Project Coordinator Krealogi Ahadiyah Adinia Rahmi membantu peserta dalam melakukan pencatatan keuangan berbasis digital melalui Program SEED 4 Women. Program ini terselenggara melalui kolaborasi antara Krealogi dan Mercy Corps Indonesia dengan tujuan meningkatkan pembangunan sektor digital, khususnya bagi pengusaha perempuan. (Foto: Krealogi)

Tanpa terasa, Krealogi telah memasuki tahun ke-4 dalam dunia kewirausahaan. Perjalanan berawal dari pengalaman Du Anyam selama hampir 10 tahun dalam mengembangkan sistem manajemen rantai pasok kriya di desa terpencil di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Perlu diketahui, manajemen rantai pasok sendiri merupakan serangkaian kegiatan pengelolaan siklus atau proses produksi barang atau jasa yang meliputi perencanaan, pengelolaan, dan pengiriman produk akhir ke konsumen.

Pada 2020, Krealogi oleh Du Anyam diluncurkan secara resmi sebagai aplikasi manajemen rantai pasok serta pencatatan keuangan yang diperuntukkan bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Aplikasi ini hadir sebagai solusi untuk mengatasi sejumlah tantangan yang sering dihadapi wirausaha Indonesia, seperti kesulitan dalam manajemen pesanan, produksi, persediaan, dan pengiriman.

Dengan dukungan teknologi dan pendekatan akar rumput, Krealogi menawarkan kemudahan bagi UMKM untuk mengelola bisnis mereka secara efisien dan efektif. Aplikasi ini memungkinkan para pelaku usaha untuk melakukan pencatatan keuangan secara digital, mengoptimalkan manajemen persediaan, serta memonitor proses produksi dan pengiriman.

Ini sangat penting bagi UMKM untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasional, dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Dengan begitu, para pelaku UMKM juga diharapkan dapat mengembangkan usahanya.

Lebih dari sekadar aplikasi, Krealogi juga hadir sebagai platform pemberdayaan. Melalui berbagai program pelatihan dan pendampingan, Krealogi memberikan dukungan komprehensif kepada UMKM untuk meningkatkan keterampilan bisnis dan keuangan mereka. Akses ke jaringan mentor dan investor juga menjadi salah satu keunggulan Krealogi, membantu UMKM untuk mendapatkan peluang pengembangan yang lebih besar.

Pentingnya Pemberdayaan Wirausaha

Kewirausahaan merupakan proses mendirikan dan mengelola bisnis dengan memanfaatkan peluang, kreativitas, dan inovasi untuk mencapai tujuan dan memenuhi kebutuhan pasar. Wirausaha, sebagai individu yang melakukan kegiatan kewirausahaan, berperan sebagai pengambil risiko, pemimpin, dan inovator dalam mengembangkan usaha mereka.

Menjadi wirausaha berarti harus mampu beradaptasi. Di era teknologi yang terus berkembang, memiliki sistem pengelolaan bisnis yang terdigitalisasi, seperti pencatatan keuangan dan rantai pasok, menjadi keharusan. Data dari East Venture menunjukkan bahwa jumlah UMKM yang telah terdigitalisasi pada 2023 mencapai 27 juta, melampaui target yang ditetapkan sebesar 24 juta. Tren positif ini terus meningkat dan diprediksi akan mengalami peningkatan kembali pada 2024.

Namun, upaya peningkatan jumlah wirausaha yang terdigitalisasi masih menghadapi tantangan, terutama di daerah pedesaan di mana keterampilan dan pengetahuan digital masih terbatas. Hal ini menjadi hambatan dalam pemanfaatan teknologi secara efisien.

Krealogi Bertransformasi Menjadi Penggerak Ekosistem Kewirausahaan

Melihat peningkatan kebutuhan akan pelatihan dan pendampingan untuk menciptakan ekosistem kewirausahaan yang inklusif dan berkelanjutan, Krealogi bertransformasi menjadi penggerak ekosistem kewirausahaan dengan mengedepankan pemberdayaan wirausaha melalui program kemitraan.

Antusiasme peserta Program KUBIK Jago Digital dalam menyimak pemaparan dari Project Officer Krealogi Meidisca Anggraini. Program ini dapat terselenggara melalui kolaborasi antara Krealogi dan NLR Indonesia yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekosistem kewirausahaan inklusif bagi kelompok disabilitas, dengan fokus utama pada peningkatan kapasitas pelaku UMKM dalam pemasaran digital. (Foto oleh: Krealogi)

Dalam konteks ini, Krealogi juga berperan sebagai agregator, akselerator, inkubator, dan konektor yang memiliki fungsi serta tujuan yang berbeda, yaitu:

  • Agregator

    Krealogi sebagai agregator berperan dalam mengumpulkan berbagai sumber daya, informasi, dan layanan yang dibutuhkan oleh wirausaha. Fungsi Krealogi sebagai agregator adalah mengumpulkan dan menyediakan akses ke sumber daya penting seperti pendanaan, alat pengembangan bisnis, dan mentor.

  • Akselelator

    Krealogi sebagai akselerator berperan dalam mempercepat pertumbuhan wirausaha yang sudah memiliki produk atau layanan yang siap dipasarkan.

    Fungsi Krealogi sebagai akselerator adalah sebagai berikut.

    - Menyelenggarakan program akselerasi yang berfokus pada peningkatan kapasitas (upscaling) bisnis dalam waktu singkat.

    - Menyediakan program pendampingan dari para ahli industri dan pelatihan intensif dalam bidang pemasaran, pengembangan produk, dan strategi bisnis.

    - Menghubungkan wirausaha dengan jaringan investor untuk mendapatkan pendanaan lanjutan.

    - Mengorganisir acara di mana wirausaha dapat mempresentasikan bisnis mereka kepada calon investor.

  • Inkubator

    Krealogi sebagai inkubator berperan dalam mendukung perkembangan awal usaha atau ide bisnis dari tahap konsep hingga siap diluncurkan.

    Fungsi Krealogi sebagai inkubator adalah sebagai berikut.

    - Memberikan bimbingan dalam merumuskan ide bisnis, mengembangkan produk, dan membangun model bisnis.

    - Menyediakan akses ke pendanaan awal, alat pengembangan, dan jaringan bisnis.

    - Menyelenggarakan program yang berdurasi lebih panjang untuk membantu wirausaha bertumbuh dan berkembang.

  • Konektor

    Krealogi sebagai konektor berperan dalam menghubungkan pelaku bisnis dengan berbagai sumber daya yang mereka butuhkan untuk berkembang, seperti: investor, pelanggan, mitra, dan mentor.

    Fungsi Krealogi sebagai konektor adalah sebagai berikut.

    - Mengorganisir acara networking, pameran bisnis, dan konferensi untuk mempertemukan pelaku bisnis dengan berbagai pemangku kepentingan.

    - Mendorong kolaborasi antara wirausaha dengan perusahaan besar, pemerintah, dan organisasi lainnya.

Dalam pelaksanaannya, Krealogi mengintegrasikan semua peran tersebut untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan usaha. Upaya ini dimaksudkan untuk memastikan setiap tahap perkembangan usaha bisa mendapatkan dukungan yang tepat dan komprehensif, menciptakan ekosistem yang holistik dan berdaya guna.

Semangat Baru Krealogi: Bergerak Berdaya Bersama

Semangat baru Krealogi tercermin dalam tagline “Bergerak Berdaya Bersama” dengan visi dan misi untuk menggerakkan, memberdayakan, dan bekerja sama secara kolektif dalam mencapai tujuan bersama.

Tagline tersebut dapat dimaknai sebagai langkah yang diambil oleh Krealogi didasarkan pada prinsip dinamis untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan dan kondisi yang senantiasa berkembang.

Upaya ini bertujuan untuk membangun kekuatan, pemberdayaan, dan kapabilitas baik bagi individu maupun kelompok yang mampu membawa dampak positif bagi ekosistem kewirausahaan secara keseluruhan.

Ingin berkolaborasi melalui program kemitraan untuk membangun masa depan kewirausahaan yang inklusif dan berkelanjutan? Hubungi tim partnership kami dengan mengklik link berikut.

Anda juga dapat mengunduh profil perusahaan dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan mengunjungi halaman utama website Krealogi.

Untuk mengetahui implementasi ESG beserta dampak positif yang kami lakukan hingga 2023, Anda dapat membaca laporan ESG 2023 Krealogi di sini.

Mari Bergerak Berdaya Bersama!