Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 17 January 2022

Pentingnya Pencatatan Pesanan bagi Usaha Kamu!

Pelatihan

Apakah Anda pernah merasa kesulitan mengandalkan ingatan untuk memproses pesanan-pesanan dari klien? Mencatat pesanan satu-per-satu secara manual juga seringkali terasa merepotkan, terlebih dengan resiko catatan tersebut untuk hilang atau rusak. Melakukan pencatatan pesanan bisnis merupakan hal yang cukup penting agar tidak terjadi kesalahan yang fatal. Baca artikel ini untuk mengetahui pentingnya pencatatan pesanan bagi usaha kamu dan juga kemajuannya!

Kenapa Harus Mencatat Pesanan? 

Konsumen seringkali melakukan pesanan dalam jumlah yang berbeda-beda, dengan variasi produk yang beraneka ragam, dan dengan waktu yang berbeda-beda. Pencatatan secara manual seringkali tidak memiliki sistem yang memadai untuk memantau keseluruhan proses dari pesanan masuk hingga produk diterima konsumen. Padahal, penting bagi pelaku usaha untuk mengetahui, mengontrol, dan mengidentifikasi jika terjadi permasalahan di tengah proses tersebut.

Jika Anda mengalami kesulitan terkait pengelolaan pesanan dari konsumen, sudah saatnya Anda mencari hal yang baru yang lebih efektif dan efisien. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengadopsi teknologi dengan menggunakan aplikasi pencatat pesanan untuk bisnis Anda.

Aplikasi catat pesanan dapat dimanfaatkan untuk mencatat hal-hal yang berkaitan dengan data pesanan dari konsumen secara rinci dengan memanfaatkan teknologi. Kehadiran aplikasi pencatatan pensanan memungkinkan Anda untuk dengan mudah mencatat dengan rapi secara digital. Hal ini mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dan hal lainnya yang dapat mengakibatkan kerugian dari segi bisnis.

Baca juga: Manfaat Pembukuan untuk UMKM

Aplikasi Pencatatan Pesanan 

Perkembangan teknologi aplikasi telah memungkinkan kita untuk melakukan pencatat pesanan secara digital. Dengan aplikasi ini, ada sarana yang memungkinkan bisnis untuk mencatat dan mengelola pesanan dan segala penjualan secara efisien dan sistematis. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, semua data yang meliputi produk, persediaan, dan jumlah barang keluar dan masuk dapat dikelola. Selain itu, terdapat fitur pelaporan mengenai total penjualan, hingga perhitungan berbentuk laporan sederhana mengenai laba dan rugi. 

Tanpa aplikasi mencatat penjualan, Anda harus melakukan semuanya secara manual yang menyita banyak waktu dan energi. Pendataan secara manual juga lebih berisiko mengalami kesalahan yang dapat mengakibatkan kerugian. 

Catat dan proses pesanan yang kamu terima. Buat jadwal pengiriman dan proses pembayaran lebih mudah dengan data yang terintegrasi dengan Krealogi. Cetak dokumen transaksi dengan hanya satu kali klik. Dengan mencatat pesanan, Anda dapat memastikan pengiriman berjalan sesuai rencana dan juga tepat waktu. 

Bagaimana Fitur Catat Pesanan Krealogi dapat Membantu Anda?

Fitur Catat Pesanan akan memudahkanmu dalam merekap pesanan masuk, mempersiapkan pengiriman dan memproses pembayaran. Dalam fitur catat pesanan, Anda akan menjumpai: 

1. Daftar pesanan masuk 

Anda dapat mencatat seluruh pesanan yang masuk secara rinci 

2. Jadwal kirim dan status pembayaran untuk setiap pesanan 

Buat jadwal untuk pengiriman dan juga status pembayaran untuk setiap pesanan yang masuk. 

3. Unduh dan cetak label pengiriman, invoice dan surat jalan 

Anda dapat mengunduh dan mencetak label untuk pengiriman produk, berikut invoice dan surat jalannya. 

4. Pendapatan dari pesanan yang selesai akan otomatis terekam di pemasukan 

Pendapatan yang didapatkan dari pesanan akan secara otomatis terekam di bagian pemasukan keuangan. Mudah bukan? 

 

Demikian adalah pentingnya pencatatan pesanan bagi usaha untuk menghindari kesalahan dan pengelolaan yang lebih baik secara keseluruhan. Ingin segera mengelola bisnismu dengan lebih baik? Download melalui GooglePlay, dan rasakan mudahnya mengelola bisnis dengan bantuan fitur-fitur dari Krealogi.

Baca juga

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami