Blog Thumbnail

Ardy Krealogi | POST ON 06 July 2022

Strategi pemasaran Online Agar Bisnis UMKM Makin Cuan

Tips n Tricks

Sekarang, hampir semua orang lebih memilih untuk membeli barang lewat online shop. Tentunya, dengan pelanggan yang banyak, penjual pun juga akan dengan sendiri bertambah banyak. Lagipula, bergabung dalam pasar online bukanlah hal yang sulit dilakukan. 

Baca juga:

Inilah 8 Langkah Memulai Usaha Baru!

Dengan semakin banyak toko online, persaingan antar penjual pasti meningkat juga. Ingin bisa bersaing dan menghasilkan lebih? Berikut adalah langkah-langkah strategi agar bisnis onlinemu naik daun.

  1. Optimasi akun media sosial toko

Media sosial adalah tempat calon-calon pelanggan bersarang. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam menggunakan media sosial untuk memasarkan produk. Yang pertama adalah membuat konten yang menarik untuk dilirik. Selain harus mengerahkan kreativitas, konten juga harus mudah dimengerti, dan tentunya  relevan serta informatif dengan produk yang dipasarkan.

Karena sangat bergantung dengan visual, desain konten harus eye-catching agar menarik. Tapi jangan sampai desain yang kita buat terlalu ramai, ya. Jenis desain simple malah justru mudah dimengerti, dan kemungkinan menangkap perhatian lebih besar.

Selain konten, kamu juga harus sering berinteraksi dengan orang-orang yang hadir di akunmu. Semakin tinggi engagement di media sosial, semakin tinggi pula brand akan diingat oleh calon konsumen.

Untuk menggiring orang-orang untuk berinteraksi di akun media sosial, kamu bisa memanfaatkan stiker-stiker yang ada di story Instagram, contohnya. Sesekali coba membuat polling yang relevan dengan produk. Selain menaikkan engagement, kamu juga pasti mendapatkan informasi penting dari hasil polling itu sendiri! Selain itu kamu juga bisa memberikan apresiasi pada konsumen yang telah tag produkmu di sosial media dengan cara reupload

  1. Bangun toko onlinemu sendiri!

Ada berbagai macam platform untuk membuka toko onlinemu sendiri. Kamu bisa pilih salah satu atau beberapa dari lusinan marketplace yang ada untuk memaksimalkan pendapatan. Tapi, jangan lupa juga untuk membangun website sendiri agar brand-mu terlihat lebih profesional.

Dengan kecanggihan teknologi sekarang, orang awam pun bisa membangun websitenya sendiri. Beberapa contoh adalah Wix, Zyro, shopify, dan weebly. Semua platform ini sudah dirancang agar website mudah dibangun dan digunakan. 

Selama proses membangun website, pastikan perspektif kamu berada di perspektif calon pembeli. Tugasmu adalah memenuhi kebutuhan mereka dengan nyaman melalui website ini. Nah, setelah selesai mendesain website, tinggal membeli domain dengan harga dan periode yang ditetapkan, dan website siap diterbitkan. 

  1. Iklan, iklan, dan iklan

Untuk menjangkau orang-orang yang masih berada di luar media sosial dan website kamu sendiri, kamu harus menggunakan iklan. Ada apa saja macam iklan yang tersedia?

  • Paid search

Jenis iklan ini adalah iklan yang ditemukan di search engine seperti Google. Orang membayar kepada Google agar iklan produk/jasa mereka selalu muncul pertama ketika pengguna search engine mencari sebuah produk/jasa yang berkaitan dalam jangka waktu tertentu.

Ini tidak terbatas di hasil pencarian search engine saja. Google, atau yang nama fiturnya adalah Google Ads, juga menawarkan iklan di video YouTube dan iklan di aplikasi seluler. 

  • Social ads

Jenis iklan yang satu ini ditemukan di media sosial, umumnya di Instagram, Facebook, dan Twitter. 

Di Instagram, iklan bisa dijumpai di antara story yang berupa video atau gambar, atau kombinasi antara kedua dengan fitur yang bernama carousel ads. Fitur ini bisa digunakan untuk menampilkan beberapa halaman iklan sekaligus.

Di Facebook, bisa dijumpai collection ads, slideshow ads, carousel ads, single image ads, dan single video ads. Pada akhirnya, ini adalah opsi-opsi yang kamu bisa pilih untuk menampilkan iklanmu. Kamu bisa pilih format yang paling sesuai dengan iklan yang kamu rancang. 

Twitter pun juga mempunyai fitur iklan yang bisa dipakai, yaitu Twitter promote. Iklan akan berupa tweet dan muncul di feed pengguna twitter.

Baca juga:

Mengolah Ide dan Peluang Usaha Kerajinan

Biar bisnis UMKM makin lancar, pastikan 3 hal tadi dioptimasi agar bisnis bisa mendatangkan cuan. Semoga tulisan ini membantu, ya! Selamat mencoba!

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami