Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 26 March 2022

Mengenal Sistem Pencatatan Transaksi: Metode Efektif Kelola Barang

Pelatihan

Sistem Pencatatan Transaksi: Metode efektif Kelola Barang − Secara literal, perusahaan memiliki arti sebagai lembaga berbadan hukum yang melakukan usaha atau transaksi. Dari definisi tersebut, dapat kita lihat bahwa pelaku usaha akan selalu melakukan transaksi.

Kendati usaha yang sedang dilakoni tergolong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), setiap pelaku usaha harus memiliki catatan transaksi yang baik. Jika Anda seorang pelaku usaha, Anda harus membaca penjelasan di bawah ini mengenai sistem pencatatan transaksi. 

Macam-macam Transaksi Perusahaan 

Sebelum berbicara lebih dalam mengenai hal ini, Anda juga perlu mengetahu apa saja macam-macam transaksi yang kerap dilakukan sebuah perusahaan. 

1. Pembelian Barang

2. Penjualan Barang 

3. Penerimaan Kas 

4. Pengeluaran Kas 

Apa Itu Sistem Pencatatan Transaksi 

Setelah memahami apa saja jenis-jenis transaksi yang terjadi di perusahaan, kini saatnya kita membahas soal sistem pencatatannya. 

Sistem pencatatan transaksi adalah metode yang digunakan untuk melakukan pencatatan atas seluruh bentuk transaksi yang terjadi di sebuah perusahaan. Adapun sistemnya dikategorikan menjadi dua; perpetual dan periodik. 

Sistem Pencatatan Transaksi Perpetual 

Sistem pencatatan transaksi perpetual adalah metode pencatatan di mana seluruh transaksi yang terjadi akan dicatat. Pencatatan berlaku baik untuk barang yang masih tersedia maupun barang yang sudah terjual. Artinya, dalam sistem pencatatan perpetual, setiap pergerakan keluar masuk barang akan dipantau.

Sebagaimana namanya, perpetual yang berarti berkelanjutan, dalam sistem perpetual detail informasi setiap transaksi harus rutin dicatat. Dengan begitu, pelaku usaha akan tahu posisi nilai persediaan barang setiap waktu.

Sistem Pencatatan Transaksi Periodik 

Berbeda dengan sistem pencatatan perpetual, dalam sistem pencatatan periodik, pencatatan hanya dibuat dalam periode tertentu. Maksudnya, perusahaan tak perlu melakukan pencatatan transaksi setiap waktu. Namun, di akhir periode yang telah ditentukan, harus dilakukan pengecekan bentuk fisik persediaan barang. 

Sistem periodik biasanya dilakukan pelaku usaha yang memiliki barang dagang dengan rentang nilai jual-beli relatif, kuantitasnya banyak, dan nilainya relatif kecil, seperti bahan bangunan.

Baca juga: Pencatatan Transaksi Keuangan: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Manfaat Sistem Pencatatan Transaksi

sistem pencatatan transaksi
freepik.com

Mengapa pelaku usaha harus memahami dan menerapkan sistem ini? Jawabannya adalah karena sistem pencatatan transaksi memiliki beragam fungsi yang akan berguna bagi kelancaran laju bisnis. Berikut beberapa di antaraya: 

1. Memantau Pergerakan Barang

Dengan menerapkan sistem pencatatan yang baik, pelaku usaha dapat terus memantau aktivitas barang yang keluar dan masuk. 

2. Mengurangi Risiko Kehilangan Barang

Dengan jelasnya data pergerakan barang, pelaku usaha tak perlu khawatir lagi tentang risiko barang hilang. Sebaliknya, jika Anda tidak pernah mencatat transaksi yang terjadi, Anda tidak akan pernah menyadari ketika ada barang keluar atau masuk yang jumlahnya tidak sesuai. 

3. Mendata Persediaan Barang

Jumlah persediaan barang adalah hal vital yang harus diketahui setiap pelaku usaha. Pasalnya, perusahaan tidak boleh sampai kehabisan stok barang jika tidak ingin bisnis mengalami kemacetan. Nah, pencatatan transaksi juga dapat sekaligus berfungsi untuk mendata persediaan barang. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi terkait persediaan barang Anda. 

4. Memperkirakan Perhitungan Laba Perusahaan

Manfaat lain dari pencatatan transksi adalah dapat membantu memperkirakan perhitungan laba perushaan. Dengan diterapkannya sistem perancanaan keuangan yang baik, pelaku usaha dapat melihat dan menalaah data barang yang berhasil terjual. Dengan begitu, pelaku usaha juga dapat memperkirakan berapa laba yang diperoleh dari setiap transaksi tersebut.

Dalam proses berjalannya, perusahaan akan melakukan berbagai macam transaksi yang juga dapat berupa penambahan atau pengurangan barang. Maka, pencatatan transaksi dapat kamu manfaatkan untuk memantau pergerakan barang dari perusahaan. Kamu bisa manfaatkan fitur Catat Transaksi dari Krealogi untuk membuat catatan yang rapi dan akurat, loh!

Dapatkan aplikasi Krealogi dari Google Playstore! Baca artikel lainnya klik di sini!

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami