Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 15 January 2022

Manfaat Pembukuan Bagi UMKM?

Pelatihan

Apa Manfaat Pembukuan bagi UMKM? – Pembukuan merupakan hal yang penting bagi perusahaan karena dapat diolah untuk memberikan informasi kepada pemilik, manajer, investor, dan pemegang saham yang berupa evaluasi menyeluruh dari keuangan perusahaan. Pembukuan dapat diolah menjadi laporan keuangan yang memberikan informasi vital yang meliputi pendapatan dan beban, laba dan rugi, aset, yang dapat dimanfaatkan untuk kontrol, pembuatan keputusan, dan perencanaan bisnis.

Manfaat Pembukuan bagi UMKM

Fungsi atau objektif utama dari pembukuan adalah untuk mencatatat keseluruhan transaksi keuangan, untuk menciptakan informasi keuangan. Namun, masih banyak pemilik usaha dengan skala yang lebih kecil umumnya, yang melupakan pencatatan dan pembukuan.

Pencatatan dan pembukuan ini nantinya dapat diteruskan sebagai laporan keuangan. Maka, sekecil apapun skala perusahaannya, pengusaha wajib mengerti dan menerapkan pencatatan dan pembukuan. Simak informasi berikut untuk mengetahui apa saja pentingnya melakukan pencatatan dan pembukuan usaha!

Table of Contents:

  1. Melacak Pemasukan dan Pengeluaran 
  1. Membantu Proses Penyusunan Anggaran 
  1. Analisis Manajemen yang Lebih Mudah 
  1. Dasar Pembuatan Keputusan 
  1. Manajemen Keuangan 
  1. Representasi Performa Bisnis
  1. Keperluan Legal dan Pajak 

1. Melacak Pemasukan dan Pengeluaran

Anda pasti menginginkan rincian yang jelas mengenai pemasukan dan pengeluaran. Hal ini menghindari terjadinya pengeluaran yang tidak diketahui rinciannya. Dalam perusahaan, angka sekecil apapun dapat diperhitungkan. Pencataan dan pembukuan yang rapi akan membantu pengusaha untuk melakukan kontrol terhadap pembelian atau pengeluaran. Anda dapat secara efisien mencatat segala jenis transaksi, baik pemasukan maupun pengeluaran dengan aplikasi Krealogi

2. Membantu Proses Penyusunan Anggaran

Ketika Anda mengetahui rincian dari segala pemasukan dan pengeluaran yang terjadi, maka hal tersebut akan membantu dalam proses penyusunan anggaran. Anggaran dapat menjadi pedoman atau arah tujuan keuangan dari bisnis Anda. Fungsi utama dari anggaran adalah untuk melakukan perencanaan dan antisipasi biaya-biaya yang tidak diduga sebelumnya. 

3. Analisis Manajemen yang Lebih Mudah

Pencatatan dan pembukuan yang rinci akan sangat membantu bagi kepentingan manajemen dan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Laporan arus kas atau cashflow juga akan lebih mudah untuk disusun dengan detail. Informasi tersebut akan menjadi dasar bagi manajemen perusahaan untuk membuat sebuah keputusan.

Baca juga: Apa Itu Cashflow? Berikut Elemen dan Cara Menyusunnya

4. Dasar Pembuatan Keputusan

Tahap ini merupakan lanjutan atau tindak lanjut dari tahap analisis perusahaan. Pencatatan dan pembukuan yang telah dilakukan dengan baik pasti akan memberikan analisis yang tepat pula. Keputusan yang baik harus didasarkan pada informasi keuangan yang lengkap dan memiliki akuntabilitas. Pembukuan yang baik dapat berfungsi sebagai representasi keadaan keuangan sebuah perusahaan. 

5. Manajemen Keuangan

Pembukuan dapat menjadi pedoman mengenai bagaimana perusahaan harus membelanjakan uangnya. Adanya pembukuan dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk mengendalikan keuangan perusahaan agar bisnis tetap berjalan dengan baik. 

6. Representasi Performa Bisnis

Menggunakan informasi dari hasil pencatatan dan pembukuan, pemilik bisnis akan lebih mudah menentukan apakah bisnis berjalan dengan baik atau sebaliknya. Pembukuan merupakan sumber yang cukup reliabel untuk mengukur performa sebuah bisnis. Performa dapat diukur dari membandingkannya dengan performa sebelumnya, atau dibandingkan dengan performa dari kompetitor.

Pencatatan keuangan dan pembukuan yang akurat diperlukan untuk beberapa keperluan legal. Mulai dari pelaporan ke pemegang saham hingga ke pembayaran pajak kepada pihak berwenang dan pemerintah. 

Sesederhana apapun, pencatatan keuangan dan pembukuan sangat penting untuk dimulai oleh sebuah perusahaan. Pencatatan dan pembukuan yang lengkap dan akurat akan membawa banyak manfaat bagi perkembangan perusahaan Anda. Selain beberapa alasan di atas, penting bagi pemilik usaha dengan skala yang lebih kecil untuk memiliki pembukuan yang baik. 

Mulai dari pengendalian arus kas, pengetahuan mengenai jalannya perusahaan, hingga meminimalisir kerugian akibat faktor internal maupun eksternal. Jika Anda adalah seorang pelaku usaha yang baru saja memulai, meluangkan sedikit waktu untuk melakukan pencatatan dan pembukuan untuk usaha Anda akan sangat berguna untuk jangka yang cukup panjang. Setidaknya, dengan memulai pencatatan, Anda perlahan dapat memahami sistem berjalannya usaha secara keseluruhan. 

Pelajari bagaimana Krealogi dapat mempermudah jalannya bisnis Anda. 

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami