Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 10 January 2022

5 Pentingnya UMKM Melek Digital!

Pelatihan

Pentingnya UMKM Melek Digital – UMKM merupakan salah satu sektor usaha yang rentan terkena dampak dari krisis akibat kurangnya kemampuan untuk mengadopsi dan memanfaatkan teknologi. Penyebaran Covid-19 menjadi contoh nyata penyebab turunnya performa UMKM. Pemerintah Indonesia telah meluncurkan berbagai program dan bantuan untuk mewujudkan digitalisasi dan kebangkitan UMKM.

Di sisi lain, mungkin Anda adalah pemilik bisnis UMKM yang sudah mengadopsi teknologi, namun terlalu disibukkan dengan tanggung jawab dalam bisnis lainnya. Waktu dan tenaga yang ada sudah digunakan untuk mengurus penjualan, pencatatan, atau bahkan membantu jalannya operasional sehari-hari. Dengan terbatasnya waktu dan energi, sisi pemasaran atau marketing seringkali kurang diperhatikan. 

Adanya teknologi digital dan internet membantu pemilik bisnis UMKM untuk bisa lebih fokus pada aspek lain. Mulai dari pemasaran, penjualan, maupun pencatatan yang dilakukan melalui ruang digital dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan. Simak informasi berikut untuk mengetahui pentingnya adopsi teknologi bagi bisnis UMKM. 

Content:

5 Pentingnya UMKM Melek Digital 

  1. Dapat Menjangkau Wilayah yang Lebih Luas 
  1. Produk Lebih Mudah Dijangkau Konsumen 
  1. Manajemen Bisnis yang Lebih Baik 
  1. Data Lebih Terorganisir 
  1. Menunjang Bisnis Secara Keseluruhan 

5 Pentingnya UMKM Melek Digital 

Berikut adalah informasi mengenai beberapa hal yang menjadi alasan utama bagi UMKM untuk lebih efektif dalam memanfaatkan teknologi, khususnya internet: 

1. Dapat Menjangkau Wilayah yang Lebih Luas

Ketika pelaku bisnis UMKM mulai memanfaatkan teknologi, maka produk dan bisnisnya bisa menjangkau wilayah yang lebih luas. Teknologi memberikan kemungkinan bagi usaha untuk menjangkau skala nasional maupun internasional. Jika awalnya konsumen Anda hanya berasal dari lingkungan sekitar tempat tinggal atau bisnis, kini Anda bisa menjangkau dan melayani konsumen dari mana pun. Hal ini merupakan dampak positif yang dapat dengan mudah dirasakan setelah UMKM melakukan adopsi teknologi. 

Budget perusahaan untuk mengadakan pameran secara fisik, kini bisa dialokasikan ke pemasaran secara digital. Penggunaan teknologi secara tepat akan memudahkan Anda menjangkau konsumen dari wilayah yang bahkan lebih luas. 

2. Produk Lebih Mudah Dijangkau Konsumen 

Bisnis UMKM yang sudah melek teknologi memiliki produk yang akan lebih mudah dijangkau oleh konsumen. Produk UMKM yang biasanya merupakan produk home industry seringkali sulit dijangkau oleh calon konsumen. Lokasi yang cukup jauh dari domisili konsumen dapat menjadi salah satu faktor. Namun, dengan adanya teknologi, konsumen juga dibantu dalam upayanya untuk menjangkau produk. Konsumen dapat memanfaatkan internet atau bahkan media sosial untuk melakukan pemesanan produk. Saluran dan cara distribusi berbasis internet juga sudah sangat mudah dan marak digunakan oleh masyarakat. 

3. Manajemen Bisnis yang Lebih Baik 

Manfaat berikutnya yang didapatkan dari adopsi teknologi oleh pelaku UMKM adalah kemudahan yang dirasakan dari sisi manajemen. Manajemen yang jelas dan terorganisir tentunya diinginkan oleh semua bisnis yang ingin berjalan dengan baik. Dengan adanya teknologi, banyak aspek-aspek dalam bisnis yang menjadi lebih mudah. Sebagai contoh, aplikasi Krealogi hadir untuk membantu bisnis Anda dari proses Rencana Produksi, mengelola pesanan dengan fitur Catat Pesanan, hingga pelaporan keuangan yang rapi dengan fitur Keuangan. Anda sebagai pelaku UMKM perlu mencoba aplikasi manajemen usaha untuk bisa lebih memfokuskan energi untuk pengembangan produk dan pemasarannya. 

4. Data yang Lebih Terorganisir 

Tersedia berbagai sarana bagi para pelaku UMKM untuk dapat melakukan segala jenis pencatatan untuk usaha secara digital. Dengan pencatatan secara digital, data yang dimiliki akan lebih tertata dan tersimpan dengan baik. Pencatatan dan juga laporan yang lebih baik akan membantu pemilik usaha untuk memantau dan mengevaluasi jalannya usaha baik secara harian, mingguan, maupun bulanan. Data yang dicatatat dengan rapi secara digital juga memudahkan pelaku UMKM untuk melakukan evaluasi dan pengambilan keputusan manajerial. 

Pada akhirnya, dengan lebih melek digital, maka keseluruhan kegiatan ekonomi dari UMKM Anda akan berjalan lebih lancar. Teknologi dapat membantu para pelaku UMKM dari mulai proses mengenalkan produk, upaya meningkatkan penjualan, hingga mencatat dan membuat pelaporan keuangan. 

Demikian adalah beberapa hal yang menjadi keuntungan bagi pelaku UMKM saat memanfaatkan adanya perkembangan teknologi dengan tepat. Walaupun terlihat sederhana, hal-hal tersebut akan menunjang dan mengembangkan bisnis UMKM ketika benar-benar dipraktekkan. 

Baca juga

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami