Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 10 February 2022

Tips Membangun Merek Sendiri

Pelatihan

Tips Membangun Merek Sendiri – Membangun merek atau brand sendiri dari awal memang bukan merupakan hal yang mudah. Diperlukan beberapa pengetahuan dasar agar proses membangun merek menjadi efektif dan dapat diterima oleh masyarakat. Itulah mengapa terkadang orang lebih memilih untuk membuka usaha secara franchise

Namun, membangun merek memiliki tantangan dan keunikan tersendiri bagi seorang pengusaha. Apakah mungkin kamu sudah memiliki ide bisnis namun tidak yakin bagaimana caranya membangun merek? Coba simak artikel berikut untuk mengetahui beberapa tipsnya!

1. Tentukan Konsep Bisnis

Happy women who are thinking on the white blackground online shopping business operators independent Free Photo
freepik.com

Hal yang paling pertama ditentukan adalah konsep dan tujuan bisnis yang ingin kamu jalankan. Produk apa yang akan dijual? Masalah apa yang diselesaikan dengan produk tersebut? Bagaimana model bisnisnya? Apakah berupa produk fisik, jasa, atau bahkan produk digital? Bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut? Kepada siapa kamu akan menjual produk dari bisnismu?

Setelah kamu mendapatkan jawaban dari beberapa pertanyaan di atas, maka kurang lebih kamu akan mendapatkan gambaran secara luas mengenai bisnis apa yang ingin dibangun. Konsep inilah yang nantinya akan diteruskan untuk diolah menjadi identitas dari merek bisnismu.

Baca juga:

2. Bangun Identitas Merek 

Identitas merek atau brand identity adalah serangkaian komponen visual yang merupakan representasi dari merek tersebut. Hal yang digambarkan oleh identitas merek juga menyangkut ide, pandangan, dan juga pembeda dari suatu merek terhadap merek lainnya. Identitas merek berfungsi untuk membantu menciptakan loyalitas pelanggan, kepercayaan, dan membuat sebuah merek mudah diingat. 

Menurut web Shopify, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membangun identitas merekmu sendiri. Krealogi sudah coba rangkum beberapa hal tersebut, di antaranya:

  1. Lakukan riset target pasar dan kompetitor 
  1. Tentukan personality atau kepribadian dari merek 
  1. Pilih atau ciptakan nama untuk merek 
  1. Buatlah slogan untuk merekmu 
  1. Tentukan identitas visual seperti warna dan jenis tulisan
  1. Mendesain logo untuk merek 
  1. Aplikasikan ke seluruh aspek bisnis 

3. Manfaatkan Perkembangan Teknologi 

Di tahun 2022, menggunakan media internet sudah hampir merupakan kewajiban jika menginginkan media promosi yang efektif. Manfaatkan adanya media sosial, sarana berjualan online, dan aplikasi-aplikasi lainnya yang dapat menunjang operasional dan juga pengelolaan bisnismu. Salah satunya adalah aplikasi Krealogi, yang memberikan kemudahan dalam mengelola bisnis baik dari perencanaan produksi hingga pelaporan keuangan. 

4. Menjaga Konsistensi 

Konsistensi adalah hal yang paling sederhana namun sulit untuk dilakukan dalam upaya membangun sebuah merek. Setelah semuanya sudah ditentukan dan berjalan, diperlukan sebuah sistem yang membantu agar kualitas produk atau jasa dari sebuah merek dapat selalu memenuhi standar. 

Konsistensi merupakan faktor penting yang menentukan kepuasan pelanggan terhadap produk dari sebuah merek. Adanya konsistensi memungkinkan pelanggan yang satu dengan yang lainnya memiliki pengalaman yang sama-sama menyenangkan akan merekmu. 

Perlu diketahui bahwa bagaimana pun, kita tidak pernah bisa mengontrol 100% persepsi khalayak terhadap merek kita. Hal yang dapat kita lakukan adalah membuat kesan yang baik, memberikan kualitas terbaik, dan menjaga reputasi yang baik. Dengan membaca artikel ini, diharapkan kamu semakin terinspirasi untuk memulai usaha dan merekmu sendiri!

Kamu bisa download aplikasi Krealogi dengan klik di sini!

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami