Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 11 February 2022

Manfaat Gudang Bagi Bisnis? Simak 4 Hal Ini!

Pelatihan

Manfaat Gudang Bagi Bisnis – Seringkali orang tidak dapat melihat pentingnya gudang bagi sebuah bisnis. Padahal, gudang dapat menjadi penghubung antara kegiatan ekonomi yang cukup vital seperti produksi hingga distribusi. Bahan baku memerlukan tempat penampungan sebelum dilakukan produksi. Barang hasil produksi membutuhkan tempat penampungan sebelum akhirnya didistribusikan kepada konsumen.

Gudang sendiri dapat diartikan sebagai sebuah tempat atau bangunan khusus yang memiliki fungsi untuk menyimpan sesuatu di dalamnya, atau fungsi tertentu lainnya. Adanya gudang juga dapat menjadi indikator kapasitas dan kualitas produksi dari sebuah perusahaan. 

Gudang memiliki berbagai fungsi pendukung bagi jalannya serangkaian kegiatan ekonomi. Dalam artikel ini akan dibahas lebih jelas mengenai mengapa gudang diperlukan oleh bisnis.

Table of Content: 

  1. Sebagai Penyimpanan Barang 
  1. Memudahkan Pemrosesan Pesanan 
  1. Meningkatkan Kualitas Produk dan Pelayanan 
  1. Meningkatkan Kualitas Keputusan Pembelian 

1. Sebagai Penyimpanan Barang

manfaat gudang bagi bisnis
freepik.com

Fungsi yang pertama dari gudang adalah sebagai tempat penyimpanan barang. Jelasnya, gudang memiliki fungsi untuk menyimpan barang fisik seperti bahan baku, bahan setengah jadi, dan barang hasil produksi yang telah siap untuk dijual. 

Gudang membantu jalannya proses produksi hingga distribusi, sehingga merupakan aspek penting dalam upaya efisiensi usaha. SOP dan manajemen gudang yang baik diperlukan agar fungsinya dapat digunakan dengan maksimal. 

2. Memudahkan Pemrosesan Pesanan

manfaat gudang bagi bisnis
freepik.com

Dengan adanya gudang, pelaku usaha dapat menjamin ketersediaan produk ketika mendapatkan permintaan dari konsumen. Fungsi ini juga merupakan upaya penghematan biaya produksi dan pengiriman, karena barang dengan jumlah yang banyak dapat ditampung di dalamnya sebagai stok untuk beberapa waktu ke depan. 

3. Meningkatkan Kualitas Produk dan Pelayanan

manfaat gudang bagi bisnis
freepik.com

Gudang dengan sistem manajemen dan kontrol yang baik dapat meningkatkan kualitas produksi. Pelaku usaha dapat melacak semua kondisi dan kuantitas dari bahan mentah, bahan setengah jadi, hingga barang jadi dengan lebih baik. 

Ketika ditemukan produk yang tidak memenuhi standar, gudang menawarkan kemudahan untuk menggantikan produk tersebut dengan persediaan yang baru. Pengelolaan gudang dengan sistem inventaris yang baik juga mampu memonitor barang dengan kadaluarsa. Para pekerja dapat dengan mudah menyeleksi produk mana yang harus dikeluarkan terlebih dahulu maupun harus dibuang.

Baca juga: Membuat Jadwal Rencana Produksi

4. Meningkatkan Kualitas Keputusan Pembelian 

Dengan gudang, kamu bisa mengetahui ketika barang harus dibuang, atau harus melakukan pembelian untuk menambah persediaan barang tertentu. Barang yang disusun dan terinventaris dengan rapi akan memberikan data yang akurat mengenai ketersediaan barang. 

Dengan adanya gudang, kamu juga dapat lebih mudah mengidentifikasi barang yang slow-moving ataupun fast-moving, sehingga keputusan manajerial yang dibuat menjadi lebih baik. 

Demikian adalah informasi mengenai mengapa gudang diperlukan oleh bisnis.  

Bagi kamu yang sedang mengembangkan usaha atau mencari gudang untuk usahamu, semoga artikel mengenai manfaat gudang bagi bisnis ini dapat menjadi bermanfaat. Jika kamu menyukai artikel lainnya dari Krealogi, kamu bisa klik di sini! Gunakan fitur Manajemen Gudang dari Krealogi untuk mengelola persediaan bahan baku dan prdouk jadi dengan mudah dan akurat, serta terintegrasi dengan fitur Rencana Produksi.

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami