Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 20 January 2022

Strategi UMKM di Masa Pandemi

Pelatihan

Strategi UMKM di Masa Pandemi – Sudah hampir selama 2 tahun ekonomi Indonesia mengalami masa yang cukup sulit akibat pandemi Covid-19. Tahun 2022 memberikan harapan baru bagi perekonomian negara, terutama bagi UMKM yang memiliki pengaruh besar. Kebangkitan UMKM juga mendongkrak ekonomi negara, dan hal ini sudah mulai terasa sejak akhir tahun 2021. 

UMKM merupakan sektor yang rawan terkena dampak dari terjadinya krisis. Maka, sejak tahun 2019, UMKM merasakan dampak secara ekonomi yang cukup berarti. Menurunnya volume penjualan tidak bisa dihindari, dan bahkan banyak usaha yang terpaksa harus tumbang. Hal-hal yang menjadi penyebabnya adalah kesulitan mobilitas masyarakat dan juga kurangnya kemampuan adaptasi dan adopsi teknologi dari sisi UMKM. 

Adaptasi Teknologi 

Di tahun 2022, UMKM yang dapat bertahan adalah mereka yang memiliki literasi dan kemampuan untuk melakukan adaptasi teknologi. Maka, UMKM yang belum melakukan adaptasi teknologi diharapkan bisa memanfaatkan momentum ini. Diperlukan serangkaian strategi UMKM di masa pandemi untuk dapat bertahan, dan bahkan berkembang. Digitalisasi adalah strategi utama bagi UMKM untuk dapat bertahan dan berkembang untuk beberapa waktu ke depan. 

Menurut data dari [KEMENKOPUKM], pemerintah menargetkan pada tahun 2024, Indonesia memiliki sebanyak 30 juta UMKM yang sudah melakukan digitalisasi. Upaya tersebut didukung dengan beberapa program pelatihan. 

Sebagai salah satu contohnya, Krealogi hadir dengan aplikasi berbasis digital yang memungkinkan para pelaku usaha untuk melakukan digitalisasi usaha. Tidak hanya itu, Krealogi juga memfasilitasi beragam program pelatihan yang bisa diikuti untuk mengembangkan sektor UMKM. 

Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi 

Strategi berikutnya yang dapat dilakukan oleh UMKM adalah pengembangan dari segi kreativitas dan inovasi produk. Adaptasi digital yang sudah dilakukan akan jauh lebih baik jika diimbangi dengan pengembangan kreativitas dan inovasi. Kreativitas dapat menjadi bahan bakar yang sangat efektif untuk dapat menghasilkan produk-produk yang unik. 

Di tengah kompetisi yang semakin padat, maka pelaku usaha UMKM harus dapat membuat produk yang unik dan unggul. Selain keunikan, faktor yang patut diperhatikan adalah kualitas dari produk yang konsisten. 

Upayakan untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan kemampuanmu untuk dapat memanfaatkan teknologi dan mengembangkan bisnis di tahun 2022. Kamu bisa akses berbagai informasi, artikel, dan juga pelatihan dari Krealogi dengan klik di sini

Baca juga

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami