Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 07 January 2022

Strategi Meluncurkan Produk Baru: Perhatikan 5 Hal Ini!

Pelatihan

Strategi Meluncurkan Produk Baru – Apakah Anda sering mendengar bahwa strategi pemasaran yang tepat dan juga kemampuan inovasi untuk meluncurkan produk-produk baru merupakan faktor kesuksesan sebuah usaha? Namun, setelah sekian lama, Anda masih belum menemukan strategi terbaik untuk meluncurkan produk hasil inovasi Anda? 

Dibanding harus menurunkan harga, Anda patut mencoba untuk merancang sebuah strategi pemasaran yang tepat untuk produk terbaru Anda. Strategi yang matang merupakan rahasia dan faktor penting dari sebuah produk baru yang sukses dan diterima di pasar. Apa saja langkah-langkah yang bisa dilakukan? Simak beberapa tips berikut ini! 

Content: 

Strategi Meluncurkan Produk Baru 

  1. Lakukan Riset Pasar 
  1. Ciptakan Nilai Unik Produk 
  1. Lakukan Promosi 
  1. Manfaatkan Media Sosial 
  1. Berikan Pelayanan Terbaik Pasca-Penjualan 

Strategi Meluncurkan Produk Baru 

1. Lakukan Riset Pasar 

Bagi Anda yang ingin meluncurkan produk terbaru, utamakanlah riset pasar. Riset pasar bukan hanya bertujuan untuk mengetahui harga produk serupa di pasaran. Riset pasar juga penting mengetahui besar kecilnya potensi produk, dan siapa yang menjadi target pasar produk Anda. Hasil riset pasar yang Anda lakukan akan menjadi dasar dari hal-hal yang akan dilakukan selanjutnya. Jika hasilnya menunjukkan bahwa produk memiliki potensi yang cukup menjanjikan, Anda bisa segera melakukan persiapan untuk peluncuran produk. 

Riset pasar memungkinkan Anda untuk mengenali kebutuhan pasar atau calon konsumen. Produk yang menjawab kebutuhan dan permasalahan pasar dapat meminimalisir kesulitan dalam mencari konsumen. Pelajari juga hal-hal yang dilakukan oleh kompetitor yang memiliki produk sejenis. Jika semua hal ini sudah dilakukan, maka Anda sudah memiliki dasar yang sangat kuat untuk membangun dan meluncurkan produk terbaru Anda. 

2. Ciptakan Nilai Unik dari Produk Anda 

Pada langkah selanjutnya, Anda bisa mulai menciptakan nilai yang unik atau khusus dari produk yang Anda tawarkan. Produk yang sama atau tidak memiliki nilai keunikan akan lebih sulit untuk menarik pelanggan baru. Contoh nyatanya adalah air mineral di Indonesia. Meskipun sama-sama merupakan produk air mineral, namun mereka selalu menciptakan sesuatu yang menjadi pembeda antara produknya dengan produk lain. Keunikan tersebut bisa berupa branding dengan klaim darimana air berasal, nilai kandungan oksigen yang lebih banyak, dan sebagainya. 

Hal tersebut juga berlaku pada produk yang akan Anda luncurkan. Cobalah bangun dan ciptakan sebuah keunikan yang menjadikan produk Anda memiliki nilai unik dibandingkan produk lainnya yang sudah lebih dahulu beredar.

Baca juga: Cara Menentukan Harga Produk

3. Lakukan Promosi 

Promosi merupakan hal yang penting dalam bisnis. Tanpa promosi, produsen akan kesulitan untuk memperkenalkan produk dan bisnis Anda. Terlebih untuk produk baru, promosi merupakan hal yang wajib dilakukan agar masyarakat mengetahui produk dan bisnis Anda. 

Hal ini sering kita kenal sebagai brand awareness atau kesadaraan akan merek. Kesadaran akan merek menjadi hal yang cukup penting, karena sebelum membeli produk atau jasa, konsumen harus terlebih dahulu mengetahui produk dan bisnis Anda.

Promosi yang dilakukan dapat didasarkan pada berbagai macam elemen. Sebagai contoh, Anda dapat mempertimbangkan lokasi pasar, usia masyarakat yang menjadi target konsumen, dan juga penekanan akan kelebihan produk Anda dibandingkan dengan produk lainnya. 

Strategi promosi yang baik bukan hanya akan menunjukkan kualitas dan keunggulan produk, namun juga dapat menjangkau target pasar secara tepat. Beberapa strategi yang sering dianggap berhasil adalah dengan memberikan potongan harga untuk produk baru dengan waktu terbatas, maupun testimonial positif terhadap produk yang baru saja Anda luncurkan. 

Di internet, ulasan atau testimoni kini menjadi sesuatu yang sangat vital. Testimoni positif yang diberikan atas sebuah produk, menumbuhkan kepercayaan dan keyakinan konsumen lain untuk melakukan keputusan pembelian produk tersebut. Sudah menjadi kebiasaan baru bagi kita untuk melihat dan memperhatikan ulasan produk sebelum membelinya melalui internet.

4. Manfaatkan Media Sosial 

Anda akan memerlukan media komunikasi yang efisien untuk memasarkan produk terbaru Anda. Saat ini, Anda bisa saja mengesampingkan pemasaran produk secara konvensional melalui iklan di koran, radio dan media lainnya. Internet telah membuat promosi produk semakin mudah. Dengan menggunakan media sosial, Anda dapat membangun hubungan yang lebih personal dengan calon konsumen. Bisnis dengan skala kecil sampai menengah perlu mempertimbangkan media sosial sebagai saluran utamanya untuk berkomunikasi. Sebab, menurut data dari GlobalWebIndex, sebesar 54% pengguna media sosial menggunakan media sosial untuk melakukan riset produk. Sebesar 71% dari mereka cenderung akan melakukan pembelian barang atau jasa yang diltemukan melalui media sosial

Selain itu, dengan jumlah pengguna yang tinggi, media sosial menjadi cukup efisien karena biayanya yang jauh lebih murah dibandingkan beriklan di media konvensional. Instagram merupakan contoh nyata dari media sosial yang dapat menjadi sarana komunikasi dan promosi yang efektif. Dengan berbagai fitur yang tidak dimiliki media sosial lainnya, Instagram yang terintegrasi dengan Meta (Facebook) dapat membuat produk Anda menjangkau audiens yang luas, namun juga tepat sasaran. 

5. Berikan Pelayanan Terbaik Pasca-Penjualan 

Produk bukan satu-satunya yang perlu diperhatikan. Pelayanan yang baik bisa memberikan nilai dan kepuasan tersendiri bagi konsumen. Fokus pada pelayanan juga memiliki kemungkinan terciptanya perkembangan atau inovasi baru dari masalah yang dimiliki konsumen. Pelayanan yang baik akan menambah kesetiaan pelanggan akibat nilai lebih yang Anda tawarkan. Selain itu, konsumen yang puas juga akan melakukan komunikasi word-of-mouth atau komunikasi getok tular, yang akan mendatangkan konsumen-konsumen baru untuk produk dan bisnis Anda. 

Sebagai contoh nyata, Anda dapat menanyakan respon dari konsumen tentang produk terbaru Anda. Selain itu, coba untuk menyediakan program keanggotaan, dengan berbagai keuntungan tambahan. Mulai dari potongan harga hingga produk atau jasa gratis dapat menambah kepuasan dan merupakan cara yang cukup efektif dalam menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Demikian adalah beberapa langkah-langkah yang dapat Anda coba untuk memasarkan hasil inovasi terbaru Anda. Ingin lebih mudah dalam mengelola berbagai aspek dalam bisnis? Gunakan aplikasi yang dapat menunjang manajemen bisnis Anda dari berbagai aspek. Yuk, download dan gunakan berbagai fitur dari aplikasi Krealogi

Baca artikel lainnya dari Krealogi:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami