Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 25 February 2022

Tips Mengevaluasi Ide Bisnis: Pengusaha Wajib Baca 6 Hal Ini!

Pelatihan

Tips Mengevaluasi Ide Bisnis: Pengusaha Wajib Baca! – Ide adalah tonggak utama sebuah bisnis. Untuk menjadi seorang, kamu tentu perlu memikirkan ide-ide bisnis setiap harinya. Jadi, jika kamu memiliki banyak ide-ide bisnis di kepala, artinya kamu sudah siap menjadi seorang pengusaha. 

Kendati demikian, kamu tidak bisa hanya mengandalkan ide-ide tersebut jika ingin melangkah lebih lanjut ke dalam dunia bisnis. Pasalnya, ide tanpa perencaan matang dapat membawamu ke dua jalan berbeda: kesuksesan atau kebangkrutan. Karena itulah diperlukan adanya evaluasi ide bisnis agar performa bisnismu terjaga. 

Berikut ini telah kami rangkum 5 tips mengevaluasi ide bisnis. 

Table Of Contents: 

  1. Menulis Rencana Bisnis 
  1. Mengidentifikasi Permintaan Pasar 
  1. Mengenali Target Pasar
  1. Melakukan Riset Pesaing
  1. Meminta Feedback
  1. Menganalisis Keuangan

Menulis Rencana Bisnis

tips mengevaluasi ide bisnis
freepik.com

Langkah pertama dalam mengevaluasi potensi ide bisnis adalah menulis rencana bisnis (business plan). Memang mudah untuk membayangkan ide-ide bisnis yang luar biasa, tapi hal tersebut tidak berguna jika kamu terus menunda untuk menjalankannya. 

Mulailah untuk menuliskan apa rencana bisnismu. Catat hal-hal seperti target pasar, bentuk perusahaan, lokasi bisnis, misimu menjalankan bisnis tersebut, dan tujuan dalam jangka waktu panjang. 

Rencana Bisnis yang kamu tulis akan menuntunmu dalam perjalanan meraih kesuksesan sebagai seorang pengusaha.

Baca juga: Mengolah Ide dan Peluang Usaha Kerajinan

Mengamati Permintaan Pasar

Untuk mengevaluasi potensi ide bisnis, kamu juga harus mengamati permintaan pasar. Seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan, kamu juga harus mempersiapkan hal ini sebelum memulai sebuah bisnis. 

Jangan sampai kamu meluncurkan produk, tanpa melihat permintaan pasar. Bisa-bisa kamu akan kecewa karena hasilnya tidak maksimal. 

Hal-hal yang harus kamu lakukan ketika melakukan riset permintaan pasar antara lain: 

  1. Masalah apakah yang baru-baru ini sedang dihadapi target customer?
  2. Bagaimana bisnismu akan mengatasi masalah tersebut? 
  3. Apakah bisnis serupa sudah ada di pasaran?

Baca juga: Tips Menghadapi Persaingan Bisnis bagi UMKM

Mengenali Target Pasar

tips mengevaluasi ide bisnis
freepik.com

Setelah melakukan riset terhadap permintaan pasar, kamu perlu mengenali dan memahami target pasarmu untuk mengevaluasi ide bisnis. Ketika kamu mulai meluncurkan bisnis kamu harus benar-benar tahu calon pelangganmu. 

Kenalilah mereka dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: 

  1. Siapakah target customer usahamu? 
  2. Apakah mereka laki-laki atau perempuan? 
  3. Berapa usia mereka? 
  4. Apa pekerjaan mereka? 
  5. Apa hobi mereka? 
  6. Berapa jumlah uang yang mereka mampu keluarkan untuk menggunakan produkmu? 

Melakukan Riset Pesaing

ide peluang bisnis tahun 2022
freepik.com

Tak peduli seberapa bagus ide bisnis yang kamu miliki, kamu pasti memiliki pesaing di luar sana. Untuk itulah tips selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk mengevaluasi ide bisnis adalah melakukan riset kompetitor atau pesaing. 

Pesaing tidak melulu bermakna negatif. Dengan adanya pesaing, kamu malah bisa mengamati laju bisnis mereka dan mengevaluasi ide bisnismu. 

Yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan riset terhadap kompetitor adalah apa saja keberhasilan yang mereka capai, apa saja kegagalan yang mereka alami, identifikasi mampukah bisnismu bersaing, serta apa yang harus kamu lakukan untuk menjadi lebih baik. 

Meminta Feedback

tips mengevaluasi ide bisnis
freepik.com

Langkah terbaik untuk memastikan apakah bisnismu akan berjalan adalah dengan melakukan percobaan (trial). Lakukanlah uji coba terhadap ide bisnis yang kamu miliki. Kamu tak perlu menghabiskan banyak tenaga atau dana untuk uji coba ini, sebab yang kamu butuhkan dari hasil uji coba ini adalah umpan balik (feedback) orang lain terhadap bisnismu. 

Mintalah umpan balik berupa pendapat orang terkait bisnis yang sedang kamu uji coba. Dari feedback tersebut kamu dapat mengevalusi ide bisnismu. Kamu jadi tahu apakah orang tertarik dengan ide bisnis tersebut, kekurangan dan kelebihan apa yang idemu miliki, dan apa yang harus kamu lakukan untuk menyempurnakannya.

Menganalisis Keuangan

Tips terakhir untuk evaluasi ide bisnis adalah melakukan analisis keuangan. 

Setelah kamu memiliki dan menulis rancangan bisnis, melakukan riset terhadap pasar serta pesaing, kini saatnya kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan sepitar keuangan untuk berbisnis, seperti: 

  1. Berapa biaya untuk memulai ide bisnismu? 
  2. Darimana kamu akan mendapatkan modal awal? 
  3. Seberapa besar potensi penghasilan yang mungkin kamu dapatkan?

Dengan melakukan analisis keuangan kamu akan dapat merencanakan laju keuangan bisnismu dengan baik. Sehingga mengurangi risiko terkait masalah keuangan usaha nantinya. Manfaatkan teknologi aplikasi keuangan untuk pencatatan yang lebih sistematis dan rapi.

Nah, setelah membaca 6 tips evaluasi ide bisnis di atas, apakah kamu sudah siap untuk menjadi seorang pengusaha? 

Aplikasi Krealogi akan membantu merealisasikan hasil evaluasi ide bisnis tersebut. Download aplikasinya sekarang dengan klik di sini!

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami