Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 27 January 2022

Apa Itu SOP Perusahaan?

Pelatihan

 

Apa itu SOP Perusahaan? – Setiap badan usaha apapun jenisnya, pasti memiliki SOP (Standard Operating Procedure) yang membantu mengatur kelancaran kegiatan operasional. Istilah ini juga tidak asing bagi setiap pekerja maupun wirausahawan. SOP adalah sistem pengaturan atau prosedur yang penting dalam sebuah organisasi yang memiliki struktur.

Table of Content: 

Apa Itu SOP?

Mengapa Harus Punya SOP?

Manfaat SOP Terhadap Perusahaan

  1. Meningkatan dan Mempertahankan Reputasi Perusahaan 
  1. Meningkatkan Akuntabilitas Perusahaan 
  1. Mempermudah Pengawasan 
  1. Menciptakan Karakter Perusahaan yang Baik 
  1. Menjadi Dasar Hukum yang Jelas 

Apa itu SOP? 

Sebenarnya apa itu SOP perusahaan? SOP merupakan singkatan dari Standard Operation Procedure. Berikut ini, Krealogi sajikan beberapa pengertian SOP menurut beberapa ahli: 

Menurut Tjipto Atmoko (2011), SOP adalah suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja bagi instansi maupun non-pemerintah, usaha maupun non-usaha, berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif, dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan. 

Pengertian SOP menurut Sailendra (2015), SOP adalah sebuah panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional sebuah organisasi atau perusahaan dapat berjalan dengan lancar. 

Sedangkan, menurut Insasi (2010), SOP merupakan sebuah dokumen yang berisikan serangkaian instruksi tertulis mengenai berbagai proses penyelenggaran administrasi perkantoran, yang isinya: cara melakukan pekerjaan, tempat penyelenggaran, dan aktor yang berperan dalam kegiatan tersebut. 

Dari beberapa pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa SOP merupakan hal yang penting bagi perusahaan yang menaungi berbagai aspek dalam perusahaan seperti: manajemen, keuangan, teknis dan operasional, legal, dan lain-lain. 

Baca juga: Manfaat Pembukuan bagi Usahamu!

Mengapa Harus Punya SOP?

Workers considering the term of the agreement Free Photo
freepik.com

Perusahaan yang memiliki SOP memiliki sistem yang terorganisasi dengan baik. Para pekerja mengerti dan wajib melakukan pekerjaannya sesuai dengan peraturan yang telah disusun. SOP juga merupakan standar minimum yang ditentukan bagi produk barang atau jasa sebuah perusahaan.

Biasanya, semakin besar skala sebuah perusahaan, maka SOP yang dimiliki juga semakin rinci dan ketat. Hal ini dilakukan agar seluruh kegiatan operasional berjalan sesuai dengan standar, sehingga produk akhirnya sesuai dengan ekspektasi pelanggan yang menggunakan produk barang atau jasa tersebut. 

Sebuah perusahaan yang telah dikenal memiliki SOP yang baik akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Bahkan ketika perusahaan tersebut membuka cabang di tempat lain, konsumen tidak akan ragu karena yakin perusahaan tersebut memiliki SOP yang baik sehingga kualitas produk dan layanannya akan sama. 

Peran SOP bukan hanya mengatur apa yang terjadi dalam perusahaan: penyimpanan barang, produksi, distribusi, dll. Namun, termasuk juga dengan standar pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Jika semuanya berjalan dengan baik, maka perusahaan akan mendapatkan nilai lebih di mata konsumen. Selain itu, SOP juga bermanfaat untuk mengatasi jika terjadi permasalahan atau ketidaksesuaian. 

Untuk lebih lengkapnya, baca artikel ini pada bagian berikutnya. 

Manfaat SOP bagi Perusahaan 

1. Meningkatkan dan Mempertahankan Reputasi Perusahaan

Jika SOP benar-benar dijalankan sesuai dengan apa yang tertulis, maka kinerja perusahaan akan dinilai sangat baik oleh konsumen. Penilaian yang baik dari konsumen dapat meningkatkan kepercayaan mereka, dan memengaruhi keputusan pembelian barang atau jasa di perusahaan tersebut. 

Terlebih, jika perusahaan dikenal memiliki nama baik, banyak masyarakat yang ingin bergabung menjadi bagian dari perusahaan. Dari kacamata investor, perusahaan yang dinilai baik akan memiliki kemungkinan untuk mendapatkan lebih banyak investor. 

Dengan nama baik yang ada, perusahaan juga lebih mudah jika ingin mengadakan kerjasama dengan pihak lain. Hal itu bisa terjadi akibat adanya kepercayaan karena nama baik yang dimiliki oleh perusahaan. Kerjasama dengan pihak lain membuka peluang bagi perusahaan untuk terus berkembang dan mengambil kesempatan baru. 

2. Meningkatkan Efektivitas Sumber Daya Manusia

SOP membantu perusahaan dalam menentukan pekerjaan apa yang harus dilakukan. Pekerja juga terbantu dengan adanya daftar yang rinci dan terstruktur mengenai setiap pekerjaan yang harus dilakukan. Hal ini penting agar pekerja tidak mengerjakan hal yang di luar tanggungjawabnya.

Selain itu, SOP juga harus bisa mengatur apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada saat jam kerja. Sehingga, di saat jam kerja semua pekerja dapat memanfaatkan waktu dengan lebih efektif. SOP juga membantu pekerja baru untuk mengenali proses dan standar pekerjaan di sebuah perusahaan. Proses transfer ilmu kepada pekerja baru menjadi lebih mudah dan singkat.

3. Mempermudah Pengawasan 

SOP juga dapat membantu fungsi manajerial atau kepala divisi dalam mengontrol keseluruhan kinerja. Jika terjadi kesalahan atau sesuatu yang tidak sesuai, maka perusahaan dapat dengan mudah mencari titik yang harus diperbaiki. Mengapa? Karena setiap bagian telah dibagi dan diatur tanggungjawabnya masing-masing dalam urutan rantai produksi. Selain itu, manajer juga dapat dengan lebih mudah mengukur apakah kinerja sudah sesuai dengan yang tertulis di SOP.

4. Menciptakan Karakter Perusahaan yang Baik

Karakter atau ciri khusus dari sebuah perusahaan akan memberikan kesan bagi konsumen yang menggunakan produk barang atau jasanya. Maka, jika SOP berjalan dengan baik, kesan yang muncul dari konsumen juga akan baik.

Konsistensi kualitas produk dan pelayanan akan menjadi karakter dari perusahaan. Hal tersebut memiliki nilai lebih di mata konsumen. Tanpa SOP, konsistensi dari perusahaan akan terganggu, dan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mengecewakan konsumen. 

5. Menjadi Dasar Hukum yang Jelas

Adanya SOP secara tidak langsung dapat menjadi perjanjian tertulis antara perusahaan, pekerja, maupun pihak esksternal lainnya. Jika dalam proses dinamika terjadi ketidaksesuaian dengan SOP, maka perusahaan berhak untuk melakukan tindak lanjut. Biasanya, perusahaan akan memberikan SP atau Surat Peringatan, atau bahkan menuntut secara hukum jika memang cukup serius dan ada hukum yang berlaku. 

Beberapa informasi di atas mengenai apa itu SOP perusahaan dapat menjadi bekal pengetahuan bagi pelaku usaha yang hendak menyusun SOP untuk perusahaannya. Jika kamu suka tips bisnis dan informasi lainnya dari Krealogi, kamu bisa klik di sini

Baca juga

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami