Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 24 January 2022

Strategi Pemasaran 4P untuk UMKM

Pelatihan

Strategi pemasaran 4P untuk UMKM – Pemasaran tidak hanya diperuntukkan bagi perusahaan berskala besar. Usaha dengan skala kecil dan menengah juga akan menjadi semakin baik jika memiliki strategi pemasaran. Salah satu contohnya adalah strategi pemasaran 4P atau 4P marketing mix. Sesuai dengan namanya, strategi ini memiliki 4 elemen penting yang menjadi pusat perhatian. Lalu apa saja elemen yang ada di dalamnya? Yuk, simak lebih lanjut artikel ini. 

Content: 

Apa itu Strategi Pemasaran 4P atau Marketing Mix

Elemen dalam Strategi Pemasaran 4p 

  1. Product (produk) 
  1. Price (harga) 
  1. Place (tempat) 
  1. Promotion (promosi) 

Apa itu Strategi Pemasaran 4P atau Marketing Mix 

Tujuan utama dari marketing adalah untuk memperkenalkan dan menjual produk barang atau jasa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan kepada masyarakat luas. Pemasaran merupakan aktivitas yang penting untuk memastikan produk yang telat dibuat dapat terjual dan memberikan keuntungan bagi perusahaan. 

Ada berbagai strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh pelaku usaha. Salah satunya adalah strategi pemasaran 4P atau 4P marketing mix. Hal ini dapat dijadikan pedoman dasar dalam memulai sebuah bisnis, terlepas dari kecil atau besarnya skala usaha. Strategi ini memang bukan merupakan strategi terbaru dan terbaik. Namun, seiring berjalannya waktu, strategi pemasaran 4P terbukti tetap relevan dan dapat diaplikasikan. 

Strategi Pemasaran 4P merupakan kumpulan instrumen pemasaran yang terdiri dari: 

  1. Product (produk) 
  1. Price (harga) 
  1. Place (tempat) 
  1. Promotion (promosi) 

Keempat elemen ini harus dipikirkan dengan matang agar dapat diterima dengan baik oleh pasar. Bagaimana penjelasan dan aplikasi dari masing-masing elemen ini? Baca bagian berikutnya untuk informasi yang lebih jelas. 

Elemen dalam Strategi Pemasaran 4P 

Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing elemen dalam strategi pemasaran 4P untuk UMKM: 

1. Product (produk)

Apakah kamu pernah bingung mengenai produk apa yang harus dijual? Ketika produk sudah ditentukan, bagaimana strategi untuk memasarkannya? Baik sudah memiliki produk atau belum, keduanya masih tetap dapat diolah dan dimaksimalkan. 

Produk yang sudah ada dapat ditingkatkan dan disempurnakan dengan adanya timbal balik berupa kritik atau saran dari konsumen. Tren dan kebutuhan masyarakat yang baru juga bisa dijadikan dasar dalam membuat inovasi produk. 

Selain itu, pastikan kualitas dari produk yang kamu ciptakan tetap terjaga dan konsisten. Kualitas produk dan jasa yang konsisten akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sebaliknya, kualitas produk dan jasa yang buruk berpotensi menimbulkan kerugian bagi usahamu. 

Dalam menentukan strategi untuk ‘P’ yang pertama (produk), ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan: 

  1. Apa yang dibutuhkan oleh masyarakat? 
  1. Apakah produkmu bisa memenuhi kebutuhan tersebut?] 
  1. Fitur dan manfaat apa yang bisa diberikan produkmu? 
  1. Seperti apa produknya (bentuk, warna, ukuran, kemasan)? 
  1. Apakah produk mudah dijangkau dan digunakan oleh konsumen? 
  1. Apa yang membedakan produkmu dengan produk serupa? 

2. Price (harga) 

Elemen selanjutnya dalam strategi pemasaran 4P adalah Price atau harga. Harga merupakan faktor yang cukup penting dalam bisnis. Tingkat harga merupakan sensitif bagi konsumen. Artinya, harga seringkali dijadikan faktor untuk membedakan produkmu dengan produk lainnya. Maka, pastikan kamu menentukan harga yang tepat untuk produkmu. 

Lalu bagaimana strategi yang tepat untuk menentukan harga? Sebaiknya, kamu mulai dengan menghitung HPP (harga pokok produksi). Dari situ kemudian dapat ditentukan besaran keuntungan yang diinginkan untuk setiap produk yang terjual. 

Dalam menentukan elemen Price atau harga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: 

  1. Berapa nilai produk atau jasa dari segi konsumen? 
  1. Berapa harga rata-rata produk serupa yang ada di pasaran? 
  1. Apakah harga yang di atas/bawah dari rata-rata tersebut memberikan sebuah keunggulan dibanding produk kompetitor? 
  1. Apakah memungkinkan untuk dilakukan promosi dengan diskon? Berapa besarannya? 

3. Place (tempat) 

Dalam strategi pemasaran 4P, Place atau tempat juga ternyata menjadi elemen yang perlu dipertimbangkan dalam pemasaran. Elemen ini menentukan di mana tempat yang memungkinkan konsumen untuk dapat menjangkau produk. 

Pastikan kamu memilih tempat yang strategis dan sesuai dengan usaha yang kamu jalankan. Di era ini, tidak jarang konsumen yang tertarik untuk melakukan datang dan melakukan pembelian karena terlebih dahulu tertarik dengan tempatnya. 

Tempat yang baik tidak harus bagus, namun sesuai dengan pemanfaatan dan targetnya. Sebagai contoh: jika kamu membuka jasa reparasi sepatu dan peralatan olahraga, maka tempat yang paling tepat adalah di sekitar arena atau gelanggang olahraga. Kemungkinan untuk menjaring konsumen akan lebih besar jika dibandingkan dengan keputusanmu untuk membuka usaha di area yang dekat dengan taman rekreasi atau pantai meskipun sama-sama ramai. 

Sehingga, jika disimpulkan ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dalam menentukan Place (tempat)

  1. Di mana biasanya konsumen akan mencari produk atau layanan ini? 
  1. Seperti apa tempatnya (pasar, mall, atau secara online?) 
  1. Apakah tempat tersebut memudahkan distribusi produk? 
  1. Potensi dan masalah apa yang dapat terjadi di tempat tersebut? Bagaimana mengatasinya? 

4. Promotion (promosi) 

Promosi merupakan elemen yang memiliki pengaruh besar dalam pemasaran. Promosi yang berhasil dapat meningkatkan penjualan produk barang maupun jasa secara signifikan. Kegiatan promosi sangat mudah dilakukan dengan adanya perkembangan internet dan media sosial. Kamu bisa menjangkau lebih banyak orang dengan waktu dan biaya yang minimal dengan media sosial. 

Dalam menyusun rencana promosi, perhatikan beberapa hal berikut: 

  1. Saluran apa yang paling efektif untuk digunakan? 
  1. Apakah ingin menggunakan bantuan media iklan berbayar? Berapa anggarannya? 
  1. Momentum apa yang cocok untuk kegiatan promosi? 
  1. Bagaimana proses perencanaan dan eksekusi penyampaian pesan promosi? 

Strategi ini cukup sederhana dan efektif untuk diterapkan di usaha dengan berbagai skala. Dengan memanfaatkan 4 komponen tersebut, usahamu akan memiliki arah dan prioritas yang lebih baik. 

Klik di sini untuk mendapatkan aplikasi Krealogi yang akan menjadi sahabat digital untuk pengelolaan bisnis Anda!

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami