Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 28 March 2022

Sistem Manajemen Warehouse: Pengertian dan Peran Bagi Bisnis 

Pelatihan

Sistem Manajemen Warehouse: Pengertian dan Peran Pentingya Bagi Bisnis – Tahukah kamu apa itu Sistem Manajemen Warehouse? Sebagai seorang pelaku usaha, kamu harus memahami dengan saksama perihal tersebut dan juga perannya bagi bisnis yang sedang kamu geluti. 

Apa Itu Sistem Manajemen Warehouse 

Warehouse management system (WMS) atau sistem manajemen gudang adalah sistem yang memantau dan mengontrol proses opersional pergudangan. WMS memegang peran vital untuk menjaga kelancaran aktivitas pergudangan seperti penyimpanan, penerimaan, dan pengiriman barang, sesuai dengan rencana. 

Karena digunakan untuk memonitori semua aktivitas gudang. WMS yang sudah berbasis komputer umumnya dilengkapi dengan fitur-fitur khusus, misalnya pemindaian dengan barcode. Sehingga, pelaku bisnis dapat melihat keseluruhan proses barang di gudang mulai dari barang masuk hingga keluar hanya melalui sebuah platform di gadget.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Sistem Gudang yang Baik?

Proses-proses dalam Sistem Manajemen Warehouse 

Ada beberapa proses standar di dalamnya. Proses-proses tersebut adalah: 

1. Receiving and Put Away 

Ini adalah proses yang dimulai ketika barang tiba di gudang. Barang yang baru saja masuk harus diinput ke sistem manajemen pergudangan supaya ada kesesuaian data sehingga lebih mudah ketika melakukan pembaruan database barang nantinya. 

Setelah proses receiving atau penerimaan barang, barang kemudian akan masuk ke tahap put away. Pada tahap ini, barang akan diletakkan di tempat tertentu di gudang. 

2. Dispatching 

Proses selanjutnya adalah dispatching. Dispatching merupakan proses standar yang dapat membantu proses out bound atau pengeluaran barang dari gudang. 

Dengan sistem yang sudah terkomputerisasi, operator gudang hanya perlu melihat data yang ada di aplikasi sehingga proses pencarian barang jauh lebih mudah untuk dilakukan. 

3. Stock Take 

Proses selanjutnya adalah penyesuaian stok fisik barang dengan data yang ada di dalam komputer atau disebut stock take. Proses ini akan sangat memakan waktu dan tenaga jika tidak menggunakan sistem pengelolaan yang tepat. Karena untuk memastikan kesesuaian data dengan barang nyata, harus menghitung keseluruhan barang secara teliti satu persatu. 

4. Reporting  

Proses lain yang juga penting dalam sistem manajemen warehouse adalah reporting. Reporting berarti pelaporan. Laporan ini nantinya akan dijadikan acuan perusahaan untuk membuat keputusan terkait pergudangan. Bentuk laporan dalam sistem manajemen warehouse harus meliputi segala hal yang berhubungan dengan stok barang di gudang. 

Fungsi dan Manfaat Sistem Manajemen Warehouse

Tak hanya pengertian dan proses-prosesnya, ada baiknya sebagai seorang pelaku bisnis Kamu juga mengetahui fungsi dan manfaatnya bagi bisnismu.

Fungsi

1. Penyimpanan Barang

Sebagaimana namanya, tentu fungsi utama gudang adalah sebagai penyimpanan barang. Sesuai proses-proses standar WSM yang sudah dibahas di atas, setiap barang yang masuk harus disimpan di gudang dan ditata secara rapi agar tidak kebingungan saat hendak melakukan pengambilan atau proses lain. 

2. Sebagai Pengaman Produk 

Sistem ini juga berfungsi sebagai pengaman produk. Gudang bukan hanya sebagai papan untuk menyimpan barang, tapi juga melindungi persediaan barang baik dari pencurian maupun kerusakan. 

3. Untuk Meningkatkan Inventaris dan Pemesanan Kembali 

Masalah yang kerap muncul dalam pengelolaan gudang adalah menentukan waktu kapan untuk melakukan pemesanan ulang. Hal ini dikarenakan banyak stok barang yang letaknya tidak tertata sehingga sulit dipastikan persediannya. WMS berfungsi sebagai referensi untuk memriksa jumlah stok barang sehingga dapat melakukan pemesanan ulang tepat waktu. 

Manfaat

sistem manajemen warehouse
freepik.com

Selain fungsi, WMS juga dimiliki beberapa manfaat: 

1. Meningkatkan Efisiensi

Sistem manajemen warehouse dapat membantu meningkatkan efisiensi pekerjaan. Karena semua informasi terkait pergudangan telah tercatat di sistem, baik waktu maupun tenaga untuk melakukan setiap pekerjaan pergudangan jadi lebih efektif. 

2. Mengurangi Pengeluaran 

Sistem manajemen gudang juga memiliki manfaat mengurangi pengeluaran perusahaan. Dengan menerapkan sistem manajemen warehouse yang terstruktur dan berbasis komputer, Kamu dapat menekan biaya yang dikeluarkan untuk peralatan yang harus dioperasikan secara manual. 

3. Meningkatkan Kepuasan Konsumen 

Bukan hanya bermanfaat bagi perusahaan, WMS juga memberi manfaat bagi konsumen. Dengan sistem manajemen warehouse yang tertata barang-barang di gudang akan lebih mudah dicari, sehingga kinerja karyawan lebih cepat dan proses pengiriman barang tidak begitu memakan waktu.

Itulah informasi mengenai pengelolaan gudang beserta dengan perannya bagi perusahaan. Ciptakan sistem gudang yang baik untuk usahamu sendiri dengan menggunakan fitur Manajemen Gudang dari Krealogi! Kamu bisa melakukan pengecekan dan pemantauan jumlah stok barang di gudang dengan mudah dan akurat. Baca artikel lainnya di sini!

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami