Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 24 February 2022

Tips Mengelola Waktu Bagi Pebisnis: Coba 5 Cara Ini!

Pelatihan

5 Tips Ampuh Mengelola Waktu Bagi Pebisnis − Sebagai seorang pebisnis, sudah rahasia umum jika kamu akan memiliki jadwal yang super padat. Kesibukan harian seperti itu bukan tidak mungkin akan membuatmu kewalahan mengatur ini dan itu. Alhasil, semua kegiatan malah keteteran.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, yang perlu kamu lakukan adalah kemampuan mengelola wkatu yang baik. Dalam artikel ini, kami akan membahas tips-tips ampuh mengenai pengelolaan waktu bagi pebisnis.

Table Of Contents:

Manfaat Mengelola Waktu Bagi Pebisnis

Tips Mengelola Waktu Bagi Pebisnis

  1. Rencanakan Jadwal
  1. Tentukan Skala Prioritas
  1. Jangan Menunda 
  1. Work-Life Balance
  1. Istirahat

Manfaat Mengelola Waktu Bagi Pebisnis 

Seperti yang sudah disinggung bahwa kemampuan mengelola waktu dengan baik adalah skill yang harus dimiliki seorang pebisnis. Hal tersebut tentu memiliki manfaat baik untuk dirimu sendiri, maupun perkembangan bisnismu.

Beberapa manfaat yang akan kamu peroleh dengan pengelolaan waktu yang baik di antaranya adalah:

  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan fokus
  • Meningkatkan produktivitas
  • Target dapat dicapai tepat pada waktunya
  • Menjadi lebih disiplin

Tips Mengelola Waktu Bagi Pebisnis 

1. Rencanakan Jadwal

tips mengelola waktu bagi pebisnis
freepik.com

Tips pertama untuk mengelola waktu bagi seorang pebisnis adalah dengan membuat rencana jadwal. Menyusun jadwal akan membantu memberimu gambaran yang jelas terkait hal-hal apa yang harus kamu lakukan selama periode waktu tertentu.

Selalu rencanakan apa yang harus kamu lakukan, hal ini akan membantumu untuk mengelola waktu dengan baik. Jadwal sederhana yang dapat kamu rencanakan misalnya, buatlah rencana kapan harus mengirimkan produk ketika mendapat order, atau pada pukul berapa tokomu akan aktif membalas pesan.

Akan tetapi, ingatlah bahwa rencana tak selalu berjalan mulus. Jadi, siapkan juga rencana jadwal cadangan apabila rencana awalmu tidak berjalan sesuai yang kamu harapkan. Manfaatkan fitur dari aplikasi Krealogi untuk menyusun penjadwalan kegiatan usahamu.

2. Tentukan Skala Prioritas

tips mengelola waktu bagi pebisnis
freepik.com

Melengkapi tips sebelumnya, untuk mengelola waktu dengan baik, bagi seorang pebisnis hal yang harus dilakukan adalah menentukan skala prioritas. Ketika kamu sudah menyusun rencana jadwal, maka kamu harus menentukan juga skala prioritas dari rencanamu tersebut.

Kamu mungkin perlu membuat list hal-hal yang harus kamu prioritaskan, bahkan membuat catatan atau menandai kalender. Meski tampaknya agak merepotkan karena harus menyusun jadwal dan skala prioritas, percayalah hal ini akan membantumu membuat aktivitasmu lebih terpusat dan efisien. 

3. Jangan Menunda

Garis bawahi poin ke tiga dalam tips mengelola waktu. Sebab bagi seorang pebisnis, kamu dilarang keras untuk menunda pekerjaan. 

Sekali kamu menunda sebuah pekerjaan, maka seluruh rencana jadwalmu akan berantakan. Semakin sering kamu menunda pekerjaan, semakin banyak pekerjaan lain yang tidak dapat diselesaikan. Alhasil, segalanya akan kacau dan bisnismu tidak akan lancar. 

4. Work-Life Balance

Apakah kamu cukup familiar dengan istilah Work-Life Balance? Rencana jadwal dan daftar skala prioritas memang merupakan poin penting dalam tips mengelola waktu bagi pebisnis. Akan tetapi, perhatikan juga apakah rencana jadwalmu sudah seimbang atau belum. 

Keseimbangan yang dimaksud adalah antara pekerjaan dan kehidupan pribadimu. Kamu boleh-boleh saja bekerja keras demi menjadi pebisnis ulung. Namun, perhatikan juga kehidupan pribadimu. Kamu juga perlu bersosialisasi dengan sesama atau berkumpul dengan keluarga. 

Jadi, buatlah rencana jadwal yang seimbang. 

5. Istirahat

tips mengelola waktu bagi pebisnis
freepik.com

Tips mengelola waktu yang baik bagi seorang pebisnis tak melulu soal pekerjaan. Seorang pebisnis juga harus memperhatikan dirinya sendiri. 

Ketika bekerja jangan terlalu larut hingga mengurangi waktu istirahat. Kamu harus memiliki pola hidup sehat, termasuk di dalamnya cukup beristirahat. Beristirahat bagi seorang pebisnis merupakan hal yang perlu dilakukan karena jika kamu terus-terusan bekerja tanpa mengambil jeda, bisa jadi kamu malah burn-out dan hasil pekerjaanmu tidak maksimal. Akibatnya, bisnis pun tidak berjalan lancar.

Bentuk istirahat dari pekerjaan yang dapat kamu lakukan di antaranya adalah me time, berlibur, olahraga, jalan-jalan, dan tidur yang cukup dan berkualitas. Dengan beristirahat baik fisik maupun pikiranmu akan lebih relaks dan energi jadi terisi kembali. Sehingga, kamu lebih bisa fokus bekerja ke depannya atau bahkan menemukan ide-ide baru demi kebaikan bisnismu.

Itulah beberapa tips ampuh pengelolaan waktu bagi seorang pebisnis. Kamu depat menerapkan tips-tips tersebut agar usahamu lebih lancar dengan pengelolaan waktu yang baik. Selain itu, kamu bisa juga menggunakan perencanaan dan penjadwalan untuk usahamu dengan memanfaatkan Aplikasi Krealogi dari DuAnyam!

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami