Blog Thumbnail

Krealogi Team | POST ON 16 February 2022

Tips Mengelola Orderan Pelanggan dari Bisnis Onlinemu!

Pelatihan

Tips Mengelola Orderan Pelanggan – Kegiatan berbelanja, khususnya secara online makin ramai diminati oleh masyarakat Indonesia. Sebagian besar kebutuhan sehari-hari kini sudah bisa dipesan secara online. Hal ini tentunya membawa keuntungan bagi pelaku usaha yang juga melakukan penjualan secara online.

Ada banyak keuntungan dan keunggulan yang didapatkan dari berjualan secara online. Namun, bukan berarti tidak ada permasalahan atau kendala yang akan dihadapi ketika kegiatan jual-beli sudah berjalan. Jumlah transaksi penjualan online yang meningkat harus disertai dengan kemampuan usaha untuk mengelola dan menyelesaikan orderan atau pesanan dengan baik.

Dalam artikel ini, Krealogi akan memberikan beberapa tips mengelola orderan online dari pelanggan. Apa saja itu? Yuk, simak artikel ini lebih lanjut!

1. Catat Setiap Detail Order Pelanggan

tips mengelola orderan pelanggan
freepik.com

Sebuah kewajiban untuk mencatat seluruh detail order atau pesanan dari pelanggan. Mulai dari jenis produk, jumlah, tanggal pengiriman, hingga permintaan khusus (jika ada) harus dicatat dengan akurat. Pencatatan secara konvensional memiliki kelemahan seperti catatan hilang atau catatan yang kurang lengkap atau kurang rapi. 

Dengan fitur Catat Pesanan dari Krealogi, kamu akan dimudahkan dalam melakukan pencatatan pesanan atau penjualan yang masuk. Catat setiap detail dari order untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Dengan fitur ini, kamu juga bisa memantau order mana yang belum dibayar, order mana yang belum dikirim, hingga order mana saja yang sudah selesai atau diterima pembeli. Dengan fitur aplikasi Krealogi, order yang masuk dapat dikelola dengan lebih baik.

2. Pastikan Ketersediaan Produk atau Bahan Baku

Tips selanjutnya adalah pastikan ketersediaan produk atau bahan baku. Jangan sampai kamu terlambat memenuhi pesanan karena kelalaian dalam menjaga stok produk jadi maupun bahan baku. Catat dan perbarui persediaan dalam gudang secara mudah dengan aplikasi Krealogi.

Dengan fitur Pengelolaan Gudang, stok produk-bahan baku-bahan setengah jadi akan terpantau dengan akurat. Sehingga, kamu bisa mengetahui keadaan gudang secara real-time. Proses produksi atau pemenuhan pesanan pelanggan juga akan berjalan dengan lebih lancar.

Baca juga: Pentingnya Gudang Bagi Sebuah Bisnis

3. Berikan Dokumen Pengiriman Lengkap

tips mengelola orderan pelanggan
freepik.com

Konsumen ingin mengetahui detail mengenai pesananannya melalui dokumen-dokumen pengiriman. Dengan Krealogi, kamu bisa membuat dan mencetak dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengiriman pesanan cukup dengan satu kali klik.

Kamu cukup unduh dan cetak label pengiriman, invoice dan surat jalan dengan satu aplikasi saja. Selain itu, pendapatan dari pesanan tersebut juga akan secara otomatis terekam dalam catatan transaksi pemasukan.

Aplikasi Krealogi hadir sebagai aplikasi untuk membantu kamu mengelola orderan atau pesanan online dari pelanggan. Dengan berbagai fitur dalam aplikasi Krealogi, proses dari pesanan masuk hingga pengiriman produk kepada konsumen akan menjadi semakin mudah.

Dengan menggunakan Krealogi, kamu tidak perlu lagi khawatir karena pemantauan pesanan yang masuk hingga terselesaikan dapat dilakukan dengan mudah. Semua transaksi yang dilakukan di antaranya juga dapat dicatat dalam satu aplikasi yang sama. Kombinasi antara fitur Catat Pesanan, Catat Transaksi, hingga Laporan Keuangan akan sangat berguna bagi kamu para pemilik usaha online. Download dan dapatkan aplikasinya di sini!

Baca juga

Bagikan Blog :

×

Hi! Dengan Mika di sini. Mika siap membantumu untuk lebih mengenal Krealogi. Ada yang bisa Mika bantu?

× Hubungi Kami