Blog Thumbnail

Ardy Krealogi | POST ON 03 August 2022

Mudah! Trik Optimasi Facebook Marketing biar Bisnis UMKM Makin Untung

Tips n Tricks

Meskipun sering dikatakan tidak banyak lagi yang menggunakannya, Facebook sebenarnya masih banyak digunakan. Namun, sekarang banyak yang menggunakan Facebook bukan hanya untuk bersosialisasi, tapi juga untuk menjalankan UMKM mereka.

Salah satu fitur Facebook yang sering digunakan untuk membantu sebuah UMKM adalah Facebook Ads. Fitur ini mudah dipakai, jadi orang paling awam pun tidak akan kesusahan ketika menggunakannya. Namun, yang seringkali menjadi batu sandungan bagi para pengguna Facebook Ads adalah conversion rate yang berada di bawah harapan.

Berikut adalah beberapa aspek dalam Facebook Ads yang kamu harus perhatikan agar conversion rate-mu bisa naik melampaui harapan. Mari disimak!

Pasang Facebook Pixel di websitemu dan iklanmu
Facebook Pixel adalah sebuah kode yang berguna untuk mendata bagaimana para pengguna Facebook bersikap terhadap website dan iklanmu.

Facebook Ads sendiri memang mempunyai fitur untuk merekam data orang yang melihat dan mengunjungi iklanmu. Namun dengan Pixel, kamu bisa melihat data lebih mengenai pengunjung website yang tertera di iklan. Semakin kamu mengenal audiens yang tertarik, semakin efektif aksi-aksi yang kamu akan lakukan terhadap iklanmu.

Ketahui target sasaran iklan dengan baik
Produk macam apa yang kamu jual? Untuk siapakah produk ini ditujukan? Jika semua umur bisa menggunakannya, apakah ada jenjang umur yang paling sering menggunakan produkmu? Gaya bahasa dan tampilan iklan apa yang kira-kira akan menarik perhatian pengguna Facebook? Di manakah para audiensmu paling banyak ditemukan? Topik-topik apa sajakah yang audiensmu sukai sehingga bisa tertarik dengan iklanmu?

Ini adalah beberapa pertanyaan dari masih banyak lagi yang kamu bisa kulik jawabannya untuk lebih memahami calon pelanggan.

Tentunya, beberapa pertanyaan hanya bisa dijawab ketika sudah menjalankan iklan dalam kurung waktu tertentu. Namun, dengan observasi yang baik, kamu bisa mengatur cara iklan bertayang kedepannya agar lebih efektif.

Berikan jadwal tayang iklan yang efektif
Tentunya, kamu ingin iklanmu dilihat ketika seseorang memang sedang browsing. Namun, kapankah orang tersebut browsing? Pada umumnya, ada dua area yang kamu harus hindari, pertama adalah jam kerja dan kedua adalah jam tidur. Namun, ini juga tergantung dengan jenis audiens yang ada. Bisa saja mereka available di jam-jam tertentu.

Satu aspek yang tidak boleh dilupakan adalah dengan waktu tayang tertentu, pasti ada harga tertentunya juga. Pastikan kamu bisa membayar apa yang kamu minta.

Jangan hanya gunakan ads, gunakan group
Jangan remehkan kekuatan promosi dengan sekedar posting di grup! Jika postinganmu menarik dan memang senada dengan topik grup yang menjadi tempat posting, bisa saja kamu menarik sejumlah pelanggan.

Salah satu tujuan pengguna Facebook sekarang masuk sebuah grup adalah mencari sebuah produk yang mereka cari di grup tersebut. Jadi, jangan anggap rendah fitur sederhana ini.

Berbahasalah yang menarik perhatian
Entah berbentuk video, foto, atau sebuah postingan biasa, pastikan iklanmu menarik. Gunakan trik yang para copywriter untuk bisa membuat sebuah copy yang menangkap perhatian dengan bahasa.

Produkmu tentunya memiliki tujuan. Tujuan inilah yang sebenarnya dicari oleh orang-orang di luar sana, bukan produknya. Ketika orang membeli sampo mobil, apakah mereka ingin samponya atau mobilnya kinclong setelah dicuci dengan sampo tersebut?

Maka dari itu, kamu harus menjual hasil yang bisa disediakan melalui penggunaan produkmu. Formula yang sering digunakan untuk menggiring calon pelanggan adalah dengan pertama menyebutkan suatu masalah, lalu kondisi yang diterima dengan masalah tersebut.

Setelah menyebutkan kedua hal itu, kamu nyatakan solusi dari masalah tersebut, yaitu produkmu. Setelah itu, kamu sebut hasil yang didapat dari pemakaian produkmu, dan yang terakhir tapi tidak kalah penting adalah menyebutkan perintah kepada pembaca. Ini umumnya berbentuk dalam sebuah suruhan klik tautan tertentu jika dalam sebuah iklan digital.

Jika kamu sudah memperhatikan area-area yang kami sebutkan, Anda sudah selangkah lebih jauh dibandingkan pesaing-pesaing anda. Jika belum, selamat mencoba!

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami