Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 20 January 2022

Strategi Pemasaran Produk UMKM: Terapkan 5 Langkah Ini!

Pelatihan

Strategi Pemasaran Produk UMKM – Saat ini, dalam memasarkan produk diperlukan beberapa penyesuaian dan inovasi. Hal ini disebabkan oleh berkembangnya teknologi, terutama internet. Ranah digital merupakan salah satu faktor pendukung mudahnya UMKM dalam menjalankan bisnisnya. Namun, teknologi juga merupakan salah satu tantangan bagi pelaku usaha UMKM. Kok bisa? Semakin banyak orang yang beralih ke pemasaran digital, maka persaingan yang ada juga akan menjadi semakin ketat. Pemasaran produk melalui dunia digital dapat kita jumpai hampir setiap hari di website, ecommerce, maupun di media sosial.

Maka dari itu, diperlukan pengetahuan dan strategi khusus agar bisnismu memiliki produk yang unggul. Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk UMKM yang relevan dengan situasi sekarang, coba simak beberapa poin di bawah ini.

1. Kenali latar belakang target pasarmu 

Siapa yang selama ini paling banyak membeli produkmu? Di mana ia tinggal? Berapa rata-rata usia mereka? Apa jenis pekerjaannya? Kira-kira berapakah tingkat penghasilannya? Apa saja yang menjadi prioritas dan kesukaan dari konsumen tersebut? Dengan mengetahui dan mengenali target pasarmu dengan lebih baik, kamu dapat menentukan strategi pemasaran yang benar-benar sesuai dengan targetnya.

2. Tingkatkan branding dan kemasan produkmu 

Upaya selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperbaiki atau meningkatkan branding dan kemasan produk. Apakah selama ini konsumen kesulitan untuk mencari atau mengidentifikasi produkmu di pasaran? Artinya, kamu harus memperhatikan sisi branding. Pastikan juga branding yang kamu bangun sesuai dengan status ekonomi, status sosial, gender, dan kebiasaan dari target pasarmu. 

Sebagai contoh, produk yang ingin kamu tawarkan adalah sabun kecantikan. Maka, agar sesuai dengan target pasar perempuan, desain produk, kemasan, dan logo sebisa mungkin dibuat lebih feminim. Dengan demikian, identitas dari produkmu akan lebih mudah memberikan kesan dan melekat di benak konsumen.

3. Buat kampanye dan promosi yang tepat sasaran 

Dalam upaya memasarkan produk UMKM, kamu perlu menyusun strategi kampanye dan juga promosi. Namun, pastikan apa yang akan disusun sesuai dengan target pasar yang telah terlebih dahulu kamu kenali. Tujuannya? Supaya kampanye dan promosimu tepat sasaran dan tidak hanya membuang-buang biaya. Selain itu, kampanye dan promosi yang tepat sasaran juga akan meningkatkan penjualan produkmu secara signifikan. Maka, lakukanlah langkah pertama dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan informasi mengenai target pasar yang akurat.

4. Maksimalkan media sosial 

Fitur media sosial seperti Instagram kini sudah memungkinkan kamu untuk tidak hanya berjualan, namun juga berinteraksi secara personal dengan konsumen. Media sosial dapat dikatakan sebagai salah satu strategi pemasaran yang penting untuk UMKM. Melalui media sosial, kamu dapat membangun kesadaran orang-orang akan produkmu, memperluas informasi mengenai pelanggan, dan juga sarana komunikasi yang sangat interaktif.

Baca juga: Tips Memasarkan Produk di Marketplace Online

5. Tingkatkan pelayanan 

Reputasi dan komunikasi getok tular dari pelanggan bisa saja menjadi faktor pertimbangan konsumen lain untuk melakukan pembelian produkmu. Hal sederhana seperti kualitas pelayanan menjadi faktor yang cukup penting bagi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Maka, berikanlah pelayanan terbaik. Mulai dari kecepatan respon terhadap pertanyaan, kecepatan pengiriman, kerapian pengemasan barang, atau pelayanan pasca-penjualan perlu mendapatkan perhatian lebih untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Baca juga: Pentingnya Pencatatan Pesanan Usaha 

Itulah beberapa strategi pemasaran produk UMKM yang relevan dan bisa dicoba untuk memaksimalkan penjualan produk. UMKM harus selalu beradaptasi dan mengikuti perubahan perilaku masyarakat. Dengan demikian, maka bisnis akan dapat terus berkembang. 

Salah satu cara untuk gampang berbisnis adalah dengan menggunakan aplikasi Krealogi. Fitur-fitur seperti pencatatan pesanan, fitur keuangan, hingga pencatatan gudang dapat kamu gunakan di satu aplikasi ini.

Baca juga

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami