Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 11 January 2022

Tips Meningkatkan Repeat Order

Pelatihan

Bukan hanya mencari pelanggan baru, mengupayakan repeat order atau pembelian berulang juga sama pentingnya. Repeat order atau pembelian yang berulang dapat menjadi indikator kepuasan pelanggan terhadap produk barang atau jasa yang Anda jual. Selain itu, repeat order juga berpengaruh positif terhadap kelangsungan bisnis Anda.

Strategi Meningkatkan Repeat Order

Tentunya Anda memerlukan strategi yang jitu untuk membuat lebih banyak pelanggan melakukan pembelian ulang. Mulai dari produk dengan mutu yang terjaga, sampai ke detail-detail dalam hal pelayanan juga perlu mendapatkan perhatian. Loyalitas pelanggan merupakan kunci dari terjadinya repeat order atau pembelian berulang. Maka, upaya yang Anda lakukan harus berfokus kepada menarik minat dan membangun loyalitas konsumen.

Content:

Tips Meningkatkan Repeat Order 

  1. Berikan pelayanan yang terbaik 
  1. Proses pesanan dan pengiriman cepat 
  1. Terapkan sistem poin 
  1. Berikan potongan harga khusus 
  1. Memanfaatkan Ulasan Konsumen di Internet 

Tips Meningkatkan Repeat Order atau Pembelian Berulang

Mencapai kepuasan dan loyalitas pelanggan memerlukan usaha ekstra. Anda perlu melakukan beberapa upaya untuk membuat konsumen kembali tertarik untuk membeli barang yang Anda tawarkan. Simak bebarapa tips berikut sebagai upaya untuk meningkatkan repeat order produk Anda!

1. Berikan pelayanan yang terbaik 

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan Anda memberikan pelayanan yang terbaik. Pelayanan sudah dimulai bahkan sebelum terjadinya transaksi. Contohnya adalah dengan menjawab pertanyaan konsumen dengan baik mengenai produk. 

Keseluruhan pengalaman dari riset produk, hingga pembayaran, proses pengiriman barang, dan pengemasan merupakan pelayanan yang dapat dirasakan oleh konsumen Anda. Maka, pastikan semuanya berjalan dengan baik. 

2. Proses pesanan dan pengiriman cepat 

Proses pesanan atau pengiriman yang cepat akan meningkatkan kepuasan pembeli. Konsumen menyukai proses transaksi yang mudah dan cepat. Dengan kemudahan dan kecepatan Anda dalam memproses atau mengirim pesanan, semakin besar juga kemungkinan konsumen untuk bertransaksi kembali. 

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengelola pesanan, aplikasi Krealogi memiliki fitur Catat Pesanan. Pesanan yang masuk dapat diatur dengan rapi, sehingga pengiriman juga dapat dilakukan dengan tepat waktu.

Selain itu, jika usaha Anda bergerak secara online, pastikan Anda memilih jasa pengiriman yang terbaik. Sekarang, sudah banyak jasa pengiriman yang memungkinkan Anda untuk menggunakan fitur jemput paket. Dengan fitur tersebut, proses pesanan dan pengiriman di toko Anda akan jauh lebih cepat. 

3. Terapkan sistem poin 

Sistem poin merupakan salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa brand besar di Indonesia. Nyatanya, hal ini memang cukup efektif untuk mendapatkan repeat order dari konsumen selama bertahun-tahun. 

Sistem poin di sini berarti, akan diberikan poin atas setiap transaksi pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Akumulasi dari poin tersebut kemudian dapat ditukarkan dengan keuntungan lainnya. Selain dari pembelian, Anda juga bisa memberikan poin tambahan bagi konsumen jika bersedia memberikan ulasan dan foto produk Anda di media sosial. Ini hanya merupakan salah satu contoh dari penerapan sistem poin, dan masih banyak inovasi lainnya yang bisa Anda coba untuk meningkatkan repeat order

4. Berikan potongan harga khusus 

Potongan harga atau diskon merupakan salah satu cara yang cukup efektif dalam upaya menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian. Namun, diperlukan perhitungan dan strategi yang tepat agar strategi ini memberikan lebih banyak keuntungan bagi usaha Anda. 

Contohnya, Anda bisa memberikan diskon untuk momen-momen tertentu seperti liburan, maupun hari-hari perayaan lainnya. Prinsip dari strategi ini adalah mengurangi besaran keuntungan, namun mendapatkan kuantitas atau volume transaksi yang lebih besar. 

5. Memanfaatkan Ulasan Konsumen di Internet

User Generated Content adalah istilah untuk konten yang diciptakan oleh pengguna dari produk Anda. Konten yang diciptakan oleh konsumen dapat berbentuk reaksi dan respon terhadap produk yang baru saja dibeli. Konsumen memiliki keinginan untuk merekomendasikan atau memberikan masukkan lewat konten atas produk yang baru saja dibeli. 

Konten berupa ulasan konsumen di internet, atau user generated content dapat berbentuk teks atau komentar, foto, atau bahkan video. Konten tersebut dapat dibaca atau dilihat oleh calon konsumen lainnya yang sedang melakukan riset produk Anda. Jika Anda memiliki banyak ulasan positif di internet, maka semakin besar juga keyakinan calon konsumen untuk melakukan pembelian produk. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya. 

Namun, tanggapan dari konsumen yang berupa kendala yang dialami dapat menjadi bahan evaluasi dan perbaikan. Solusi yang tepat atas permasalahan tersebut akan meningkatkan minat konsumen untuk repeat order. Selain itu, jika Anda cukup solutif, maka dapat menghasilkan pengalaman terbaik bagi pelanggan lainnya yang membeli produk Anda.

Demikian adalah beberapa strategi yang bisa Anda coba untuk meningkatkan repeat order. Utamakan pelayanan dan jaga kualitas produk agar kepuasan dan kesetiaan konsumen terbangun.

Jika Anda menyukai artikel dan informasi lainnya dari Krealogi, Anda bisa klik di sini! 

Baca juga:

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami