Blog Thumbnail

Ardy Krealogi | POST ON 11 July 2022

5 Manfaat Social Media yang Efektif Bantu Bisnis UMKM

Tips n Tricks

Social Media bukanlah hal yang asing lagi. Selain untuk menutup jarak dengan teman-teman kita, banyak UMKM mulai menggunakan social media untuk memasarkan produk mereka. Praktik ini disebut dengan SMM atau Social Media Marketing.

Ketika kita berpikir manfaatnya, kemungkinan besar yang muncul pertama adalah untuk menjangkau calon pembeli lebih luas lagi. Namun, manfaat social media bagi bisnis UMKM ternyata lebih dari itu!

Berikut adalah 5 manfaat social media bagi bisnis UMKM.

Hemat biaya

Semua media sosial itu tidak berbayar. Memang ada fitur-fitur di sebuah media sosial yang berbayar yang menawarkan tingkat exposure lebih tinggi dalam jangka waktu tertentu. Namun, pada dasarnya, untuk membuat sebuah akun, menerbitkan sebuah konten, menyebarkannya, berinteraksi dengan orang lain, semua ini gratis.

Mengumpulkan followers dari nol pada awalnya memang susah. Di sinilah fitur berbayar menawarkan akselerasi pertumbuhan followers. Namun, dengan ketekunan dan sedikit ilmu tentang menumbuhkan akun media sosial yang benar, orang-orang pasti akan mampir ke akunmu dengan sendiri dan ini semua bisa terjadi dengan gratis.

Iklan berbayar bisa ditargetkan dan dimonitor

Jika kamu ingin menerbitkan iklan di media sosial tertentu seperti instagram atau facebook, platform menyediakan ketentuan audiens yang ingin ditargetkan oleh iklan. Ketentuan-ketentuan yang bisa diatur berupa umur, daerah domisili, lelaki atau perempuan, perangkat yang digunakan, dan masih ada lagi!

Selain bisa menargetkan, fitur ini bisa dimonitor hasilnya untuk diukur efektivitasnya. Misal, kamu meletakkan sebuah link ke website toko di iklannya. Berapa klik yang terjadi akan direkam dan bisa dilihat berapa totalnya dalam kurung waktu tertentu.

Wadah berkomunikasi dengan calon pembeli dan pembeli

Komunikasi adalah tujuan inti dari media sosial. Jarak yang ada menjadi tertutup dengan media sosial. Media sosial bisa kamu gunakan untuk, misalnya, mengumpulkan data dari audiensmu tentang suatu topik yang relevan dengan produkmu. Atau kamu mau mengumpulkan review produkmu atau bahkan review pengalaman bertransaksi di tokomu.

Atau bahkan sebatas menanyakan warna yang paling cocok di sepatu baru yang kamu akan launching!

Semua ini bisa dilakukan di akun media sosialmu dengan mudah dan cepat.

Wadah memantau kompetitor lain

Kecuali akunnya dibuat privat, kamu bisa memantau kompetitor lain yang mempunyai produk atau jasa yang serupa dengan punyamu. Tapi jelas tidak mungkin kalau akun media sosial untuk memasarkan produk dibuat privat.

Tentunya tidak semua aspek toko ditampilkan di akun media sosial. Namun, jenis konten, cara admin menggiring followers, testimoni-testimoni, ini adalah informasi berharga yang kamu bisa jadikan sebagai bahan pelajaran untuk bisnismu sendiri. Cari area yang kompetitormu lebih unggul dan jadikan cara kompetitormu menangani area tersebut sebagai referensimu.

Fasilitas untuk menjaga brand identity

Bagaimana merkmu dipandang oleh publik tergantung pada banyak hal. Salah satunya adalah cara kamu mengelola akun media sosialmu. Sayangnya, masih banyak pengusaha UMKM melupakan tahap ini ketika memulai sebuah UMKM.

Karena media sosial adalah salah satu tempat terdekat untuk menjangkau pelangganmu, kamu harus menampilkan diri di akun tersebut dengan cara yang senada dengan persepsi brand yang kamu inginkan. Ingin terkesan profesional? Penulisan caption konten bisa ditulis dengan nada formal. Ingin terkesan up-to-date dengan busana terkini? Kamu bubuhkan kata-kata seperti “paling hits” atau “terbaru.”

Dari cara berperilaku ini akan terbuat rasa kepercayaan dalam pelanggan akan brand kita. Rasa kepercayaan ini yang pada akhirnya akan mengarah ke pelanggan untuk membeli produk kita.

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami