Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 21 February 2022

Tips Memasarkan Produk Di Marketplace Online

Pelatihan

Tips Memasarkan Produk Di Marketplace Online − Shopee, Tokopedia, dan Blibli.com merupakan beberapa contoh marketplace online yang namanya tak asing lagi di telinga. Dirancang dan dikembangkan guna membantu para pelaku bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas, marketplace online menjadi media pemasaran yang praktis dan efektif. 

Saat ini, masyarakat lebih menyukai hal-hal praktis seperti konsep marketplace di mana berbelanja dapat dilakukan kapan saja di mana saja hanya dengan bermodalkan ponsel pintar dan jaringan internet. Sebagai pelaku usaha, hal ini tak dapat kamu hindari. Kemudahan transaksi jual beli yang ditawarkan adalah peluang bagimu untuk memasarkan produk bisnis di marketplace online

Lantas, bagaimanakah cara memasarkan sekaligus menjual produk di marketplace online? Simak penjelasan berikut! 

Table Of Contents: 

  1. Kenali Setiap Marketplace 
  1. Buat Toko Di Banyak Marketplace 
  1. Update Informasi Produk 
  1. Berikan Pelayanan Terbaik 
  1. Lakukan Promosi 

1. Kenali Setiap Marketplace

tips memasarkan produk di marketplace
freepik.com

Hal pertama yang harus dilakukan ketika hendak memasarkan produk di marketplace online adalah berkenalan dengan marketplace itu sendiri. Seperti kata pepatah, “Tak kenal maka tak sayang” berkenalan dengan marketplace adalah persoalan penting. 

Ada begitu banyak macam marketplace di Indonesia. Masing-masing marketplace online memiliki algoritma dan karakteristik yang berbeda. Tugasmu adalah mencari tahu dan memahami setiap fitur, ketetapan dan kebijakan dari setiap marketplace

Kamu dapat menentukan mana yang paling sesuai untuk memasarkan produkmu setelah mengetahui seluk-beluk marketplace online. Dan ketika kamu sudah mulai berjualan nanti, kamu tidak akan kesulitan saat menghadapi masalah. 

2. Buat Toko Di Banyak Marketplace

tips memasarkan produk di marketplace
freepik.com

Untuk menjaring lebih banyak konsumen, tak cukup bagimu hanya bergantung pada satu toko saja di sebuah marketplace online. Hal ini dikarenakan customer pun memiliki kriterianya sendiri ketika memilih marketplace online untuk berbelanja. 

Jika bergantung pada satu toko di sebuah marketplace memberimu keuntungan 10 persen. Maka, memasarkan produk melalui setiap toko di banyak marketplace online akan memberimu keuntungan berkali lipat.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Modal Minimal, Keuntungan Maksimal!

3. Update Informasi Produk

Tak hanya perlu memilih marketplace yang aman dan terpercaya, memasarkan produk melalui marketplace online juga dipengaruhi bagaimana caramu menampilkan produk jualan. Jangan sampai kamu membuat banyak toko di marketplace, tapi informasi tentang produk jualanmu tidak pernah di-update

Berikan deskripsi tentang produk yang kamu jual di marketplace. Jika perlu tambahkan gambar atau video untuk menarik perhatian konsumen. Terus update juga informasi terkait kategori produk dan jumlah stok produk. 

Selain itu, testimoni dari pembeli juga merupakan hal yang penting, dengan testimoni kepercayaan customer terhadap toko online-mu akan meningkat. 

4. Berikan Pelayanan Terbaik

tips memasarkan produk di marketplace
freepik.com

Jika ingin memasarkan produk di marketplace online, jadilah pemilik toko yang profesional. Pelayanan yang kamu berikan kepada customer akan mempengaruhi kredibilitas tokomu di marketplace online

Aturlah waktu buka toko, agar kamu dapat terus memantau dan menjawab setiap pesan yang masuk. Sehingga pembeli tidak menunggu terlalu lama karena ‘slow respon’. Kamu juga harus menjawab setiap pertanyaan customer dengan ramah, jangan sampai tokomu di marketplace online mendapat penilaian buruk karena tanggapanmu yang tidak baik atas pertanyaan pelanggan. 

Pelayanan baik lain yang dapat kamu lakukan selanjutnya adalah dengan menjadwalkan pengiriman barang tepat waktu, mengemas barang dengan baik, dan memberikan apresiasi kecil kepada customer seperti kartu ucapan terima kasih, dan lain sebagainya. Tenang, aplikasi Krealogi akan hadir dengan fitur Catat Pesanan yang akan membantumu mengelola pesanan dari pelanggan. 

5. Lakukan Promosi 

Untuk meningkatkan penjualan, kamu tidak hanya sekadar memilih dan mengunggah produk di marketplace online. Kamu juga harus melakukan yang namanya promosi. 

Ada banyak promosi yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan toko di marketplace online. Misalnya dengan memberikan penawaran harga menarik, promosi potongan harga atau diskon, hingga memberi hadiah kecil untuk setiap pembelian. 

Selain itu, promosi lain yang harus dilakukan adalah dengan mengenalkan tokomu di marketplace online kepada lebih banyak orang. Kamu dapat membagikannya melalui sosial media lain, menggunakan fitur ads atau iklan, dan bekerjasama dengan pihak ke tiga misalnya influencer, affiliate marketer, memakai jasa paid promote (promosi berbayar), dan lain-lain. 

Itu dia sederet tips memasarkan produk di marketplace online. Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut kamu dapat memasarkan dan meningkatkan penjualan produk di marketplace online. Dapatkan aplikasi dari Krealogi di sini!

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami