Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 27 January 2022

Membuat Laporan Usaha Digital

Pelatihan

Membuat Laporan Usaha Digital – Banyak sekali pelaku UMKM yang melupakan beberapa aspek penting dalam kelayakan bisnis, khususnya masalah pencatatan dan pelaporan usaha. Terlepas dari besar-kecilnya skala sebuah perusahaan, pelaporan keuangan detil dan akurat merupakan aspek yang sangat penting dalam jalannya suatu usaha atau bisnis.

Content: 

Mengapa Perlu Membuat Laporan Usaha Digital? 

Kelebihan Membuat Laporan Usaha Secara Digital 

Memilih Aplikasi Untuk Membuat Laporan Usaha Digital 

Mengapa Perlu Membuat Laporan Usaha Digital?

Berbagai jenis usaha yang bergerak dalam bidang apapun memerlukan laporan keuangan sebagai salah satu aspek kelayakan bisnis. Pelaporan keuangan yang baik berasal dari pencatatan keuangan yang juga lengkap. Laporan keuangan akan sangat diperlukan bagi pelaku usaha untuk dapat memantau keadaan keuangan melalui hasil pencatatan transaksi keuangan. 

Diawali dengan pencatatan transaksi yang jelas, semua pemasukan dan pengeluaran akan terlacak dengan jelas. Usaha dengan jenis apapun, baik yang memiliki sistem penjualan secara offline maupun online, pencatatan transaksi merupakan hal yang esensial. Pencatatan transaksi secara digital yang sudah terlebih dahulu dilakukan akan membantu dalam proses pembuatan laporan keuangannya. 

Pencatatan keuangan sehari-hari merupakan hal yang sederhana, namun dapat membawa manfaat besar untuk jangka waktu panjang. Perusahaan dengan pencatatan keuangan yang lengkap dan akurat akan memiliki kelebihan dalam aspek evaluasi dan pemantauan. 

Kelebihan Membuat Laporan Usaha Digital 

1. Sebagai sumber informasi dan dasar keputusan manajemen 

Kelebihan pencatatan transaksi dan pelaporan keuangan yang dilakukan secara digital adalah kemudahannya bagi pihak manajemen untuk memperoleh informasi dan membuat keputusan manajerial. Pencatatan yang akurat dan lengkap merupakan sumber informasi yang kredibel bagi manajemen. 

Informasi yang didapatkan dari laporan keuangan digital tersebut kemudian dapat digunakan sebagai dasar evaluasi untuk kemudian dilakukan pengambilan keputusan. Bukan hanya perusahaan dengan skala besar, UMKM juga perlu melakukan evaluasi kinerja perusahaan agar dapat menjadi semakin baik dan berkembang. 

Hasil evaluasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh pemilik UMKM untuk menentukan apakah strategi pemasaran yang selama ini digunakan efeketif atau tidak. Sehingga perlu untuk dipertahankan, ditingkatkan, atau disusun rencana dan strategi yang baru. 

Baca juga: Strategi Pemasaran 4P bagi UMKM

2. Mengetahui posisi keuangan perusahaan 

Banyak pemilik usaha yang hanya mengandalkan ingatan dan pencatatan yang seadanya, sehingga tidak mengetahui bagaimana kondisi dan posisi keuangan perusahaan yang sesungguhnya. Akibat banyaknya porsi pekerjaan yang harus dilakukan, pemilik UMKM tidak mengetahui apakah posisi keuangan perusahaan sedang laba atau rugi. 

Jika pemiliki usaha memulai adanya pencatatan transaksi secara digital yang dapat dengan mudah dilakukan, maka transaksi sekecil apapun akan terekam secara otomatis. Sehingga, pemilik usaha dapat dengan mudah juga melacak posisi keuangan perusahaan. 

Di akhir periode atau pada waktu yang sudah ditentukan, pengusaha UMKM dapat dengan mengunduh laporan keuangan secara digital yang telah tertata dengan rapi. Dari sana, mereka dapat melihat dan mengevaluasi posisi keuangan perusahaan. 

3. Kemudahan penghitungan besaran pajak 

Sebagai WNI dan juga sebagai pelaku usaha yang baik, membayar pajak adalah kewajiban. Perusahaan yang tidak memiliki laporan keuangan yang jelas akan kebingungan saat tiba saatnya untuk melakukan penghitungan besaran pajak yang harus dibayarkan. Dengan ada pelaporan keuangan digital, besaran pajak yang harus dibayarkan dapat dengan mudah diperkirakan. 

Memilih Aplikasi untuk Membuat Laporan Keuangan Digital 

Di tengah perkembangan teknologi aplikasi yang sangat pesat, pelaku usaha juga harus mampu menentukan aplikasi yang tepat untuk menunjang berbagai aspek dalam usahanya. 

Sebagai sahabat digital untuk berbisnis, Krealogi hadir dengan adanya fitur-fitur: pencatatan pesanan, pencatatan transaksi, pelaporan keuangan, pengelolaan gudang yang sangat mudah untuk diakses secara digital. Krealogi adalah pilihan yang sangat ramah bagi UMKM. Aplikasi Krealogi sangat cocok bagi pelaku usaha UMKM yang ingin mencapai tingkat pengelolaan usaha yang lebih baik. 

Tertarik untuk menggunakan aplikasi Krealogi? Download aplikasinya di sini!

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami