Blog Thumbnail

Ardy Krealogi | POST ON 18 July 2022

Tips Maksimalkan Tiktok untuk Bantu Pemasaran Bisnis UMKM

Tips n Tricks

Muncul entah dari mana dan langsung mendominasi pasar media sosial, itulah TikTok. Sejak kemunculannya, Tiktok memberikan angin segar pada dunia konten dengan bentuk konten bite sized yang bisa dikonsumsi dalam hitungan detik saja.

TikTok masih panas dan terus akan sampai tahun-tahun ke depan. Ini adalah kesempatan bagimu pengusaha-pengusaha UMKM untuk terjun dan memasarkan usahamu. Berikut adalah tips dan trik dalam melakukannya.

Membuat akun bisnismu

Ketika membuat akun TikTok yang bertujuan untuk berbisnis, langsung saja ubah jenis akunnya menjadi akun bisnis. Opsinya bisa ditemukan di tombol “Manage your account”, dan di seksi “Account Control” akan ada opsi “Switch to Business Account.”

Mengubah jenis akun menjadi akun bisnis akan memberikan fitur tambahan, yaitu Engagement Metrics (untuk melihat statistik engagement), Business Creative Guide (panduan berbisnis di TikTok), dan Music Approve (penggunaan musik untuk tujuan komersil).

Setelah itu, jika kamu mempunyai akun YouTube atau Instagram, kamu bisa menyambungkannya di akun TikTok. Buka “Profile” di pojok kanan bawah, buka “Edit Profile” dan pilih “Add Instagram to your profile or Add YouTube to your profile”. Ini adalah cara yang bagus untuk memberitahu para followers kalau kamu juga available di media sosial lain.

Produksi konten

Seperti media sosial lain, untuk mengumpulkan followers, kamu harus mulai membuat konten. Untuk bisa menggiring followers dengan baik, kamu harus membuat strategi konten terlebih dahulu.

Strategi ini kamu isi dengan ide-ide video yang akan dikerjakan. Kamu bisa mengambil referensi dari akun-akun TikTok lain yang memang bermain di kategori produkmu juga. Cari tahu apa yang menarik perhatian banyak dan apa yang tidak.

Perlu dicatat bahwa TikTok adalah media sosial yang paling kasual dibandingkan dengan platform-platform lainnya karena mayoritas pengguna TikTok menggunakan platform ini hanya untuk hiburan. Jadi, kontenmu tidak harus 100% konten yang serius. Konten yang laku di sini adalah konten yang ringan dan menghibur.

Influencer dan influence-nya

Influencer di semua media sosial perannya sama: memberikan influence atau mempengaruhi. Dengan menggunakan kredibilitas mereka yang tercerminkan dengan jumlah followers yang ada, para influencers bisa mendorong sejumlah orang untuk mengambil sebuah aksi. Entah mengikuti undian, mengisi survey, atau membentuk sebuah persepsi baru tentang suatu hal.

Kamu bisa menggunakan influencer untuk mempromosikan produkmu. Seorang influencer tidak harus seseorang yang mempunyai berjuta-juta followers. Kamu bisa coba kontak dengan mereka yang mungkin sedang naik daun, atau bahkan masih relatif kecil dan memang berkeinginan untuk menjadi influencer.

Tools untuk membantu kamu TikTokan

Berikut adalah beberapa tool yang kamu bisa pakai untuk membantu kamu berbisnis di Tiktok:

Viamaker. Aplikasi ini dibuat oleh pemilik TikTok sendiri untuk mengedit videomu.
TrendTok. Aplikasi untuk melihat tren dalam TikTok dan apa yang akan kemungkinan menjadi tren.
Storyclash. Aplikasi untuk memantau apa yang TikToker sedang bicarakan dan arah pembicarannya mengenai topik yang relevan dengan produkmu sendiri.

Jangan lupa berinteraksi dengan orang-orang!

TikTok adalah media sosial untuk bersosialisasi. Balas komentar, baca direct message, dan stitch video orang lain yang relevan. Fitur unik dari TikTok ini sering digunakan di mana kamu bisa “menjahit” sebuah video dengan videomu sendiri. Kamu bisa gunakan itu untuk memaksimalkan engagement.

Lima tips ini bisa jadi salah satu panduan awal bagi kalian yang tertarik untuk memasarkan produk di Tiktok. Jadi, bagaimana? Sudah siap merambah Tiktok biar bisnismu makin banyak untung?

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami