Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 25 March 2022

Akuntansi: Seni Pencatatan Transaksi Keuangan

Pelatihan

Akuntansi: Seni Pencatatan Transaksi Keuangan – Akuntansi merupakan kegiatan yang selalu melekat dengan aktivitas bisnis. Akuntansi atau pencatatan keuangan merupakan hal vital yang harus dilakukan oleh setiap usaha. Kata ‘akuntansi’ sendiri merupakan adaptasi dari bahasa Inggris, “accounting”, yang berakar dari bahasa Prancis, yang artinya adalah menghitung. Seseorang yang melakukan kegiatan akuntansi atau pencatatan disebut sebagai akuntan.

Akuntansi sendiri diketahui sebagai sebuah seni pencatatan transaksi keuangan. Namun, sebenarnya apa pengertian menurut beberapa lembaga? Apa tujuan dilakukannya akuntansi atau pencatatan transaksi? Simak artikel berikut untuk mempelajari lebih lanjut.

Pengertian Akuntansi

seni pencatatan transaksi
freepik.com

Menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA), akuntansi adalah seni mencatat, menggolongkan, dan menyusun ikhtisar dengan cara yang sesuai dengan aturan, sehingga dapat digunakan untuk pengukuran dan keadaan umum lainnya yang memiliki sifat keungan untuk penafsiran hasil.

Sedangkan, menurut American Accounting Association (AAA), pengertian dari akuntansi sendiri adalah sebuah proses pengidentifikasian, pengukuran, serta pelaporan informasi ekonomi. Proses akuntansi dilakukan untuk memungkinkan dilakukannya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas oleh pihak yang berkepentingan untuk menggunakan informasi tersebut.

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan pengertian akuntansi. Diketahui bahwa secara umum, akuntasi dapat dipahami sebagai suatu proses untuk mencatatat, meringkas, mengelompokkan, mengolah, dan juga menyajikan data transaksi dan aktivitas keuangan. Informasi tersebut dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar pengambilan sebuah keputusan.

Saat menyebut istilah akuntansi, maka akan erat kaitannya dengan pencatatan dan penghitungan angka-angka yang cukup kompleks. Ada beberapa aturan dan standar yang perlu ditaati saat melakukan kegiatan pencatatan transaksi dalam akuntansi.

Namun, sebenarnya proses akuntansi sendiri memiliki banyak manfaat bagi berbagai pihak yang memerlukannya. Akuntansi dapat memberikan gambaran secara umum dari kondisi keuangan, tingkat laba atau rugi dari sebuah perusahaan, menentukan besaran pajak, mengatur kebijakan perusahaan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pencatatan Transaksi Keuangan: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Tujuan Akuntansi

Dalam bagian ini akan dibahas secara lebih rinci mengenai apa tujuan dilakukannya pencatatan transaksi dan akuntansi. Secara umum, tujuannya adalah untuk melakukan pencatatan transaksi, mengumpulkan, dan melaporkannya menjadi informasi keuangan yang lengkap.

Tujuan Dilakukan Akuntansi

  1. Memberikan informasi keuangan dari sebuah lembaga atau perusahaan, baik berupa aktiva maupun pasiva.
  2. Menyediakan informasi mengenai probabilitas laba atau ruginya sebuah usaha setelah berjalan selama periode waktu tertentu.
  3. Memberikan informasi mengenai adanya perubahan pada elemen-elemen keuangan perusahaan seperti: aset, hutang, modal, dan lainnya.
  4. Sebagai sumber informasi dan dasar pertimbangan dalam sebuah pengambilan keputusan oleh pihak yang berkepentingan.
  5. Merupakan bahan evaluasi keuangan, dengan mengetahui keadaaan saat ini, seseorang atau perusahaan dapat mengetahui permasalahan dasar yang ada, dan menyusun rencana ke depan untuk berproses.
  6. Sebagai alat kontrol dan bukti keuangan. Informasi yang ada harus jelas dan akurat sehingga dapat digunakan sebagai pertanggungjawaban keuangan. Selain itu, sebagai kontrol, akuntansi atau pencatatan transaksi berguna sebagai bahan pertimbangan alokasi sumber daya yang dimiliki.

Baca juga: Mengenal Sistem Pencatatan Transaksi: Metode Efektif Kelola Barang

Itulah tadi pengertian dan tujuan dari akuntansi sebagai seni pencatatan transaksi keuangan. Karena merupakan seni, akuntansi dilakukan dengan adanya keahlian dan pengalaman tersendiri. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan kebijakan yang terbaik. Hal tersebut berlaku dalam semua level, baik dalam level perusahaan maupun negara.

Mulailah seni pencatatan transaksi bagi usaha kamu dengan menggunakan bantuan dari Aplikasi Krealogi. Catat, kelola, dan pantau bisnis kamu secara mudah hanya dengan satu aplikasi! Baca artikel lainnya klik di sini!

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami