Blog Thumbnail

Ardy Krealogi | POST ON 22 July 2022

Pandemi Corona tak Juga Kelar, Ini Trik Agar Bisnis UMKM Tak Terpengaruh Oleh PPKM

Tips n Tricks

PPKM adalah musuh bagi UMKM. Dengan berbagai pembatasan di sana dan di sini, para pelaku UMKM merasa kewalahan dan tidak optimis bisa mempertahankan usahanya.

Ya, memang betul regulasi PPKM membatasi banyak aspek dalam kehidupan masyarakat sekitar. Namun, dengan cara yang tepat, efisiensi sebenarnya masih bisa kamu pertahankan. Simak beberapa trik berikut agar usahamu tetap jalan!

Baca juga:

Ikuti 3 Tips Ini Agar Bisnis UMKM Bisa Bertahan di Masa Pandemi

Optimalkan marketing lewat internet

Mungkin sebelum pandemi, kamu biasa memasarkan produkmu dengan memasang banner, atau iklan di baliho, atau membagi-bagikan brosur di tempat umum. Sekarang, dengan kondisi seperti ini, metode seperti ini tidaklah efektif lagi. Kamu harus mulai memasarkan lewat internet, atau yang sering disebut sebagai digital marketing. Gunakan digital marketing untuk menutup jarakmu dengan calon-calon pembeli di luar sana.

Ada banyak macam digital marketing. Macam-macam ini pada dasarnya berputar pada website toko resmimu dan media sosial tokomu. Tiga opsi yang lumayan umum adalah SEM (search engine marketing), SMM (social media marketing), dan SEO (search engine optimization).

Rombak ulang anggaran dan pangkas pengeluaran
Dengan situasi PPKM, dipastikan ada perubahan yang terjadi. Perubahan yang terjadi kerap bersifat negatif. Inilah mengapa kamu harus merancang ulang anggaran. Sebuah anggaran bisa saja berkurang, namun yang lain pasti meminta lebih banyak agar bisnis masih berjalan. Maka dari itu dana harus ditata ulang.

Namun, bagaimanapun kamu menata anggaran yang ada, total anggaran haruslah lebih kecil daripada sebelumnya. Mengapa? Karena di saat PPKM, pasti akan ada kejadian yang memaksa kita mengambil dari kas. Kejadian ini sering berhubungan dengan kesehatan, dan biaya memperbaiki kesehatan pasti mahal.

Suarakan bahwa usahamu aman di tengah pandemi
Ketika kamu menjalankan usaha di tengah pandemi, tentunya kamu harus menjaga keamanan di 2 sisi, di sisimu sendiri dan sisi pelanggan. Kalau sudah terjamin keamananya, bagus. Namun, kamu bisa menggunakan nilai lebih ini untuk memasarkan usahamu.

Kamu bisa cantumkan di media sosialmu atau websitemu kalau aktivitasmu menjalankan usaha dilakukan tanpa membantu penyebaran virus. Alasannya karena kamu selalu membawa hand sanitizer kalau pergi outdoor. Info seperti ini akan membuat rasa kepercayaan dalam calon pembeli karena mereka tahu kalau kamu bersih.

Teknologi adalah sahabatmu

Teknologi bisa membantu kamu untuk menjalankan usahamu. Semua hanya berjarak beberapa klik saja.

Harus mengadakan rapat? Tinggal pilih antara Zoom atau Google Meet. Mau membukukan kegiatan usaha selama sebulan? Microsoft Excel atau Word siap membantumu. Ingin melacak progres sebuah proyek sudah sampai mana? Trello bisa membantu. Ingin membuka website toko agar terlihat lebih profesional? Zyro siap di tempat. Punya produk baru dan ingin dipasarkan segera dalam kurung waktu pendek? Instagram Ads bisa melakukan itu.

Punya kepentingan tertentu tapi PPKM menghalangi? Kemungkinan besar ada platform di internet yang bisa membantu kamu.

Baca juga:

Strategi UMKM di Masa Pandemi

Walau PPKM sudah tak lagi berlaku, Covid-19 masih mengintai. Tak ada salahnya untuk melakukan trik-trik di atas agar bisnismu tetap bisa berjalan lancar. Jangan lupa untuk share informasinya dengan sesama pebisnis UMKM lainnya, ya.

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami