Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 15 February 2022

Teknik Pemasaran Produk Secara Online

Pelatihan

Teknik Pemasaran Produk Secara Online – Jumlah masyarakat Indonesia pengguna internet semakin bertambah setiap tahunnya. Aktivitas jual beli secara online juga meningkat secara cukup signifikan. Maka, pemasaran produk secara online akan membantu untuk mengembangkan bisnismu. 

Dalam artikel ini, Krealogi merangkum 6 teknik pemasaran produk secara online yang telah terbukti meningkatkan pencapaian dari berbagai perusahaan di Indonesia. Jika kamu bisa mengaplikasikannya ke dalam usahamu, maka akan semakin besar peluang untuk menjaring pelanggan baru, dan mempertahankan pelanggan yang sudah Anda miliki. 

Apa saja strategi tersebut? Simak artikel ini hingga akhir untuk mempelajari lebih lanjut. 

Table of Content: 

  1. Manfaatkan Pemasaran dengan Search Engine Optimization (SEO) 
  1. Gunakan email marketing 
  1. Bangun Sistem Affiliate Marketing 
  1. Ciptakan Konten yang Relevan 
  1. Mengadakan Kontes atau Giveaway 
  1. Mengelola Konten di Media Sosial 

1. Manfaatkan Pemasaran dengan Search Engine Optimization (SEO)

Search engine marketing atau pemasaran dengan memanfaatkan mesin pencari di internet dapat membantu bisnismu untuk lebih mudah ditemukan oleh masyarakat. Dengan strategi SEO yang tepat, kemungkinan usahamu akan muncul sebagai beberapa hasil yang direkomendasikan ketika orang menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi yang relevan di internet. Memiliki website dengan strategi SEO yang kuat juga menjadikan perusahaanmu dinilai lebih terpercaya karena muncul di bagian awal rekomendasi dari mesin pencari seperti Google. 

Baca juga: Pemasaran Digital dengan Bantuan Influencer

2. Gunakan e-mail marketing

Cara lama ini masih terbukti sebagai teknik yang efektif dalam melakukan pemasaran online. Email marketing bukan hanya berarti sekedar mengirimkan e-mail ke alamat customer. E-mail marketing juga berarti mengirimkan informasi yang mampu menjawab pertanyaan dan kebutuhan konsumen melalui surat elektronik. Melalui e-mail, kamu bisa menyampaikan program atau kampanye-kampanye terbaru, dan penawaran menarik dari bisnismu untuk guna menarik konsumen untuk melakukan pembelian barang atau jasa. 

3. Bangun Sistem Affiliate Marketing

teknik pemasaran produk secara online
freepik.com

Upaya pemasaran online berikutnya adalah dengan membangun sistem affiliate marketing. Pemasaran afiliasi ini merupakan cara memperluas penyebaran informasi dan perluasan pasar dengan bantuan para affiliate marketers. Timbal balik yang bisa diberikan dari perusahaanmu adalah berupa komisi untuk setiap penjualan yang terjadi. Bagaimanapun, tidak semua jenis usaha cocok untuk menggunakan strategi pemasaran online yang satu ini. 

4. Ciptakan Konten yang Relevan

Untuk menjaring konsumen atau pelanggan baru, kamu bisa memanfaatkan konten berupa artikel, foto, video, atau pembahasan dalam format lainnya mengenai topik-topik terkini. Jutaan orang mencari informasi di internet setiap harinya. Dengan memposisikan diri di sana, kamu bisa meningkatkan jumlah orang yang mengetahui keberadaan bisnismu. 

5. Mengadakan Sebuah Kontes atau Giveaway

Masyarakat Indonesia sangat tertarik dengan diadakannya kontes berhadiah ataupun pembagian hadiah secara cuma-cuma atau giveaway. Dengan memanfaatkan promosi yang dilakukan oleh konsumen, kamu memberi timbal balik berupa produk barang atau jasa secara cuma-cuma. Kamu akan merasakan dampak yang sangat signifikan jika menggunakan strategi ini secara tepat. 

6. Mengelola Konten di Media Sosial

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengelola konten. Hal ini sering disebut dengan istilah content marketing. Lewat strategi ini, kamu bisa memanfaatkan media sosialmu untuk membagikan berbagai cerita dan sudut pandang yang menarik mengenai topik dalam bidang atau industri bisnismu. Hal ini tentunya akan sangat menarik dibandingkan dengan hanya terus menerus mengeluarkan konten iklan yang sifatnya menjual. 

Cara lain untuk meningkatkan usahamu dengan teknologi adalah dengan memanfaatkan aplikasi pengelolaan bisnis yang efisien. Klik di sini untuk baca lebih lanjut mengenai aplikasi Krealogi! Jika kamu tertarik, kamu bisa download aplikasinya di sini!

Baca juga

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami