. Pengalaman ini akan memberikan wawasan praktis dan membangun keterampilan yang diperlukan untuk sukses di dunia bisnis.

  • Kuliah Kerja Nyata (KKN)

    Sebagai bagian dari program ini, mahasiswa juga didorong untuk berpartisipasi dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN). Melalui KKN, mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan mereka dalam konteks nyata, membantu masyarakat lokal untuk mengembangkan potensi ekonomi mereka.

  • Pelatihan Kewirausahaan

    Program ini menawarkan serangkaian pelatihan yang mencakup berbagai aspek kewirausahaan, mulai dari perencanaan bisnis, strategi pemasaran, manajemen keuangan, hingga inovasi produk. Pelatihan ini dirancang untuk membantu mahasiswa memahami dan mengatasi tantangan yang sering dihadapi oleh para wirausaha pemula.

  • Pendampingan dan Mentoring

    Salah satu komponen kunci dari Krealogi Wiramuda adalah pendampingan dan mentoring. Mahasiswa akan mendapatkan bimbingan dari para ahli dan praktisi berpengalaman di bidang kewirausahaan. Pendampingan ini bertujuan untuk memberikan dukungan berkelanjutan dan membantu mahasiswa mengembangkan ide bisnis mereka menjadi usaha yang sukses.

  • Akses ke Jaringan dan Sumber Daya

    Krealogi Wiramuda juga menyediakan akses ke jaringan profesional dan sumber daya yang diperlukan untuk memulai dan mengembangkan bisnis. Melalui kemitraan dengan berbagai institusi, program ini membuka peluang bagi mahasiswa untuk berkolaborasi, mendapatkan pendanaan, dan memperluas pasar mereka.

  • Inkubasi Bisnis

    Program ini mencakup fase inkubasi yang memberikan akses kepada mahasiswa untuk mengembangkan ide bisnis mereka dalam lingkungan yang mendukung. Inkubasi ini mencakup fasilitas, bimbingan, dan sumber daya yang diperlukan untuk membantu mahasiswa membawa ide bisnis mereka ke pasar.

  • Kelas Praktisi

    Program ini juga mencakup kelas praktisi, di mana mahasiswa dapat belajar langsung dari para pelaku industri. Kelas ini memberikan wawasan dan pengalaman praktis yang berharga, membantu mahasiswa memahami realitas dunia bisnis dan kewirausahaan.

  • Dosen Tamu

    Krealogi Wiramuda mengundang dosen tamu dari berbagai latar belakang untuk memberikan perspektif yang beragam dan mendalam tentang kewirausahaan. Dosen tamu ini terdiri dari para ahli, praktisi, dan akademisi yang memiliki pengalaman luas di bidangnya.

Salah satu bentuk implementasi program Krealogi Wiramuda yang dilakukan belum lama ini adalah menghadirkan dosen tamu untuk Kampus Pascasarjana SBM ITB guna memperkaya materi pengajaran.

Dalam kesempatan tersebut, Pendiri Du Anyam sekaligus Direktur Krealogi Azalea Ayuningtyas berbagi pengetahuan dan pengalamannya terkait kewirausahaan sosial di mata kuliah Management of Innovation, Technology, and Entrepreneurship pada Sabtu, 18 Mei 2024 lalu.

CEO Krealogi Azalea Ayuningtyas dengan antusias berbagi pengetahuan tentang inovasi dan kewirausahaan sosial kepada para mahasiswa. (Foto oleh: Krealogi)

Tidak hanya itu, Krealogi juga telah berkontribusi secara signifikan dalam pendidikan kewirausahaan di Indonesia. Sejauh ini, Krealogi telah berhasil:

  • Mengimplementasikan lebih dari 20 program pemberdayaan
  • Bermitra dengan lebih dari 50 perguruan tinggi
  • Berkolaborasi dengan lebih dari 15 mitra
  • Membantu meningkatkan kapasitas peserta sebanyak 2.200 mahasiswa
  • Membantu perluasan akses pasar dengan total nilai Rp 100 juta

Membangun Kemandirian Ekonomi Melalui Generasi Muda

Krealogi percaya bahwa memperkuat kompetensi kewirausahaan mahasiswa adalah langkah penting dalam membangun fondasi ekonomi yang mandiri dan berkelanjutan.

Dengan membangun jembatan antara pendidikan formal dan dunia bisnis, Krealogi berharap bahwa program ini akan menjadi sarana efektif bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka dapatkan dalam meningkatkan ekonomi lokal dan nasional.


Mari bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih cerah melalui kewirausahaan.
Hubungi kami di krealogi.com/link untuk bergabung dan berkolaborasi dalam program Krealogi Wiramuda!