Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 30 March 2022

Mengolah Ide dan Peluang Usaha Kerajinan

Pelatihan

Mengolah Ide dan Peluang Usaha Kerajinan – Di tahun 2022 ini, ekonomi dan berbagai industri diprediksi mengalami kebangkitan dan terus membaik. Hal ini membuat banyaknya usaha yang kembali beroperasi, dan juga munculnya banyak usaha baru.

MengoIah Ide dan Peluang Usaha Kerajinan

Ada berbagai usaha yang potensial di tahun 2022. Usaha-usaha tersebut diprediksi untuk memiliki peluang yang cukup bagus di tahun ini. Salah satunya adalah bisnis kerajinan. Ada banyak jenis kerajinan yang potensial untuk dijadikan sebuah bisnis.

Dalam artikel ini, Krealogi akan menjelaskan mengenai apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengolah ide dan peluang bisnis kerajinan yang akan dijalankan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan menjadi pertimbangan saat kamu hendak memulai bisnis kerajinan yang sukses. Jangan sampai, ide dan peluang usaha kerajinan yang kamu impikan tidak berjalan dengan baik karena mengabaikan hal-hal penting.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Kerajinan yang Sukses

Setelah mengumpulkan berbagai ide, kamu perlu melakukan analisis untuk menilai ide dan peluang usaha kerajinanmu. Gunanya, adalah agar kamu mendapatkan model bisnis yang benar-benar menguntungkan. Sebab, kembali lagi tujuan dari bisnis adalah untuk memperoleh keuntungan dari produk barang atau jasa yang kita ciptakan.

Rencana usaha atau kewirausahaan tersebut perlu dianalisis. Sehingga, kita bisa mengetahui kekuatan, kelemahan, ancaman, juga tantangan yang mungkin akan dihadapi. Mengetahui semuanya di awal dapat menambah kemungkinan bisnismu menjadi bisnis yang berkesinambungan.

Analisis bisnis mempertimbangkan banyak faktor yang mencakup keseluruhan jalannya proses bisnis.

Berbagai Pertimbangan untuk Memproses Ide Bisnis

Profitabilitas

tips memulai bisnis kerajinan

Hal pertama yang menjadi pertimbangan adalah: apakah bisnis yang akan dijalankan dapat memberikan keuntungan. Seleksi berbagai ide dan peluang yang kamu miliki, dan coret alternatif-alternatif yang tidak memenuhi faktor pertama ini.

Faktor Penguasaan Teknis

Kerajinan memiliki titik berat pada produk jadi. Produk yang berkualitas tinggi biasanya disertai juga dengan penguasaan teknis yang baik. Maka, pastikan kamu memiliki penguasaan teknis, atau memiliki akses untuk mempelajarinya. Jika kamu memang merupakan pengrajin, pilihlah produk yang kamu kuasai.

Prospek Pemasaran

Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah prospek pemasaran produkmu. Siapakah yang merupakan target pasarmu? Melalui saluran apa kamu akan memasarkan produk kerajinanmu? Hal tersebut penting untuk diketahui sejak awal.

Faktor Bahan Baku

Bahan baku merupakan faktor penting dalam produksi barang fisik. Sebab, bahan baku dapat menentukan tingkat kualitas produk, harga produk, serta keberhasilan keseluruhan proses produksi.

Sumber Daya Manusia

Faktor yang penting selanjutnya adalah sumber daya manusia. Apakah kamu memiliki akses untuk mendapatkan tenaga staf atau sumber daya manusia? Berapa jumlah yang dibutuhkan? Apakah sumber daya manusia tersebut memiliki keahlian yang sesuai?

Faktor Modal

Dalam hal modal, perlu diselaraskan antara modal yang tersedia dengan kebutuhan atau jenis usaha kerajinan yang hendak kamu jalani. Modal tidak hanya dalam bentuk uang, namun bisa juga dalam bentuk peralatan atau mesin yang sudah kamu miliku untuk melakukan produksi.

Tingkat Risiko

Perlu dipertimbangkan faktor besar kecilnya risiko usaha kerajinan yang akan kamu jalani. Bandingkan dengan besarnya keuntungan yang akan diperoleh jika rencana usahamu berhasil.

Faktor Persaingan

Biasa kita kenal juga dengan riset atau analisis kompetitor. Pelajari situasi pasar, bagaimana permintaan, tingkat harga, dan juga sistem pemasaran yang dilakukan oleh para kompetitor. Mengetahui hal ini sejak awal akan membekali kamu dengan persiapan yang lebih matang.

Fasilitas dan Kemudahan

Faktor selanjutnya adalah fasilitas dan kemudahan dalam hal pengadaan usaha. Apakah fasilitas dan lokasi usahamu benar-benar memberikan kemudahan untuk keseluruhan jalannya bisnis, atau justru sebaliknya? Fasilitas yang memadai akan memudahkan segala proses dan meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak terduga.

Faktor Manajemen

Salah satu pertimbangan penting lainnya adalah dari segi manajemen. Tipe dan sistem manajemen apa yang paling cocok untuk mengelola usaha tersebut? Biasanya, dalam usaha dengan skala yang lebih kecil hal ini sering diabaikan.

Langkah terakhir jika kamu sudah menentukan ide dan peluang usaha kerajinan apa yang akan dijalani, adalah mempertimbangkan hal-hal seperti:

  1. Apakah usaha ini sesuai dengan hasrat dan minat?
  2. Apakah akan membawa keuntungan?
  3. Menawarkan kemudahan dalam proses operasional dan pengawasannya?
  4. Mudah dalam melakukan kontrol dan pemeliharaan?
  5. Produk disukai dan membawa manfaat bagi konsumen?
  6. Apakah usaha mendapatkan dukungan dan perlindungan dari pemerintah?

Baca juga: Tips Mengevaluasi Ide Bisnis Bagi Pengusaha

Analisis dengan Analisis SWOT

Segala hal di atas dapat kamu lengkapi dengan merangkum semuanya menjadi sebuah Analisis S.W.O.T. Dengan metode ini, kamu dapat mengetahui Strength/kekuatan, Weakness/kelemahan, Opportunity/kesempatan, dan Threat/ancaman yang mungkin kamu hadapi.

Dengan adanya informasi ini, kamu bisa memetakan dengan jelas ide dan peluang bisnismu. Apa yang menjadi kekuatan dari produk/brand kamu, kelemahannya, apa saja kesempatan yang bisa membuat bisnismu maju, dan ancaman yang mungkin dapat dialami.

Segala bentuk analisis ide dan peluang bisnis tersebut juga dapat kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menyusun sebuah strategi. Strategi tersebut dapat digunakan dalam bidang pemasaran, produksi, pengembangan produk, manajemen staff, kontrol biaya, dan keputusan-keputusan manajemen lainnya.

Kelola bisnismu dari hulu hingga hilir dengan satu aplikasi, Krealogi dari DuAnyam! Manfaatkan fitur dari rencana produksi, pengelolaan gudang, pencatatan transaksi dan pesanan, hingga pelaporan keuangan! Baca artikel lainnya di sini!

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami