Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 31 March 2022

Penerapan HACCP Bagi Industri Pangan

Pelatihan

Hazard Analysis Critical Control Point atau disingkat HACCP adalah sebuah sistem jaminan mutu yang berdasar pada kesadaran bahwa hazard (bahaya) dapat timbul pada berbagai titik dalam tahapan-tahapan produksi. Maka, dilakukan beberapa pengendalian untuk mengontrol bahaya-bahaya tersebut.

HACCP adalah bentuk manajemen risiko yang diciptakan untuk menjamin keamanan produk pangan dengan melakukan pencegahan (prevention) untuk memberikan jaminan makanan yang aman untuk konsumen.

Kunci Utama Penerapan HACCP

HACCP bagi industri pangan

Salah satu kunci utama dalam penerapan HACCP adalah dengan menentukan beberapa titik pengawasan untuk dapat melakukan antisipasi kemungkinan terjadinya kontaminasi bahaya. HACCP berfokus pada tindakan pencegahan dibandingkan evaluasi atau pengujian hasil produk akhir.

Namun, bukan berarti dengan sistem HACCP produk makanan bisa benar-benar zero-risk. HACCP lebih bersifat sebagai upaya meminimalisir risiko dari sebuah produk pangan. Sistem HACCP juga dapat dilihat sebagai sebuah alat manajemen untuk mengatur dan menjaga rantai pasokan, serta menjauhkan proses produksi dari bahaya akibat mikrobiologis maupun bahan kimia.

HACCP dapat diterapkan oleh keseluruhan pihak yang terlibat dalam rantai produksi pangan. Mulai dari produsen bahan baku (pertanian), penanganan, pengolahan, distribusi, bahkan hingga pemasaran dan pengguna akhir. Semuanya hanya akan berhasil jika HACCP dijalankan oleh setiap pihak yang terlibat dan melaksanakannya dengan tanggung jawab.

Baca juga: Bagaimana Membuat Sistem Pergudangan yang Baik?

Keberhasilan Penerapan HACCP

HACCP dalam industri pangan

Konsumen memiliki tuntutan agar produk pangan yang dihasilkan benar-benar aman untuk dikonsumsi. Maka, dalam proses penerapannya diperlukan sebuah tim yang benar-benar menguasai seluruh rangkaian sistem HACCP. Diperlukan kontribusi dari berbagai macam pihak mulai dari budidaya, dokter hewan, staf produksi, ahli mikrobiologi, ahli kesehatan masyarakat, ahli teknologi pangan, dan ahli kimia. Semuanya memiliki peran penting dalam keberhasilan penerapan HACCP.

HACCP juga bersifat sebagai sistem pengendalian mutu pangan. Mulai dari bahan baku hingga produk akhir, semuanya harus dijaga dalam kondisi dan mutu yang terbaik. Keberhasilan penerapan HACCP akan membantu dalam membangun kepuasan konsumen, dan meminimalisir terjadinya komplain akibat produk pangan yang kurang aman untuk dikonsumsi.

HACCP sudah diterapkan di mancanegara terutama di industri pangan. Kesadaran masyarakat akan kebutuhan pangan yang baik menjadi faktor pendorong bagi produsen untuk menerapkan HACCP dengan sebaik-baiknya. Bukan hanya untuk konsumsi domestik, HACCP juga merupakan salah satu kebutuhan saat ada permintaan impor dari negara lain.

Baca juga: Tahapan Perencanaan Produksi: 5 Hal yang Mesti Diperhatikan!

Keuntungan Menerapkan HACCP Bagi Industri Pangan

HACCP yang sukses memerlukan komitmen yang kuat dari seluruh lini perusahaan industri pangan. Dalam proses penerapannya, HACCP dilengkapi juga dengan Good Manufacturing Practices (GMP) serta Standard Sanitation Operational Procedure (SSOP).

Keuntungan bagi industri pangan saat menerapkan HACCP di antaranya adalah meningkatnya mutu dan keamanan produk pangan yang dihasilkan, meningkatnya kepuasan konsumen, memiliki sistem pengendalian yang reliabel, jaminan mutu dengan pendekatan preventif, mengurangi limbah dan kemungkinan kerusakan produk (waste).

Itulah tadi informasi mengenai HACCP, penerapan, dan juga keuntungannya bagi industri pangan. Apakah usahamu sudah menerapkan sistem HACCP?

Kamu bisa kelola usahamu dengan lebih baik dengan menggunakan aplikasi Krealogi dari DuAnyam! Manfaatkan berbagai fitur dari Buat Rencana Produksi, Manajemen Gudang, Pencatatan Transaksi, Pencatatan Pesanan, hingga Pelaporan Keuangan! Baca artikel lainnya di sini!

Reference:

eBookPangan.com

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami